12 Jenis Anjing Asal Belanda dan Gambarnya

Berasal dari Belanda, banyak dari ras anjing Belanda ini awalnya adalah anjing pekerja. Piawai dalam membantu pekerjaan di ladang pertanian atau membantu berburu, anjing-anjing Belanda ini menunjukkan keramahan yang khas dan sikap pekerja keras yang membuat mereka disukai banyak pemilik, petani, dan peternak.

Mari kita lihat lebih dekat masing-masing dari 12 ras anjing Belanda yang terkenal ini.

Jenis Anjing Belanda

1. Bouvier des Flandres

Bouvier des Flandres

Sebagai anjing penggembala yang awalnya dikembangkan untuk bekerja di peternakan, anjing asli Flanders ini sering terlihat menggiring sapi, menggembala domba, atau menarik gerobak. Hari ini, mereka masih dipekerjakan sebagai anjing penjaga atau anjing polisi dan juga merupakan hewan peliharaan rumah yang umum di Belanda.

Diterjemahkan secara harfiah, nama mereka berarti “Penggembala Sapi dari Flanders.”

2. Dutch Shepherd

Dutch Shepherd

Ditugaskan untuk menjaga dan menggembalakan domba di area pedesaan Belanda, anjing Dutch Shepherd yang kita kenal dan cintai saat ini tidak banyak berubah dalam 100 tahun sejak pengakuannya sebagai ras.

Sebagai anjing pekerja keras yang sempurna, Dutch Shepherd adalah multi-tasker berbakat yang dapat dilatih untuk melakukan hampir semua tugas. Meskipun pernah hampir punah karena dampak buruk dari Perang Dunia II, Dutch Shepherd sekarang sudah diakui oleh klub kennel di Inggris dan Amerika Serikat.

3. Dutch Smoushond

Dutch Smoushond

Salah satu ras anjing Belanda terkecil, Dutch Smoushond berkerabat dengan Pinscher dan Schnauzer dalam penggunaannya sebagai anjing pemburu tikus. Jarang terlihat di luar Belanda, nama anjing ini berasal dari ungkapan yang tidak baik yang membandingkannya dengan orang Yahudi. Mereka jarang memiliki berat lebih dari 9 kg dan dianggap sebagai “trah langka” oleh register anjing.

4. Kooikerhondje

Kooikerhondje

Awalnya dikembangkan untuk memikat bebek keluar dari persembunyian ke dalam jangkauan penembak yang menunggu, “anjing kandang kecil” ini juga muncul dalam lukisan terkenal karya Rembrandt.

Sebagai anjing kecil dalam kelompok spaniel, Kooikerhondje adalah jenis yang ceria dan baik hati yang sering terlihat berperilaku baik bahkan tanpa pelatihan. Anjing ini dengan cepat mendapatkan popularitas di Amerika Serikat berkat kepribadian mereka yang ramah.

5. Keeshond

Keeshond

Berkerabat dekat dengan breed German Spitz, Keeshond memiliki lapisan bulu perak dan hitam berlapis ganda yang tebal. Kadang-kadang dikenal sebagai Dutch Barge Dog, mereka adalah simbol kelompok patriotik di Belanda pada sekitar masa Revolusi Prancis.

Diakui oleh American Kennel Club pada tahun 1930, Keeshond adalah jenis yang sangat sehat yang menunjukkan kecerdasan yang tajam tetapi sulit untuk dilatih secara efektif.

6. Markiesje

Markiesje

Juga dikenal sebagai “Dutch Tulip Hound,” jenis anjing tua ini telah ditampilkan dalam lukisan yang berasal dari abad ke-17. Dibesarkan sebagai anjing pendamping, mereka sangat langka dan Anda mungkin tidak akan melihatnya di luar klub khusus mereka di Belanda. Markiesje adalah jenis anjing yang aktif, membutuhkan banyak stimulasi dan olahraga untuk membuatnya tetap bahagia dan sehat.

7. Drentse Patrijshond

Drentse Patrijshond

Sebagai anjing jenis spaniel dari provinsi Drenthe di bagian timur laut Belanda, Patrijshond lebih dikenal sebagai Dutch Partridge Dog. Mereka merupakan anjing pointer dan retriever yang sangat baik karena kecerdasan mereka yang tinggi dan cenderung mudah dilatih. Di rumah, mereka adalah anjing yang santai dan setia yang membangun ikatan kuat dengan keluarganya.

8. Stabyhoun

Stabyhoun

Diakui sebagai salah satu dari lima ras anjing paling langka di dunia, Stabyhoun berasal dari kawasan hutan Frisian di tenggara Belanda. Disebutkan dalam literatur Belanda sejak awal 1800-an, anjing pekerja ini mampu dilatih untuk melakukan apa saja. Lembut dan bersemangat untuk menyenangkan, mereka adalah hewan peliharaan yang sangat serbaguna yang menyukai banyak waktu bermain dan aktivitas fisik.

9. Saarloos Wolfdog

Saarloos Wolfdog

Keturunan dari German Shepherd dan serigala abu-abu Eurasia, Saarloos Wolfdog dikembangkan oleh seorang peternak Belanda bernama Leendert Saarloos pada tahun 1935. Dibesarkan dengan tujuan menciptakan anjing pekerja yang efisien, Saarloos malah menjadi hewan pendamping setia yang betah hidup di pedesaan. Tubuh atletis dan sifat liarnya membuat mereka menjadi favorit para petualang dan penggemar hutan belantara.

10. Schapendoes

Schapendoes

Jenis lain dari anjing penggembala domba dari sudut timur laut Belanda, Schapendoes adalah anjing pertanian serba guna yang tampaknya paling betah di hutan, rawa, dan ladang. Penuh kasih sayang, ramah, dan baik hati, jenis ini umumnya lincah dan cerdas dan dikenal tidak menunjukkan agresi. Schapendoes bisa sangat mandiri dan senang bekerja dengan pemiliknya alih-alih menerima perintah langsung.

11. Wetterhoun

Wetterhoun

Juga dikenal sebagai Frisian Water Dog, jenis anjing pemburu ini adalah anjing berukuran sedang yang konon berasal dari anjing gipsi keliling. Secara tradisional dilatih untuk berburu berang-berang, mereka juga cukup cekatan memungut unggas air atau bekerja sebagai anjing penjaga. Fokus dalam bekerja, Wetterhoun akan bertahan dalam tugasnya tidak peduli hambatan apa pun yang dihadapinya.

12. Wirehaired Pointing Griffon

Wirehaired Pointing Griffon

Kadang-kadang dikenal sebagai breed Belanda karena breeder pertama yang mengembangkannya, Eduard Karel Korthals, Wirehaired Pointing Griffon pertama kali lahir di Jerman. Relatif langka di luar Jerman, Prancis, dan Belanda, mereka adalah jenis gun dog serbaguna yang mampu mengakomodasi tugas berburu atau melacak apa pun.

Sebagai trah anjing yang berorientasi pada manusia, Wirehaired Pointing Griffon sangat membutuhkan banyak olahraga dan kontak dengan teman dan keluarga.

Berapa banyak ras anjing Belanda ini yang sudah Anda kenal sebelum membaca artikel ini? Terlepas dari warisan mereka sebagai anjing pekerja dan anjing pemburu, banyak dari ras anjing Belanda ini yang juga cocok dijadikan hewan pendamping.

Komentar Anda