7 Jenis Anjing Bermata Biru Paling Indah di Dunia

Tidak dapat disangkal bahwa mata biru pada anjing adalah salah satu warna paling menarik yang bisa mereka miliki. Sementara mata biru jarang terjadi pada manusia (hanya 10% dari populasi), mata biru bahkan lebih jarang pada anjing.

Anjing Mata Biru

Mata biru pada anjing mungkin indah, tetapi juga bisa terkait dengan masalah kesehatan tertentu seperti tuli dan kebutaan. Selain itu, ini bisa juga karena kombinasi genetik yang langka dan pola bulu tertentu.

Satu hal yang pasti, mata biru adalah kontras yang menawan dengan hampir semua jenis bulu. Mari kita lihat 7 anjing cantik teratas yang cukup beruntung untuk membawa gen mata biru ini!

 

Ras Anjing Bermata Biru

1. Siberian Husky

Siberian Husky

Anjing salju yang sangat cantik ini terkenal dan dicari karena mata biru esnya. Faktanya, ketika Anda memikirkan anjing bermata biru, Siberian Husky mungkin yang pertama kali terlintas dalam pikiran. Mereka biasanya memiliki dua mata biru atau hanya satu (odd-eyed). Warnanya adalah produk dari gen langka yang diturunkan selama pemuliaan generasi.

2. Weimaraner

Weimaraner

Trah ini memiliki warna abu-abu-biru yang cantik, dan warna mata mereka mengikutinya. Biasanya ketika masih kecil, mata anjing Weimaraner berwarna biru es yang cerah, tetapi akan mengabur seiring bertambahnya usia. Beberapa dari mereka bahkan bisa berubah menjadi kuning. Namun paling umum warna mata mereka tetap menjadi biru kabur, sering meniru warna bulu mereka.

3. Australian Shepherd

Australian Shepherd

Anjing yang ramah dan unik ini adalah jenis lain di mana warna biru sering muncul. Anjing-anjing yang sangat cerdas ini tidak hanya memiliki warna yang indah ini, tetapi mereka mungkin juga memiliki beberapa warna yang paling menarik dari semua ras. Warna matanya dapat bervariasi dari hijau, marble, hazel, dan coklat. Dan siapa tahu, Anda bisa mendapatkan dua warna mata yang berbeda sekaligus.

4. Cardigan Welsh Corgi

Cardigan Welsh Corgi

Anjing kecil yang menggemaskan ini juga bisa memiliki mata biru. Ini paling sering terlihat pada bulu merle dan sebaliknya dianggap sebagai cacat pada jenisnya. Corgi kadang-kadang terlihat hanya dengan satu mata biru juga. Sifat ini membuat anjing ini semakin dicintai. Tetapi sebagian besar peternak akan sangat menyarankan Anda untuk tidak membiarkan Corgi bermata biru Anda bereproduksi dan mendorong Anda untuk memandulkan atau mensterilkannya sesegera mungkin.

5. Dalmatian

Dalmatian

Kebanyakan Dalmatian rentan terhadap tuli. Dilaporkan bahwa hingga 30% Dalmatian menunjukkan gangguan pendengaran di satu atau kedua telinga. Meskipun mata biru tidak selalu menunjukkan masalah pendengaran, itu bisa menjadi petunjuk pertama Anda. Kemampuan pendengaran mereka perlu dievaluasi oleh dokter hewan untuk membantu Anda mengakomodasi kebutuhan anjing Anda.

6. Great Dane

Great Dane

Anjing raksasa lembut ini sangalah cantik tidak peduli apa warna mata mereka. Namun Great Dane memiliki pola yang agak unik yang dikenal sebagai harlequin. Dalam pola bulu ini, mata biru sangat umum ditemukan. Warna ini dapat mempengaruhi satu atau kedua mata. Kontrasnya indah dengan warna abu-abu dan hitam bulunya.

7. French Bulldog

French Bulldog

Secara tradisional, Frenchie tidak membawa gen mata biru. Namun karena variasi bulunya, warna biru masuk ke dalam kemungkinan warna untuk anjing kecil bertelinga kelelawar yang menggemaskan ini. Biru dapat muncul karena warna bulu dan sering terlihat pada variasi coklat kekuningan dan merle. Ini kadang-kadang juga terlihat pada French Bulldog biru, yang mungkin paling indah dari semuanya.

Kesimpulan

Mungkin mata biru pada anjing lebih merupakan sifat yang mengagumkan karena sangat langka. Ketika Anda melihat seekor anjing dewasa bermata biru, itu bisa membuat Anda berhenti untuk melihatnya dengan seksama. Ini adalah karakteristik yang sangat menarik.

Namun jika Anda mencari anjing bermata biru, pastikan Anda mengetahui komplikasi kesehatan apa pun yang terkait dengannya sehingga Anda dapat memastikan untuk memberi mereka kehidupan terbaik.

Komentar Anda