21 Jenis Anjing yang Paling Tahan Cuaca Dingin dan Salju

Beberapa anjing secara alami lebih siap untuk menghadapi cuaca dingin dan salju. Biasanya, mereka memiliki bulu panjang dan lapisan bulu ganda. Mereka biasanya dibiakkan di negara yang dingin, jadi mereka membutuhkan bulu seperti itu untuk bertahan hidup di lingkungan ekstrim ini. Di rumah, anjing jenis ini mungkin akan kesusahan dengan suhu yang terlalu tinggi dan biasanya tidak akan baik-baik saja di iklim yang panas.

Anjing Salju

Di bawah ini adalah 21 breed anjing yang tidak hanya mampu mengatasi cuaca dingin, tetapi juga berkembang dengan baik di dalamnya.

Ras Anjing untuk Cuaca Dingin dan Salju

1. Alaskan Malamute

Alaskan Malamute

Alaskan Malamute berasal dari Alaska, yang artinya mereka menyukai cuaca dingin dan salju. Mereka digunakan sebagai anjing penarik kereta luncur dan mantelnya yang lebat membuatnya tetap hangat di cuaca dingin dan bersalju. Anjing ini bisa sulit untuk dilatih sehingga mereka mungkin tidak cocok untuk pemilik anjing pemula.

2. Great Pyrenees

Great pyrenees

Jenis Great Pyrenees terlihat seperti retriever besar, tetapi mereka berasal dari pegunungan Pyrenees di Prancis dan menyukai dingin dan salju. Trah ini dulunya adalah anjing kerajaan Prancis dan digunakan sebagai anjing penjaga. Mereka sangat lembut dan bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat, tetapi mereka membutuhkan waktu di luar rumah dan suka jika diberi kesempatan untuk berkeliaran.

3. Siberian Husky

Siberian Husky

Siberian Husky mungkin adalah anjing yang paling terkenal karena cuaca dingin dan telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun mereka memiliki nafsu berkelana yang serius, suka memanjat segalanya, dan memiliki sifat keras kepala yang bisa membuatnya sulit untuk dilatih. Husky membutuhkan banyak olahraga, tetapi akan unggul dalam olahraga seperti pulling dan sledding.

4. Bernese Mountain Dog

Bernese Mountain Dog

Bernese Mountain Dog kuat, memiliki banyak energi ketika bekerja, sepenuhnya mengabdi kepada pemiliknya, suka menghabiskan waktu meringkuk tidur di dalam rumah sama seperti ketika berada di luar ruangan, dan senang berolahraga. Kekuatannya membuat mereka terbiasa membawa peralatan miliknya dan milik tuannya melalui medan bersalju dan pegunungan.

5. Anatolian Shepherd

Anatolian Shepherd

Anatolian Shepherd memiliki bulu yang lebih pendek daripada banyak anjing dalam daftar ini, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka kurang mampu bertahan dalam cuaca dingin yang keras. Anjing ini adalah penjaga kawanan ternak dan awalnya bekerja di pegunungan Turki. Mereka tidak memiliki kebutuhan energi yang tinggi, tetapi bisa sangat protektif, jadi mereka hanya cocok untuk pemilik yang berpengalaman.

6. German Shepherd

German Shepherd

German Shepherd terkenal di seluruh dunia. Mereka biasa digunakan sebagai anjing penjaga, anjing penyelamat, dan mereka menyukai cuaca dingin dan salju. GSD akan belajar dengan cepat dan dapat menjadi anggota keluarga yang penuh kasih sayang. Pilihlah anjing dari breeder yang memiliki reputasi baik untuk menghindari masalah kesehatan yang terkadang terkait dengan breed ini.

7. Greater Swiss Mountain Dog

Greater Swiss Mountain Dog

Greater Swiss Mountain Dog adalah anjing pekerja serbaguna. Mereka kuat, gesit, dan tangguh. Mereka terbiasa menggembala, melindungi, membantu petani, dan membawa peralatan. Mereka juga jenis anjing raksasa dan beratnya bisa lebih dari 45 kg saat dewasa. Anjing ini memiliki sikap yang lembut saat berada di rumah bersama keluarganya.

8. Shiba Inu

Shiba Inu

Shiba Inu memiliki lapisan bulu ganda dan menyukai cuaca dingin. Saat keluar di salju, mereka akan berjingkrak dan melompat-lompat di tumpukan salju. Mereka memiliki indra yang sangat tajam dan akan suka mengejar mainan dan hewan kecil dalam kondisi yang menantang ini.

9. Akita

Akita Dog

Akita Jepang telah menjadi semakin populer, tetapi mereka dulu hanya untuk dimiliki oleh keluarga Kekaisaran Jepang. Mereka memiliki bulu tebal yang melindunginya dari salju, tetapi sebagai hewan peliharaan keluarga, mereka bisa menjadi sulit karena mereka tidak mudah dilatih dan menampilkan sisi yang sangat keras kepala.

10. Kuvasz

Kuvasz

Anjing Kuvasz berasal dari Tibet, dan untuk dianggap sebagai ras purebred dari jenis ini, mereka harus memiliki bulu putih bersih. Ini membuatnya sangat sulit dikenali ketika berada dalam kondisi salju yang dalam. Mereka memiliki lapisan bulu ganda, mudah dilatih, dan menjadi pelindung dan penjaga yang tak kenal takut.

11. Newfoundland

Newfoundland

Newfoundland adalah ras anjing raksasa, dan ukuran serta perawakannya semakin bertambah dengan jumlah bulu panjang yang dimilikinya. Bulu tebal ini melindunginya dari air sedingin es. Calon pemilik harus menyadari bahwa, meskipun mereka sangat sedikit menggonggong, Newfoundland dikenal sebagai pengiler berat.

12. Saint Bernard

Saint Bernard

Dalam hal air liur yang banyak, sangat sedikit ras yang dapat bersaing dengan St. Bernard yang luar biasa. Anjing yang lembut dan penyayang ini digunakan sebagai anjing penyelamat. Mereka dapat melakukan perjalanan melintasi berkilo-kilometer salju dan akan memberikan banyak kasih sayang bahkan setelah perjalanan yang sulit.

13. Karakachan Bear Dog

Karakachan Bear Dog

Karakachan Bear Dog atau atau Bulgarian Shepherd adalah anjing penjaga ternak. Mereka terbiasa berkeliaran dengan kawanannya, bersikap sabar dan baik hati terhadap hewan ternak, tetapi siap untuk menangkis predator yang mengancam hewannya. Mereka bisa menjadi teman keluarga yang hebat, meskipun mereka juga suka tidur di luar di salju.

14. Norwegian Elkhound

Norwegian Elkhound

Norwegian Elkhound tentunya berasal dari Norwegia. Mereka digunakan sebagai pemburu dan diperlengkapi dengan baik untuk berburu dalam kondisi dingin yang menantang di wilayah tersebut. Mereka suka petualangan dan cuaca dingin. Anjing-anjing ini sangat protektif, dan ini bisa menjadi masalah bagi beberapa pemilik, jadi pastikan Anda tahu apa yang Anda hadapi.

15. Keeshond

Keeshond Dog

Keeshond bisa dibilang adalah kombinasi yang sempurna. Mereka diperlengkapi untuk menghadapi cuaca dingin, menyukai petualangan dan olahraga, tetapi mereka juga suka menghabiskan waktu di rumah bersama pemiliknya. Anjing ini sangat penyayang dan cerdas, dan kombinasi ini berarti mereka bisa belajar dengan cepat dalam upaya untuk mencoba menyenangkan tuannya.

16. Chow Chow

Chow Chow

Chow Chow akan senang menghabiskan setiap kesempatan yang memungkinkan dalam cuaca dingin dan terutama salju, jadi mereka akan sangat suka bila Anda mengajaknya keluar bahkan dalam kondisi yang paling keras. Sebagai aturan umum, Chow Chow cukup angkuh terhadap orang asing dan lebih menyukai waktu mereka sendiri di rumah daripada rata-rata anjing rumahan.

17. Finnish Lapphund

Finnish Lapphund

Finnish Lapphund adalah jenis anjing penggembala rusa kutub yang terbiasa bekerja di Lingkaran Arktik, sehingga mereka dapat menangani segala iklim dingin dan kondisi bersalju. Ekor membungkus wajah mereka untuk memberikan perlindungan lebih lanjut dari dingin. Meskipun waspada terhadap orang asing, trah ini juga suka ditemani orang-orang yang disukainya.

18. Samoyed

Samoyed

Siberian Samoyed dibiakkan untuk berburu rusa. Mereka juga digunakan untuk menarik kereta luncur, yang berarti bahwa mereka memiliki kekuatan serta kelincahan dan kesukaan terhadap cuaca dingin. Sebagai hewan peliharaan keluarga, Samoyed menyenangkan untuk dimiliki dan akan memberi Anda banyak kegembiraan dan kesenangan.

19. American Eskimo Dog

American Eskimo Dog

American Eskimo Dog lebih kecil dari kebanyakan anjing di daftar ini, tetapi ukuran kecil ini mereka tebus dengan karakternya. Mereka sebenarnya berasal dari Jerman, tetapi namanya diubah dari German Spitz setelah Perang Dunia II ketika banyak orang tidak ingin ada nama Jerman dalam ras anjingnya.

20. Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff memiliki bulu yang luar biasa dan mereka menggunakan lapisan bulu ganda untuk melindunginya dari dingin dan basahnya pegunungan Tibet. Mereka adalah anjing yang mahal dan jarang dipelihara orang. Luar biasanya, jenis ini juga nyaman di cuaca hangat serta di cuaca dingin dan salju.

21. Tibetan Terrier

Tibetan Terrier

Tibetan Terrier yang shaggy ini memiliki wajah yang berkarakter. Mereka memiliki kaki datar yang mirip dengan desain sepatu salju. Mereka memiliki bulu ganda untuk melindungi dari dingin dan mencegahnya basah. Mereka juga sangat lembut, yang membuatnya menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat serta pendamping super untuk hiking di cuaca dingin.

Trah-trah anjing ini bisa menjadi hewan peliharaan dan sahabat yang ideal bagi orang-orang yang tinggal di iklim dingin. Mereka tidak hanya dapat mengatasi dingin, tetapi mereka benar-benar berkembang dalam kondisi ini. Beberapa dari mereka senang berguling-guling di atas salju dan yang lain ingin tidur di dalamnya semalaman.

Komentar Anda