15 Jenis Anjing Berekor Panjang Beserta Gambarnya

Orang bilang mata adalah jendela jiwa – pada manusia. Namun bagi anjing, ekor adalah bagian tubuh yang paling ekspresif, jadi tampaknya logis jika memiliki ekor panjang berarti memiliki lebih banyak cara untuk mengekspresikan diri.

Anjing Ekor Terpanjang

Jika itu benar, maka anjing-anjing dalam daftar ini pasti benar-benar emosional, karena mereka memiliki ekor terpanjang di dunia anjing. Itu kabar baik bagi Anda, karena ekornya yang lebih panjang berarti mereka dapat mengungkapkan dengan lebih baik betapa mereka merindukan Anda saat Anda sedang bekerja.

Jika Anda mencari anjing ekor panjang, lihat daftar di bawah ini.

Ras Anjing Berekor Panjang

1. Akita

Akita

Yang ini mungkin sulit dikenali, karena Akita memiliki ekor yang melengkung ke belakang ke arah tubuhnya. Anda bahkan mungkin melihat beberapa anjing yang memiliki ekor yang menumpuk di punggungnya. Namun jika Anda menarik lurus ekor Akita, maka ekor itu akan dapat meregang cukup panjang.

Alasan mengapa anjing-anjing ini membutuhkan ekor yang begitu panjang adalah karena iklim. Ekor yang panjang membantu mereka tetap hangat ketika mereka meringkuk di salju.

2. Irish Wolfhound

Irish Wolfhound

Irish Wolfhound hanyalah anjing besar pada umumnya, jadi masuk akal jika ekor mereka juga besar. Faktanya, ekor terpanjang yang pernah diukur ada pada salah satu anjing ini.

Keon, seekor anjing Belgia, memiliki ekor yang panjangnya mencapai 76 cm (foto pertama di atas)! Kita hanya bisa membayangkan betapa sakitnya jika dipukul oleh benda itu (dan betapa hati-hatinya Anda harus menutup pintu di rumah Keon).

3. American Eskimo Dog

American Eskimo Dog

Anjing-anjing ini membutuhkan ekor yang panjang untuk alasan yang sama persis dengan Akita, meskipun cenderung tidak melengkung. Ekornya adalah apa yang dikenal sebagai “snap tail,” yang menyebabkan ekor menekuk lebih parah ke arah tubuh mereka.

Namun ekor mereka tidak terlalu menggulung, memungkinkan Anda untuk melihat dengan lebih baik seberapa panjang ekornya sebenarnya.

4. German Shepherd

German Shepherd

German Shepherd memiliki ekor yang sangat ekspresif, dan ekornya akan menggantung rendah ke tanah saat hewan itu santai (pada kenyataannya, mereka cenderung membiarkan ekornya terkulai untuk menghemat energi, yang akan memberi tahu Anda berapa panjang ekornya).

Jika GSD mengibaskan ekor mereka terutama ke sisi kanan, itu berarti mereka merasakan emosi positif, tetapi mengibaskan ke kiri menunjukkan kegugupan dan kegelisahan. Mengingat betapa menakutkannya anjing-anjing ini ketika mereka marah, itu adalah informasi yang sangat berguna untuk dimiliki.

5. St. Bernard

St. Bernard

Anjing besar ini memiliki ekor yang tebal dan kuat yang menggantung rendah dengan sedikit lekukan ke atas di ujungnya. Ekornya naik saat mereka berlari, tetapi tidak seperti ras anjing iklim dingin lainnya, ekornya tidak meringkuk di punggung mereka.

Meskipun ekor St. Bernard tidak diragukan lagi indah, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk menghargai mereka ketika Anda menyadari bahwa anjing ini merontokkan cukup banyak bulu.

6. Havanese

Havanese

Meski ekor anjing Havanese tidak terlalu panjang dalam hal ukuran mentah, ini sebenarnya cukup panjang jika dibandingkan dengan tubuh kecil mereka. Mereka memiliki ekor panjang dan melengkung yang terkulai ke bawah menuju kepala mereka, dan menyaksikan ekor itu memantul-mantul saat anjing yang bahagia ini melompat-lompat sangatlah menyenangkan.

7. Irish Setter

Irish Setter

Mengapa ras anjing Irlandia ini berekor panjang? Irish Setter memang memiliki ekor yang panjang, kurus, dan berbulu. Mereka menggunakannya untuk menunjukkan hewan buruan, sehingga panjang ekstra kemungkinan membuat mereka lebih mudah dikenali di area berburu. Tentu saja, itu juga berarti Anda harus lebih rajin menyikatnya.

8. Mastiff

Mastiff

Jika Anda memperhatikan, kemungkinan besar Anda akan menyadari fakta bahwa anjing raksasa cenderung memiliki ekor yang sama besarnya. Tidak terkecuali Mastiff, yang ekornya berat dan panjang. Meskipun mereka adalah hewan peliharaan yang hebat, Anda mungkin tidak ingin meletakkan barang berharga apa pun di meja Anda karena Mastiff dapat menjatuhkannya dengan sekali sapuan ekor.

9. Field Spaniel

Field Spaniel

Anjing-anjing ini memiliki ekor panjang dan berbulu yang cenderung bergoyang-goyang ketika mereka bekerja, sehingga menunjukkan betapa anjing ini menikmati pekerjaan mereka. Sayangnya, ekor Field Spaniel sering dipotong karena alasan estetika, sehingga banyak pemilik mungkin tidak menyadari betapa cantiknya pelengkap itu.

10. Kuvasz

Kuvasz

Anak anjing Hungaria ini dibiakkan untuk menjadi anjing penjaga, sehingga ekornya dapat dianggap sebagai sistem peringatan dini. Mereka secara rutin melawan singa gunung dan predator menakutkan lainnya, jadi Anda sebaiknya tidak mengabaikan kibasan ekornya.

11. Leonberger

Leonberger

Seperti Irish Wolfhound, Leonberger hanyalah anjing besar pada umumnya, jadi ekor mereka sudah pasti juga besar. Ini adalah anjing yang sangat lebat dan berbulu tebal, dan ekornya membutuhkan perawatan yang sama seperti anjing lainnya.

Leo tidak dikenal sangat agresif, tetapi itu tidak berarti mereka tidak dapat melukai Anda secara tidak sengaja dengan satu hentakan ekor mereka.

12. Otterhound

Otterhound

Seperti yang bisa Anda tebak dari namanya, Otterhound dibiakkan untuk berburu berang-berang, dan berang-berang tidak mudah ditangkap. Itulah mengapa anjing-anjing ini membutuhkan ekor yang panjang, karena ini berfungsi sebagai baling-baling untuk memberi mereka kecepatan ekstra di dalam air.

Perburuan berang-berang jauh lebih jarang saat ini, yang merupakan kabar baik -kecuali fakta bahwa itu berarti anjing Otterhound juga menjadi langka. Faktanya, anjing ini kini lebih terancam punah daripada panda raksasa.

13. Berger Picard

Berger Picard

Anjing Prancis kuno ini dibiakkan untuk bekerja sebagai tim untuk menggembalakan hewan ternak, jadi ekornya yang panjang memudahkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain. Selain itu, ekornya juga membuat hewan ternak cenderung menginjaknya, yang mungkin membuat ekornya melengkung ke atas di ujungnya.

Trah ini hampir punah setelah perang dunia di abad ke-20, tetapi mereka telah mulai bangkit dalam beberapa tahun terakhir.

14. Norwegian Lundehund

Norwegian Lundehund

Seperti yang mungkin Anda harapkan dari seekor anjing yang tinggal di Norwegia, Norwegian Lundehund memiliki ekor melengkung yang mencapai setengah punggung mereka. Namun ekornya juga bisa menggantung.

Hal yang paling luar biasa tentang anjing-anjing ini adalah kenyataan bahwa mereka memiliki enam jari kaki bersendi ganda di setiap kaki, sehingga ekor panjang mereka sering dibayangi.

15. Whippet

Whippet

Whippet memiliki ekor panjang dan tipis yang mereka gunakan sebagai kemudi saat berlari dengan kecepatan penuh. Namun di sebagian besar waktu lain, mereka cenderung membawanya rendah dan di antara kaki mereka. Whippet juga cenderung tidak mengibaskannya kecuali mereka memiliki alasan yang baik.

Komentar Anda