Apakah Anjing Bisa Diberi Makan Apel?

Ya, anjing bisa makan apel (tapi bukan bijinya). Namun sebelum menambahkan makanan baru apa pun ke dalam makanan anjing Anda, konsultasikan dulu dengan dokter hewan untuk memastikan nutrisinya sesuai untuk anjing peliharaan Anda.

Anjing makan apel

Manfaat Apel untuk Kesehatan Anjing

Apakah apel baik untuk anjing? Jawabannya adalah ya. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan anjing Anda dari memakan apel sebagai camilan meliputi:

  • Rendah kalori, jadi memberi mereka apel sesekali tidak akan berdampak negatif pada berat badan anjing Anda, seperti halnya mentimun.
  • Sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C.
  • Sumber kalsium dan fosfor yang sangat baik.
  • Sumber serat yang sangat baik, yang dapat bertindak sebagai prebiotik yang dapat membantu mendukung fungsi pencernaan anjing. Namun terlalu banyak serat dapat menyebabkan diare, jadi berikan apel secukupnya.
  • Dengan kandungan air 86%, apel bisa menjadi sumber hidrasi yang baik.
  • Apel dapat menjadi bagian dari rutinitas perawatan gigi anjing Anda, bersama dengan menyikat gigi setiap hari, kunyahan gigi, dan pemeriksaan gigi rutin di dokter hewan.

Cara Memberikan Apel ke Anjing Anda

Jika disajikan dengan tepat, apel bisa menjadi camilan bergizi dan lezat untuk anjing Anda. Untuk menyiapkannya, cuci apel dan buang inti, biji, dan batangnya. Anda dapat mengupas apel jika Anda mau, tetapi jika anjing masih bisa memakannya. Potong apel menjadi irisan atau potongan dengan ukuran yang sesuai untuk anjing Anda.

Tanya Jawab

Manfaat Apel untuk Anjing

Bisakah Anjing Makan Inti Apel?

Tidak. Bagian tengah apel ini keras dan sulit untuk dikunyah serta dapat menimbulkan bahaya tersedak jika tertelan. Buang inti, biji, dan batangnya sebelum memotong apel menjadi potongan-potongan atau irisan kecil untuk diberikan kepada anjing Anda.

Bisakah Anjing Makan Apel Hijau?

Mereka bisa. Apel merah, hijau, atau apapun, jenisnya tidak masalah. Apel dari varietas apa pun dapat menjadi camilan yang sehat untuk anjing Anda.

Bisakah Anjing Makan Biji Apel?

Tidak. Biji apel mengandung sejumlah kecil sianida, yang beracun untuk dikonsumsi anjing. Buang semua biji sebelum menyajikan buah ini pada anjing Anda.

Bisakah Anjing Memakan Kulit Apel?

Ya. Namun mengupas apel akan mengurangi seratnya, yang dapat membantu meringankan pencernaan untuk anjing yang mengidap perut sensitif.

Bisakah Anjing Diberi Makan Apel Setiap Hari?

Apel mengandung gula dan harus disajikan dalam jumlah sedang, tetapi satu atau dua potong apel dapat dijadikan camilan sesekali. Mulailah dari yang kecil saat memberi anjing Anda camilan baru, dan ingatlah bahwa kalori dari camilan tidak boleh lebih dari 10% dari asupan kalori harian mereka. Jika anjing Anda menderita diabetes, apel bukanlah pilihan terbaik untuk mereka.

Menambahkan berbagai jenis buah-buahan akan lebih baik daripada menyajikan apel setiap hari. Rotasi snack buah lain yang coock untuk anjing seperti pisang, semangka, dan wortel.

Bisakah Apel Mentah Diberikan pada Anjing?

Ya. Setelah batang, inti, dan bijinya dibuang, apel paling baik disajikan mentah dalam irisan atau potongan berukuran tepat. Pilihan lain, seperti saus apel, sering kali menambahkan gula yang tidak sehat untuk dikonsumsi anjing.

Apakah Apel Bisa Mengganggu Perut Anjing?

Apel bisa menjadi makanan ringan yang bagus untuk anjing, tetapi kandungan seratnya yang tinggi dapat mengganggu perutnya yang sensitif. Jika hal ini terjadi pada anjing Anda, cobalah mengupas apel sebelum disajikan. Jika masalah pencernaan tetap ada, tanyakan kepada dokter hewan Anda tentang pilihan makanan ringan lainnya.

Buah Apa yang Buruk untuk Anjing?

Beberapa buah tidak cocok untuk dimakan anjing. Ini meliputi (tetapi tidak terbatas pada) anggur, kismis, alpukat, tomat mentah, rhubarb, dan kesemek. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Komentar Anda