Bolehkah Anjing Diberi Ayam Goreng? Apakah Ini Aman? | Faunaku
Home » Anjing » Bolehkah Anjing Diberi Ayam Goreng? Apakah Ini Aman?

Bolehkah Anjing Diberi Ayam Goreng? Apakah Ini Aman?

Ayam goreng adalah makanan yang sangat populer bagi manusia. Renyah, beraroma, dan diisi dengan daging ayam yang enak. Entah Anda membeli ayam goreng siap saji atau membuatnya sendiri di rumah, proses menggorengnya saja membuat jenis makanan ini tidak aman untuk anjing Anda, sedangkan bumbu dan rempah-rempah yang ditambahkan ke lapisan tepungnya membuat bagian luar ayam bisa beracun dan dapat menyebabkan banyak kerusakan.

Anjing makan ayam goreng

Ambil tindakan cepat jika anjing Anda mencuri sepotong ayam goreng dari piring dan cari alternatif yang lebih sehat untuk memberi makan anjing Anda, seperti ayam rebus. Mungkin kedengarannya tidak menarik, tetapi anjing Anda tidak membutuhkan bahan tambahan seperti bawang putih dan bawang merah untuk menikmati makanan bergizi seperti daging ayam.

Apakah Ayam Goreng Aman untuk Anjing?

Anjing tidak boleh makan ayam goreng. Meskipun ayam jelas tidak beracun dan memang merupakan makanan sehat untuk anjing Anda, proses menggoreng dan bahan tambahan yang ditemukan di lapisan tepungnya bisa sangat berbahaya dan tidak sehat untuk anjing Anda.

Bahaya Makanan Gorengan

Ayam goreng diberi lapisan tepung dan kemudian digoreng dengan banyak minyak. Makanan yang dihasilkan penuh dengan minyak dan lemak. Jumlah lemak ini kemungkinan akan menyebabkan anjing Anda muntah atau menderita diare, tetapi bahkan jika tidak, itu akan menyebabkan anjing menjadi gemuk atau berpotensi menjadi gemuk. Makanan ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi yang mengancam jiwa lainnya.

Ayam yang dimasak juga mengandung tulang ayam yang rapuh. Proses memasak menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Potongan fragmen tulang dapat tersangkut di tenggorokan anjing Anda dan dapat menembus bagian mulutnya. Alasan ini sudah cukup untuk menjauhkan anjing Anda dari ayam goreng.

Terakhir, ayam goreng memiliki tambahan bahan berbahaya yang sering dimasukkan ke dalam lapisan tepungnya. Adalah umum menambahkan tepung roti dan menggabungkannya dengan bahan-bahan seperti bawang putih dan bawang merah, yang keduanya beracun bagi anjing dan dapat menyebabkan kerusakan serius bahkan meski memakannya dalam jumlah kecil.

Mungkin juga anjing Anda alergi terhadap protein ayam atau menderita beberapa bentuk kepekaan gastrointestinal terhadap ayam. Ini tidak dianggap berbahaya seperti keracunan, tetapi dapat menyebabkan masalah kulit dan bulu, bengkak, dan gatal. Namun ini jarang terjadi, dan alternatif untuk ayam dapat diberikan dalam kasus ini

Bagaimana dengan Ayam Goreng Rumahan?

Ayam Goreng

Membuat ayam goreng buatan sendiri, setidaknya memungkinkan Anda mengontrol bahan-bahan yang Anda masukkan ke dalam lapisan krispinya. Anda tidak perlu menambahkan garam, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih, dan bahan beracun lainnya.

Anda bahkan dapat menggoreng daging dengan menggunakan alternatif yang lebih sehat untuk minyak sayur atau minyak goreng lainnya. Tetapi, menggoreng tetap akan membuat makanan akan mengandung lemak dan minyak, dan ini tidak baik untuk anjing Anda.

Baca Juga:  21 Jenis Anjing yang Paling Tahan Cuaca Dingin dan Salju

Jika Anda membuat makanan ini khusus untuk konsumsi anjing, ada cara yang jauh lebih sehat untuk menyiapkan ayam untuk konsumsi anjing Anda.

Bagaimana dengan Cara Memasak Ayam Lainnya?

Ayam adalah sumber protein yang bagus untuk anjing. Ini adalah sumber protein tanpa lemak, yang berarti anjing Anda tidak akan mengonsumsi terlalu banyak kalori, tetapi dia akan mendapatkan protein yang dibutuhkannya agar tetap bugar dan sehat. Protein dapat menggantikan makanan anjing Anda, dan memberikan makan ayam rebus sangat umum jika anjing Anda menderita keluhan gastrointestinal seperti muntah dan diare.

Ayam rebus adalah alternatif terbaik. Ini hambar, tetapi anjing Anda akan tetap menyukai bau dan rasa ayamnya. Ini dapat dengan mudah dipotong-potong, ditambahkan ke makanan, atau cukup ditambahi nasi hangat untuk dijadikan makanan biasa yang sangat berguna jika anjing Anda sakit.

Ayam juga ditemukan di banyak makanan anjing komersial, termasuk pilihan makanan kering dan basah. Ini adalah sumber protein yang baik dan anjing cenderung menyukai rasanya.

Ayam mentah dan bahkan tulang ayam mentah sangat populer sebagai bagian dari pola makan mentah anjing. Ini umumnya dianggap sebagai cara yang aman untuk memberi makan anjing dengan ayam, tetapi tidak semua orang menyukai cara itu.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anjing Makan Ayam Goreng?

Jika anjing Anda memakan sedikit ayam goreng siap saji, dia seharusnya baik-baik saja, meskipun Anda harus berhati-hati untuk memastikan bahwa dia tidak mulai muntah. Jika dia makan banyak makanan yang digoreng, dia mungkin akan sakit perut serius. Hubungi dokter hewan Anda untuk mendapatkan panduan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Jika dia juga memakan tulangnya, Anda harus sangat memperhatikan pola pernapasan dan cara menelannya dan Anda mungkin perlu segera menghubungi dokter hewan untuk mencari bantuan.

Kesimpulan

Ayam goreng tidak aman untuk anjing. Makanan ini berlemak dan asin, dan lapisan tepung krispinya mungkin mengandung bahan beracun seperti bawang putih dan bawang merah, sedangkan tulang yang dimasak cenderung mudah pecah dan patah, menyebabkan masalah serius pada anjing Anda. Anjing Anda bahkan mungkin saja juga alergi pada ayam sebagai bahan makanannya.

Pertimbangkan merebus ayam sebagai alternatif yang lebih sehat atau masukkan ayam mentah sebagai bagian dari diet makanan mentah.

Komentar Anda