Apakah Anjing Boleh Makan Selai? Apa Resikonya?

Bisakah anjing makan selai? Anda mungkin menanyakan ini karena anjing kecil Anda menemukan stoples selai manis Anda yang terbuka dan mulai mencicipinya. Manusia bisa makan selai, jadi apakah anjing juga aman untuk memakannya?

Anjing Makan Selai

Jawaban singkatnya adalah tidak, selai tidak baik untuk diberikan kepada anjing. Meski selai tidak beracun bagi anjing (kecuali buah dalam selai adalah anggur yang beracun untuk anjing), semua selai mengandung gula yang buruk bagi kesehatan keseluruhan anak anjing Anda.

Jika anjing Anda memakan selai, terutama selai yang dibuat dengan buah yang beracun bagi anjing, Anda harus menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan. Inilah alasan mengapa selai tidak baik untuk dimakan anjing.

Mengapa Selai Buruk untuk Anjing?

Selai dibuat menggunakan empat bahan penting: buah, pektin, asam, dan gula. Pektin, senyawa alami yang memberikan tekstur pada selai, aman untuk anjing dalam jumlah sedang. Masalah dengan selai terletak pada kandungan asam dan gulanya.

Selai mengandung gula alami dalam buah serta banyak gula tambahan. Tidak ada situasi di mana anjing Anda harus mengonsumsi gula sebanyak yang terkandung dalam selai.

Mengkonsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan diabetes, masalah pencernaan, obesitas, dan masalah gigi pada anjing Anda. Anjing Anda bisa mencicipi selai jika buahnya aman untuk anjing, tetapi bukanlah hal yang baik untuk memberi mereka selai lebih dari itu.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anjing Anda Makan Selai?

Selai untuk Anjing

Urgensi situasi di mana anjing Anda memakan selai tergantung pada jenis selai yang dikonsumsinya.

Beberapa selai mengandung buah-buahan yang aman untuk dimakan anjing Anda, seperti selai stroberi atau blackberry, sementara yang lain mengandung buah-buahan yang sangat beracun bagi anjing, seperti selai anggur. Jika anjing Anda memakan selai yang mengandung buah beracun, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.

Komponen selai lain yang dapat menyebabkan masalah besar bagi anjing Anda adalah kandungan gulanya. Meskipun tambahan gula dalam bentuk butiran atau sirup tidak baik untuk anjing Anda, beberapa selai bebas gula memiliki kandungan yang lebih buruk untuk anjing Anda, yaitu xylitol.

Xylitol adalah pengganti pemanis alami yang sangat beracun bagi anjing. Jika anjing Anda makan selai yang mengandung xylitol, bawalah ke dokter hewan sesegera mungkin. Biasakan untuk selalu memeriksa bahan-bahan makanan Anda sebelum membiarkan anjing Anda mencicipinya agar mereka terhindar dari bahaya.

Nah sekarang Anda tahu kan bahwa selai sebaiknya tidak diberikan pada anjing Anda. Apakah anjing Anda pernah secara tidak sengaja memakan selai? Apakah mereka merasa sakit setelahnya? Ceritakan pengalaman Anda pada kami di kolom komentar di bawah.

Komentar Anda