Apakah Semangka Baik untuk Anjing Peliharaan? | Faunaku
Home » Anjing » Apakah Semangka Baik untuk Anjing Peliharaan?

Apakah Semangka Baik untuk Anjing Peliharaan?

Saat cuaca semakin panas dan anjing Anda mulai terengah-engah, Anda mungkin mencari suguhan menyegarkan yang bisa mendinginkan Anda berdua. Jika Anda mengemil semangka yang berair, besar kemungkinan anjing Anda akan meminta sepotong.

Anjing Makan Semangka

Tidak apa-apa untuk memberikannya satu. Semangka aman untuk dimakan anjing, asalkan mereka hanya menikmati bagian buah yang berdaging dalam jumlah sedang. Faktanya, ini sebenarnya bisa menjadi camilan sehat untuk anjing jika Anda menyiapkannya dengan benar.

Mengapa Anjing Suka Semangka?

Anjing Anda mungkin sangat ingin melahap semangka karena alasan yang sama seperti Anda. Manis, berair, dan menyegarkan, terutama selama musim panas. Meskipun anjing tidak selalu tertarik pada makanan yang baik untuk mereka, dalam hal ini, semangka sebenarnya adalah pilihan yang sehat.

Berkat kelembapannya yang tinggi, kandungan serat, dan kepadatan nutrisinya, semangka dianggap sebagai makanan super, baik untuk manusia maupun anjing. Buah ini kaya akan vitamin A, B6, dan C, bersama dengan potasium, dan hampir tidak mengandung lemak atau kolesterol dan terdiri atas 92% air. Dan meskipun mengandung gula dalam jumlah yang layak, itu tidak cukup menimbulkan kekhawatiran dalam dosis kecil.

Semua ini berarti bahwa semangka merupakan makanan ringan yang lezat dan bergizi untuk anjing Anda dan bahkan dapat membantu saat mengalami dehidrasi. Namun penting untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan saat memberikan makan buah ini kepada anjing Anda.

Berapa Banyak Semangka yang Harus Disajikan ke Anjing?

Semangka untuk Anjing

Seperti semua suguhan untuk hewan peliharaan, semangka adalah makanan ringan yang harus diberikan kepada anjing Anda dalam jumlah sedang. Camilan anjing hanya boleh memenuhi 10% dari konsumsi makanan harian anjing Anda, sementara sisanya berasal dari diet makanan anjing yang seimbang.

Baca Juga:  4 Alasan dan Bukti Anjing Kecil Lebih Agresif Daripada Anjing Besar

Anda juga harus berhati-hati untuk tidak memberikan kulit atau biji semangka saat mengemil dengan anak anjing Anda. Kulitnya terlalu keras untuk dicerna, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan usus. Bijinya juga tidak cukup matang untuk dicerna oleh anjing. Jika seekor anjing mengonsumsi kulit atau bijinya, dia dapat mengalami penyumbatan usus yang mungkin memerlukan pembedahan dalam beberapa keadaan.

Berikut adalah beberapa ide dan tips untuk membiarkan anjing Anda menikmati semangka dengan aman:

  • Buang semua biji dari semangka
  • Potong daging menjadi potongan-potongan kecil atau gunakan alat potong buah seperti melon baller untuk menghindari kulitnya
  • Setelah mengeluarkan biji dan kulitnya, bekukan potongan semangka untuk suguhan beku (untuk Anda berdua!)
  • Beri makan anjing Anda hanya semangka segar, bukan produk semangka dengan rasa artifisial

Selama Anda mengikuti pedoman ini, maka aman, sehat, dan menyenangkan untuk berbagi semangka dengan anjing Anda yang terengah-engah kepanasan!

Kesimpulan

Semangka aman untuk dinikmati anjing dalam jumlah sedang. Biji dan kulitnya perlu dibuang, tetapi jika Anda mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, Anda dapat berbagi buah yang berair ini dengan anjing Anda saat Anda sedang piknik atau mencari camilan yang menyegarkan.

Komentar Anda