Apakah Stroberi Aman untuk Dimakan Anjing? Pro dan Kontra

Saat Anda mencoba mencari camilan yang enak dan sehat untuk anjing kesayangan Anda, stroberi mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan. Namun yang perlu Anda ketahui, buah yang lezat ini sama baiknya untuk anjing seperti halnya bagi kita.

Manfaat Stroberi untuk Anjing

Jadi bisakah anjing makan stroberi? Jawabannya adalah ya. Hal yang sulit sebenarnya justru adalah membuat anjing Anda mau makan stroberi.

Bisakah Anjing Makan Stroberi?

Ya, anjing benar-benar bisa makan stroberi. Namun Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter hewan Anda untuk memastikan bahwa perut anjing Anda siap untuk menangani makanan berair ini, tetapi kebanyakan anjing mampu mencerna stroberi.

Haruskah Anjing Makan Stroberi?

Sekali lagi, jawaban untuk pertanyaan ini juga ya. Jelas seekor anjing membutuhkan makanan seimbang dan anjing tidak dapat bertahan hidup hanya dengan makan buah beri saja. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa stroberi (dan buah beri lainnya, terutama blueberry) dapat bermanfaat bagi anjing.

Manfaat Stroberi untuk Anjing

Antioksidan Kuat dan Sumber Vitamin C

Sementara studi tentang nutrisi anjing masih dalam tahap awal, ada sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa mereka juga mendapat manfaat dari antioksidan yang ditemukan dalam buah beri.

Misalnya, sebuah studi yang dilakukan University of Alaska Fairbanks menemukan bahwa memberi makan anjing penarik kereta luncur dengan buah blueberry pada saat mereka berolahraga bisa meningkatkan kadar antioksidan mereka. Akibatnya, mereka lebih mampu memerangi efek kerusakan oksidatif.

Temuan ini mirip dengan hasil uji coba manusia, yang menunjukkan bahwa buah beri, termasuk stroberi, dapat membantu mengurangi risiko kerusakan sendi, penyakit jantung, dan kehilangan memori. Vitamin C memiliki banyak manfaat yang sama.

Asam Lemak Omega-3

Komponen utama stroberi lainnya adalah omega-3. Komponen nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan bulu anjing Anda. Ketika diberi omega-3 yang cukup, anjing akan memiliki bulu yang indah, subur, dan berkilau.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Veterinary Research Communications menemukan bahwa asam lemak omega-3 juga dapat mempengaruhi perilaku anjing; anjing agresif tampaknya memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah.

Sementara itu, sebuah studi dari Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition menemukan bahwa makanan kaya asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi dan meringankan gejala radang sendi pada anjing tua.

Cara Memberikan Stroberi pada Anjing

Gambar Anjing Makan Stroberi

Jika Anda ingin memberi makan anjing peliharaan Anda dengan buah stroberi, mulailah dengan jumlah kecil. Ini memungkinkan Anda untuk segera berhenti jika anjing Anda mulai menunjukkan perilaku abnormal.

Jangan pernah memberikan terlalu banyak stroberi sekaligus, karena camilan ini mengandung banyak gula. Selain itu, jangan pernah memberikan stroberi kalengan atau olahan ke anjing. Secara umum, jika buah beri jenis apa pun diolah menjadi sirup, itu tidak boleh diberikan kepada anjing.

Tantangan terbesar adalah bagaimana membuat anjing Anda mau makan stroberi. Beberapa anjing suka makan stroberi, sedangkan yang lainnya tidak terlalu.

Masalah Kesehatan Umum

Masalah paling umum yang akan dihadapi anjing setelah makan stroberi adalah gangguan usus, dan terutama bagi anjing yang makan terlalu semangat, resikonya adalah tersedak. Jika Anda tidak tahu seberapa besar toleransi anjing Anda pada buah ini, mulailah dari yang kecil dan bangun dari sana.

Meskipun tidak diketahui secara umum, beberapa anjing mungkin memiliki reaksi alergi terhadap stroberi. Saat pertama kali memberi anjing Anda stroberi, perhatikan baik-baik. Jika dia mengembangkan gatal-gatal atau mulai mengalami kesulitan menelan dan bernapas, ini adalah tanda reaksi alergi, yang harus diperlakukan sebagai keadaan darurat hewan.

Jelas, jika anjing Anda menunjukkan tanda-tanda kesusahan atau ketidaknyamanan setelah makan stroberi, berhentilah memberikannya!

Cara Pemberian yang Simpel

Cara termudah untuk memberi makan anjing dengan stroberi adalah dengan membilasnya dan mengirisnya. Pastikan untuk membuang batang dan daunnya. Potong stroberi menjadi potongan-potongan kecil untuk mengurangi risiko tersedak.

Kesimpulan

Sisi Positif Stroberi untuk Anjing

  • Anjing mendapat manfaat dari antioksidan yang ditemukan dalam buah beri.
  • Stroberi dapat membantu mengurangi risiko kerusakan sendi, radang sendi, penyakit jantung, dan kehilangan memori.
  • Stroberi mengandung omega-3 yang penting untuk kesehatan bulu anjing Anda
  • Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam stroberi juga dapat membantu menenangkan anjing yang agresif.
  • Banyak resep camilan stroberi untuk anjing tersedia di internet sehingga Anda tidak perlu susah payah mencari.

Sisi Negatif Stroberi untuk Anjing

  • Tinggi gula alami.
  • Meskipun tidak diketahui secara umum, beberapa anjing mungkin memiliki reaksi alergi terhadap stroberi.
  • Banyak anjing tidak menyukai stroberi dalam bentuk alaminya sehingga Anda harus melatihnya, yang dapat memakan waktu lama.

Kesimpulannya jelas, anjing boleh makan stroberi dan buah ini aman untuk mereka. Apakah Anda pernah memberikan stroberi pada anjing Anda?

Komentar Anda