Mengapa Anjing Anda Suka Mengejar Mobil yang Bergerak?

Jika anjing peliharaan Anda sepertinya terpanggil untuk mengejar apa pun yang memiliki roda, Anda mungkin akan bertanya-tanya, “Mengapa anjing saya suka mengejar mobil?” Bukannya anjing pasti sulit menandingi kecepatan mobil, dan bahkan jika mereka bisa, apa manfaatnya bagi mereka?

Anjing Mengejar Mobil

Perilaku ini memang aneh dan membuat kita penasaran. Apa yang menyebabkan anjing mengejar mobil? Mari kita pelajari lebih dekat apa yang mungkin menyebabkan perilaku ini dan bagaimana menghentikan anjing Anda mengejar mobil.

Mengapa Anjing Mengejar Mobil?

Meskipun manusia mungkin tidak begitu memahaminya, bagi anjing, mengejar adalah naluri. Bagi anjing, kendaraan yang bergerak mungkin merupakan gangguan, keseruan, atau sesuatu yang lain sama sekali, tetapi satu hal yang pasti: ini memicu naluri alami di mana seekor anjing mengenali kendaraan sebagai mangsa yang harus mereka kejar dan tangkap.

Dan bukan hanya kendaraan beroda empat, seperti mobil atau bus, yang mungkin dikejar anjing Anda. Ada kendaraan beroda lain yang mungkin membuat anjing termotivasi untuk mengejarnya, seperti sepeda, skuter, atau moped. Anjing Anda bahkan mungkin mengejar orang yang naik sepatu roda atau menggunakan kursi roda!

Karena mengejar adalah naluri alami, semua jenis anjing mungkin merasakan dorongan untuk mengejar mobil atau kendaraan lainnya. Namun American Kennel Club (AKC) melaporkan bahwa anjing pengintai dari semua ukuran dan anjing penggembala lainnya lebih mungkin terdorong untuk mengejar sesuatu yang bergerak.

Bahaya Anjing Mengejar Mobil

Anjing suka mengejar mobil

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat jika anjing Anda mengejar kendaraan yang bergerak di jalan adalah jika anjing terus mengejar, dia bisa tertabrak. Tabrakan dapat menyebabkan cedera serius pada anjing peliharaan Anda, kerusakan yang berpotensi mengancam jiwa.

Jika anjing Anda suka mengejar dan memiliki masalah dengan perilaku agresif, Anda juga harus mengkhawatirkan potensi anjing Anda menyerang seseorang jika dia dapat mengejarnya, seperti orang yang bersepatu roda yang hanya berseluncur di dekat rumah Anda.

Cara Menghentikan Anjing dari Perilaku Mengejar Mobil

Kabar baiknya adalah Anda dapat melatih anjing Anda untuk tidak mengejar mobil atau alat transportasi lainnya. Namun untuk beberapa anjing yang sangat suka mengejar, pelatihan mungkin terbukti sulit.

AKC melaporkan, “Hasrat untuk mengejar melekat pada banyak anjing dan merupakan perilaku yang sangat menyenangkan diri sendiri… Karena beberapa anjing sangat menikmatinya, mungkin lebih sulit untuk melatih mereka untuk tidak melakukannya.”

Namun ini tidak berarti Anda harus putus asa. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk melatih kontrol impuls pada anjing peliharaan Anda:

1. Mulailah pelatihan sebelum impuls atau dorongan mengejar muncul. Akan jauh lebih sulit untuk menghentikan perilaku saat itu terjadi daripada bekerja dalam kondisi tenang terlebih dahulu.

2. Jaga agar anjing Anda tetap terikat dan dekat dengan Anda selama pelatihan.

3. Mulailah dengan mengajari anjing Anda perintah “stay” atau “diam.”

4. Ketika anjing Anda memahami perintahnya, tunjukkan skenario yang menantang kontrol impuls mereka, seperti anggota keluarga yang naik skateboard dan bergerak perlahan, sementara anjing Anda (harus) tetap duduk atau berbaring dalam posisi diam.

Tahap pelatihan ini akan memakan waktu paling lama. Di sini, Anda harus meningkatkan kecepatan atau eksposur, sambil menjaga keamanan dan menjaga anjing Anda tetap terikat dan dekat dengan Anda.

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk bekerja langsung dengan pelatih anjing lokal untuk mendapatkan hasil maksimal di lingkungan yang paling aman.

So, mengapa anjing suka mengejar mobil? Jawabannya terletak pada evolusi alami. Mereka hanya memiliki naluri untuk mengejar, dan mobil yang bergerak cepat terlihat seperti mangsanya. Melatih anjing Anda untuk tetap tidak bergerak atau diam di sisi Anda dapat membantu meredam perilaku ini di masa depan.

Komentar Anda