8 Tips Menghentikan Anjing yang Suka Mengemis Makanan

Anjing sangat suka makan, jadi tidak mengherankan jika mereka sering meminta-minta makanan dari meja makan kita. Meski kita tak tega ketika melihat mata lugu anjing itu, memberi mereka sisa makanan Anda hanya memperkuat perilaku mengemis, membuat mereka lebih mungkin melakukannya lagi. Seiring waktu, perilaku ini akan berubah dari lucu menjadi menjengkelkan.

Anjing mengemis makanan

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan perilaku anjing Anda mengemis makanan? Sebagai permulaan, Anda dapat melatih mereka untuk berperilaku baik dan menjaga pola makan mereka tetap seimbang. Anda juga bisa mencoba delapan tips dan trik ini agar mereka berhenti mengemis makanan.

Perlu diingat bahwa menghentikan perilaku ini mungkin memerlukan sedikit waktu, banyak kesabaran, dan banyak penguatan positif.

Cara Menghentikan Anjing Meminta-minta Makanan

1. Jauhkan Anjing dari Meja Makan atau Dapur

Ini adalah cara paling sederhana dan mudah untuk membuat anjing Anda berhenti mengemis makanan. Jangan biarkan anjing Anda masuk ke rumah selama waktu makan karena ini pasti akan menghentikannya mengemis makanan. Anda cukup menutup pintu rumah atau pintu dapur (jika ada).

Anda juga dapat mengurung anjing Anda di kandang sementara selama Anda makan sehingga dia tidak dapat mengganggu Anda. Namun jika Anda ingin menggunakan kandang, pastikan Anda meninggalkan anjing Anda dengan mainan puzzle atau sesuatu yang lain untuk dimainkannya saat Anda makan.

2. Beri Makan Anjing Terlebih Dahulu di Ruangan Lain

Memberi makan anjing Anda di ruang terpisah sebelum Anda duduk untuk makan akan membuat anjing sibuk dengan makanannya sendiri saat Anda makan. Plus, anjing juga akan kenyang, jadi dia mungkin akan enggan untuk meminta sebagian dari makanan Anda.

3. Sibukkan Anjing

Secara umum, menyibukkan anjing peliharaan Anda selama waktu makan adalah cara yang bagus untuk mencegah perilaku mengemis makanan. Beri anjing mainan favoritnya atau permainan yang menantang untuk dilakukan saat semua orang sedang makan, dan dia akan sangat sibuk dengan itu sampai lupa meminta-minta makanan.

4. Latih Anjing Pergi ke Tempat Tertentu Saat Anda Makan

Ekspresi Lucu Anjing Minta Makanan

Mengajari anjing Anda untuk pergi ke tempatnya sendiri selama makan akan mencegahnya mengemis. Anda bisa memulai proses ini dengan memberi tahunya untuk pergi ke tempat itu saat Anda sedang dalam proses membuat makanan (Anda mungkin harus memandunya beberapa kali dulu).

Hadiahi anjing dengan snack (snacknya sendiri, bukan makanan orang) ketika dia melakukan apa yang diperintahkan. Pada akhirnya, anjing akan menguasai berbagai hal. Memiliki tempat terdekat sendiri membuat anjing Anda masih bisa bersosialisasi dengan keluarga, tetapi tidak bisa mengemis di meja.

5. Ajari Anjing Perintah Kepatuhan Dasar

Jangan hanya mengajari anjing untuk pergi ke tempatnya selama waktu makan; ajari juga dia perintah dasar lainnya seperti “diam” atau “biarkan.” Melakukan hal ini dapat menghentikan atau mengalihkan perilaku mengemis.

Misalnya, jika salah satu anak Anda secara tidak sengaja menjatuhkan sepotong makanan ke lantai dan anjing Anda ingin mengambilnya, Anda dapat memerintahkan “biarkan!” untuk menghentikannya.

6. Mengabaikannya Saat Mengemis

Kita tahu itu sulit karena anjing terlihat sangat lucu ketika mengemis, tetapi memberi anjing Anda perhatian apa pun ketika dia menunjukkan perilaku negatif hanya memperkuat perilaku itu.

7. Semua Orang Harus Mengikuti Aturan

Jika Anda membuat aturan tidak boleh memberi makan anjing dari meja makan atau dapur, pastikan semua orang di keluarga Anda mengikutinya. Jika tidak, anjing Anda akan menjadi bingung, dan perilakunya ini tidak akan berakhir.

8. Ubah Pola Makan Anjing

Apakah anjing Anda mengabaikan makanannya sendiri demi mengemis makanan Anda? Atau dia hanya makan sedikit dari makanannya sendiri sebelum melakukannya? Maka sudah waktunya untuk mengubah pola makan anjing peliharaan Anda.

Ada kemungkinan besar anjing Anda tidak makan makanannya sendiri karena dia tidak menyukainya, jadi carilah makanan sehat yang akan dia sukai!

Kesimpulan

Mungkin perlu sedikit waktu untuk melatih anjing Anda berhenti dari perilaku mengemis, tetapi itu bisa dilakukan. Dengan delapan tips dan trik ini, rumah Anda akan tenang tanpa perilaku mengemis anjing.

Entah Anda memutuskan untuk mengajari anjing Anda perintah kepatuhan dasar, menyibukkannya dengan sesuatu selama waktu makan, atau melarangnya masuk ke ruang makan, anjing Anda pada akhirnya akan menerima pesannya.

Ingatlah untuk mengabaikan permintaan apa pun yang terjadi, karena perhatian hanya akan berfungsi sebagai penguatan positif untuk anjing peliharaan Anda, dan pastikan semua orang mengikuti aturan yang dibuat tentang memberikan sisa makanan dari meja makan ke anjing Anda.

Komentar Anda