10 Penyebab Anjing Menggonggongi Makanannya dan Solusinya

Pemilik anjing tahu bahwa anjing suka melakukan banyak hal yang tidak biasa, tetapi salah satu perilaku paling aneh adalah ketika anjing menggonggongi makanannya sendiri. Ini bisa membuat frustrasi karena anjing tidak menggonggong untuk meminta makanannya, yang menunjukkan bahwa dia menginginkan sesuatu. Dia menggonggongi makanannya, yang tampaknya tidak masuk akal sama sekali.

Anjing sedang menggonggongi makanannya

Dalam artikel ini, kami membahas 10 alasan mengapa anjing Anda menggonggong saat makan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Ini adalah perilaku yang aneh, tetapi setelah Anda menemukan penyebabnya, Anda dapat mencoba untuk menghentikan kebiasaan ini.

 

Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang alasan mengapa anjing menggonggong pada makanannya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membantu Anda menentukan mengapa anjing Anda berperilaku seperti ini.

Apakah anjing Anda selalu melakukan ini atau apakah ini perilaku baru? Apakah ada perubahan di rumah atau rutinitas Anda yang dapat Anda identifikasi sebagai penyebabnya?

Setiap anjing dapat menggonggong pada makanannya karena alasan yang berbeda-beda, jadi penting untuk mengetahui apa yang secara khusus memengaruhi anjing Anda. Melacak detail perilaku akan membantu Anda menentukan mengapa itu terjadi. Hal ini juga perlu diketahui jika Anda harus membawa anjing Anda ke dokter hewan.

Kemungkinan Alasan Anjing Menggonggongi Makanannya

1. Makanan Anjing Diganti

Jika Anda baru saja mengganti makanan anjing Anda, dia mungkin menggonggong hanya karena makanan itu baru. Jika anjing melihat aroma atau rasa baru dalam makanannya, dia mungkin menjadi bingung dan menggonggong.

Jika anjing Anda termasuk yang suka pilih-pilih makanan, dia mungkin ingin memakan makanannya tetapi tidak menyukai bahan-bahan baru di dalamnya. Anda dapat mencoba membaca bahasa tubuh anjing Anda dan melihat apakah dia tidak senang saat menggonggong.

Ekor yang bergoyang-goyang dan gonggongan di saat mengunyah penuh menunjukkan anjing suka. Ekor yang terselip dan telinga yang rata atau mencoba membalik mangkuk berarti anjing Anda tidak suka degan perubahan makan yang baru.

Apa yang Harus Dilakukan?

Campurkan makanan lama anjing Anda dengan makanan barunya secara bertahap, dimulai dengan campuran 75% lama dan 25% baru. Tingkatkan jumlah makanan barunya setiap hari dan kurangi yang lama sampai Anda hanya memberi dia makanan baru.

Anjing Anda mungkin hanya perlu lebih banyak waktu untuk terbiasa dengan rasa baru. Perubahan makan secara bertahap juga dianjurkan untuk menghindari gangguan gastrointestinal.

2. Anjing Merasa Terancam

Seekor anjing yang merasa terancam dapat melakukan “penjagaan sumber daya.” Kepemilikan agresif ini alami pada anjing liar, tetapi tidak bekerja dengan baik pada anjing domestik di rumah.

Perilaku tersebut meliputi menggeram, menggonggong, menerjang, dan menggigit orang dan hewan lain demi menjaga “harta bendanya,” termasuk makanan. Tubuh anjing biasanya akan kaku, dengan kepala menunduk saat menggonggong dan menggeram saat orang lain mendekatinya. Dalam hal ini, anjing tidak menggonggong karena makanannya, tetapi karena dia merasa bahwa makanannya akan diambil.

Apa yang Harus Dilakukan?

Pertama, jangan menghukum anjing Anda. Pahami bahwa ini terjadi karena anjing merasa terancam. Menghukum atau memarahinya akan membuat perasaan itu semakin kuat. Melatihnya dengan pelatih profesional dapat membantu anjing Anda merasa lebih aman tentang makanan dan barang-barang lainnya.

Jika penjagaan sumber dayanya ringan, coba tunjukkan pada anjing Anda bahwa Anda bukan ancaman bagi makanannya. Saat Anda lewat, lemparkan sepotong makanan yang lezat, seperti ayam atau steak, ke dalam mangkuknya sehingga anjing mengaitkan kehadiran Anda di dekatnya dengan perasaan positif.

Anda juga dapat mencoba memberi makan anjing Anda kibble kering satu genggam setiap kali. Isi mangkuk dengan makanannya dan berdirilah di samping piring, masukkan beberapa potong. Setelah anjing menghabiskan makanannya, kemungkinan besar dia akan melihat Anda dan berharap Anda memberinya lebih banyak. Ini akan menunjukkan kepadanya bahwa Anda bukan ancaman baginya, tetapi penyedia makanannya yang dapat dia percayai.

Pastikan Anda memberi makan anjing Anda cukup makanan sehingga anjing tidak akan menjaga sumber dayanya karena merasa lapar. Kalkulator kalori anjing sangat membantu, dan jika perlu, Anda dapat meminta saran dari dokter hewan terkait pemberian jumlah makanan anjing yang tepat untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

3. Anjing Senang Makan

Jika Anda memiliki anjing yang ribut, dia mungkin bersemangat dengan banyak hal, dan salah satunya adalah makan! Menggonggong atau melolong saat Anda memberinya semangkuk makanan mungkin merupakan caranya untuk mengungkapkan betapa bahagianya dia mendapatkan makanannya.

Perilaku ini dapat disertai dengan melompat, mengibaskan ekor, dan mengais-ngais mangkuknya. Jika anjing Anda merasa sangat lapar, dia akan lebih bersemangat untuk makan.

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika anak anjing Anda hanya terlalu bersemangat dan Anda tidak keberatan dengan suara gonggongannya, maka tidak ada yang perlu dilakukan. Beberapa pemilik anjing merasa gembira saat melihat anjingnya memakan makanannya dengan lahap.

Namun jika Anda ingin perilaku ini dihentikan, Anda dapat melatih anjing Anda untuk tetap tenang pada waktu makan. Tunggu sampai dia tenang sebelum Anda memberikan mangkuknya. Dia akan segera belajar bahwa perilaku tenang adalah cara cepat untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

4. Anjing Takut

Salah satu alasan anjing menggonggong pada makanannya adalah karena ada sesuatu yang membuat dia takut. Dalam banyak kasus, itu adalah mangkuknya. Jika Anda baru saja mengganti mangkuk atau piring makanan anjing Anda, dia mungkin tidak ingin mendekatinya. Jika anjing menggonggong dan mundur, mangkuk bisa menjadi alasannya.

Jika mangkuk itu mengkilap, dia mungkin tidak menyukai gerakan bayangannya sendiri di dalamnya. Mungkin gantungan nama di kerahnya berdenting ke mangkuk, membuat suara yang tidak dia sukai. Jika mangkuk terlalu kecil untuk anjing Anda, mungkin itu tidak nyaman baginya untuk memakannya. Untuk alasan apa pun, anjing Anda telah memutuskan bahwa mangkuk makanannya adalah musuh dan dia takut akan hal itu.

Apa yang Harus Dilakukan?

Adalah umum bagi anak anjing untuk menggonggong di mangkuk makanan saat dia disapih karena dia belum pernah melihatnya sebelumnya dan tidak tahu cara menggunakannya. Dia butuh waktu untuk mencari tahu.

Jika anjing dewasa Anda menggonggong di mangkuk makanannya yang sudah lama, pertimbangkan untuk menggantinya. Cobalah mangkuk plastik atau keramik jika dia menggonggong di mangkuk baja tahan karat.

Pertimbangkan untuk beralih ke mangkuk yang lebih besar jika anjing Anda kesulitan memakan semua makanannya dengan nyaman. Mangkuk tidak boleh membatasi gerakan mulut anjing atau menggores sisi wajahnya saat makan. Dia harus bisa mencapai dasar mangkuk. Jika itu tidak berhasil, pertimbangkan untuk menggunakan piring sebagai gantinya.

5. Anjing Kesakitan

Anjing makan

Terkadang anjing akan menggonggong pada makanannya jika dia ingin memakannya, tetapi tahu bahwa itu akan menyebabkannya sakit jika dia memakannya. Alasan yang paling mungkin untuk ini adalah sakit mulut dan gigi. Penyakit gusi, gingivitis, periodontitis, dan gigi yang retak atau membusuk semuanya dapat menyebabkan rasa sakit yang berlebihan pada anjing Anda saat dia mengunyah.

Jika Anda memperhatikan bahwa anjing Anda mengunyah di satu sisi mulutnya, ragu-ragu untuk makan, atau ada makanan yang keluar dari mulutnya saat dia makan, dia mungkin mengalami masalah gigi.

Apa yang Harus Dilakukan?

Bawa anjing Anda ke dokter hewan untuk diperiksa. Dokter hewan Anda dapat menentukan apakah ada gigi yang patah, retak, atau membusuk. Dia juga akan mencari gusi yang bengkak dan berdarah. Jika anjing Anda membutuhkan pembersihan gigi, itu bisa dijadwalkan. Dalam perawatan ini, gigi yang busuk atau patah dapat dicabut.

6. Anjing Mengalami Kecemasan Perpisahan

Jika langkah terakhir di pagi hari sebelum Anda meninggalkan rumah adalah memberi makan anjing Anda, anjing Anda akan mulai mengasosiasikan makanannya dengan kepergian Anda. Untuk anjing dengan kecemasan perpisahan, ini dapat menyebabkannya menggonggongi makanannya. Anda akan melihat ini terjadi jika anjing Anda menolak untuk makan sampai Anda kembali ke rumah.

Apa yang Harus Dilakukan?

Coba ubah waktu makan anjing Anda menjadi saat Anda bangun atau setidaknya satu jam sebelum Anda meninggalkan rumah. Anda juga dapat mencoba memberinya makan di bagian lain dari rumah di mana dia merasa lebih aman, seperti kandang atau area yang terjaga keamanannya.

Beri anjing hal-hal untuk membuatnya sibuk saat Anda pergi, seperti mainan puzzle yang diisi dengan camilan. Jadikan rutinitas sebelum Anda pergi untuk hari itu sebagai sesuatu yang dia nantikan daripada yang ditakuti.

7. Jadwal Makan Tidak Tepat

Jika waktu makan anjing Anda tidak tepat, dia mungkin tidak lapar saat Anda memberinya makan. Jika anjing Anda kenyang dan tidak ingin makan, dia mungkin menggonggong untuk menyuarakan ketidaksenangannya.

Apa yang Harus Dilakukan?

Pertimbangkan apakah waktu makannya telah berubah baru-baru ini. Jika Anda harus mengubah jadwal Anda atau memberi anjing makan lebih awal atau lebih lambat dari biasanya, dia mungkin akan keluar dari rutinitasnya. Anda bisa menunggu sampai anjing Anda lapar lagi dan ingin makan.

Anda juga dapat membuat perubahan yang lebih lambat. Jika Anda tiba-tiba mencoba memberi makan anjing Anda pada jam 5 sore. ketika dia terbiasa makan pada jam 8 malam, dia mungkin menggonggong karena terlalu dini.

Sebagai gantinya, cobalah memberi makan anjing Anda pada jam 7 malam untuk beberapa hari. Kemudian beralihlah ke jam 6 sore. Setelah beberapa hari, beri makan anjing Anda pada jam 5 sore. Biarkan dia secara bertahap terbiasa dengan perubahan waktu makannya.

8. Anjing Bosan

Jika anjing Anda dipenuhi dengan cadangan energi yang belum dibakar dengan benar, dia mungkin menggonggong pada makanannya karena itu adalah jalan keluar untuk ini. Anjing yang santai dan bahagia akan sangat bernafsu untuk makan. Ketika seekor anjing bosan, dia tidak mendapatkan stimulasi mental atau fisik yang cukup di siang hari.

Apa yang Harus Dilakukan?

Pastikan anjing Anda mendapatkan jumlah olahraga yang tepat yang dia butuhkan setiap hari sesuai ras, usia, dan tingkat aktivitasnya. Cobalah memberi makan anjing Anda setelah berjalan-jalan atau sesi bermain.

Anda juga bisa memberinya makan dalam bentuk treat ball alih-alih snack di mangkuk untuk memaksanya melakukan aktivitas saat makan. Ini akan membuat anjing tetap aktif secara mental, sementara dia terus bekerja untuk mendapatkan hadiahnya.

9. Anjing Memiliki Masalah Kesehatan

Anjing Anda mungkin menggonggong saat makan karena ada sesuatu di tubuhnya yang menyebabkan rasa sakit. Jika dia mengalami masalah kesehatan, makan makanan dapat memperburuk gejalanya. Apa pun mulai dari sakit perut, hingga penyakit ginjal, dapat membuat anjing tidak mau makan dan kesal karenanya.

Jika menggonggong pada makanannya adalah perilaku baru yang tiba-tiba, masalah kesehatan harus selalu dikesampingkan sebelum Anda mencoba metode lain untuk menghentikannya.

Apa yang Harus Dilakukan?

Kunjungi dokter hewan agar anjing Anda dapat diperiksa. Jika anjing Anda tidak mau makan lebih dari 72 jam, ini bisa menjadi keadaan darurat. Setelah 48 jam tanpa makanan, Anda harus menghubungi dokter hewan.

Dokter hewan Anda mungkin merekomendasikan obat-obatan atau perangsang nafsu makan. Perawatan akan tergantung pada apa yang membuat anjing menolak makanan dan malah menggonggong. Dengan perawatan yang tepat, anjing Anda bisa mulai merasa lebih baik, dan nafsu makannya akan kembali.

10. Anjing Memiliki Masalah Perilaku

Beberapa anjing rentan terhadap kecenderungan neurotik atau memiliki gangguan kompulsif anjing. Meskipun ini jarang terjadi, kondisi ini dapat menyebabkan anjing menggonggong saat memakan makanannya.

Anda mungkin akan melihat perilaku lain juga, seperti mengejar ekor, menggigit lalat, menggonggong pada bayangan atau kipas langit-langit, berputar, mondar-mandir, dan menjilat secara obsesif.

Apa yang Harus Dilakukan?

Gangguan kompulsif anjing bisa sulit didiagnosis pada anjing karena dia tidak dapat memberi tahu kita mengapa dia terobsesi pada sesuatu. Mulailah melacak perilaku anjing Anda dan mendokumentasikan apa yang dia lakukan dan kapan dia melakukannya. Catatan ini dapat membantu dokter hewan atau ahli perilaku hewan menentukan apa yang terjadi dengan lebih jelas.

Pelatihan dan modifikasi perilaku dapat membantu mengatasi kondisi ini. Dalam kasus ekstrim, dokter hewan Anda dapat merekomendasikan obat untuk digunakan bersamaan dengan pelatihan.

Kesimpulan

Ketika anjing Anda menggonggong pada makanannya, ini bisa membingungkan Anda. Jika ini adalah perilaku baru, Anda mungkin ingin mencoba mencari tahu mengapa ini terjadi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Untungnya, beberapa alasan anjing melakukan ini tidaklah serius. Yang lain memerlukan kunjungan ke dokter hewan atau ahli perilaku hewan.

Kami harap Anda dapat mengetahui mengapa anjing Anda menggonggongi makanannya dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantunya menghentikan ini dan menikmati waktu makannya lagi.

Komentar Anda