35+ Ras Anjing Pekerja Terbaik di Dunia dan Gambarnya

Cepat belajar dan siap untuk melakukan tugas apa pun, anjing pekerja cerdas, waspada, dan atletis. Dengan pekerjaan mulai dari menggembala hewan ternak, menjaga rumah, berburu, hingga pencarian dan penyelamatan, anjing pekerja telah lama menjadi mitra setia manusia dalam berbagai cara.

Anjing Pekerja

Banyak dari breed ini diciptakan khusus untuk membantu kita dalam pekerjaan yang tidak dapat kita lakukan sendirian. Beberapa ras bahkan sudah kita pekerjakan selama berabad-abad. Beberapa breed pekerja dipilih karena ukuran dan kekuatan mereka, yang lain karena kecerdasan dan kelincahan mereka yang tinggi, sementara yang lain lagi karena kesetiaan mereka yang tak tergoyahkan. Di hampir setiap pencapaian besar dalam sejarah manusia, anjing-anjing yang setia dan pekerja keras ini selalu ada untuk membantu kita.

American Kennel Club (AKC) saat ini mengakui 195 ras anjing yang berbeda, dan daftar ini terus bertambah setiap tahun. AKC membagi breed-breed ini ke dalam tujuh kelompok yang berbeda, salah satunya adalah kelompok “working” alias pekerja, yang terdiri atas sekitar 30 breed.

Namun ada banyak persilangan dan pembiakan khusus, dan kami merasa bahwa beberapa breed yang tidak diklasifikasikan secara resmi dalam kelompok anjing pekerja AKC masih layak mendapatkan pengakuan atas sejarah panjang kerja keras dan kesetiaan mereka. Kami mengumpulkan daftar ras anjing pekerja terbaik ini untuk membantu Anda mengenal mereka lebih baik. Inilah para anjing pekerja terbaik di dunia.

Daftar Anjing Pekerja Terbaik di Dunia

1. Siberian Husky

Anjing Pekerja Siberian Husky

Sebagai penarik kereta luncur yang kuat, Siberian Husky adalah anjing yang tak kenal lelah yang mampu bertahan tanpa henti dalam kondisi beku. Mereka terkenal dengan kisah perjalanan legendaris yang dilakukan oleh Balto dan Togo, Husky yang mengantarkan obat-obatan penting ke kota Nome di Alaska, dalam cuaca ekstrim dan jarak yang sangat jauh. Mereka tetap menjadi jenis yang sangat populer hingga hari ini karena manis dan penuh kasih sayang di samping tentu saja atletis.

2. Border Collie

Anjing Pekerja Border Collie

Tidak ada anjing yang lebih energik, cerdas, dan atletis daripada Border Collie, dan tidak mengherankan bila anjing ini adalah salah satu anjing pekerja yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Mereka sering berlomba -dan menang- dalam tes anjing gembala dan olahraga anjing dengan tingkat kepatuhan dan kemampuan pelatihan yang tak tertandingi. Semua kelebihan ini, ditambah sifatnya yang ramah keluarga dan penuh kasih sayang, menjadikan Collie anjing serba bisa yang sempurna.

3. Akita

Anjing Pekerja Akita

Trah anjing Jepang tipe Spitz kuno ini dikembangkan sebagai pemburu yang kuat dan gesit, dengan nenek moyang yang berasal dari abad ke-17. Anjing Akita dihormati karena keberanian dan kesetiaan mereka yang tak tergoyahkan dan memiliki naluri pelindung yang kuat. Mereka adalah anjing yang tangguh dan tak kenal takut yang digunakan untuk berburu babi hutan, rusa, dan bahkan beruang.

4. Alaskan Malamute

Anjing Pekerja Alaskan Malamute

Dikembangkan untuk mengangkut beban berat di atas kereta luncur dalam kondisi yang sangat dingin, anjing-anjing yang kuat ini tangguh, berstamina tinggi, dan berkemauan keras. Alaskan Malamute berotot dan berdada dalam serta memiliki lapisan bulu ganda tebal dan padat untuk menangkal suhu dingin. Selain sebagai ras pekerja yang hebat, anjing ini juga ramah dan lembut serta merupakan teman keluarga yang sempurna.

5. Labrador Retriever

Anjing Pekerja Labrador Retriever

Salah satu ras anjing paling populer di dunia, anjing-anjing lembut ini pantas mendapatkan tempat mereka di puncak. Labrador Retriever tak kenal lelah bekerja sebagai anjing penjaga untuk bantuan disabilitas dan penegakan hukum, serta menjadi anjing yang dicintai di dalam rumah keluarga. Mereka awalnya dibiakkan sebagai gundog yang cakap, dikenal karena kemampuan mereka untuk mengambil hewan buruan tanpa kerusakan seperti Golden Retriever.

6. Bernese Mountain Dog

Anjing Pekerja Bernese Mountain Dog

Anjing-anjing besar dan mencolok ini dibiakkan sebagai anjing penggiring yang kuat untuk hewan ternak serta anjing penjaga yang setia dan efektif. Bernese lembut dan manis meskipun penampilannya menakutkan dan sering menjadi sangat terikat pada satu orang, biasanya pasangan kerja mereka. Bernese adalah salah satu dari empat varietas Swiss Mountain Dog, jadi dingin tidak menjadi masalah bagi penghuni gunung ini.

7. German Shepherd

Anjing Pekerja German Shepherd

Anjing penjaga klasik, German Shepherd alias herder terkenal sebagai anjing pelayan dan hewan pencari dan penyelamat, serta memiliki sejarah panjang dalam tugas penegakan hukum. Mereka sangat waspada, cerdas, dan berani, dan sifat-sifat ini telah membuat mereka menjadi teman yang ideal dalam situasi dengan tekanan tinggi seperti pekerjaan polisi dan militer, meskipun memiliki asal-usul sebagai anjing penggembala.

8. Belgian Malinois

Anjing Pekerja Belgian Malinois

Anjing-anjing ini biasanya digunakan sebagai anjing pekerja dengan hidungnya yang kuat, membuat mereka ideal untuk pekerjaan polisi dan pencarian dan penyelamatan serta mengendus bahan peledak dan narkotika. Belgian Malinois memiliki tingkat energi yang lebih tinggi daripada hampir semua jenis lainnya, dan ini perlu disalurkan ke dalam aktivitas intensif. Mereka sangat terkenal karena keterampilan menjaganya sehingga mereka digunakan oleh dinas rahasia AS untuk menjaga Gedung Putih.

9. Boerboel

Anjing Pekerja Boerboel

Anjing besar dan kekar ini dibiakkan di Afrika Selatan untuk melindungi peternakan terpencil dari hewan liar, termasuk anjing liar dan babon. Mereka adalah anjing besar, kuat, dan menakutkan yang memiliki penampilan yang sesuai dengan tugas yang diberikan. Meskipun demikian, Boerboel adalah anjing yang lembut dan penuh kasih sayang yang cukup jinak dan baik pada anak-anak hampir di sepanjang waktu.

10. Bloodhound

Anjing Pekerja Bloodhound

Dikenal karena indra penciumannya yang tak tertandingi dan telinga besar yang menjuntai, anjing pengendus ini dibiakkan untuk berburu rusa dan babi hutan dan tentu saja untuk pelacakan. Bloodhound terkenal karena kemampuan mereka melacak aroma manusia dari jarak jauh, bahkan selama berhari-hari, dan akibatnya mereka sering digunakan oleh polisi dan penegak hukum untuk melacak narapidana yang melarikan diri dan orang hilang.

11. Doberman Pinscher

Anjing Pekerja Doberman Pinscher

Doberman identik dengan tugas menjaga dan melindungi karena alasan yang baik. Mereka memiliki fisik yang berotot dan kencang yang didesain untuk kecepatan dan perlindungan, dengan kecerdasan dan kewaspadaan tinggi untuk menyempurnakannya. Mereka berasal dari Jerman dan digunakan di kepolisian dan penegakan hukum dan masih populer hingga saat ini sebagai anjing layanan serta pencarian dan penyelamatan.

12. Saint Bernard

Anjing Pekerja Saint Bernard

Salah satu ras yang paling dicintai di dunia karena penampilan mereka di film “Beethoven,” raksasa lembut ini memiliki kepribadian yang sesuai dengan perawakannya yang besar. Awalnya dikembangkan di Pegunungan Alpen Swiss, Saint Bernard digunakan sebagai anjing pekerja yang kuat untuk menemukan dan menyelamatkan pelancong dan pendaki yang tersesat dan terjebak di salju.

13. Boxer

Anjing Pekerja Boxer

Berasal dari Jerman, Boxer adalah anjing yang sangat serbaguna dan telah digunakan untuk berburu hewan liar, menggembalakan hewan ternak, dan bekerja sebagai anjing penjaga, anjing pelindung, dan bahkan sebagai anjing pemandu bagi tunanetra. Mereka mudah dilatih, sangat penyayang, dan cerdas, menjadikannya pilihan ideal sebagai rekan kerja.

14. Cane Corso

Anjing Pekerja Cane Corso

Jenis Mastiff Italia, anjing yang sangat besar dan kuat ini banyak digunakan untuk tugas perlindungan, penegakan hukum, dan pelacakan. Meskipun Cane Corso adalah anjing keluarga yang hebat, mereka juga hewan kuat yang didesain untuk bekerja dan tidak direkomendasikan untuk pemilik anjing yang tidak berpengalaman. Jika Anda bersedia memberi mereka sejumlah besar stimulasi mental dan fisik yang mereka butuhkan, mereka akan menjadi anjing penjaga yang sempurna.

15. Rottweiler

Anjing Pekerja Rottweiler

Trah yang dikenal karena kekuatan dan kecerdasannya, Rottweiler awalnya diturunkan dari anjing penggembala dan dengan cepat mengembangkan reputasi mereka sebagai anjing pelindung yang galak dan setia. Mereka sekarang unggul dalam pekerjaan polisi, pekerjaan pencarian dan penyelamatan, dan bahkan sebagai anjing pemandu bagi orang buta. Rottweiler bisa menjadi anjing yang lembut dan penyayang, tetapi membutuhkan pelatihan yang teratur dan intensif.

16. Golden Retriever

Anjing Pekerja Golden Retriever

Dikenal sebagai anjing kesayangan dan anjing keluarga klasik Amerika, Golden Retriever memiliki sejarah panjang sebagai anjing pekerja. Mereka dibiakkan untuk mengambil unggas air seperti bebek dan burung buruan lainnya selama berburu dan terkenal karena kemampuannya mengembalikan buruan tanpa kerusakan karena mulutnya yang lembut. Mereka adalah anjing yang patuh, lembut, dan penyayang yang jauh lebih mungkin ditemukan di rumah keluarga saat ini daripada berburu.

17. Bullmastiff

Anjing Pekerja Bullmastiff

Besar, kuat, dan dibesarkan untuk perlindungan, Bullmastiff memiliki penampilan yang menakutkan dan tubuh berotot yang menjadikannya anjing penjaga yang ideal. Mereka diciptakan dengan mengawinkan English Mastiff dan Old English Bulldog yang sekarang sudah punah oleh gamekeeper abad ke-19 untuk menjaga properti. Terlepas dari penampilannya yang mengesankan, mereka adalah anjing yang penyayang dan sensitif yang bisa menjadi teman keluarga yang baik, asalkan mereka terlatih dengan baik.

18. Chinook

Anjing Pekerja Chinook

Dikembangkan di New Hampshire di AS pada awal abad ke-20, anjing-anjing ini dibiakkan untuk menarik kereta luncur, tetapi masih digunakan sampai sekarang untuk beberapa pekerjaan lain, termasuk pencarian dan penyelamatan dan uji kelincahan. Anjing pekerja keras ini hampir punah pada pertengahan 1900-an, tetapi peternak dan penggemar Chinook berhasil menghidupkan kembali ras ini dan mereka dengan cepat mendapatkan popularitas.

19. Anatolian Shepherd Dog

Anjing Pekerja Anatolian Shepherd Dog

Anjing besar dan kuat ini dikembangkan di Turki sebagai anjing penjaga untuk hewan ternak dan karena itu mereka memiliki sifat yang sangat teritorial dan protektif. Anatolian Shepherd Dog berasal dari salah satu garis keturunan anjing tertua yang diketahui, membentang sejauh 6.000 tahun. Anatolian setia dan protektif dan akan melindungi keluarga mereka dengan semangat tinggi.

20. Great Dane

Anjing Pekerja Great Dane

Salah satu ras terbesar, Great Dane berasal dari Jerman lebih dari 400 tahun yang lalu. Mereka awalnya dibiakkan untuk berburu babi hutan dengan kecepatan dan kelincahan yang tinggi. Penampilan mereka yang besar dan menakutkan tidak secara akurat mencerminkan sifat mereka, karena mereka adalah raksasa yang baik, manis, penyayang, dan lembut yang bisa menjadi teman keluarga yang luar biasa.

21. Dogue de Bordeaux

Anjing Pekerja Dogue de Bordeaux

Trah kuno ini dikembangkan di Prancis dan merupakan salah satu ras tertua di negara itu. Dogue de Bordeaux dikenal pemberani, sangat setia, dan protektif. Fitur yang paling membedakan mereka, selain kulit mereka yang terlipat dan berkerut, adalah kepala mereka yang besar, salah satu yang terbesar di antara trah anjing. Hewan besar ini dimulai sebagai anjing petarung, tetapi segera dipekerjakan sebagai anjing pemburu dan anjing penjaga yang cakap.

22. German Pinscher

Anjing Pekerja German Pinscher

Salah satu ras tertua yang berasal dari Jerman, German Pinscher yang cerdas dan atletis ini pertama kali dipekerjakan sebagai penangkap tikus. Mereka adalah anjing yang sangat mudah beradaptasi, dan sejak itu telah digunakan untuk berbagai macam pekerjaan anjing, termasuk anjing penjaga dan anjing pengawas yang waspada dan berani.

23. Black Russian Terrier

Anjing Pekerja Black Russian Terrier

Anjing-anjing besar dan kuat ini dikenal karena keberanian, kepercayaan diri, dan kecerdasannya yang tinggi. Black Russian Terrier dibiakkan sebagai “anjing pagar” yang tak kenal lelah untuk menjaga perbatasan Rusia sambil cukup kuat untuk menangkap dan menahan penyusup. Mereka diciptakan oleh tentara Soviet dari beberapa ras yang berbeda, termasuk Rottweiler, Giant Schnauzer, dan Airedale, dan pada kenyataannya, mereka hanya sekitar 10% Terrier, terlepas dari namanya.

24. Leonberger

Anjing Pekerja Leonberger

Sebuah anomali di antara anjing pekerja, Leonberger awalnya dibiakkan sebagai hewan pendamping dan kemudian dialihkan menjadi anjing penjaga cakap dan anjing pekerja serba bisa. Oleh karena itu, mereka adalah hewan yang sangat ramah, lembut, dan suka bermain, yang bisa menjadi teman keluarga yang ideal. Tetapi mereka dapat segera bekerja jika diperlukan, dengan tubuh kekar, perkasa, dan kekuatan luar biasa.

25. English Mastiff

Anjing Pekerja English Mastiff

Ada satu kata yang secara sempurna menggambarkan seekor English Mastiff: kolosal. Perawakan besar inilah yang digunakan oleh pemburu untuk berburu hewan besar, dan ukurannya yang besar membuat mereka menjadi anjing penjaga yang ideal juga. Meskipun perawakannya demikian, mastiff adalah anjing jinak dan ramah yang jarang agresif kecuali ketika melindungi keluarga mereka. Mereka adalah anjing untuk pemilik yang tegas.

26. Neapolitan Mastiff

Anjing Pekerja Neapolitan Mastiff

Mudah dikenali dari lipatan dan kerutannya, Neapolitan Mastiff memiliki banyak cinta (dan air liur) untuk diberikan dan tenang dengan pemiliknya. Mereka dibiakkan sebagai anjing penjaga dan anjing pengawas, dan penampilan mereka saja sudah cukup untuk mengusir calon penyusup. Meskipun sangat protektif, mereka adalah anjing yang bermartabat, setia, dan pendiam kecuali jika diprovokasi.

27. Newfoundland

Anjing Pekerja Newfoundland

Dikenal oleh para penggemarnya sebagai “Newfie,” anjing-anjing raksasa ini berasal dari daerah laut, di mana mereka digunakan oleh nelayan Kanada sebagai pembantu di perahu yang mengangkut jaring dan melakukan penyelamatan air. Memang, anjing besar ini memiliki kaki berselaput dan betah di dalam air, tetapi mereka juga bisa bekerja sebagai anjing penjaga yang sabar dan waspada.

28. Great Pyrenees

Anjing Pekerja Great Pyrenees

Dibesarkan untuk menjaga domba dari pemangsa dan pencuri di pegunungan Pyrenees yang bersalju, anjing ini dikenal karena kesabaran, kecerdasan, dan temperamennya yang tenang. Great Pyrenees memiliki kesabaran yang dibutuhkan untuk mengawasi kawanan domba selama berjam-jam, dan keberanian serta kekuatan untuk menindas pemangsa saat dibutuhkan, menjadikan mereka ras anjing pekerja legendaris.

29. Kuvasz

Anjing Pekerja Kuvasz

Berasal dari Hungaria, anjing yang tak kenal takut, setia, dan pemberani ini dibiakkan untuk menjaga ternak dan masih digunakan hingga sekarang untuk berbagai tugas penjagaan. Bulu putih Kuvasz yang mencolok dan kerangka besar memberi mereka penampilan luar yang mengesankan, tetapi mereka adalah anjing lembut yang hebat dengan anak-anak dan sangat protektif terhadap keluarga mereka.

30. Tibetan Mastiff

Anjing Pekerja Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff kuno memiliki asal-usul yang sulit untuk ditentukan, tapi penampilannya menunjukkan bahwa mereka telah lama digunakan sebagai anjing penjaga yang menyeramkan. Meskipun manis dan lembut dengan keluarganya, Tibetan Mastiff bisa menjadi sangat teritorial dan protektif, dengan sikap acuh tak acuh terhadap orang asing. Meskipun besar dan berotot, anjing ini dapat dengan cepat beraksi ketika diperlukan dengan kelincahan yang mengejutkan.

31. Giant Schnauzer

Anjing Pekerja Giant Schnauzer

Dikembangkan pada pertengahan 1800-an di Pegunungan Alpen Bavaria, Giant Schnauzer dibiakkan sebagai versi yang lebih besar dari Standard Schnauzer dan digunakan untuk menggembalakan dan menggiring hewan ternak ke pasar. Mereka adalah anjing yang pemberani, kuat, dan patuh, sehingga banyak dipekerjakan di beberapa tugas lain, seperti sebagai anjing penjaga dan anjing polisi.

32. Standard Schnauzer

Anjing Pekerja Standard Schnauzer

Anjing yang sangat mudah beradaptasi dan mampu melakukan banyak tugas, Standard Schnauzer adalah anjing dengan semangat tinggi yang berasal dari Jerman. Mereka telah berhasil digunakan untuk berbagai tugas di daerah pertanian, termasuk berburu, membasmi tikus, menggembala, dan bahkan menjaga. Mereka adalah anjing-anjing kecil yang tak kenal takut yang dikenal mampu bertahan melawan bahkan pesaing terbesar sekalipun.

33. Komondor

Anjing Pekerja Komondor

Anjing wolly yang unik ini sulit untuk diabaikan karena bulu tali putih panjang yang menutupi seluruh tubuh mereka seperti kain pel. Anjing-anjing ini dibiakkan di Hungaria untuk menggembalakan domba, dan bulu yang tebal dan padat memberi mereka perlindungan penting dari cuaca dingin dan calon pemangsa. Mantel ini juga membantu Komondor berbaur dengan kawanan, memberi mereka manfaat kamuflase dan elemen kejutan yang bagus.

34. Samoyed

Anjing Pekerja Samoyed

Terkenal karena senyumnya yang tak henti-hentinya, wajah Samoyed yang tersenyum memiliki tujuan: Mulut mereka yang menghadap ke atas membuat mereka tidak meneteskan air liur dan menyebabkan es terbentuk dalam kondisi dingin. Mereka awalnya dibiakkan sebagai anjing penarik kereta luncur yang cakap yang dapat mengatasi suhu beku dengan lapisan bulu putihnya yang tebal. Anjing-anjing ini membutuhkan banyak olahraga dan cenderung berperilaku buruk tanpa stimulasi teratur.

35. Portuguese Water Dog

Anjing Pekerja Portuguese Water Dog

Anjing-anjing berbulu wolly ini dibiakkan sebagai pembantu serba bisa untuk para nelayan dengan bulu mereka yang tahan air dan melengkung rapat. Mesin dan teknologi telah lama menggantikan pekerjaan Portuguese Water Dog, tetapi mereka masih umum digunakan sampai sekarang untuk penyelamatan air. Atletik, energik, dan suka berpetualang, mereka menjadi teman keluarga yang ideal bagi pemilik yang menyukai alam bebas.

36. Greater Swiss Mountain Dog

Anjing Pekerja Greater Swiss Mountain Dog

Anjing yang setia dan berani ini dibiakkan untuk menggembalakan domba di padang rumput di Pegunungan Alpen Swiss. Mereka adalah hewan yang tangguh dan sangat kuat, namun mereka gesit dan cukup atletis untuk menavigasi medan pegunungan yang miring dan terjal tempat mereka dibesarkan. Greater Swiss Mountain Dog adalah anjing yang setia, dapat diandalkan, dan lembut yang hebat sebagai hewan pekerja dan teman keluarga.

37. Standard Poodle

Anjing Pekerja Standard Poodle

Salah satu anjing paling cerdas di dunia, Poodle pada awalnya digunakan sebagai teman berburu yang cakap, terutama berburu unggas air, karena bulu mereka yang tebal dan melengkung serta kaki berselaput memberi mereka keuntungan tersendiri di dalam air. Meskipun lebih banyak digunakan sebagai anjing jenis pertunjukan yang dimanjakan hari ini, mereka juga masih banyak digunakan untuk berburu.

38. Dogo Argentino

Anjing Pekerja Dogo Argentino

Trah ini adalah hewan pemburu kawanan yang dibiakkan untuk tujuan berburu hewan buruan besar. Mereka adalah anjing yang kekar, cepat, dan kuat dengan kecepatan dan kelincahan yang eksplosif, dan tidak mengherankan jika mereka adalah hewan yang menonjol dalam lingkaran perburuan. Dikembangkan di Argentina, Dogo Argentino sering digunakan untuk berburu hewan buruan sekuat babi hutan dan singa gunung.

Nah itulah deretan anjing pekerja terbaik di dunia. Jika Anda sedang mencari satu yang terbaik, pilih saja satu dari anjing-anjing di atas!

Komentar Anda