Anjing Pitbull Hitam: Gambar, Ciri-ciri, Fakta, dan Asal-usul | Faunaku
Home » Anjing » Anjing Pitbull Hitam: Gambar, Ciri-ciri, Fakta, dan Asal-usul

Anjing Pitbull Hitam: Gambar, Ciri-ciri, Fakta, dan Asal-usul

Anjing pitbull hitam alias black pitbull adalah varian warna dari ras American pitbull yang kontroversial. Pitbull dilarang di beberapa negara, dan meskipun trah ini tidak dilarang oleh undang-undang AS, beberapa kota melarang trah ini karena memiliki sejarah digunakan sebagai anjing petarung dan telah menjadi penyebab beberapa serangan anjing yang fatal.

Foto Anjing Black Pit Bull

Secara umum, pitbull dikenal penyayang dan setia kepada keluarganya, meskipun mereka menuntut perhatian dari pemiliknya dan membutuhkan stimulasi fisik dan mental untuk mencegahnya menampilkan perilaku yang tidak diinginkan. Sosialisasi dan pelatihan sangat penting untuk memastikan bahwa pitbull hitam ramah, mudah bergaul, dan berperilaku baik.

Profil Anjing Pitbull Hitam

  • Tinggi: 43-48 cm
  • Berat: 18-40 kg
  • Umur: 12-16 tahun
  • Warna: Hitam, putih, abu-abu
  • Cocok untuk: Keluarga aktif
  • Temperamen: Penyayang dengan keluarga

Karakteristik Pitbull

Catatan Awal Pitbull Hitam dalam Sejarah

Trah pitbull berasal dari Inggris pada abad ke-19. Mereka dibiakkan dari anjing Old English bulldog dan digunakan untuk olahraga bull-baiting yang kejam. Anjing-anjing itu pada dasarnya diadu dengan banteng dan akan menyerang serta mengganggu banteng sampai pingsan karena kelelahan atau karena luka-lukanya.

Ketika bull-baiting dibuat ilegal pada tahun 1835, anjing-anjing itu kemudian dilatih untuk memburu tikus di arena (rat-baiting), dan akhirnya diadu melawan satu sama lain. Trah ini harus kuat dan atletis, serta gesit dan ulet.

Pitbull, yang mendapatkan namanya dari lubang tempat mereka diadu dengan banteng, juga harus bersikap lembut di sekitar manusia karena aduan itu akan menarik banyak orang dan handler harus dapat berinteraksi dengan aman dengan anjingnya.

Pitbull masuk ke AS pada paruh kedua abad ke-19 dan dikenal sebagai American pitbull. Selama kedua Perang Dunia, pitbull menjadi maskot AS, dan anjing itu menjadi populer sebagai hewan peliharaan keluarga atau anjing pendamping karena mereka penyayang dan setia kepada keluarga, tetapi sangat melindungi pemiliknya.

Baca Juga: Apakah Pitbull Anjing yang Protektif? Mengenal Sisi Lain Pitbull

Bagaimana Pitbull Hitam Mendapatkan Popularitas?

Pitbull awalnya menjadi populer sebagai anjing petarung dan digunakan dalam olahraga berdarah seperti bull-baiting dan ratting serta dalam adu anjing. Sementara mereka terus digunakan dengan cara ini, reputasi pitbull yang ganas membuatnya menjadi populer di kalangan penjahat dan geng, yang akan mengadu anjing mereka satu sama lain dalam perkelahian bawah tanah ilegal dan juga akan menggunakan pitbull untuk perlindungan.

Namun sisi bertarung yang ganas dari black pitbull hanyalah sebagian dari karakteristik trah ini. Mereka juga dikenal setia dan mencintai keluarganya, dan karakteristik ini membuatnya populer di kalangan keluarga dan pemilik lainnya.

Pitbull lembut terhadap anak-anak, terkadang disebut sebagai anjing pengasuh karena akan melindungi anak-anak majikannya seolah anak mereka sendiri. Pitbull juga aktif dan energik, yang menjadikannya pendamping yang menyenangkan bagi anggota keluarga dari segala usia.

Karena penggunaan anjing pitbull dalam pertarungan anjing dan untuk perlindungan, trah ini dikenal karena menyerang manusia, dan ada serentetan serangan anjing yang mematikan oleh pitbull. Hal ini menyebabkan trah ini dilarang di berbagai negara termasuk Inggris dan Australia. Memang tidak ada undang-undang federal yang melarang kepemilikan pitbull di AS, tetapi beberapa kota telah melarangnya.

Pengakuan Formal Pitbull Hitam

American pitbull terrier pertama kali diakui oleh United Kennel Club (UKC) pada tahun 1898 dan juga secara resmi diakui oleh American Dog Breeders Association (ADBA). Namun American Kennel Club (AKC) tidak secara formal mengakui pitbull sebagai ras, menyebutnya sebagai jenis anjing, bukan ras tertentu.

Baca Juga:  Seberapa Banyak Makanan Mentah yang Aman untuk Anjing?

Black pitbull adalah varian warna dari trah yang didominasi warna hitam, tetapi bisa juga mencakup kilatan putih atau abu-abu di bagian dada dan beberapa marking lainnya.

Fakta Unik Tentang Pitbull Hitam

Gambar Anjing Pit Bull Hitam

Mereka Ilegal di Beberapa Kota

Pitbull ilegal di negara-negara seperti Inggris dan Australia. Sebenarnya, mereka tidak ilegal di AS, tetapi semakin banyak kota yang melarangnya. Karena pitbull bukan ras yang diakui secara resmi, sebagian besar kota yang melarang anjing berbahaya hanya mensyaratkan anjing memenuhi karakteristik fisik tertentu untuk dianggap sebagai ras jenis Pitbull, yang berarti persilangan termasuk dalam larangan tersebut.

Ini juga berarti bahwa beberapa ras lain, secara teori, dapat dilarang berdasarkan undang-undang yang sama. Selalu periksa hukum setempat Anda sebelum memelihara anjing pitbull.

Pitbull Bukan Ras Resmi

Seperti disebutkan di atas, pitbull tidak diakui sebagai ras resmi, tetapi dianggap sebagai jenis anjing, setidaknya menurut American Kennel Club. Namun United Kennel Club dan American Dog Breeders Association secara resmi mengakui American pitbull terrier sebagai trah.

Mereka Bisa “Tersenyum”

Senyumam pitbull adalah salah satu hal yang paling disukai pemilik trah ini. Anjing ini akan mengangkat sudut mulutnya, lidahnya menjulur keluar dari sela-sela giginya, dan mereka pun tampak seperti sedang tersenyum.

Apakah Pitbull Hitam Hewan Peliharaan yang Baik?

Pertama dan terpenting, calon pemilik harus memeriksa undang-undang negara bagian, kota, dan federal setempat untuk memastikan bahwa memiliki anjing pitbull hitam diperbolehkan dan dapat dikeluarkan di depan umum. Mereka juga harus memastikan untuk mendapatkan anjing ini dari breeder terkemuka yang membesarkan pitbull dengan kasih sayang.

Sosialisasi dan pelatihan awal juga penting karena trah ini tidak selalu cocok dengan anjing lain, meskipun biasanya akan rukun dengan anggota keluarga, teman, dan bahkan orang asing. Di luar itu, pitbull membutuhkan olahraga teratur dan konsisten, serta stimulasi mental, dan tidak boleh ada anjing yang ditinggalkan tanpa pengawasan di sekitar anak-anak yang masih sangat kecil.

Pitbull hitam biasanya akan menjadi anggota keluarga yang penyayang dan setia yang selalu siap berpetualang dan terutama menikmati waktu di luar rumah bersama pemiliknya. Perlu juga dipertimbangkan bahwa di beberapa daerah pitbull memiliki reputasi negatif dan pemiliknya ditegur orang terkait anjing peliharaan mereka.

Kesimpulan

Pitbull hitam adalah varian warna yang tidak biasa dari ras American pitbull terrier. Meskipun awalnya dibiakkan untuk olahraga berdarah dan dilarang di beberapa negara dan kota, trah ini dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang sangat penyayang dan setia yang cocok dengan anggota keluarga dan orang asing, meskipun memerlukan sosialisasi dan pelatihan untuk memastikannya mentolerir anjing lain.

Mereka kuat dan gesit, membutuhkan olahraga teratur, dan karena mereka adalah anjing pendamping yang baik, pitbull dapat mengalami kecemasan akan perpisahan jika dibiarkan sendirian terlalu lama. Tapi di tangan yang tepat, dan dengan pemilik yang tepat, mereka bisa menjadi pendamping yang sangat baik.

Tags:

Komentar Anda