Fakta Tentang Anjing Pomeranian Hitam (Black Pom) | Faunaku
Home » Anjing » Fakta Tentang Anjing Pomeranian Hitam (Black Pom)

Fakta Tentang Anjing Pomeranian Hitam (Black Pom)

Pomeranian hitam adalah anjing berukuran mini menggemaskan yang memiliki kepribadian lima kali lebih besar dari ukuran tubuhnya. Juga disebut Black Pom, mereka adalah anggota berwarna langka dari keluarga Pomeranian. Anjing kecil ini cerdas, penuh semangat, dan penyayang. Mereka akan menjadi anjing pendamping yang hebat untuk orang lajang atau keluarga.

Harga Anjing Pomeranian Hitam

Jika Anda ingin memelihara anjing jenis ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Ada beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui. Mari simak bersama.

Fakta Dasar Anjing Pomeranian Hitam

  • Tinggi: 15-18 cm
  • Berat: 1,3-3,1 kg
  • Umur: 12-16 tahun
  • Warna: Hitam

Tips Sebelum Membeli Anak Anjing Pomeranian Hitam

Saat masih berupa anak anjing, Pomeranian hitam cukup lucu untuk membuat orang merasa gemas. Mereka cukup kecil untuk muat di telapak tangan Anda, tetapi mereka juga akan memiliki energi seperti German Shepherd dewasa.

Jika Anda memutuskan untuk mengadopsi salah satu dari anjing hitam mungil ini, Anda akan terhibur dengan tingkah lucu dan nakalnya. Tapi berhati-hatilah. Karena perawakannya yang kecil, Pom dapat dengan mudah terluka. Anda harus memastikan mereka tidak terinjak, diduduki, tercekik, atau jatuh dari sofa atau saat menuruni tangga. Direkomendasikan untuk membuat area bermain khusus untuknya.

Sejarah Pomeranian

Cara yang baik untuk mengembangkan pemahaman tentang anjing ini adalah dengan melihat latar belakang mereka. Juga disebut Zwergspitz di Jerman, ras anjing ini berasal dari Eropa Timur Laut beberapa abad yang lalu.

Pomeranian adalah keturunan anjing penarik kereta luncur yang lebih besar, dan mereka adalah jenis Spitz terkecil. Diakui oleh AKC sebagai bagian dari kelompok anjing mainan (toy dog), Pom juga bisa menjadi anjing pendamping yang baik.

Bagaimana Pomeranian Mendapatkan Bulu Hitam Pekat?

Banyak orang percaya bahwa Black Pom adalah ras Pomeranian yang benar-benar terpisah, tetapi sebenarnya mereka hanya memiliki warna yang langka. Saat ingin mengadopsi warna bulu khusus ini, Anda mungkin perlu melakukan pengujian genetik pada indukan anjing ini.

Agar Pom memiliki warna hitam, kedua orang tua harus memiliki gen resesif. Beberapa anak anjing Pomeranian mungkin tampak memiliki bulu hitam, tetapi akan menjadi lebih terang saat mereka tumbuh. Terlebih lagi, Anda juga dapat menemukan Pomeranian hitam dengan marking cokelat atau krem, meskipun mereka tidak dianggap sebagai Pomeranian hitam yang sebenarnya.

Fakta Unik Tentang Pomeranian Hitam

Gambar Anjing Pomeranian Hitam

Dikembangkan dari Anjing Penarik Kereta Luncur Arktik

Pomeranian adalah yang terkecil dari keluarga Spitz. Mereka dibiakkan dari anjing Spitz Arktik dan digunakan sebagai anjing penarik kereta luncur. Seperti yang dapat Anda bayangkan, mereka awalnya jauh lebih besar dan lebih kekar.

Asal Usulnya Simpang Siur

Beberapa kalangan memperkirakan bahwa Pomeranian berasal dari Pomerania (karenanya, namanya Pomeranian), yang sekarang menjadi bagian dari Jerman dan Polandia. Di sisi lain, yang lain percaya bahwa mereka berasal dari Jerman.

Sahabat Keluarga Kerajaan

Pomeranian telah menjadi favorit keluarga Kerajaan, terutama Ratu Victoria. Pengaruh Ratu Victoria-lah yang mendorong popularitas mereka meroket. Dia juga membantu menciptakan Pom modern yang kita kenal sekarang berkat upaya pengembangbiakannya.

Temperamen dan Kecerdasan Pomeranian Hitam

Pomeranian hitam adalah jenis anjing mainan dengan kepribadian yang cerdas, waspada, dan penuh kasih sayang. Mereka juga sangat lucu dan suka membuat Anda tertawa dengan banyak kejenakaannya. Anda akan melihat trah ini ceria, pemberani, dan juga suka bertualang.

Meskipun Anda akan sering menemukan Black Pom meringkuk di pangkuan Anda, mereka juga memiliki apa yang dikenal sebagai “sindrom anjing kecil.” Ini memberi mereka sikap tak kenal takut dan menambah sifat protektifnya. Walau kecil, anjing ini bisa menjadi anjing penjaga yang baik. Mereka mudah curiga terhadap orang asing, dengan cepat memberi peringatan ketika mereka bertemu seseorang atau sesuatu yang tidak biasa.

Baca Juga:  Apakah Anjing Rottweiler Cocok dan Aman untuk Keluarga?

Trah ini juga merupakan anjing pendamping yang bagus untuk orang-orang lajang. Mereka juga digunakan sebagai anjing pelayan. Black Pom selalu siap menemani Anda berjalan-jalan, berkendara, atau seharian duduk di sofa. Mereka siap untuk berpetualang atau meringkuk bermalas-malasan.

Trah ini menjadi sangat terikat dengan pemiliknya. Meski mereka adalah anjing yang setia dan penyayang, mereka tidak akan menderita kecemasan perpisahan. Mereka puas hidup menyendiri untuk waktu yang cukup lama, meskipun membiarkan mereka sendirian memerlukan pedoman khusus yang akan kita bahas di lain kesempatan.

Apakah Pomeranian Cocok untuk Keluarga?

Black Pom bisa menjadi anjing keluarga yang hebat dalam kondisi yang tepat. Kembali ke ukuran anak anjing ini, mereka biasanya tidak direkomendasikan untuk rumah yang memiliki anak-anak kecil di bawah usia 10 tahun.

Pomeranian mudah terluka, jadi Anda perlu memastikan anak-anak kecil Anda mengerti bahwa mereka adalah hewan peliharaan dan bukan boneka binatang. Oleh karenanya, mereka juga bisa menggigit jika tidak sengaja terluka.

Selain itu, Pomeranian hitam cocok untuk hidup di sebagian besar lingkungan. Karena mereka tidak membutuhkan banyak ruang, mereka bisa berkembang baik di lingkungan pedesaan atau kehidupan perkotaan. Apartemen, kondominium, dan rumah multi-keluarga semuanya dapat diterima.

Satu-satunya pengecualian untuk anak anjing yang supel, bahagia, dan penuh kasih sayang ini adalah orang asing. Anda akan melihat Pom menjadi kurang ramah ketika ada pendatang baru. Mereka akan curiga, waswas, dan tidak ingin berteman.

Inilah alasannya mengapa Pomeranian bisa menjadi anjing penjaga yang baik. Namun mereka tidak terlalu agresif. Dengan keterampilan sosialisasi yang baik, mereka akan cepat beradaptasi dengan orang asing. Tetapi anjing ini tidak mungkin menunjukkan pesonanya langsung terlepas dari pelatihan yang sudah diterimanya.

Apakah Pomeranian Ramah pada Hewan Peliharaan Lain?

Anak anjing ini biasanya dapat bergaul baik dengan hewan peliharaan yang lebih kecil seperti kucing, kelinci, gerbil, dan lainnya. Mereka memiliki dorongan memangsa yang rendah, sehingga mereka tidak cenderung mengejar atau menggiringnya. Umumnya Pomeranian hanya akan mencoba bermain dengan mereka atau membiarkan mereka sendiri.

Hewan peliharaan yang lebih besar, seperti anjing lain, bisa sedikit sulit. Seperti yang kita ketahui, Black Pom memiliki “sindrom anjing kecil.” Mereka tidak segan mencoba untuk bertindak galak ketika ada anjing lain di sekitarnya. Meski tidak agresif, mereka tak ragu untuk memamerkan keangkuhannya.

Ini juga dapat bermanifestasi dalam bentuk teritorialitas, kecemburuan, dan protektif terhadap makanan dan mainan mereka. Pom bisa menjadi sedikit cemburu jika mereka merasa Anda memberi anjing lain terlalu banyak perhatian. Tentu saja, paparan dini terhadap anjing lain, hewan lain, dan manusia penting untuk mencegah sifat buruk ini berkembang.

Berapa Harga Anak Anjing Pomeranian Hitam?

Dengan warna bulu yang begitu langka, tidak heran jika harga anak anjing Black Pomeranian lebih mahal. Tergantung pada peternaknya, harganya bisa berkisar antara 800 hingga 2.000 dolar AS di pasaran internasional. Anda juga memiliki pilihan untuk mengadopsi anjing dari tempat penampungan yang biayanya jauh lebih terjangkau.

Komentar Anda