Toriq Hewan juga butuh kehidupan & kasih sayang.
Anjing pomeranian

Anjing Pomeranian

5 min read

Anjing Pomeranian atau biasa dengan sebutan Anjing Mini Pom merupakan salah satu ras anjing spitz. Pomeranian diambil dari nama sebuah provinsi tua di jerman yang menjadi asal asli anjing jenis ini.

Hal unik anjing pomeranian yaitu sangat pintar dan sifatnya yang jinak sehingga sering di jadikan aktifitas dalam lomba/kompetisi anjing.

Maka dari itu anjing mini pom sangat cocok sekali di jadikan hewan peliharaan, terutama kamu yang suka dengan hewan anjing yang pintar.

Sejarah Singkat

Anjing pomeranian
via: pixabay.com

Charlotte merupakan istri pangeran george III pada tahun 1761, dialah orang yang pertama kali membawa anjing ini ke inggris.

Cucu dari pasangan ini adalah Ratu Victoria mengembangkan 15 ras anjing berbeda pada masa hidupnya.

Pada tahun 1888 sang Ratu bernama Victoria membeli seekor anjing pomeranian hitam-merah di Italia dan dibawanya ke Inggris, yang di beri nama Marco.

Disinilah perkembangan awal jenis anjing pomeranian berukuran mini berkembang. Marco banyak memenangkan penghargaan salah sanya pada pertunjukan anjing dengan pemiliknya.

Hal inilah mengapa anjing mini pom terkenal di masyarakat luas, bahkan hingga sekarang anjing ini sangat favorit sekali untuk di jadikan peliharaan & ikut berbagai show.

Setelah mengenal sejarah anjing promanian, mari kita lebih dekat lagi dari jenis-jenis anjing pintar ini.

Jenis Anjing Pomeranian

anjing pomeranian lucu
via: pixabay.com

1. Gendernya

Anjing pomeranian terdapat dua jenis berdasarkan gendernya yaitu antara jantan dan betina. Sama halnya anjing lainya jantan dan betina tersebut akan menghasilkan anak anjing untuk mempertahankan keturunanya atau spesiesnya.

2. Warna Bulu

Warna bulu anjing ini bervariasi, mulai dari anjing pomeranian berwarna putih, coklat, merah, emas, krem, orange, dan bahkan terdapat warna kombinasi seperti totol-totol hitam dan bergaris-garis.

3. Ekornya

Hal menarik dari segi ekornya yang berbeda-beda. Ada yang memiliki ekor tegak dan berbulu, bahkan juga ada ekor panjang dan berbulu. Bentuk tubuh yang mungilnya seimbang dengan ekor anjing.

4. Beratnya

Anjing pomeranian mempunyai berat yang berbeda, yaitu pomeranian peliharaan dan pomeranian khusus untuk show. Pomeranian peliharaan memiliki berat badan sekitar 1,4 hingga 3,2 kg sedangkan pomeranian show beratnya hanya sekitar 1,8 – 2,7 kg saja.

5. Geraknya

Bukan hanya itu dari segi gerak atau kreatifitasnya juga bisa dibedakan. Terdapat Pomeranian yang lincah, berani, protektif, dan loyal. Ada juga yang masih belajar untuk mengenali lingkunganya atau pemiliknya.

Ciri-Ciri

ciri ciri anjing mini pom
via: unplash.com

1. Tubuh

Anjing pomeranian memang termasuk anjing yang mempunyai badan berukuran kecil.

Badan ideal anjing ini sekitar 3 hinga 7 pon atau sekitar 1,4 kg – 3,2 kg namun untuk pomeranian yang biasa tampil dalam kompetensi/pertunjukan memiliki berat rata-rata 1,8 kg – 2,7 kg.

2. Gerakan

Anjing mini pom termasuk klasifikasi anjing yang lincah dan super aktif.

Selain gerakannya yang lincah, ia juga memiliki keseimbangan yang baik karena terbantu oleh bagian tulang belakangnya yang kuat.

3. Bulu

Walaupun badannya kecil dan bobot tubuh yang ringan. Jangan sangka anjing ini tetap terlihat gemuk karena terbantu oleh bulunya yang tebal dan halus.

Jika dilihat bulu mini pom sangatlah indah ditambah lagi bulunya yang berdiri dan mengembang hingga seluruh badan.

4. Warna

Warna anjing pomeranian terdapat banyak variasi. Mulai dari merah, orange, coklat, putih, colat muda, emas, dan lain-lain.

Bahkan juga ada anjing mini pom yang mempunyai warna campuran sehingga menjadi nilai plus sebagai anjing yang unik.

5. Kepala

Dari segi kepala bentuknya bulat, anjing ini mempunyai moncong yang lurus dan pendek serta bibir yang tidk terlalu tipis.

Karena sifatnya yang penuh semangat anjing ini tidak terlalu agresif walau sekilas terlihat seperti serigala berukuran kecil. Telinganya tegak dan kecil dan di area kepala memiliki bulu yang lebat.

6. Leher

Jika dilihat bentuk lehernya pendek seperti menyatu dengan bahu. Hal ini terjadi karena tertutup olaeh bulunya yang lebat.

Padahal, asli leher pomeranian tidak pendek dengan cara mengarahkan kepalanya ke atas sehingga terlihat lebih panjang.

7. Forequartes

Pada bagian depan, yaitu bagian dari bahu hingga kaki mempunyai bahu layback yang bisa untuk mendongkak.

Panjang lengan atas dan tulang bahu sama. Pada bagian siku memiliki tinggi ke bagian wihes yang sama dengan tinggi tanah ke siku.

8. Gigi

Bentuk gigi pomeranian yaitu runcing dan tajam seperti gunting. Namun, ada juga pomeranian yang giginya tidak rapi bahkan ada yang keluar dari susunan gigi.

Tapi hal ini bisa kamu konsultasikan ke dokter hewan, sehingga giginya lebih rapi dan cantik. dengan penanganan khusus.

9. Umur

Badannya yang kecil dan aktif, ternyata anjing pomeranian memiliki masa hidup 13 sampai 16 tahun. Padahal rata-rata umur anjing hanya sampai 10 – 13 tahun saja.

10. Hindquartes

Jika tadi forequartes bagian depan sedangkan hindquartes untuk bagian belakang, ternyata posturnya seimbang.

Hal yang menarik dari anjing pomeranian yaitu pahanya yang berotot dengan lutut yang lentur. Kakinya kecil, lurus, dan padat.

11.  Mata

Anjing pomeranian memiliki bola mata yang berwarna hitam gelap. Ukuran bola matanya sedang dan seperti bola gundu serta sedikit menonjol.

Bukan hanya mata yang berwarna hitam, bagian hidung juga sama.

Setelah kita mengetahui ciri-ciri anjing pomeranian, kita lanjut pada pembahasan cara perawatan yang benar sehingga anjing pomeranian tetap sehat.

Cara Merawat

cara merawat anjing mini pom
via: unsplash.com

Anjing jenis ini harus dirawat dengan khusus, Mengapa? karena bulu pada sekujur tubuh hingga kepala terdapat dua bagian yaitu halus dan kasar. Jadi dengan perawatan yang baik bulunya bisa semakin indah dan tetap sehat.

Tips merawat anjing pomeranian dari mulai anakan dan dewasa yang kami telah kemas, berikut ini kita simak yuk tipsnya :

Anjing Anakan & Dewasa

Anak anjing pada umumnya butuh sekali perawatan yang khusus karena di situlah umur dimasa perkembangan.

Sangat disarankan di berikan waktu luang untuk berlatih daya tangkap dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Anjing pomeranian dewasa juga harus di perhatikan perawatannya, agar kesehatan serta keindahan pada si anjing tetap terjaga.

Dari hal sederhana yang harus di perhatikan yaitu kandang sebagai tempat tinggalnya.

Pastikan kandang anjing pomeranian bersih, kering, dan nyaman. Agar terhindar dari penyakit/kuman yang ada disekitar kandangnya.

1. Tips Perawatan Gigi

Anakan
Saat masih anakan memang belum terlalu tumbuh pada bagian gigi, tapi disitulah pada masa pertumbuhan gigi berlangsung.

Kamu bisa lakukan dengan cara membersihkan kotoran pada gigi untuk mencegah infeksi dari bakteri, ini sangat penting agar mempunyai gigi yang kuat dan sehat.

Dewasa
Saat meranjak dewasa anjing pomeranian sudah bisa menggunakan sikat dan pasta gigi khusus anjing.

Jika terjadi penolakan cobalah untuk menyikat giginya dengan perlahan karena gusi pada anjing sangat sensitif.

2. Tips Perawatan Bulu

Anakan
Bulu pada anakan anjing pomeranian memang masih dalam pertumbuhan, berikan dry shampoo pada bulu saat mandi agar bulu bisa cepat tumbuh dengan baik dan sehat.

Dewasa
Bulu pada anjing mini pom dewasa cukup panjang dan tebal. Rawat bulunya dengan cara menyisirnya setiap hari, mulai dari bagian kepala.

Gunakan dry shampoo saat memandikan anjing ini, supaya bulu tetap sehat dan bersih.

3. Tips Perawatan Mata

Anakan & Dewasa
Area mata sangat perlu di jaga kebersihannya, jika ada kotoran pada area mata segeralah bersihkan menggunakan kapas/tisu.

4. Tips Perawatan Telinga

Anakan
Bagian telinga pomeranian memang terhalang oleh bulu, maka dari itu lakukan pembersihan pada area pinggiran telinga menggunakan cotton swab yang di celupkan pada cairan pembersih non alkohol.

Note : jangan masukkan cotton hingga kedalam telinga karena akan merusak bagian sensitif pada telinga.

Dewasa
Saat dewasa agak sulit membersihkan area telinga di banding telinga pada anakan anjing mini pom, karena bulunya yang semakin tebal.

Karena hal itulah pastinya banyak debu yang menempel di sela telinga, lakukan pembersihan perlahan menggunakan cotton swab.

5. Tips Perawatan Kuku

Anakan
Faktanya kuku temasuk sumber penyakit, maka dari itu gunakan potong kuku khusus anjing yang bisa kamu beli di toko hewan terdekat.

Ingat! potong hanya bagian luar kuku saja, jangan sampai pada bagian dalam kuku.

Dewasa
Potong kuku anjing jika sudah panjang dengan cara pegang kakinya dengan kuat lalu tekan bantalan kaki supaya kuku keluar.

Lakukan semiggu sekali. Sisakan sekitar 5 mm pada bagian dalam kuku.

6. Memandikan Anjing

Anakan
Sebaiknya jangan terlalu sering memandikan anak anjing, jika sudah terasa di perlukan saja.

Gunakan air hangat dan bak mandi lalu rendam bagian tubuh anak anjing dan gosok perlahan menggunakan shampoo khusus anjing.

Dewasa
Sama halnya dengan anak anjing, gunakan air hangat dan bak mandi serta shampoo khusus.

Usahakan jangan sampai terkena area mata dan masuk ke dalam telinga.

7. Makanan

Anakan & Dewasa
Makanan yang baik untuk anjing pomeranian yang kaya akan nutrisi dan gizi. Kamu bisa berikan makanan anjing yang basah maupun kering.

Hindari makanan yang mengandung pewarna yang berbahaya dan berikan air untuk minum dengan wadah khusus.

8. Latihan

Anakan & Dewasa
Latihan cukup penting pada hewan peliharaan terutama pada anjing pomeranian yang dikenal pintar.

Jika usia anakan meranjak 2 – 3 bulan bisa kamu latih untuk membuang air dan pup di tempat khusus yang di sediakan atau di luar rumah.

Setelah kita tau cara merawat anak anjing & dewasa pomeranian, selanjutnya kita akan bahas tentang apa saja sih makanan yang bagus untuk anjing mini pom.

Makanan Favorit

Makanan anjing pomeranian
via: pixabay.com

Asupan anjing pomeranian di butuhkan banyak gizi dan nutrisi yang cukup. Inilah yang aenimkan menjadi faktor utama untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anjing.

Hal yang perludi ingatkan kembali yaitu jangan pernah memberi makanan yang mengandung pewarna karena takut akan terjadi gangguan pada pencernaan.

Carilah makanan bagus yang mengandung, sebagai berikut ini :

1. Borage Oil

Kandungan borage oil umumnya sangat berguna untuk kulit terutama hewan. Dengan kandungan ini membuat rambut atau bulu anjing menjadi lebih sehat.

2. Sodium Polyphospate

Kandungan sodium polyphospate membuat gigi pada anjing menjadi lebih kuat dan mencegah karang pada gigi.

Ini cukup penting, sehingga anjing bisa mengunyah makanan lebih halus dan mudah saat di cerna.

3. Biotin, Asam Lemak Omega 3 dan 6

Kandungan ini cukup berperan penting yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga indra penglihatan, menghilangkan bau pada anjing, dan lain sebagainya.

Bahkan berperan pada bagian kuliat juga yang menjadikan tekstur pada bulu menjadi lebih halus dan lembut.

Harga Anjing Pomeranian

harga anjing pomeranian
via: unsplash.com

Berikut ini harga anjing pomeranian atau mini pom, yuk simak di bawah ini :

Jenis
Umur
Karakteristik
Harga

Pomeranian Betina

6 Bulan

• Sudah di Vaksin
• Poodle betina
• Sudah stambum

Rp 2.500.000

Pomeranian Jantan

6 Bulan

• Sudah divaksin
• Bebas kutu & cacing
• Bulu halus, dan gembul
• Sudah stambum

Rp 2.800.000

Pomeranian Jantan 

1 Bulan

• Bulu putih dan bersih
• Lucu dan mungil
• Belum stambum
• Tubuh gemuk dan sehat

Rp 2.000.000

Pomeranian Jantan 

3 Bulan

• Sudah divaksin
• Sudah stambum
• Pup sudah terlatih
• Bulu putih dan bersih
• Aktif, lincah, dan pintar

Rp 3.000.000

Pomeranian Jantan 

4 Bulan

• Sudah vaksin
• Tubuh mungil
• Sudah stambum
• Tidak berkutu dan berjamur
• Gerakan lincah dan suka bermain
• Bulu broken white bersih dan panjang

Rp 3.000.000

Pomeranian Betina 

3 Bulan

• Bulu putih dan bersih
• Gerak lincah dan aktif
• Sudah diberi obat cacing
• Bebas kutu dan bebas
• Masalah kulit.

Rp 3.000.000

Pomeranian Betina 

3 Bulan

• Sudah divaksin
• Bulu coklat dan bersih
• Stambum sedang proses
• Body short dan moncong pesek
• Bebas kutu, bebas cacing dan bebas masalah kulit

Rp 6.500.000

Fakta Anjing Pomeranian

• Bisa menjadi anjing yang baik dan suka bermain
• Cukup mudah dilatih langsung oleh pemilik dalam rumah
• Sangat berani pada hewan yang lebih besar dari tubuhnya
• Bisa menjadi anjing yang keras kepala jika tidak dirawat dengan benar
• Temperatur dan kelembaban yang tinggi bisa mengiritasi kulit anjing Pomeranian

Itulah info menarik tentang anjing pomeranian yang terkenal pintar dan menggemaskan. Jangan lupa ikuti kami terus untuk mendapatkan informasi seputar hewan peliharaan.

Komen jika ada yang ingin di tanyakan yah!

Toriq Hewan juga butuh kehidupan & kasih sayang.

Anjing Pug

Toriq
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *