4 Ras Anjing Asal Negara Rumania, Berukuran Besar dan Cerdas

Saat ini ada 360 ras anjing yang diakui secara resmi di seluruh dunia. Sementara banyak dari ras ini populer di dunia, ada jenis anjing lain yang tidak begitu dikenal orang. Trah yang kurang dikenal ini memiliki keunikan sendiri-sendiri dan bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat baik.

Berikut adalah empat ras anjing dari negara Rumania yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

1. Carpathian Shepherd

Gambar Anjing Carpathian Shepherd

Sebagai jenis anjing gembala besar, anjing Carpathian Shepherd berasal dari Pegunungan Carpathian di Rumania. Digunakan di seluruh wilayah Danube Carpathian di Rumania untuk menjaga dan melindungi hewan ternak, trah anjing yang mengesankan ini dapat tumbuh setinggi sekitar 73 cm dan memiliki masa hidup 12 hingga 14 tahun.

Anjing Carpathian Shepherd memiliki bulu yang tebal, panjang, berlapis ganda, dan ekor yang lebat dan melengkung. Meskipun pekerjaannya sebagai pengawas, anjing ini seimbang dan tenang. Mereka sangat ingin menyenangkan dan mudah dilatih. Pada tahun 1998, sekelompok penggemar trah ini mendirikan Carpathian Shepherd Dogs Club.

2. Bucovina Shepherd

Gambar Anjing Bucovina Shepherd

Besar dan kuat, anjing Bucovina Shepherd adalah jenis anjing penggembala ternak pedesaan yang awalnya dikembangkan di Pegunungan Carpathian. Juga dikenal sebagai anjing Southeastern European Shepherd, jenis ini dapat tumbuh setinggi 78 cm sampai bahu dan beratnya mencapai 90 kg.

Umumnya, mereka berwarna putih dengan bercak hitam, abu-abu, atau merah-coklat kekuningan. Anjing Bucovina Shepherd digunakan untuk menggiring dan melindungi kawanan domba. Trah ini memiliki watak agresif, pemberani, dan bisa menjadi anjing penjaga yang sangat baik.

Sangat setia kepada keluarganya, anjing Bucovina Shepherd lembut dengan anak-anak dan waspada terhadap orang asing. Oleh karena itu, anjing Rumania ini perlu disosialisasikan mulai dari usia yang sangat dini.

3. Romanian Mioritic Shepherd

Gambar Anjing Romanian Mioritic Shepherd

Populer di wilayah Sibiu dan Brasov di Rumania, anjing Romanian Mioritic Shepherd adalah jenis anjing penggembala kuno yang dapat ditelusuri sejarahnya sampai ke suku Celtic. Nama trah ini berasal dari kata Rumania “mioară,” yang diterjemahkan menjadi “domba muda.”

Awalnya digunakan untuk melindungi kawanan ternak, anjing Romanian Mioritic Shepherd adalah anjing besar yang ditutupi bulu tebal, putih, krem, atau abu-abu. Trah yang fleksibel dan ramah ini dapat tumbuh setinggi 71 cm.

Anjing ini sangat setia dan dapat mengembangkan keterikatan yang mendalam dengan pemiliknya. Karena itu, sangat penting untuk mulai mensosialisasikan anjing Romanian Mioritic Shepherd sejak awal. Pada tahun 2005, trah ini sementara diakui oleh World Canine Organization.

4. Romanian Raven Shepherd

Gambar Anjing Romanian Raven Shepherd

Disebut “crow” alias gagak karena bulunya yang hitam, anjing Romanian Raven Shepherd atau Corb Shepherd adalah jenis anjing penggembala ternak yang secara resmi diakui oleh Romanian Kennel Club pada tahun 2008. Awalnya dibesarkan di wilayah Arges, Brasov, Dambovita, dan Prahova County. dari Rumania, jenis ini dapat tumbuh menjadi sekitar 78 cm.

Sebagai anjing yang sangat berani, anjing Romanian Raven Shepherd digunakan untuk melindungi domba dan hewan ternak lainnya dari ancaman beruang dan serigala. Ramah di sekitar keluarganya, anjing ini curiga terhadap orang asing dan harus disosialisasikan sejak usia dini.

Penutup

Keempat ras anjing Rumania ini adalah raksasa yang lembut dan dapat menjadi teman keluarga yang luar biasa dengan pelatihan yang tepat. Jika Anda mencari jenis yang unik, pertimbangkan salah satu anjing asal Rumania ini.

Komentar Anda