9 Anjing Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Terbaik

Anjing biasanya disebut sebagai sahabat manusia, dan contoh terbaik tentang seberapa dalam persahabatan dan kesetiaan mereka adalah selama misi pencarian dan penyelamatan (search and rescue). Ada beberapa situasi di mana anjing dapat menemukan dan menyelamatkan orang yang terluka atau terancam bahaya.

Anjing SAR

Beberapa ras anjing yang berbeda paling sering digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan, yang sebagian besar masuk daftar ini karena indera penciumannya yang tajam dan kesetiaannya yang besar kepada pemiliknya. Di bawah ini, kami membahas sembilan breed anjing yang biasanya diandalkan untuk tugas pencarian dan penyelamatan atau SAR.

Daftar Anjing Pencarian dan Penyelamatan Terbaik

1. Bloodhound

Anjing Bloodhound

Pertama dalam daftar ini adalah bloodhound. Anjing-anjing ini terkenal di dunia anjing karena memiliki indera penciuman terbaik, dan itu karena mereka memiliki perlengkapan yang hebat. Moncong mereka yang panjang, lubang hidung yang terbuka lebar, dan jumlah sensor aroma tertinggi dari semua jenis anjing menjadikan mereka pelacak terhebat di dunia.

Bloodhound juga sangat setia, mudah dilatih, dan cerdas: kombinasi sempurna untuk ras anjing tim SAR.

2. Basset Hound

Anjing Basset

Tidak mengherankan jika anjing pemburu (hound), yang dikenal dengan indera penciumannya yang tajam, masuk dalam daftar ini. Basset hound memiliki sensor aroma yang hampir sama banyaknya dengan bloodhound, tetapi ukurannya yang kecil membuat mereka ideal untuk masuk ke ruang-ruang sempit.

Sama seperti bloodhound, basset hound juga cerdas, setia, dan mudah menguasai pelatihan. Anjing ini dapat mengendus korban atau manusia yang membutuhkan dari jarak jauh, jadi mereka adalah anjing pencari dan penyelamat yang sangat hebat.

3. German Shepherd

Anjing GSD

German shepherd adalah salah satu ras anjing yang paling umum digunakan oleh penegak hukum, dan popularitas mereka untuk ditugaskan di kepolisian dan militer sebagian besar disebabkan oleh kesetiaan dan kemampuan mereka untuk belajar.

German shepherd juga memiliki indra penciuman yang baik, tetapi kesediaan mereka untuk mematuhi dan mengikuti arahan memungkinkan mereka unggul dalam misi pencarian dan penyelamatan.

4. Saint Bernard

Anjing St Bernard

Saint Bernard dikenal sebagai raksasa yang lembut, dan kecintaan mereka pada manusia dan persahabatan abadi menjadikan mereka salah satu anjing penghibur terbaik bagi mereka yang diselamatkan. St. Bernard dikenal sebagai anjing penyelamat yang digunakan setelah longsoran salju. Mereka dapat mencium bau manusia yang terperangkap di bawah salju dan es dalam jumlah besar.

St. Bernard sangat setia dan mudah dilatih, dan mereka sering bekerja berpasangan: satu anjing tinggal bersama korban yang terperangkap agar mereka tetap hangat, dan yang lain kembali untuk memberi tahu pelatih mereka.

5. Labrador Retriever

Anjing Lab

Labrador retriever paling sering dianggap sebagai salah satu ras anjing pendamping terbaik, tetapi indera penciuman mereka yang tajam, kesetiaan yang besar, dan respons baik terhadap pelatihan juga membuat mereka sempurna untuk menjalankan misi pencarian dan penyelamatan.

Penciuman anjing lab yang kuat menjadikan mereka kandidat yang baik untuk mengendus bom dan obat-obatan untuk kepolisian, dan beberapa instansi lebih memilih mereka daripada German shepherd karena mereka terlihat jauh lebih tidak menakutkan.

Baca Juga: 35+ Ras Anjing Pekerja Terbaik di Dunia dan Gambarnya

6. Coonhound

Anjing Coonhound

Anjing lain dalam daftar ini, coonhound, dibiakkan untuk berburu dan melacak, sehingga indera penciumannya yang hebat telah diakui selama beberapa generasi. Anjing-anjing ini kecil dan gesit, dan mereka dapat berlari untuk waktu yang lama, jadi mereka diperlengkapi dengan baik untuk hampir semua kondisi atau lama pencarian dalam misi pencarian dan penyelamatan.

7. Beagle

Anjing Beagle

Beagle sebenarnya adalah jenis anjing pemburu, dan mereka adalah yang terkecil dari kawanannya. Tinggi dan perawakan beagle yang kecil berarti mereka unggul dalam mengakses area kecil, jadi mereka sempurna untuk misi SAR yang membutuhkan manuver yang sulit.

Beagle memiliki daya tahan tinggi dan senang menghabiskan waktu berjam-jam dalam pekerjaan mereka. Anjing ini juga gampang dilatih dan mudah beradaptasi dengan berbagai tugas pencarian dan penyelamatan.

8. Belgian Malinois

Anjing Malinois

Meskipun tidak sepopuler di kalangan penegak hukum seperti German shepherd, Belgian malinois unggul dalam pengenalan aroma dan pencarian. Mereka mudah dilatih dan bersemangat untuk belajar, dan mereka cenderung lebih kecil dari GSD, jadi mereka sedikit lebih mudah beradaptasi dengan kondisi pencarian dan penyelamatan yang berbeda.

9. Border Collie

Anjing Collie

Meskipun border collie tidak begitu populer untuk misi pencarian dan penyelamatan seperti anjing lain karena hidung mereka yang kurang sensitif, mereka adalah salah satu anjing yang paling mudah dilatih secara global, sehingga mereka masih memiliki tempat dalam misi pencarian dan penyelamatan.

Border collie diyakini sebagai anjing paling cerdas di dunia, sehingga mereka dapat mempelajari beragam keterampilan dan teknik penyelamatan dengan cepat dan efisien. Mereka juga memiliki etos kerja yang kuat, yang berarti mereka tidak akan berhenti meski keadaan menjadi sulit!

Sangat menarik untuk melihat anjing bekerja keras membantu dan menyelamatkan manusia, dan ras yang digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan termasuk yang paling mengesankan. Indera penciuman mereka yang kuat dan kemauan untuk bekerja ketika pemiliknya sangat membutuhkannya menjadikan sembilan ras anjing ini kandidat yang ideal untuk misi search and rescue.

Komentar Anda