11 Penyebab Anjing Peliharaan Anda Sering Kencing

Anjing dari segala usia dapat mengalami masalah saat mereka buang air kecil. Masalah-masalah ini biasanya muncul dengan sendirinya seperti terlalu sering kencing atau kesulitan untuk buang air kecil sama sekali. Jika anjing Anda tiba-tiba mulai sering meminta keluar rumah untuk kencing atau membuat genangan air kencing di lantai meskipun mereka sudah dilatih, itu bisa disebabkan oleh beberapa alasan.

Gambar anjing kencing

Naluri, kecemasan, dan masalah kesehatan anjing Anda dapat menjadi alasan mengapa mereka lebih sering buang air kecil dan bahkan mengompol. Untuk membantu Anda mengetahui kemungkinan penyebabnya, berikut adalah daftar alasan mengapa anjing sering buang air kecil.

11 Alasan Anjing Sering Kencing

1. Penuaan

Seiring bertambahnya usia anjing Anda, mereka cenderung mengalami inkontinensia karena penyakit, otot yang melemah, atau fakta bahwa mereka tidak menyadari bahwa mereka perlu pipis.

Anjing tua juga lebih cenderung menjalani pengobatan untuk melawan penyakit dan infeksi yang rentan terhadap mereka. Meskipun inkontinensia dapat menjadi gejala sebagian besar infeksi, obat yang digunakan untuk menyembuhkannya juga dapat memengaruhi seberapa sering anjing Anda perlu buang air kecil.

Seorang dokter hewan akan dapat membantu Anda mempersempit penyebab meningkatnya kebutuhan anjing tua Anda untuk buang air kecil.

2. Kecemasan

Anjing menderita ketakutan dan kecemasan dengan cara yang sama seperti kita. Buang air kecil lebih sering bisa menjadi tanda bahwa anjing Anda merasa cemas akan sesuatu. Kecemasan akan perpisahan atau perubahan dalam rutinitas atau lingkungannya dapat membuat anjing Anda cemas.

Beberapa anjing sangat khawatir dengan perubahan dan mereka lebih cenderung mengalami masalah terkait kencing atau buang kotoran. Dalam kasus ini, anjing juga cenderung buang air besar di dalam rumah meskipun mereka sepenuhnya sudah dilatih buang kotoran.

Penyebab umum kecemasan meliputi:

  • Kecemasan akan perpisahan
  • Bertemu orang baru
  • Suara keras

3. Infeksi Kandung Kemih

Meskipun merupakan jenis ISK, infeksi kandung kemih hanya ditemukan di kandung kemih. Ini lebih sering terjadi pada anjing betina dan sama-sama merupakan gangguan yang tidak nyaman bagi anjing kita seperti halnya bagi kita. Seperti ISK lainnya, infeksi kandung kemih menyebabkan buang air kecil yang sering dan tidak benar.

Infeksi kandung kemih dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  • Bakteri
  • Kristal
  • Diabetes
  • Penyakit
  • Pengobatan

Terkadang kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, sementara infeksi lain yang lebih serius memerlukan perawatan.

4. Diabetes

Diabetes mellitus mempengaruhi bagaimana tubuh anjing Anda mendapatkan energi dari makanan. Itu terjadi ketika tubuh tidak bisa membuat cukup insulin atau tidak menggunakannya dengan benar.

Diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikelola dengan rencana perawatan khusus. Ini dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan dan peningkatan buang air kecil. Kedua hal tersebut merupakan upaya untuk mengeluarkan kandungan gula dalam tubuh anjing Anda melalui urin. Ini dapat menyebabkan anjing sering buang air atau mengompol di dalam rumah.

5. Makanan

Pepatah “we are what we eat” juga berlaku untuk anjing peliharaan kita. Jika Anda baru saja mengganti makanan anjing Anda dari kibble kering ke makanan basah kalengan, Anda mungkin akan melihat anjing Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh kandungan air pada makanan basah tersebut.

Bila kibble mengandung sedikit kelembapan, makanan basah memiliki kadar air yang jauh lebih tinggi. Ini dapat membantu menjaga anjing Anda tetap sehat, tetapi juga dapat menyebabkan lebih sering buang air kecil sampai tubuh mereka menyesuaikan diri dengan asupan air yang baru.

6. Ketidakseimbangan Hormon

Gambar anak anjing kencing

Bahkan anjing dapat menderita masalah yang berhubungan dengan hormon. Spay incontinence adalah salah satu penyebab terbesar buang air kecil lebih sering. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya kontrol kandung kemih dan produksi estrogen yang lebih sedikit. Meskipun lebih sering terjadi pada anjing betina, penyakit ini juga dapat menyerang anjing jantan yang dikebiri. Trah besar cenderung lebih rentan terhadap masalah ini.

Jenis inkontinensia ini tidak selalu merupakan akibat langsung dari operasi pemandulan. Ini bisa memakan waktu bertahun-tahun sebelum anjing Anda menunjukkan tanda-tanda spay incontinence.

7. Peningkatan Asupan Air

Semakin banyak anjing Anda minum, semakin besar kemungkinan mereka buang air kecil. Anda harus selalu meletakkan semangkuk air bersih di tempat yang mudah dijangkau anjing Anda, dan tergantung pada tingkat aktivitasnya, Anda mungkin akan sering mengisi ulang airnya.

Olahraga adalah salah satu alasan mengapa anjing Anda mungkin minum lebih sering. Jalan-jalan yang jauh, permainan lempar tangkap yang lama, atau bahkan sesi latihan semuanya bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan bagi Anda dan anjing Anda.

Cuaca panas juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Meskipun mungkin tampak seperti alasan yang aneh bagi anjing Anda untuk buang air kecil lebih sering, semakin panas udara, semakin banyak anjing Anda akan minum dan mau tidak mau, buang air kecil.

8. Penyakit Ginjal

Paling sering dikaitkan dengan penuaan, penyakit ginjal sering dianggap sebagai jaringan di ginjal anjing Anda “aus.” Ini juga bisa menjadi akibat dari kondisi kesehatan lain yang mendasarinya, jadi sebaiknya periksakan ke dokter hewan Anda untuk memastikan tidak ada penyebab yang lebih serius.

Penyakit ginjal menyebabkan anjing Anda buang air kecil lebih sering karena ginjal memproduksi lebih banyak urin untuk membuang kotoran dari tubuh. Karena kebutuhannya untuk buang air kecil lebih sering, anjing Anda juga akan minum lebih banyak agar tidak mengalami dehidrasi.

9. Pelatihan Buang Air

Meski imut, anak anjing adalah penyebab terbesar genangan urin di sekitar rumah. Ada beberapa alasan untuk ini. Kandung kemih mereka tidak hanya kurang berkembang seperti anjing dewasa, tetapi juga lebih kecil.

Anak anjing Anda belum tahu bahwa mereka tidak boleh buang air kecil di karpet Anda. Meskipun mereka akan belajar mengontrol kandung kemih saat mereka tumbuh dan secara bertahap lebih jarang buang air kecil, Anda masih perlu mengajari anak anjing untuk buang air kecil di tempat yang seharusnya.

10. Teritori

Menandai wilayah adalah salah satu alasan mengapa anjing normal buang air kecil lebih banyak daripada anjing yang sudah dikebiri atau dimandulkan. Urin adalah cara anjing jantan dan betina mengumumkan kehadiran mereka dan mengklaim wilayah mereka. Bagaimanapun, tanda dan pagar tidak memiliki banyak arti bagi mereka.

Anjing betina juga akan menggunakan feromon yang terkandung dalam urinnya untuk memberi tahu pejantan bahwa mereka sedang berahi. Ini adalah cara mereka menunjukkan ketersediaan mereka untuk kawin.

Juga, jika anjing Anda mencium bau anjing lain yang mengganggu rute berjalannya atau bahkan hanya lewat halaman, anjing akan menandai wilayahnya untuk membuat kehadirannya diketahui. Biasanya, perilaku ini dapat diperbaiki dengan memandulkan atau mengebiri anjing Anda.

11. Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK mencakup keseluruhan saluran kemih anjing Anda. Penyakit ini memiliki banyak gejala infeksi kandung kemih yang sama tanpa dibatasi lokasinya. ISK bisa kronis atau akut dan mempengaruhi kandung kemih, ginjal, prostat, dan uretra.

Terlepas dari lokasi ISK anjing Anda, semuanya dapat menyebabkan peningkatan buang air kecil atau masalah terkait kencing. Sebagian besar ISK akut dapat disembuhkan dengan obat-obatan, sementara infeksi kronis dapat kembali lebih sering.

Cara Mengetahui Apakah Anjing Anda Memiliki Masalah Kesehatan

Meski beberapa penyebab sering buang air kecil sifatnya tidak berbahaya, seperti menandai wilayah, ada beberapa penyebab yang mendasari buang air kecil yang memerlukan pendekatan yang lebih serius. Baik ISK maupun diabetes memerlukan pengobatan dengan benar.

Masalah kesehatan yang mendasari dapat muncul dalam beberapa cara:

  • Urin berdarah
  • Rasa haus yang meningkat
  • Mengejan untuk buang air kecil
  • Bau urin aneh

Kesimpulan

Buang air kecil adalah bagian alami dari proses tubuh makhluk apa pun, tetapi ada kalanya terlalu banyak buang air kecil bisa mengkhawatirkan. Anjing Anda sering buang air kecil karena beberapa alasan.

Baik anjing jantan dan betina sering menggunakan urin untuk menandai wilayah mereka atau mengumumkan kehadiran mereka. Ini hanyalah bagian dari naluri anjing dan dapat diatasi dengan memandulkan atau mengebiri mereka. Alasan yang lebih serius untuk buang air kecil yang sering atau tidak tepat melibatkan penyakit seperti diabetes dan harus didiagnosis oleh dokter hewan.

Komentar Anda