28 Jenis Anjing Asal Spanyol Terpopuler dan Gambarnya

Anjing hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan mereka berasal dari berbagai tempat di seluruh dunia. Ada anjing Jerman, anjing Asia, anjing Amerika, dan banyak lagi. Trah anjing Spanyol populer di kalangan petani dan peternak, pemburu, pemilik rumah, dan keluarga. Mungkin ini karena ada lusinan ras anjing Spanyol, besar dan kecil, untuk dipilih!

Kami telah mengumpulkan daftar 28 ras anjing Spanyol yang menarik untuk dipelajari. Nikmati anjing-anjing cantik dari Spanyol ini!

Daftar Anjing Spanyol

1. Great Pyrenees

Anjing Spanyol Great Pyrenees

Anjing-anjing ini berasal dari perbatasan Perancis dan Spanyol, di sebuah tempat yang disebut Pegunungan Pyrenees. Great Pyrenees adalah anjing gunung sejati dengan tubuh besar dan kekuatan besar. Mereka dapat berbobot 45 kg, tetapi sifat kasihnya membuat mereka tampak seperti boneka beruang besar. Meskipun bisa menjadi malas, Great Pyrenees akan bertindak atas ancaman yang dirasakan.

2. Presa Canario

Anjing Spanyol Presa Canario

Presa Canario adalah jenis anjing Spanyol kuno yang disukai karena sifatnya yang penuh kasih namun protektif. Sayangnya, tidak banyak dari mereka yang ada saat ini, yang membuat peternak dan klub kennel berspekulasi bahwa mereka dalam bahaya kepunahan. Sering disebut dengan nama pendek Presa, anjing-anjing ini dibiakkan untuk bekerja dengan hewan ternak, seperti banyak ras anjing Spanyol lainnya.

3. Spanish Mastiff

Anjing Spanyol Spanish Mastiff

Spanish Mastiff adalah anjing yang sangat cerdas dan cantik yang secara historis diandalkan untuk melindungi hewan ternak di peternakan. Mereka memiliki kepala tebal yang besar dan tubuh berotot yang kuat, yang mengerdilkan banyak ras anjing Spanyol lainnya. Sikap berani Spanish Mastiff membuat mereka tidak mundur ketika predator menunjukkan wajah mereka.

4. Andalusian Hound

Anjing Spanyol Andalusian Hound

Andalusia Hound efisien dalam berburu dan setia pada pemimpin kelompok. Penglihatan mereka sangat bagus, pendengaran mereka hebat, dan indra penciuman mereka luar biasa. Meskipun jenis anjing berbulu pendek ini tidak diakui oleh banyak klub kennel di seluruh dunia, mereka diakui oleh Spanish Royal Canine Society.

5. Basque Shepherd Dog

Anjing Spanyol Basque Shepherd Dog

Sesuai namanya, Basque Shepherd Dog berasal dari wilayah Basque di Spanyol. Mereka adalah jenis anjing pekerja yang cukup langka yang dapat secara efektif menjaga kawanan hewan di peternakan atau menjalani kehidupan yang bahagia bersama keluarga. Anjing ini sangat menikmati kebersamaan dengan anak-anak dan kecerdasan mereka membuatnya mudah dilatih.

6. Spanish Greyhound

Anjing Spanyol Spanish Greyhound

Anjing Spanish Greyhound memiliki keterampilan berburu yang mengesankan sehingga mereka pernah disukai oleh Raja Spanyol. Meskipun mereka adalah anjing yang lincah dan aktif, mereka tidak keberatan meringkuk di rumah sementara anggota keluarganya menjalani aktivitas di sekitarnya. Spanish Greyhound cerdas dan penuh perhatian, menjadikannya anjing penjaga yang baik untuk rumah.

7. Spanish Hound

Anjing Spanyol Spanish hound

Tidak seperti banyak ras anjing pemburu Spanyol lainnya, Sabueso Español alias Spanish Hound digunakan untuk berburu hewan kecil dan besar, yang cukup mengejutkan mengingat tubuh mereka yang berukuran sedang. Mereka memiliki gonggongan ganas dan rahang yang kuat, yang keduanya membantu mereka berkomunikasi dengan tim pemburunya saat memburu mangsanya.

8. Ibizan Hound

Anjing Spanyol Ibizan Hound

Seperti kebanyakan ras anjing Spanyol, Ibizan Hound adalah anjing pemburu yang rajin yang dibawa oleh para pedagang ke pulau-pulau di lepas pantai Spanyol sekitar 3.000 tahun yang lalu. Telinga mereka yang panjang dan tegak membuat mereka terlihat sedikit konyol, tetapi tubuh mereka yang elegan menceritakan sebuah kisah tentang kepercayaan diri, kemandirian, dan kecerdasan.

Ibizan Hound protektif dan setia, namun mereka bersedia menyambut orang asing jika mereka tidak menganggapnya sebagai ancaman.

9. Valencian Podenco

Anjing Spanyol Valencian Podenco

Juga dikenal sebagai Xarnego, Valencian Podenco adalah jenis anjing Spanyol lainnya yang biasanya digunakan untuk berburu kelinci. Anjing-anjing aktif ini tidak senang menghabiskan waktu mereka di dalam ruangan. Mereka ingin berada di luar bekerja pada siang hari. Mereka biasanya memiliki lapisan bulu coklat semi bergelombang dengan marking putih di dada, kaki, dan/atau kepala.

10. Burgos Pointer

Anjing Spanyol Burgos Pointer

Ini adalah salah satu ras anjing Spanyol yang lebih besar yang ada, yang membuat sifat pemalu dan pendiam mereka sedikit mengejutkan bagi kebanyakan orang. Burgos Pointer berasal dari nama mewah Castilla y Leon, yang merupakan wilayah terbesar di Spanyol.

Anjing yang kuat ini adalah teman berburu yang dapat dipercaya yang suka menyenangkan namun terkadang menunjukkan sisi keras kepala, terutama ketika mereka terlalu banyak bekerja.

11. Podenco Canario

Anjing Spanyol Podenco Canario

Trah anjing Spanyol yang besar ini memiliki mata yang tajam dan semangat yang mandiri, membuat mereka tampak menakutkan pada awalnya. Tetapi dengan segera orang-orang akan mengetahui bahwa anjing-anjing yang berasal dari Kepulauan Canary ini ramah dan suka bersenang-senang.

Secara tradisional digunakan untuk berburu kelinci, Podenco Canario sekarang juga dipuja sebagai hewan peliharaan pelindung rumah.

12. Pachon Navarro

Anjing Spanyol Pachon Navarro

Trah anjing pemburu besar ini berasal dari Spanyol Utara dan dianggap sebagai ras yang punah pada pertengahan 1960-an. Untungnya, upaya pemulihan dimulai sekitar satu dekade kemudian, dan sejak saat itu breed tersebut mendapat pengakuan sebagai breed standar oleh Pemerintah Spanyol.

Anjing-anjing ini biasanya menampilkan rambut pendek dan halus yang berwarna putih dan coklat atau oranye.

13. Alano Español

Anjing Spanyol Alano Espanol

Anjing-anjing ini sangat mirip dengan Boxer dalam struktur tubuh dan kepala, tetapi bulu mereka biasanya gelap, dengan marking cerah kecil di seluruhnya. Mereka adalah anjing penjaga yang sangat baik dan biasanya bekerja untuk melindungi properti pemiliknya, siang dan malam.

Meskipun besar dan tak kenal takut, Alano Español biasanya ramah terhadap manusia dan anjing asing kecuali jika mereka punya alasan kuat untuk tidak bersikap demikian.

14. Carea Leones

Anjing Spanyol Carea Leones

Ini adalah jenis anjing gembala Spanyol yang waspada, aktif, dan penuh energi. Mereka suka berlari dan bermain, tetapi mereka lebih suka bekerja di pertanian atau di alam liar. Tubuh ringkas Carea Leones kuat dan gesit, membuat mereka menjadi pesaing hebat di kontes kelincahan. Anjing ini juga rukun dengan anak-anak, dan mereka akan berteman dengan anjing lain jika disosialisasikan sejak usia muda.

15. Ratonero Bodeguero Andaluz

Anjing Spanyol Ratonero Bodeguero Andaluz

Beberapa orang menyamakan Ratonero Bodeguero Andaluz dengan Jack Russell Terrier dalam hal penampilan dan temperamen. Berasal dari selatan Spanyol dan keturunan panjang ras anjing pemburu tikus, jenis anjing Spanyol ini memiliki sikap energi yang tinggi dan kepribadian yang konyol, yang menjadikan mereka bintang pertunjukan di lingkungan sosial.

16. Majorero

Anjing Spanyol Majorero

Mirip dengan Golden Retriever, anjing Spanyol ini memiliki bulu bergelombang panjang sedang yang biasanya pirang atau hitam. Mereka dianggap sebagai anjing penjaga yang sangat baik untuk hewan ternak dan anggota keluarga manusia tempat mereka berbagi kehidupan. Anjing-anjing ini aktif, ingin tahu, dan selalu mencari tempat untuk menggali, berguling-guling, atau bermain.

17. Majorca Ratter

Anjing Spanyol Majorca Ratter

Trah anjing Spanyol ini berukuran lebih kecil dan memiliki rambut pendek licin berwarna hitam dengan marking coklat. Mereka berasal dari pulau Spanyol bernama Majorca dan merupakan hasil perkawinan sedarah yang dibawa ke pulau itu sekitar tahun 1900-an. Ini adalah anjing pekerja sejati dengan temperamen terrier, dan mereka membutuhkan banyak olahraga dan perhatian.

18. Majorca Shepherd Dog

Anjing Spanyol Majorca Shepherd Dog

Dengan bulu serba hitam dan wajah ramah, Majorca Shepherd dianggap sebagai anjing pertanian yang baik. Mereka dijinakkan untuk tinggal dalam lingkungan keluarga sambil bekerja untuk menjaga dan menggembalakan hewan ternak.

Majorca Shepherd bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat dan rukun dengan anak-anak. Tingkat energi mereka yang tinggi membutuhkan olahraga harian dalam bentuk jalan kaki, hiking, dan bermain lempar tangkap.

19. Gos Rater Valencia

Anjing Spanyol Gos Rater Valencia

Dibesarkan untuk berburu tikus, jenis anjing Spanyol kecil ini cerdas, energik, dan umumnya ramah terhadap manusia dan hewan lainnya. Bulu mereka kurang dari satu inci panjangnya dan biasanya tiga warna. Mereka bisa ribut jika bosan, tetapi menghabiskan waktu di lingkungan keluarga yang sibuk tampaknya memuaskan mereka.

20. Catalan Sheepdog

Anjing Spanyol Catalan Sheepdog

Meskipun berasal dari Asia, Catalan Sheepdog dianggap sebagai anjing asli Catalonia. Mereka populer dibiakkan di Spanyol, selain juga dibiakkan di Swedia, Jerman, dan Finlandia. Mereka mencintai dan suka meringkuk dengan anggota keluarga mereka. Saat dalam mode aktif, mereka ingin menggunakan naluri menggiring dan mentalitas menggalinya.

21. Ca De Bou

Anjing Spanyol Ca De Bou

Anjing-anjing kecil sosial ini memiliki tubuh yang kuat dan mata pendongeng yang membuat mereka cepat berteman dengan orang asing. Ini adalah jenis anjing Spanyol yang menunjukkan perbedaan signifikan pada kepala berdasarkan jenis kelamin, karena jantan memiliki kepala yang jauh lebih besar daripada betina.

Ca De Bou adalah anjing yang pendiam namun pemberani, yang akan membantu menjaga rumah keluarga mereka terlindungi dari orang asing.

22. Can De Palleiro

Anjing Spanyol Can De Palleiro

Berasal dari Galicia di wilayah barat laut Spanyol, Can De Palleiro dinamai berdasarkan tumpukan jerami tempat anjing ini suka tidur di dekatnya. Mereka memiliki kemampuan berburu, menggembala, dan menjaga, yang membuat mereka menjadi pendamping yang luar biasa bagi peternak atau petani. Mereka bisa bahagia di lingkungan keluarga jika diberi akses ke banyak aktivitas olahraga dan petualangan.

23. Pyrenean Mastiff

Anjing Spanyol Pyrenean Mastiff

Raksasa lembut ini baik kepada hampir semua manusia dan anjing yang mereka temui. Mereka sabar dan pengertian dan suka menyenangkan anggota keluarga mereka. Pyrenean Mastiff tidak banyak menggonggong, tetapi masih akan memberi tahu pemiliknya ketika orang asing memasuki properti.

Dorongan memangsa mereka rendah, sehingga mereka dapat dengan mudah berintegrasi ke dalam rumah multi-hewan peliharaan yang mencakup hewan kecil seperti kucing dan ferret.

24. Villano De Las Encartaciones

Anjing Spanyol Villano De Las Encartaciones

Villano De Las Encartaciones diperkirakan berasal dari provinsi Biscay di Spanyol. Mereka akhirnya digunakan untuk berburu dan menangkap sapi liar dan babi hutan di seluruh Spanyol, tetapi hari ini mereka bukan anjing yang dibiakkan secara populer. Ini mungkin karena anjing ini tidak cocok dengan anak-anak dan hewan lain karena naluri berburu mereka yang intens.

25. Garafian Shepherd

Anjing Spanyol Garafian Shepherd

Trah anjing Spanyol ini terkenal dengan sifatnya yang protektif dan setia. Mereka cenderung lebih banyak bekerja di sekitar rumah dan keluarga daripada di pertanian dan di alam liar. Garafian Shepherd perlu memulai pelatihan sejak mereka masih anak-anak untuk bergaul dengan baik dengan keluarga di rumah, tetapi begitu ikatan itu tercipta, ikatan itu tidak akan mudah putus.

26. Spanish Alano

Anjing Spanyol Spanish Alano

Anjing-anjing ini dikatakan telah mencapai Spanyol sekitar abad ke-5 M. Mereka terkadang digunakan untuk membantu berburu babi hutan, dan mereka menjadi matador populer saat ini. Anjing Spanish Alano memiliki tubuh yang kuat dan besar namun temperamen yang menyenangkan dan setia. Anjing ini tidak memiliki banyak kesabaran, jadi pelatihan adalah kebutuhan yang harus dilakukan secara konsisten di sepanjang hidup mereka.

27. Spanish Pointer

Anjing Spanyol Spanish Pointer

Berasal dari Castile di Spanyol, jenis anjing Spanyol ini dibesarkan untuk berburu rubah dan sesekali kelinci. Spanish Pointer memiliki telinga besar dan terkulai yang membuat mereka terlihat menggemaskan. Tetapi ketika sedang berburu, mereka sangat serius. Anjing ini energik dan memiliki tingkat stamina yang tinggi, jadi beberapa jam aktivitas berat setiap hari diperlukan untuk menjaga mereka tetap puas.

28. Spanish Water Dog

Anjing Spanyol Spanish Water Dog

Berukuran sedang namun besar hatinya, Spanish Water Dog adalah ras anjing yang lincah dengan tubuh yang kokoh dan bakat untuk olahraga air. Rambut mereka tumbuh menjadi tali panjang yang tahan air dan jika dibiarkan tanpa dipangkas akan menutupi mata indah mereka. Kebanyakan orang menggambarkan mereka sebagai anjing yang tampak rustic dengan kepribadian besar.

Setiap jenis anjing Spanyol istimewa dan unik dengan caranya sendiri. Sementara banyak yang terlahir sebagai pemburu, beberapa hanya anjing rumahan yang imut menggemaskan. Ada banyak ukuran, struktur, jenis, warna, dan temperamen yang perlu dipertimbangkan ketika memilih ras anjing Spanyol.

Tidak semua anjing ini cocok sebagai hewan peliharaan keluarga. Di sisi lain, beberapa secara mengejutkan baik dengan anak-anak dan hewan lainnya. Ras anjing Spanyol mana yang menjadi favorit Anda? Beri tahu kami tentang pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Komentar Anda