5 Penyebab Umum Kenapa Anjing Tidak Mau Makan

Apakah anjing Anda tidak mau makan? Jika Anda pernah memiliki anjing yang tidak mau memakan makanan yang Anda berikan, Anda pasti tahu betapa menyebalkannya ini. Karena anjing tidak dapat menjelaskan dengan kata-kata mengapa dia tidak mau makan, wajar bagi pemilik anjing untuk merasa frustrasi dan khawatir. Akan ada banyak hal yang terlintas di kepala mereka.

Anjing mogok makan

Mungkin anjing tidak mau makan karena sakit, mungkin itu salah satu tanda kesehatan anjing Anda memburuk. Atau mungkin mereka hanya pemakan yang rewel. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa alasan paling umum mengapa anjing tidak mau makan. Semoga setelah membacanya, Anda akan tahu jawaban atas pertanyaan mengapa anjing saya tidak mau makan.

Hilangnya Nafsu Makan pada Anjing

Kebanyakan anjing suka makan. Faktanya, mereka akan memakan apa saja yang bisa mereka dapatkan. Baik itu kibble kering, makanan basah, camilan anjing, atau makanan manusia, tidak mudah menemukan anjing yang pilih-pilih makanan. Tapi terkadang, seekor anjing akan kekurangan nafsu makan, membuat pemiliknya khawatir.

Ada banyak penjelasan mengapa anak anjing Anda tidak mau makan. Tetapi makan dalam jumlah kecil atau menolak untuk makan sama sekali tidak selalu merupakan tanda kondisi yang mematikan.

Stres, sakit perut, atau faktor lingkungan lainnya bisa menjadi salah satu penjelasan yang mungkin. Tetapi jika anjing Anda menolak makan selama lebih dari 24 jam, itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa anak anjing Anda sakit.

Bagaimanapun, Anda harus memperhatikan setiap perubahan dalam diet anjing Anda. Jika mereka tidak makan sebanyak biasanya, Anda harus menghubungi dokter hewan dan meminta pendapat mereka. Dengan melakukan itu, Anda bisa mencegah anjing Anda menjadi lebih sakit.

Alasan Mengapa Seekor Anjing Tidak Mau Makan

Apakah anjing Anda tidak makan? Nah, ada banyak alasan mengapa anjing tidak mau makan. Ini berkisar dari tidak parah sampai mengkhawatirkan, tergantung pada seberapa parah kurangnya nafsu makan mereka.

Perubahan Lingkungan

Jika Anda baru saja pindah rumah dengan anak anjing Anda, tidak jarang dia melewatkan satu atau dua kali waktu makan. Dia tidak terbiasa dengan rumah barunya dan mungkin merasa stres dengan perubahan tersebut.

Ini terutama benar jika Anda mengantar anjing Anda ke rumah baru. Beberapa anjing mengalami mabuk perjalanan, yang mempengaruhi nafsu makan mereka selama beberapa jam. Anjing yang baru diadopsi mungkin juga mengalami masalah nafsu makan ini. Mereka telah meninggalkan tempat tinggalnya atau rumah sebelumnya untuk memulai hidupnya yang baru.

Masalah Perilaku

Alasan lain mungkin karena Anda memberi makan anjing Anda pada saat yang tidak tepat. Jika Anda meletakkan mangkuknya di wilayah anjing yang agresif, anjing Anda mungkin terlalu takut untuk makan. Untuk mencegahnya, pastikan Anda meletakkan makanan anjing di tempat yang telah ditentukan. Setiap anjing harus memiliki ruang kecil mereka sendiri untuk menikmati makanan dengan memuaskan.

Vaksinasi Terbaru

Jika Anda baru saja membawa anak anjing Anda ke dokter hewan untuk divaksinasi, ini bisa jadi penyebab dia tidak mau makan. Vaksin menyelamatkan ribuan nyawa anjing setiap tahun, tetapi vaksin dapat memiliki efek samping negatif pada beberapa anjing. Salah satu yang kurang parah adalah turunnya nafsu makan. Biasanya ini hilang beberapa jam setelah vaksin, tetapi tidak jarang anjing melewatkan satu atau dua kali waktu makan.

Penyakit Gigi

Anjing tidak mau makan

Tahukah Anda salah satu penjelasan yang umum anjing ogah makan adalah penyakit gigi. Jika mulut anjing Anda bermasalah -itu bisa berupa gigi busuk, luka, atau bahkan gusi yang terinfeksi, makan akan menyebabkan rasa sakit. Anda harus memeriksakannya ke dokter hewan. Jika tidak, sangat mungkin anjing Anda akan menjauhi makanan kalengannya sampai masalahnya teratasi.

Sakit Perut

Anjing sama penasarannya dengan kucing dan akan mencoba memakan semua yang ada di depan mereka. Terkadang ini bisa berarti memakan kaus kaki, pakaian dalam, kayu, atau bahkan serangga! Ini akan mengganggu perut dan usus mereka, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Mereka tidak akan mau makan sampai apa pun benda buruk yang mereka makan telah keluar dari sistem mereka.

Jika Anda melihat anjing Anda muntah atau diare, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka terkena penyakit pencernaan.

Penyumbatan atau Penyakit Lainnya

Seekor anjing yang tidak mau makan juga bisa menjadi tanda penyebab lain yang mendasarinya. Terkadang, seekor anjing mungkin menelan benda asing seperti kaus kaki yang menghalangi saluran pencernaannya. Seekor anjing akan sering berhenti makan jika hal ini terjadi.

Penyebab lain hilangnya nafsu makan pada anjing meliputi penyakit seperti gagal ginjal, kanker, penyakit hati, atau bahkan infeksi. Jika anjing sakit, menolak makan adalah salah satu tanda ketidaknyamanan mereka. Ini terutama berlaku untuk anjing yang sudah tua. Jika mereka terus tidak mau makan untuk waktu yang lama, itu bisa sangat berbahaya bagi hewan peliharaan Anda. Dianjurkan untuk membawanya ke dokter hewan.

Haruskah Saya Membawanya ke Dokter Hewan?

Jika seekor anjing tidak mau makan cukup lama, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah. Jika Anda melihat anak anjing Anda melewatkan makan lebih dari dua kali, segera bawa ke dokter hewan.

Karena anjing tidak berdiet seperti manusia, anjing tidak berhenti makan karena ingin menurunkan berat badan. Itu hampir selalu merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang salah. Jika Anda belum mengganti makanannya dan mengubahnya menjadi makanan hambar, mungkin yang terbaik adalah membawanya ke dokter hewan.

Penambah Nafsu Makan Anjing yang Mogok Makan

Terkadang, anjing berhenti makan bukan karena sakit, tetapi karena muak. Jika Anda selalu diberi makanan hambar dan tidak berasa sepanjang hidup Anda, Anda mungkin akhirnya akan kehilangan selera juga. Hal yang sama terjadi pada anjing.

Jadi apa yang harus dilakukan pemilik hewan peliharaan? Jika anjing Anda terbiasa makan makanan kering, belikan mereka makanan basah kalengan sebagai gantinya. Banyak anjing akan melihat ini sebagai hadiah dan akan cukup penasaran untuk mulai memakannya. Pastikan Anda menawarkan makanan dalam porsi kecil agar tidak membuat anjing Anda kewalahan. Anda bahkan dapat mencoba menggulung makanan menjadi meatball kecil.

Jika mereka tidak menyukai rasanya, cobalah merek baru. Ini mungkin tampak melelahkan dan membuat frustrasi, tetapi begitu Anda menemukan apa yang disukai anjing Anda, Anda dapat terus menggunakannya.

Pilihan bagus lainnya adalah menawarkan dada ayam rebus dan nasi putih kepada anjing Anda, atau nasi putih yang dicampur dengan kaldu ayam. Sekali lagi, Anda juga bisa menggulung nasi menjadi meatball untuk membuat suguhan yang menggugah selera.

Anda juga bisa menemukan berbagai stimulan atau penambah nafsu makan di berbagai toko hewan dan toko online. Ini mungkin berupa pasta yang bisa Anda peras ke dalam mulut anjing Anda untuk membantunya mendapatkan nutrisi atau berupa saus untuk melengkapi makanannya yang biasa.

Jika anjing Anda melewatkan terlalu banyak waktu makan dan mulai lesu atau lemah, segera bawa ke dokter hewan. Mungkin saja mereka mengalami penyumbatan di saluran pencernaan mereka karena memakan benda asing atau mereka mungkin menghadapi masalah serius. Dokter hewan Anda akan dapat menyelesaikannya dan mudah-mudahan anjing Anda merasa lebih baik dalam waktu singkat.

Komentar Anda