42 Jenis Anjing Lucu nan Mungil yang Tidak Bisa Besar

Apakah Anda suka anjing kecil nan mungil yang tidak bisa besar, artinya selama bertahun-tahun tubuhnya masih mungil? Tenang, ada banyak anjing menggemaskan seperti itu di dunia! Anda bisa memelihara salah satu di antaranya. Anjing-anjing mungil ini bahkan akan tetap terlihat seperti anak anjing ketika sudah dewasa.

Penasaran dengan anjing-anjing kecil yang tak bisa besar ini? Baiklah, langsung saja kita bahas satu per satu yuk!

Daftar Anjing yang Tidak Bisa Besar

1. Chihuahua

Chihuahua

Sebagai salah satu paling paling nakal dari mereka semua (dan mungkin yang terkecil!), Chihuahua dijuluki sebagai “anjing dompet.” Anjing-anjing kecil ini tidak tumbuh lebih besar dari 20 cm dan bobotnya tidak melebihi 2,7 kg. Mereka adalah hewan peliharaan kota yang sempurna, tetapi akan membutuhkan bundling ekstra selama bulan-bulan yang dingin.

2. Maltese

Maltese

Maltese dapat memiliki berat hingga 3 kg, tetapi sebagian besar dari berat itu sebenarnya berasal dari lapisan bulu panjang dan halus mereka, yang biasanya cenderung menyentuh lantai. Meskipun gaya rambut mereka mengalir, bulunya biasanya tidak gampang rontok.

3. Chinese Crested

Chinese Crested

Anjing Chinese Crested sebagian tidak berbulu, yang berarti Anda harus berhati-hati agar mereka tidak terkena sinar matahari terlalu banyak. Beratnya mencapai 5,4 kg, menurut Dog Time, dan suka meringkuk di pangkuan pemiliknya.

4. Bichon Frise

Bichon Frise

Kembali ke abad 13, trah Bichon Frise suka bergaul dengan para bangsawan. Tetapi ketika anjing putih berbulu ini dipaksa keluar dari kerajaan selama Revolusi Prancis, jenis mereka beradaptasi dengan cepat dan menjadi pemain sirkus. Jadi, Bichon tidak hanya imut, tapi juga lincah, mudah dilatih, dan sangat pintar. Mereka biasanya beratnya 5,5-8 kg.

5. Silky Terrier

Silky Terrier

Dinamakan demikian karena bulu halusnya yang lembut, terrier ini sering disalahartikan dengan Yorkie yang berwarna sama. Tapi Silkie sedikit lebih besar, sekitar 5 kg beratnya.

6. Dachshund

Dachshund

Versi mini dari jenis ini memiliki berat di bawah 5 kg. Mereka penuh rasa penasaran dan sangat ramah. Mereka tidak suka lari jarak jauh atau berenang, tapi selain itu mereka siap bermain sepanjang hari. Dachshund bisa menjadi anjing penjaga yang hebat karena suara gonggongannya yang keras!

7. Pomeranian

Pomeranian

Anjing-anjing ini pada dasarnya adalah bola bulu seberat 2,5 kiloan. Wajah menggemaskan mereka tersembunyi di balik segumpal bulu, dan mereka adalah ras yang lincah. Mereka memang memiliki reputasi sedikit cerewet, jadi jika Anda mencari anjing yang pendiam dan dingin, anjing Pomeranian mungkin merupakan pilihan yang buruk.

8. Miniature Bull Terrier

Miniature Bull Terrier

Bull Terrier standar dewasa dapat memiliki berat hingga 30 kg, tetapi untungnya versi miniaturnya jauh lebih kecil. Beratnya hanya 8-12 kg. Trah miniatur diciptakan untuk berburu tikus di atas tanah, tetapi sekarang mereka menjadi teman yang baik bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak ruang untuk hewan peliharaan.

9. Beagle

Beagle

Beagle adalah anjing pemburu yang sangat baik dan teman setia. Karena mereka dibiakkan untuk berburu dalam kawanan, mereka menikmati banyak kebersamaan dan sangat mengikuti arus. Beagle tingginya 40 cm atau lebih pendek dan kemungkinan beratnya kurang dari 9 kg. Belum lagi, mata cokelat atau hazel mereka yang besar dan telinga panjang seperti anjing pemburu menjadikan mereka salah satu anjing keluarga yang paling menggemaskan.

10. Miniature Poodle

Miniature Poodle

Menurut AKC, pudel adalah salah satu ras yang paling beragam. Mereka hadir dalam ukuran standar, miniatur, atau mainan, dengan lapisan bulu hitam, putih, atau aprikot. Pudel mini berukuran 40 cm atau kurang dan cenderung memiliki berat maksimum 7 kg. Bulunya yang keriting dan rendah alergen menjadikannya anjing hipoalergenik yang ideal.

11. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier, yang dengan manis disebut sebagai Yorkies, dikenal sebagai anjing yang energik dan penuh kasih sayang. Beratnya hanya sekitar 3 kg, yang membuatnya sempurna untuk digendong dan dipeluk.

12. Rat Terrier

Rat Terrier

Nama Rat Terrier berasal dari seberapa terampil mereka dalam mengejar hama tikus, tetapi mereka juga tidak lebih besar dari tikus itu sendiri. Beratnya hanya berkisar antara 4,5 sampai 11 kg.

13. Peking

Anjing Pekingese

Awalnya dibiakkan untuk menemani kelas penguasa Tiongkok kuno, anjing Peking adalah anjing yang menawan, percaya diri, dan mengagumkan dengan kesetiaan abadi kepada pemiliknya. Trah yang kekar dan kompak ini beratnya sekitar 6 kg, tingginya mencapai 22 cm.

14. Shetland Sheepdog

Shetland Sheepdog

Shetland Sheepdog, alias Shelties, adalah anjing penggembala yang sangat cerdas, cepat, dan patuh. Sifat-sifat ini membuat trah ini menjadi kompetitor kelas dunia yang cerdas dan bersemangat. Di rumah, Shelties memiliki kecenderungan sensitif dan penuh kasih sayang. Beratnya 7-11 kg.

15. Cocker Spaniel

Cocker Spaniel

Dengan kepribadian mereka yang suka bermain dan periang, Cocker Spaniel adalah anjing yang hebat untuk setiap jenis pemilik anjing. Mereka mudah dilatih sebagai teman atau atlet, meskipun mereka dianggap sebagai sporting spaniel terkecil AKC dengan tinggi 35 hingga 38 cm dan berat sekitar 9 kg.

16. Miniature Pinscher

Miniature Pinscher

Anjing kecil seberat 4,5 kg ini dikenal memiliki kepribadian besar. Mereka suka bersenang-senang dan membutuhkan banyak olahraga. Ini adalah teman olahraga Anda yang lucu.

17. Shiba Inu

Shiba Inu

Shiba Inu adalah ras anjing Jepang kuno yang merupakan teman berbulu paling populer di negara-negara Asia dan dibawa ke Amerika pada 1950-an. Mereka penuh rasa waspada, kokoh, dan berotot yang memiliki kepribadian percaya diri, pemberani, dan hanya memiliki berat paling banyak 10 kg.

18. Pug

Pug

AKC mengatakan ada beberapa teori yang didasarkan pada asal usul nama Pug, seperti yang mungkin didasarkan pada kata Latin pugnus, yang berarti “tinju.” Ini karena gagasan bahwa wajah breed ini terlihat sedikit seperti kepalan tangan yang dikencangkan. Tapi tidak peduli nama atau ekspresinya, anjing lucu seberat 6-8 kg ini hanya ingin menyenangkan orang sepanjang hari, setiap hari.

19. English Toy Spaniel

English Toy Spaniel

Menurut AKC, British Toy Spaniel disilangkan dengan anjing mainan Asia di Era Victoria, yang kemungkinan adalah Pug dan Japanese Chin. Campuran ini menjadi English Toy Spaniel. Trah ini memiliki wajah yang lebih datar dibandingkan dengan nenek moyangnya, tetapi masih mempertahankan naluri berburu alami bertahun-tahun yang lalu. Beratnya 3,5 hingga 6 kg.

20. Boston Terrier

Boston Terrier

Boston Terrier dapat berada di sisi yang lebih berat dari kelompok jenis anjing kecil dengan berat 11 kg, tetapi mereka pasti mungil. Dikenal dengan mata bulat dan kepala perseginya yang besar, anjing-anjing ini senang menyenangkan keluarga mereka dan bermain-main.

21. Border Terrier

Border Terrier

Border Terrier adalah anjing yang ceria, lincah, dan penuh kasih sayang, menjadikannya anjing yang ideal bagi sebagian besar orang. Mereka dikenal tangguh, pekerja keras saat dibutuhkan, tetapi juga bertemperamen baik dan mudah dilatih saat di rumah. Border Terrier tumbuh sekitar 27 hingga 40 cm, jarang memiliki berat lebih dari 7 kg, dan beradaptasi dengan baik pada kehidupan kota.

22. Russell Terrier

Russell Terrier

Dikenal karena sikapnya yang lincah dan penuh rasa ingin tahu, Russell Terrier mengemas banyak kepribadian ke dalam tubuh persegi kecil mereka. Mereka maksimal hanya berbobot 6,8 kg.

23. Shih Tzu

Shih Tzu

Shih Tzu adalah teman yang suka digendong dan penuh kasih sayang. Mereka dibesarkan untuk menjadi anjing rumahan. Anjing seberat 4 hingga 7 kg ini tidak perlu terlalu banyak berolahraga, menjadikannya sempurna untuk seseorang dengan jadwal kerja yang sibuk atau mobilitas terbatas.

24. Danish-Swedish Farmdog

Danish-Swedish Farmdog

Hanya karena anjing-anjing ini kecil bukan berarti mereka tidak terlalu membantu! Sesuai namanya, Danish-Swedish Farmdog dibiakkan untuk membantu tugas-tugas pedesaan seperti berburu tikus, menggembala, dan berburu hewan. Mereka beratnya antara 6,8 sampai 9 kg.

25. Lancashire Heeler

Lancashire Heeler

Menurut AKC, ras anjing ini mungkin berkerabat jauh dengan Corgi dan Manchester Terrier, dua ras anjing kecil lainnya. Beratnya antara 4 sampai 7,7 kg, yang menjadikannya anjing petani yang ideal di abad ke-17 dan sekarang menjadikannya hewan peliharaan apartemen kecil yang hebat.

26. Lhasa Apso

Lhasa Apso

Kecil tapi perkasa, anjing seberat 6-7 kg ini awalnya dibiakkan untuk menjadi anjing penjaga. Mereka memiliki gonggongan yang tajam, jadi tidak cocok untuk orang yang tidak tahan gonggongan atau tinggal di kompleks apartemen yang berdekatan.

27. Lowchen

Lowchen

Löwchen adalah bahasa Jerman untuk menyebut “singa kecil.” Anjing ini dinamai demikian karena potongan bulu tradisional mereka berupa surai yang mengalir dan bagian belakang yang dipotong pendek. Anjing-anjing ini hampir tidak merontokkan bulu, yang membuatnya ideal untuk para penderita alergi. Mereka kecil dengan berat hanya sekitar 7 kg.

28. Schipperke

Schipperke

Schipperke dijuluki sebagai “setan hitam kecil.” Mereka adalah anjing berenergi tinggi, jadi meskipun mereka kecil, mereka masih membutuhkan banyak olahraga. Anda dapat mengharapkan mereka tumbuh menjadi sekitar 4,5-7 kg bobotnya.

29. Scottish Terrier

Scottish Terrier

Scottish Terrier, atau Scotties, mudah dikenali karena dimasukkan sebagai salah satu bagian permainan klasik di Monopoli. Ini masuk akal bagi seekor anjing yang sangat terkait dengan permainan ini karena mereka suka bermain dan memiliki banyak energi. Beratnya sekitar 9 kg.

30. Papillon

Papillon

Anjing-anjing ini mendapatkan nama mereka dari telinganya yang seperti sayap yang terlihat seperti kupu-kupu. Mereka dikenal sebagai anjing yang sangat pintar dan mudah dilatih. Plus, mereka adalah anjing pangkuan yang sempurna dengan berat 2,2 hingga 4,5 kg.

31. American Eskimo Dog

American Eskimo Dog

Mendengar kata Eskimo Anda mungkin memikirkan anjing Husky besar, tetapi American Eskimo adalah kebalikannya. Ingat puffball putih yang menggemaskan di film The Proposal yang dibintangi Sandra Bullock, yang hampir dimakan elang? Ini adalah anjing yang sama. Mereka anjing cerdas yang suka berteman. Mereka berbobot 2,7 kg untuk yang mini.

32. Cavalier King Charles Spaniel

Cavalier King Charles Spaniel

Cavalier King Charles Spaniel adalah persilangan antara Cavalier dan Spaniel. Trah ini menggabungkan perilaku lembut dari jenis mainan kecil sambil tetap menjaga energi anjing besar. Mereka bobotnya di bawah 9 kg.

33. French Bulldog

French Bulldog

Karena breed French Bulldog menjadi populer di Prancis bertahun-tahun yang lalu, mereka mungkin pernah disilangkan dengan terrier dan Pug, jadi tidak heran rasnya terlihat sangat mirip. Namun cara terbaik untuk membedakan mereka adalah French Bulldog telinganya seperti kelelawar, tengkoraknya kotak, dan tidak suka berolahraga. Mereka memiliki berat di bawah 13 kg.

34. Havanese

Havanese

Satu-satunya jenis anjing yang benar-benar asli Kuba, anjing seberat 3 hingga 6 kg ini sempurna untuk kehidupan kota. Mereka penuh kasih sayang dengan orang lain, rukun dengan hewan lain, dan sangat ingin menyenangkan. Havanese tidak terlalu menyukai metode pelatihan yang keras atau omelan. Juga, jangan khawatir dengan bulu panjang mereka di iklim yang lebih hangat, karena itu hanyalah cara untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari.

35. Bolognese

Bolognese

Berbadan “kekar” dengan bobot 2,5 sampai 4 kg, Bolognese sangat terikat dengan pemiliknya dan bahkan bisa mendapatkan masalah kecemasan perpisahan. Jadi jika Anda bekerja dari pagi sampai malam, Anda mungkin tidak bisa memeliharanya. Jika tidak, anjing putih ini akan menjadi teman terbaik baru Anda seumur hidupnya.

36. Italian Greyhound

Italian Greyhound

Anda mungkin mengenali anjing Italian Greyhound dari akun Instagram Kylie Jenner (dia punya dua ekor) dan mereka terlalu imut. AKC mencatat bahwa anjing-anjing kecil ini memiliki berat tidak lebih dari 6,5 kg dan diperkirakan akan hidup hingga usia 15 tahun. Mereka suka bersantai di pangkuan dan selalu ada untuk mendapatkan perhatian ekstra.

37. Basenji

Basenji

Seekor anjing tinggi dalam kelompok jenis anjing kecil, Basenji hampir seperti kucing dalam perilaku dan temperamennya. Basenji merawat diri mereka seperti kucing, tidak menggonggong (kedengarannya lebih seperti yodel), dan ahli melompat. Tidak ada banyak Basenji di luar sana, tetapi mereka yang memiliki salah satu dari anjing berbobot 9 kg ini harus menganggap diri mereka sangat beruntung.

38. Australian Terrier

Australian Terrier

Australian Terrier dibiakkan untuk menjadi pembasmi yang tak kenal takut, yang berarti mereka dilahirkan untuk menjadi pemburu mamalia kecil dan ular. Tapi anjing yang tangguh ini, yang sebenarnya adalah yang terkecil dari breed terrier pekerja, biasanya tidak tumbuh lebih dari 9 kg bobotnya

39. West Highland White Terrier

West Highland White Terrier

Tidak masalah bila jenis ini hanya tumbuh hingga 9 kg dan tinggi 28 cm, Westies senang bekerja keras sebagai pemburu tikus, mempelajari trik baru, dan nongkrong di luar.

40. German Spitz

German Spitz

German Spitz dapat berbobot hingga 11 kg, tetapi makhluk independen ini suka mempertahankan rumah mereka. Trah ini memiliki ketidakpercayaan besar pada orang asing, menjadikannya anjing penjaga yang hebat, dan mereka tidak peduli apakah di luar dingin atau panas. Ini adalah anjing yang sempurna karena kemampuan beradaptasinya.

41. Affenpinscher

Affenpinscher

Pekerjaan asli Affenpinscher di tahun 1600-an adalah membasmi tikus dan hama di Jerman. Mereka sekarang adalah anjing yang berhasil dalam kompetisi ketaatan, pelatihan terapi, dan kasih sayang. Dan dengan berat hanya sekitar 4,5 kg, mereka adalah anjing pangkuan yang hebat.

42. Cardigan Welsh Corgi

Cardigan Welsh Corgi

Mungkin yang terberat dari kelas jenis anjing kecil, Cardigan Welsh Corgi jantan dapat memiliki berat hingga 17 kg. Meskipun kaki mereka pendek dan dadanya rendah, anjing ini bisa berlari dengan kecepatan yang serius. Cardigan lebih tua dari dua ras corgi dan pernah dikenal sebagai penggembala ternak di Eropa.

Komentar Anda