Apakah Tanaman Anthurium Beracun bagi Kucing?

Anthurium adalah tanaman menarik yang sering dijaidkan tanaman hias di rumah-rumah. Namun jika Anda memiliki kucing di rumah, sebaiknya jangan memelihara tanaman anthurium juga. Tanaman tropis ini beracun bagi kucing dan dapat menyebabkan mereka merasa sangat sakit.

Kucing dan tanaman anthurium

Meskipun kucing jarang menghadapi konsekuensi fatal setelah menelan anthurium, sebaiknya Anda menjauhkan tanaman cantik ini dari kucing Anda atau tidak memeliharanya samasekali. Ada banyak tanaman alternatif yang lebih aman dan tidak beracun yang bisa tetap membuat rumah Anda terasa asri dan menyegarkan tanpa membahayakan kucing Anda.

Mengapa Anthurium Beracun bagi Kucing?

Anthurium mengandung kristal kalsium oksalat yang tidak larut. Semua bagian tanaman ini beracun, jadi kucing Anda akan menelan kristal kalsium oksalat jika memakan akar, batang, daun, bunga, dan bahkan bijinya. Tanaman ini juga mengandung protein yang belum diverifikasi seperti racun.

Kristal kalsium oksalat yang tidak larut menyebabkan iritasi ekstrim karena teksturnya yang tajam. Oleh karena itu, kucing sering kali hanya menggigit satu kali karena rasa tidak nyaman dan sakit mulut yang langsung dirasakannya.

Gejala Menelan Anthurium pada Kucing

Sebagian besar, kucing akan mengalami gejala ringan hingga sedang ketika mereka menggigit tanaman anthurium. Anda mungkin melihat kucing Anda menunjukkan satu atau lebih gejala berikut:

  • Iritasi mulut
  • Nyeri dan bengkak pada mulut, lidah, dan bibir
  • Air liur berlebihan
  • Muntah
  • Kesulitan menelan
  • Menggaruk wajah dengan panik atau menggelengkan kepala
  • Sakit mata jika kristal tanaman masuk ke mata
  • Sakit kulit atau kulit melepuh jika kristal menyentuh kulit

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kucing Makan Anthurium?

Kucing dan tanaman hias

Untungnya, masalah kucing dengan tanaman anthurium tidak selalu memerlukan pemeriksaan ke dokter hewan atau klinik hewan darurat. Jika Anda tahu bahwa kucing Anda hanya memakan sepotong kecil anthurium, pantau kondisinya dengan cermat. Jika ketidaknyamanan mereda dengan cepat, terus pantau selama beberapa hari ke depan. Periksakan ke dokter hewan jika kucing Anda menunjukkan masalah apapun.

Anda dapat mencoba memberikan sedikit susu atau yogurt untuk membantu mengikat kristal yang telah tertelan. Anda hanya boleh melakukan ini jika kucing Anda dapat menelan dan bernapas dengan normal. Juga, waspadai gejala umum yang disebutkan di atas atau perubahan perilaku dari kucing Anda.

Jika kucing Anda makan banyak tanaman anthurium atau merasa sangat kesakitan, Anda harus memeriksakannya ke dokter hewan. Jika Anda melihat bahwa kucing Anda mengalami kesulitan bernapas, hubungi dokter hewan Anda sebagai keadaan darurat, meskipun kejadian kucing tidak dapat menghirup cukup oksigen karena pembengkakan tenggorokan sangat jarang.

Dokter hewan juga dapat meresepkan obat pereda nyeri dan obat pelindung gastrointestinal untuk menenangkan perut saat kucing Anda mencerna kalsium oksalat yang tidak larut.

Alternatif Tanaman Rumahan yang Aman untuk Kucing

Daripada menanggung risiko membuat kucing penasaran Anda menggigit anthurium berkali-kali, lebih aman memilih tanaman hias yang tidak beracun. Memiliki jenis tanaman ini di rumah Anda akan membebaskan Anda dari stres dan Anda masih dapat menikmati dedaunan yang indah menghiasi ruangan atau teras Anda.

Jika Anda mencari tanaman hias yang aman untuk kucing, berikut adalah beberapa tanaman hias umum yang tidak beracun dengan perawatan yang relatif mudah:

  • African violet
  • Baby’s tears
  • Boston fern
  • Calathea
  • Maranta
  • Palem parlor
  • Mawar
  • Lili Paris / spider plant
  • Peperomia watermelon

Anthurium memiliki penampilan indah yang mencolok, tetapi tidak aman untuk kucing, terutama kucing yang selalu ingin tahu yang mungkin ingin mengunyah, mengais, dan mencakarnya.

Karena tanaman ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi yang signifikan bagi kucing Anda, sebaiknya hindari menjadikannya sebagai tanaman hias atau setidaknya jauhkan dari jangkauan kucing. Ada banyak alternatif tanaman non-toksik lain yang akan membuat kucing peliharaan Anda aman dan membebaskan pikiran Anda dari kekhawatiran.

Komentar Anda