Apakah Anjing Husky Berbahaya? Berikut Fakta dan Statistiknya

Anjing Siberian Husky mungkin terlihat menakutkan, tetapi apakah mereka benar-benar berbahaya? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail topik itu (dilengkapi statistik terbaru) dan mengungkap sifat sebenarnya dari ras anjing Husky.

Meskipun Husky sering dianggap berbahaya, mereka tidak memiliki ciri khas anjing berbahaya. Faktanya, Husky sangat supel, ramah, dan baik pada semua orang, bahkan orang yang tidak mereka kenal.

Gambar anjing husky

Pelatihan dan memberikan gaya hidup yang benar sangat penting dalam membesarkan Husky yang berperilaku baik. Jika dilakukan dengan benar, kemungkinan besar Husky Anda akan selalu menyenangkan, ramah, perhatian, dan penyayang kepada Anda atau siapa pun yang menyapanya.

Fakta Serangan Anjing

Sebagian besar DBRF (Human Dog Bite Related Fatalities) tidak berasal dari anjing Siberian Husky.

Beberapa data terbaru berasal dari periode 13 tahun, dari tahun 2005 sampai tahun 2017, di mana “433 orang Amerika dibunuh oleh anjing,” Pitbull dan Rottweiler bertanggung jawab atas 76% (329) kasus kematian ini. Husky berkontribusi 13 dari 433 kasus kematian dalam rentang 13 tahun itu, atau hanya 3%.

Labrador Retriever adalah anjing paling populer di dunia. Ini adalah trah yang tidak pernah dianggap agresif atau berbahaya. Labrador Retriever mencatatkan 9 kasus kematian, 4 kasus lebih sedikit dari Husky selama periode 13 tahun. So, haruskah Siberian Husky dianggap berbahaya meski jumlah serangan mematikannya hanya sedikit lebih banyak dari Labrador Retriever, trah yang tidak pernah dianggap berbahaya?

Karakteristik yang menunjukkan bahwa Husky tidak berbahaya

Siberian Husky telah dijinakkan untuk waktu yang lama dan mereka adalah salah satu ras favorit orang di seluruh dunia. Mereka sebenarnya dianggap sebagai hewan peliharaan keluarga yang hebat karena banyak alasan bagus, jadi mari kita kupas karakteristik positif ini.

Husky tidak terlalu mudah curiga

Bahkan disimpulkan oleh AKC, Siberian Husky BUKAN jenis yang secara alami mudah curiga terhadap orang asing atau orang yang tidak mereka kenal. Sosiabilitas yang kuat pada Husky justru membuat mereka lebih cenderung berteman dengan orang asing, tidak bersikap waspada atau agresif terhadap mereka.

Karena kurangnya kecurigaan itu, Husky bukanlah anjing penjaga yang baik. Faktanya, salah satu perilaku yang sangat sulit ditunjukkan Husky ketika ada orang asing memasuki rumah Anda adalah agresi.

Husky ramah dan umumnya mudah bergaul

Trah anjing Siberian Husky awalnya dibiakkan dan dibesarkan dalam kelompok besar, terkadang hingga 15 ekor. Menjalani kehidupan berkelompok membuat mereka menjadi jenis anjing yang sangat menyenangkan dan mudah bergaul.

Husky, meskipun pada awalnya mungkin tidak terlihat seperti jenis yang sangat ramah, memiliki kemampuan untuk menjadi seperti itu. Bagaimanapun juga, trah ini terbiasa menghabiskan sepanjang hari bersama anjing lain dan manusia mereka. Tidak hanya bekerja, makan, tidur, bermain, dan beraktivitas juga dilakukan bersama-sama.

Husky mendambakan teman (anjing dan manusia)

Hidup begitu dekat dengan kawanan anjing dan manusia juga membuat Husky terbiasa ditemani setiap saat, sesuatu yang sangat mereka cintai dan butuhkan. Secara umum, Husky siap berteman dengan hampir semua orang untuk mendapatkan teman bermain baru.

Tidak ada yang lebih disukai Husky Anda selain meringkuk di sofa, menghabiskan waktu bersama Anda dan keluarga. Ini adalah sesuatu yang membuat ikatan batin Husky dan anak-anak terjalin sangat baik.

Bagaimana Husky berpotensi berbahaya?

Ada beberapa karakteristik yang dapat dilihat sebagai penyebab Husky berpotensi berbahaya. Sebagian besar dari karakteristik ini tidak sepenuhnya negatif, tetapi orang mungkin berpendapat bahwa ini dapat menyebabkan Husky menjadi berbahaya.

Husky memiliki banyak energi dan perlu distimulasi

Husky pada awalnya dibiakkan untuk menarik beban kereta luncur yang berat melintasi jarak yang jauh dalam cuaca dingin yang keras. Mereka adalah anjing pekerja sejati yang telah mengembangkan stamina dan tingkat energi yang hebat. Sangat penting agar setiap Husky dirangsang secara memadai melalui olahraga fisik dan olahraga mental harian seperti pelatihan.

Jika hal ini diabaikan, maka wajar jika akibatnya adalah perilaku buruk dan destruktif. Ini berarti Husky Anda adalah Husky yang frustrasi. Ketika anjing menjadi frustrasi, perasaan itu harus dilampiaskan dengan suatu cara, biasanya bersifat merusak, tetapi tidak terbatas pada ini. Sangat mungkin bahwa Husky yang frustrasi bisa menjadi Husky yang berbahaya dan agresif.

Husky digolongkan sebagai ras sedang hingga besar

Siberian Husky dianggap berukuran sedang hingga besar, pejantan selalu lebih besar. Seekor anjing besar memiliki banyak kekuatan dan Husky juga memiliki kelincahan. Ukuran ini, ditambah dengan keinginan mereka untuk bermain, melompat, dan berlari tanpa henti, membuat mereka berbahaya bagi anak-anak kecil di rumah Anda.

Husky suka bermain tarung dan telah mengembangkan perilaku riuh ini dari kehidupan kawanan mereka sebelumnya. Jika pelatihan yang tepat tidak ditanamkan sejak dini, kegembiraan dan lompatan ini dapat menyebabkan mereka bermain tarung terlalu serius dan tak tahu kapan harus berhenti.

Husky mandiri dan keras kepala

Alasan ini lebih subjektif dan lebih sulit untuk menyimpulkan apakah ini dapat menyebabkan agresi atau perilaku berbahaya atau tidak. Namun demikian, kami menambahkan ini karena betapa sulitnya melatih seekor Husky dan mereka terkenal memiliki pikirannya sendiri. Husky cenderung mengadopsi sikap yang kuat dalam melakukan apa mereka inginkan.

Kemandirian dan sikap keras kepala ini dapat dikaitkan dengan anjing yang kurang terkontrol yang tidak pernah dapat dipercaya sepenuhnya. Namun kami mengerti bahwa ini akan bervariasi di setiap anjing dan sangat tergantung pada pelatihan yang diberikan kepada Husky sejak usia dini.

Penampilan fisik Husky besar dan menakutkan

Meskipun Husky memiliki tubuh sedang hingga besar dan penampilan seperti serigala, ini tidak berarti mereka adalah serigala atau berbahaya seperti serigala, meskipun bisa dipahami mengapa orang mengira demikian. Meskipun memiliki DNA mitokondrial yang sangat dekat dengan serigala, begitu juga kebanyakan ras anjing lainnya, anjing pudel justru lebih dekat dengan serigala daripada Husky.

Aspek fisik Husky memberi mereka lebih banyak reputasi buruk daripada apa yang sebenarnya pantas mereka dapatkan. Memang, ini tidak ada hubungannya dengan perilaku mereka dan ini bukanlah salah mereka.

Cara mencegah Husky Anda menjadi agresif atau berbahaya

Fakta Anjing Husky

Dengan asumsi Anda memiliki anak anjing Husky, Anda harus memberikan semua pelatihan yang diperlukan sejak usia dini untuk menghindari anjing Husky berperilaku buruk dan tidak terkendali di kemudian hari.

Dengan pelatihan yang tepat, Anda dapat memiliki Husky yang sangat patuh, baik hati, dan penyayang yang tidak pernah menunjukkan agresi atau ancaman bagi orang lain. Untuk mencegah Husky menjadi agresif dan berpotensi berbahaya, ada beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui:

  • Pahami perilaku dominan dan kendalikan
  • Latih Husky Anda dengan benar
  • Olahragakan Husky Anda secukupnya
  • Mulailah sosialisasi sejak dini

Kami akan membahasnya satu per satu.

Pahami perilaku dominan (dan kendalikan)

Sejak usia dini, anak anjing Husky Anda (betina atau jantan) akan mulai menunjukkan tanda-tanda dominasi dan akan menguji Anda. Tes dominasi ini dapat dilihat dalam banyak tindakan dan perilaku yang berbeda dan perlu dipahami dan ditangani sejak Anda membawanya pulang.

Husky adalah anjing kawanan yang perlu tahu siapa bosnya. Sistem hierarki yang jelas diperlukan di rumah Anda dan Husky Anda HARUS tahu bahwa dia ada di bawah.

Setiap jenis perilaku melompat, menggigit terlalu keras, perilaku riuh, dan lainnya perlu dihentikan dengan pelatihan segera. Adalah suatu kesalahan untuk berpikir bahwa ini adalah perilaku wajar anak anjing. Setelah Husky Anda tumbuh dewasa dan berat, melompat dan menggigit akan menjadi masalah besar. Seekor Husky yang mengira dia bosnya pasti akan menyebabkan banyak masalah di rumah Anda.

Latih anak anjing Husky Anda dengan benar

Pelatihan adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Husky Anda patuh dan berperilaku baik. Salah satu kesalahan yang dilakukan pemilik anak anjing baru adalah berpikir bahwa mereka harus menunggu untuk memulai pelatihan, atau menganggap bahwa mereka masih “punya waktu.”

Anak anjing Husky Anda benar-benar lebih dari siap untuk memulai rutinitas pelatihan yang serius. Jadi ketika Anda membawanya pulang, perintah kepatuhan dasar, pelatihan buang air / kotoran, pelatihan kandang, pelatihan gigitan, dan pelatihan tali harus diterapkan.

Olahragakan Husky Anda secukupnya

Husky adalah ras anjing dengan energi super tinggi yang perlu diolahragakan dengan benar agar berperilaku baik. Husky dapat berlari hingga 150 km per hari tanpa banyak kesulitan. Ini langsung memberi Anda pemahaman yang jelas tentang apa yang kami bicarakan ketika kami mengatakan “energi.”

Trah energi tinggi ini dapat menjadi frustrasi jika olahraga yang memadai tidak diberikan kepada mereka setiap hari. Frustrasi dapat menyebabkan perilaku destruktif dan agresif. Husky harus menerima sekitar dua jam latihan intens per hari untuk melepaskan energi mereka dan cukup terstimulasi.

Memberikan mainan interaktif dan pelatihan kepatuhan setiap hari untuk stimulasi mental juga merupakan praktik yang baik.

Mulailah sosialisasi sejak dini

Salah satu bagian yang sangat penting dari setiap perkembangan anak anjing adalah sosialisasi yang tepat sejak usia dini. Sosialisasi yang tepat memiliki dampak besar dalam mencegah perilaku agresif pada Husky Anda di kemudian hari.

Sosialisasi membantu anak anjing Anda belajar bahwa mereka harus bersikap ramah pada anjing lain dan orang-orang karena mereka bukanlah ancaman. Anjing yang disosialisasikan dengan baik akan lebih mudah bergaul dengan semua anjing dan orang lain di sepanjang hidup mereka.

Para ahli merekomendasikan sosialisasi paling baik diberikan sedini mungkin, antara usia 3 minggu adalah waktu yang baik untuk memulai. Sejak usia 16 minggu, anak anjing Anda dapat menikmati hal-hal seperti kelas bermain anak anjing dan taman anjing, sesuatu yang sangat direkomendasikan untuk menambah pengalaman sosial yang maksimal.

Terus-menerus bertemu dengan anak anjing, anjing, dan orang akan memperluas kemampuan Husky untuk berada di sekitar hewan dan manusia lain tanpa merasa takut pada mereka.

Apakah anak-anak aman di sekitar Husky?

Yang satu ini sangat debatable, dan tentu saja, adalah area di mana banyak kehati-hatian harus diterapkan.

Ada beberapa insiden di tahun 2019 di mana anjing Husky menyebabkan cedera pada anak-anak. Ini akan selalu menjadi topik yang sangat sensitif antara orang-orang yang membela anak itu dan yang membela Husky itu. Bentrokan pendapat ini akan berlangsung selamanya, tanpa ada kesimpulan.

Siberian Husky saat ini adalah jenis anjing paling populer ke-14 menurut AKC dan merupakan anjing keluarga yang diterima dengan baik. Husky dianggap sebagai jenis anjing cerdas yang ramah dan penyayang, yang pada umumnya tidak menimbulkan ancaman bagi anak-anak atau anak kecil.

Namun penting untuk mengklarifikasi bahwa karena ukurannya, keinginan Husky untuk bermain (ditambah energi tinggi mereka) mungkin terlalu besar untuk anak kecil dan bahaya jelas ada. Sengaja atau tidak, Husky Anda bisa dengan mudah bermain terlalu kasar dengan seorang anak kecil. Anda tidak boleh meninggalkan anjing dan anak kecil tanpa pengawasan.

Bisakah seekor Husky menyerang pemiliknya?

Pertanyaan lain yang sering diajukan dalam topik ini adalah apakah anjing Husky bisa menyerang dan melukai pemiliknya? Meskipun kemungkinan ini sangat kecil, kita tidak bisa mengatakan bahwa itu tidak mungkin.

Jika Husky dibesarkan dengan cinta, perhatian, dan dalam lingkungan yang tenang, maka tidak ada alasan bagi Husky untuk menyerang pemiliknya. Bahkan anjing yang dikenal sebagai anjing penjaga, seperti anjing German Shepherd, jarang sekali menyerang pemiliknya.

Jika ini benar-benar terjadi, berarti ada sesuatu yang sangat salah dalam cara anjing itu dibesarkan. Kemungkinan besar penyebabnya adalah pelatihan hukuman, hukuman yang berlebihan, atau perlakuan kejam (baik verbal atau fisik). Jika seekor anjing sangat takut pada pemiliknya, maka suatu hari dia bisa membentak dan mencoba menyerang mereka.

Kesimpulan

Maka kesimpulan yang adil adalah bahwa anjing apapun, bukan hanya Siberian Husky, bisa menjadi berbahaya dalam keadaan tertentu. Husky, secara umum, bukanlah ras yang agresif atau berbahaya secara alami. Dan dengan pelatihan dan perawatan yang tepat, mereka akan menjadi anjing yang ramah, penyayang, dan mudah bergaul tanpa masalah apa pun.

Namun penting untuk diingat bahwa ada pengecualian untuk setiap ras. Dan jika Husky karena alasan apa pun menjadi agresif, mereka memiliki ukuran dan kekuatan untuk menjadi ancaman berbahaya bagi siapa pun, anak-anak atau orang dewasa, jadi tetaplah waspada.

Apakah Anda ingin memelihara anjing Siberikan Husky? Jika ya, jangan ragu, Husky adalah ras anjing yang luar biasa. Hal terpenting yang harus dipastikan adalah memiliki waktu, komitmen, dan fokus untuk menunjang kebutuhan olahraga dan pelatihan mereka. Jika Anda melakukannya, maka tidak akan ada masalah.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Jika Anda memiliki beberapa saran atau tips, silakan beri komentar di bawah dan bantu banyak pemilik Husky lainnya yang membaca artikel ini setelah Anda!

Komentar Anda