Apakah Anjing Suka dengan Bayi? Apakah Bayi Aman Bersama Anjing?

Anjing sebenarnya toleran terhadap banyak hal, termasuk bayi. Tapi apakah anjing menyukai bayi? Seperti pemiliknya, anjing dapat menyukai atau bahkan menyayangi bayi, asalkan mereka memiliki sosialisasi dan batasan yang tepat.

Anjing merawat bayi baru lahir

Bayi dan anjing memiliki banyak kesamaan, termasuk keinginan untuk bermain dan menjalin ikatan. Jika anjing dan bayinya diawasi, dan segala sesuatunya tidak boleh lepas kendali (anjing bisa bermain kasar secara tak sengaja), anjing bisa menjadi pendamping yang sangat baik untuk bayi.

Membawa Bayi Pulang

Semua anjing dan bayi itu unik, begitu pula hubungan mereka. Tidak semua bayi akan senang berada di dekat anjing, begitu juga dengan anjing.

Ingat, bayi adalah makhluk yang berisik dan rewel yang dapat mengganggu seluruh rumah. Jika anjing Anda adalah “bayi” Anda sebelumnya, dia mungkin mengalami perasaan sedih atau cemburu pada fokus baru Anda pada bayi.

Anjing Anda mungkin juga merasa bayi itu mengesalkannya karena menghadirkan suasana, suara, dan bau baru. Rutinitasnya kemungkinan juga akan berubah, dan anjing Anda mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri.

Jika Anda atau pasangan Anda sedang hamil, luangkan waktu untuk mengajari anjing Anda batasan dan permainan yang sesuai terlebih dahulu. Ajari anjing Anda keterampilan kepatuhan dasar dan biasakan dengan beberapa suasana, pemandangan, bau, dan suara baru, seperti mainan bayi di lantai, suara keras mainan bayi, dan bau lotion bayi.

Bayi baru mungkin akan sedikit mengubah rutinitas Anda. Jika Anda memiliki rutinitas dengan anjing Anda, seperti memberi makan pada waktu yang sama setiap hari, cobalah untuk mengubahnya dan memberi makan anjing Anda pada waktu yang berbeda.

Misalnya, jika Anda biasanya memberi makan pada jam 6 pagi, maka cobalah memberi mereka makan pada jam 5:30 suatu hari, lalu jam 7 pagi, lalu jam 6:45 pagi, dan seterusnya, jadi anjing Anda tidak akan terpaku pada waktu makan yang tepat itu.

Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan untuk menyewa pengasuh hewan peliharaan atau jasa dog walker untuk membantu Anda selama beberapa minggu pertama. Bayi Anda akan membutuhkan banyak waktu dan perhatian dan memiliki seorang pembantu dapat memastikan kebutuhan anjing Anda terpenuhi.

Manfaat Anjing untuk Bayi

Anjing dan bayi

Anjing dan bayi menyukai perhatian, dan mereka bisa sangat cocok satu sama lain. Salah satu manfaat terbesar anjing untuk bayi adalah anjing membuat bayi bahagia. Berinteraksi dengan anjing telah terbukti meningkatkan dopamin dan serotonin, yang berkorelasi dengan emosi positif.

Ada juga manfaat kesehatan untuk tumbuh bersama anjing. Bayi yang hidup di rumah yang memiliki anjing akan terpapar bulu anjing dan telah terbukti mengembangkan sistem kekebalan yang lebih tangguh.

Tentu saja, penting untuk mengajari anjing Anda berperilaku baik di sekitar bayi. Anjing pada dasarnya memahami bahwa bayi rentan dan tidak berbahaya, sama seperti anak anjing, tetapi mereka mungkin memerlukan pelatihan. Anjing bisa menjadi kasar secara tidak sengaja dan bahkan mungkin menjadi protektif terhadap bayi, dan ini adalah perilaku yang harus diperbaiki.

Apa pun yang terjadi, jangan pernah meninggalkan anjing dan bayi Anda sendirian. Bahkan dengan pelatihan terbaik dan kepribadian yang paling santai sekalipun, kecelakaan bisa saja terjadi, dan pertemuan antara anjing Anda dan bayi Anda harus selalu diawasi.

Anjing secara alami akan melindungi kawanannya, dan itu termasuk bayi Anda yang baru lahir. Anjing umumnya menyukai bayi dan dapat mengembangkan ikatan yang kuat dengan mereka selama anjing itu sendiri masih menerima banyak cinta dan perhatian.

Komentar Anda