Mengapa Ayam Suka Mandi Debu / Berguling-guling di Tanah?

Berbaring dan berguling-guling di tanah. Kelihatannya aneh, tetapi ayam dikenal suka melakukan ini. Dan mereka melakukannya secara teratur. Tetapi mengapa mereka merasa perlu melakukannya, dan apakah ada manfaat dari perilaku dan aktivitas ini? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Ayam mandi debu

Mengapa ayam mandi di tanah? Ayam mandi di tanah untuk membersihkan bulunya, menghilangkan minyak berlebih, mencegah atau meminimalisir akumulasi parasit, dan sebagai sarana relaksasi. Proses ini dikenal sebagai mandi debu, dan setiap ayam biasanya akan melakukannya setiap 1-2 hari sekali.

Oleh karena itu, mandi debu sangat strategis. Mandi debu bukan sesuatu yang dilakukan ayam secara acak. Dan ini adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan juga. Dengan berbagai manfaatnya, mandi debu adalah sesuatu yang harus didorong oleh setiap pemelihara ayam. Setidaknya berikan beberapa kesempatan bagi kawanan ayam Anda untuk melakukannya.

Sekarang mari kita pelajari lebih dekat segala sesuatu tentang perilaku mandi debu pada ayam. Di akhir, Anda akan tahu persis bagaimana mempersiapkan, menanggapi, dan memahami prosesnya – jadi teruslah membaca artikel ini.

Apa Itu Mandi Debu pada Ayam?

Ayam akan mencari tanah yang kering, aman, dan luas untuk berguling-guling. Mereka akan mengibas-ngibaskan debu ke seluruh bulu dan tubuh mereka. Ayam secara aktif mencari tempat-tempat ini dan akan sering kembali ke tempat yang sama ketika mereka merasa perlu.

Dan mereka bahkan diketahui suka melakukan ini bersama-sama dalam kelompok. Ini adalah kegiatan sosial dengan tiga manfaat utama:

  • Menyebarkan minyak di bulu mereka untuk pengkondisian.
  • Meminimalisir atau bahkan menyingkirkan parasit eksternal, yang dapat berkisar dari kutu, caplak, hingga tungau. Debu benar-benar dapat membunuh dan menghilangkan makhluk-makhluk ini.
  • Untuk bersantai, terutama dalam suhu yang panas dan lembap. Aktivitas itu tampaknya terasa nyaman di bulu mereka.

Pada Umur Berapa Ayam Mulai Mandi Debu?

Ayam biasanya akan mulai mandi debu segera setelah mereka secara fisik mampu melakukannya. Beberapa pemilik ayam mengatakan ayam mereka melakukan ini sejak usia satu minggu! Tentu saja, itu tergantung pada akses juga.

Anak ayam muda umumnya akan mulai mandi debu ketika ada kesempatan pertama, dan aman bagi mereka untuk melakukannya. Dan pada saat yang sama, jenis bahan di tempat mandi debu juga berpengaruh saat digunakan.

Misalnya, pasir adalah sesuatu yang sering diakses oleh bayi ayam, yang pertama dan dan paling utama, beberapa hari sebelum mengenal tanah, terutama jika Anda menggunakannya di lantai kandang anak ayam Anda. Jadi, Anda mungkin melihat anak ayam mandi debu lebih cepat dari seminggu jika mereka diberi kesempatan.

Apakah Ayam Anda Perlu Mandi Debu?

Tempat Mandi Ayam

Ayam harus mandi debu dan dapat melakukannya sesering mungkin sepanjang tahun. Mandi debu tidak hanya memiliki manfaat fisik dan berfungsi sebagai pengobatan parasit alami, tetapi juga memiliki manfaat mental dan emosional bagi kawanan ayam. Bagaimanapun, itu adalah perilaku naluriah, alami.

Selain itu, percaya atau tidak, mandi debu sebenarnya membantu ayam untuk berbau lebih baik. Ini mungkin terdengar kontra-intuitif. Siapa yang percaya bahwa berguling-guling di tanah bisa membantu Anda tetap bersih dan segar?! Tapi faktanya, ayam akan tidak berbau dengan mandi debu secara teratur.

Dan untungnya, tempat mandi debu dapat dibuat dari berbagai bahan yang berbeda. Ada orang yang menggunakan bedengan tanaman, kolam anak-anak, dan bahkan ban bekas berisi pasir. Tanah kering, pasir, tanah diatom, dan bahkan abu api biasanya ditambahkan untuk ayam berguling-guling. Semua bisa dinikmati, dan semuanya sangat berguna untuk mandi.

Dan tanaman herba kering, terutama seperti rosemary, dapat meningkatkan manfaat dan menjaga agar kawanan ayam Anda tetap berbau segar. Namun ada satu peringatan untuk semua ini. Mandi debu harus kering! Jadi, kapan saja ketika cuaca berubah mendung, hujan turun, atau suhu mulai turun, Anda harus memasukkan ayam-ayam ke kandang.

Seberapa Sering Ayam Perlu Mandi Debu?

Ayam biasanya sering mandi debu; setiap 1-2 hari biasanya diamati oleh pemeliharanya. Pada kenyataannya, Anda sebagai pemelihara ayam harus membiarkan kawanan ayam Anda mandi debu saat mereka merasa perlu. Tempat mandi debu favorit mereka harus terbuka untuk mereka setiap saat.

Untuk ayam yang biasa diumbar, Anda akan melihat bahwa mereka akan mencari area sendiri untuk mandi debu. Ini biasanya berada di daerah yang cerah dan aman dari angin. Jika tidak ada tanah atau debu yang cocok, mereka pasti akan mematuk, menceker, dan membuat area ini sendiri. Dan mereka kemudian akan kembali ketika mereka perlu, biasanya setiap 1-2 hari sekali.

Tentu saja, ayam yang dikurung adalah masalah lain. Dalam hal ini, Anda harus lebih telaten. Jadi, jika kawanan ayam Anda dibatasi di kandang umbaran, maka disarankan untuk menyediakan tempat mandi debu buatan Anda sendiri yang dapat diakses ayam secara rutin.

Ini adalah cara yang baik untuk melakukan ini. Kandang umbaran dengan peneduh cocok untuk menghadapi cuaca buruk dan basah. Faktanya, tempat mandi debu di dalam ruangan seringkali menjadi area yang sangat dicari oleh ayam di hari hujan. Ini juga mencegah kebosanan!

Penutup

Mandi debu mungkin tampak aneh, tetapi pada kenyataannya, ini adalah perilaku yang sepenuhnya diperhitungkan. Dan ayam tahu secara naluriah itu baik untuk mereka. Kita sudah mempelajari berbagai manfaatnya di atas.

Anda harus mengizinkan ayam untuk melakukannya dan secara aktif mempromosikan kegiatan ini. Dan jangan khawatir tentang penipisan tanah di halaman Anda. Ayam akan mencari tempat favorit mereka sendiri dan terus kembali ke sana untuk mandi debu.

Jika tidak, Anda dapat membangun area mandi debu sendiri yang dibuat khusus untuk ayam-ayam Anda. Ayam-ayam Anda mungkin akan suka (atau Anda yang harus membiasakan mereka).

Komentar Anda