Apakah Filter Akuarium Perlu Dimatikan di Malam Hari?

Sistem filtrasi adalah komponen penting dari setiap pengaturan akuatik seperti akuarium dan kolam. Filter menjaga kualitas air dengan menghilangkan sisa-sisa makanan, kotoran, bahan organik, sampah, dan mengoksidasi air secara bersamaan. Idealnya, filter harus bekerja 24/7, tetapi kenyataannya ini tidak selalu demikian.

Filter ikan akuarium

Pemadaman listrik masih menjadi masalah di zaman sekarang ini, di mana sistem filtrasi terpaksa mati sementara. Anda juga perlu membersihkan filter sesekali, biasanya setiap 6-8 minggu, tergantung pada ukuran akuarium, jumlah ikan yang Anda miliki, dan spesiesnya.

Beberapa ikan lebih berantakan daripada yang lain, misalnya ikan mas koki dan cichlid. Proses pembersihan memerlukan pelepasan filter, yang secara efektif menghentikan efek filtrasi. Jadi, jika ikan Anda dapat hidup tanpa filter selama 1 atau 2 jam, dapatkah mereka melakukannya lebih lama? Bisakah Anda mematikan filter akuarium dalam semalam?

Jawabannya adalah tidak, Anda tidak boleh melakukannya, dan kami akan membahas secara rinci mengapa demikian.

Mengapa Anda Tidak Boleh Mematikan Filter Akuarium?

Ada beberapa alasan menyeluruh mengapa mematikan sistem filtrasi adalah langkah yang buruk. Kita dapat memahami ini lebih baik dengan melihat apa yang dilakukan filter:

Filtrasi Mekanis

Secara sederhana, filter akan menghilangkan semua partikel melayang yang biasanya terdiri atas kotoran, pasir dari substrat, bahan organik mati, sisa tanaman, sisa makanan, dan lainnya. Semua partikel ini akan memperkeruh air, mempengaruhi estetika akuarium, dan menyebabkan ketidaknyamanan pada ikan Anda.

Mematikan filtrasi mekanis untuk satu malam tidak akan menyebabkan bencana, tetapi beberapa poin berikut akan menyebabkannya.

Filtrasi Biologis

Setiap filter akan menampung koloni bakteri menguntungkan yang tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan gelap. Mikroorganisme ini mengonsumsi amonia dan mengubahnya menjadi nitrit dan kemudian nitrat. Yang terakhir tidak berbahaya untuk ikan Anda, tetapi amonia berbahaya.

Menghentikan filtrasi biologis dapat menyebabkan ikan Anda mengalami stres amonia dan keracunan dalam beberapa jam. Mereka semua mungkin sudah mati pada pagi hari. Untuk ikan yang berantakan, resikonya lebih besar lagi karena kotoran mereka dapat meningkatkan kadar amonia dengan cepat.

Filtrasi Kimiawi

Bakteri nitrifikasi akan mengkonsumsi amonia dan nitrit, tetapi bukan hanya itu. Anda memerlukan penyaringan kimiawi untuk membersihkan air akuarium dari logam berat atau bahan kimia lain yang lebih berbahaya seperti klorin atau kloramin. Filter berbasis karbon aktif dapat melakukannya.

Jelas merupakan hal yang buruk untuk mematikan filtrasi kimiawi dari filter Anda setiap malam karena ini akan mengganggu keseimbangan kimiawi akuarium.

Oksigenasi Air

Sistem filtrasi akan meningkatkan oksigenasi air, yang sangat penting bagi banyak spesies ikan. Anda akan kagum dengan betapa cepatnya kadar oksigen air bisa turun selama jeda 7-8 jam. Ikan Anda mungkin akan mulai lemas dan bahkan mati sebagai akibatnya.

Masalahnya adalah, bahkan jika itu tidak terjadi, mematikan filter secara teratur akan membuat ikan Anda stres karena kesulitan bernapas yang berulang. Dan stres ikan adalah pembunuh diam-diam yang ditakuti semua aquarist.

Mematikan Aliran Air

Tidak semua ikan membutuhkan aliran air yang konsisten, tetapi ikan yang butuh akan sulit bertahan hidup tanpanya. Arus air yang diciptakan oleh sistem filtrasi membuat beberapa ikan lebih aktif dan memberi mereka lingkungan yang terasa alami. Ini juga membantu ikan bernapas lebih baik karena arus air akan mendorong oksigen masuk melalui insang ikan.

Mematikan aliran air tidak serta merta membunuh ikan Anda, tetapi itu akan membuat mereka stres. Stres yang berulang pada akhirnya akan menyerang ikan Anda, memengaruhi sistem kekebalannya, dan membuatnya rentan terhadap banyak gangguan ikan.

Pengaturan Suhu

Hanya sedikit orang yang menyadari hal ini, tetapi sistem filtrasi akuarium meningkatkan efektivitas heater. Mematikan filter akan menciptakan ketidakseimbangan suhu dan fluktuasi yang akan merugikan ikan Anda dari waktu ke waktu. Dalam beberapa kasus, ini bahkan dapat membuat ikan mengalami syok termal, yang umumnya mematikan.

Berdasarkan aspek-aspek ini, mematikan sistem filtrasi di malam hari adalah hal yang sangat tidak disarankan. Tentu, ikan akan bereaksi berbeda tergantung pada spesiesnya, tetapi mereka tidak akan senang dengannya. Dan pada akhirnya, mereka semua akan merasakan efek buruknya.

Berapa Lama Filter Dapat Dimatikan?

Manfaat Filter

Telah diamati bahwa biofilm filter akan mulai mati dalam 1 hingga 2 jam setelah filter dihentikan. Ini bisa memiliki konsekuensi yang berpotensi fatal bagi kehidupan akuatik Anda. Jika filter tetap mati untuk waktu yang cukup lama, biofilm filter akan benar-benar hilang.

Tentu akuarium juga mengandung biofilm sendiri karena bakteri menguntungkan akan menyebar ke seluruh lingkungan. Mereka kebanyakan akan membentuk koloni di tempat-tempat teduh seperti di dalam substrat atau di berbagai dekorasi seperti gua, celah, kayu, dan lainnya.

Tetapi filter akan mengandung sebagian besar koloni ini, terutama karena mereka aman di sana dan tidak bersentuhan dengan ikan atau makhluk air lainnya. Di filter tidak ada yang mengganggu mereka, memungkinkan mereka untuk berkembang.

Membiarkan mikroorganisme ini mati akan segera memengaruhi filtrasi biologis akuarium Anda. Tingkat amonia akan naik secara dramatis dan cepat, meracuni ikan Anda dan membunuh kehidupan di dalam air. Jadi, filter Anda tidak boleh berhenti berfungsi selama lebih dari satu jam.

Jika terjadi pemadaman listrik tak terduga yang akan berlangsung lebih lama dari beberapa jam, Anda harus:

  • Membersihkan filter untuk menghilangkan semua sampah dan kotoran yang terperangkap yang akan mengendap dan terurai, yang memengaruhi biofilm yang bermanfaat.
  • Membiarkan filter terendam dalam air akuarium karena bakteri menguntungkan tidak dapat bertahan hidup tanpa kelembaban.
  • Melakukan setidaknya satu kali penggantian air yang lebih besar untuk mengencerkan racun yang mungkin mengendap selama pemadaman listrik.

Jika Anda berada di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik, kami sarankan untuk membeli generator atau jangan memelihara ikan akuarium sama sekali.

Pemadaman listrik yang sering pada akhirnya akan membuat kemampuan Anda mengelola situasi secara efektif menjadi sia-sia. Anda akan segera kehilangan ikan; dalam hal ini, upaya Anda hampir tidak akan sepadan dengan hasilnya.

Mengapa Filter Akuarium Anda Bising?

Filter akuarium memang menghasilkan suara, tetapi seharusnya itu tidak terlalu mengganggu. Filter saat ini lebih canggih dan cenderung lebih senyap dari sebelumnya. Meskipun demikian, filter mungkin masih menghasilkan kebisingan yang berlebihan dalam beberapa kasus, sebagian besar karena:

Jenis Filter

Beberapa filter lebih berisik daripada yang lain. Anda harus mempertimbangkan hal ini sebelum membeli filter pilihan Anda.

Percikan Air

Efek ini berkaitan erat dengan kekuatan dan penempatan filter. Terkadang, arus air permukaan cukup berisik sehingga mengganggu beberapa orang. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk menurunkan output daya filter, terutama jika ikan Anda tidak membutuhkan arus air seperti itu.

Masalah Penyumbatan

Kebisingan tambahan mungkin juga disebabkan oleh filter yang tidak bersih yang memerlukan perawatan segera. Sistem akan mulai macet, menyebabkan lebih banyak kebisingan dan menjadi kurang produktif saat tersumbat oleh kotoran.

Masalah yang sama terjadi jika filter menyedot batu atau bahan keras lainnya yang dapat merusak sistem. Dan bahkan meski itu jika tidak terjadi, kebisingan yang dihasilkan mungkin cukup menjadi masalah.

Semua masalah ini memiliki solusi sederhana. Pilih filter Anda dengan hati-hati dan pertahankan sistem secara memadai dalam jangka panjang. Filter Anda memerlukan pembersihan yang lebih ekstensif setiap 4-8 minggu sekali, tergantung pada jenis filter, ukuran, spesies ikan, dan seberapa kotor airnya.

Bagaimana Cara Membuat Filter Akuarium Lebih Tenang?

Ketika berhadapan dengan filter yang bising, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan penyebabnya. Berdasarkan apa yang Anda temukan, solusi yang tersedia meliputi:

Membersihkan filter

Ini adalah metode yang harus dilakukan karena akumulasi sampah atau kotoran adalah penyebab paling umum dari filter yang bising. Bersihkan filter secara menyeluruh, pasang kembali, dan dengarkan. Jika kebisingan hilang atau berkurang secara drastis, Anda beruntung. Jika tidak, ada beberapa cara lain yang harus dicoba.

Menyesuaikan Pompa

Jika sumber kebisingan adalah percikan air, pertimbangkan untuk menurunkan laju aliran air atau memasang selang lebih rendah ke dalam air. Ini akan mengurangi arus yang mengenai permukaan air dan menyebabkan efek arus air yang berlebihan.

Memeriksa dan Memperbaiki Filter atau Pompa

Dalam beberapa kasus, filter mungkin memiliki bagian yang rusak atau terlepas yang bergerak di sekitar wadah filter. Jika masalah ini bisa diperbaiki dengan mudah, lakukan saja. Jika tidak, Anda mungkin perlu memperbaikinya ke tukang servis atau cukup mengganti seluruh bagiannya.

Semua tips ini hanya berguna jika filter Anda awalnya senyap, tetapi menjadi semakin keras seiring waktu. Itu pertanda bahwa ada sesuatu yang berubah dengan sistem yang perlu ditangani.

Tetapi jika filter Anda keras suaranya, Anda mungkin perlu mengupgradenya ke versi yang lebih tenang. Ada beberapa rekomendasi dan tips DIY yang dapat Anda coba untuk menurunkan desibel filter Anda, tapi sebaiknya jangan mencobanya. Anda bisa secara tak sengaja mengacaukan seluruh sistem akuarium dan menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam prosesnya.

Bisakah Ikan Bertahan Semalam Tanpa Filter?

Ya, kebanyakan ikan dapat bertahan dalam semalam tanpa filter. Beberapa spesies ikan bahkan bisa bertahan hidup tanpa filter sama sekali, seperti ikan guppy, zebra, cupang, ember tetra, dan lain-lain.

Masalahnya adalah Anda harus bekerja ekstra keras untuk menebus ketiadaan filter. Karena tidak ada filtrasi yang tersedia, sistem Anda hanya akan mengandalkan biofilmnya untuk melawan amonia dan nitrit. Ini kurang baik karena akuarium adalah sistem tertutup yang berfungsi sangat berbeda dengan sistem terbuka dan mengalir seperti sungai. Akumulasi amonia tidak memiliki tempat untuk pergi dan akan segera membanjiri biofilm alami akuarium.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian air lebih sering serta membuang cukup banyak kotoran ikan dan sisa makanan setiap hari. Ini baik-baik saja asalkan Anda memiliki banyak waktu dan tenaga, tetapi hanya sedikit orang yang bersemangat melakukannya.

Belum lagi, Anda tidak akan dapat melakukan filtrasi mekanis atau kimia. Ini berarti air akan menjadi lebih kotor, dan ikan Anda akan mengalami penurunan umur dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Bolehkah Pompa Udara Dimatikan di Malam Hari?

Ya, Anda dapat mematikan pompa udara (air pump) di malam hari, tetapi ini tidak bisa langsung dilakukan. Jika pompa udara Anda adalah bagian dari sistem filtrasi, maka mematikannya berarti mematikan seluruh sistem. Dan ini adalah larangan besar berdasarkan semua alasan yang telah kita bahas. Jika pompa udara Anda terpisah, biasanya tidak masalah mematikannya selama beberapa jam pada malam hari.

Namun ini tidak selalu demikian. Jika akuarium Anda agak penuh penghuni dan Anda memiliki banyak ikan dan tanaman yang berbagi ruang hidup bersama, Anda mungkin perlu menjaga pompa udara tetap menyala. Tanaman akan menghasilkan oksigen pada siang hari, tetapi mereka akan mengonsumsinya pada malam hari dan menghasilkan karbon dioksida sebagai gantinya.

Memiliki banyak ikan dan tumbuhan akan menguras oksigen air dengan lebih cepat. Hal ini dapat menyebabkan ikan Anda mengalami tingkat oksigen yang lebih rendah dan menjadi stres atau bahkan lemas sebagai akibatnya. Jadi, selalu perhatikan pengaturan akuarium Anda sebelum memutuskan apakah sebaiknya mematikan pompa udara atau tidak.

–oOo–

Sistem filtrasi adalah komponen penting dari setiap pengaturan perairan tertutup seperti akuarium. Filter harus dinyalakan 24/7 untuk menjaga sistem akuarium tetap stabil serta memastikan filtrasi tetap optimal dan air menjadi lebih bersih dengan lebih banyak oksigen.

Secara teoritis Anda masih mungkin memelihara ikan tanpa filter sama sekali, tetapi kami samasekali tidak merekomendasikannya. Seperti yang Anda lihat, filter hadir dengan berbagai manfaat yang tidak dapat Anda abaikan begitu saja. Jadi, sebaiknya selalu nyalakan filter untuk akuarium ikan hias Anda.

Komentar Anda