18 Fakta Menakjubkan Tentang Burung Cenderawasih Kaisar

Burung cenderawasih kaisar (Paradisaea guilielmi) terkadang juga disebut burung cenderawasih kaisar Jerman. Burung ini merupakan salah satu dari sekian banyak spesies dari famili Paradisaeidae. Mereka adalah burung monotipe dan poligami, dan pejantan terlihat sangat agung karena penampilannya yang indah penuh warna.

Gambar burung cenderawasih kaisar

Burung-burung ini endemik di Papua Nugini dan mereka diburu oleh banyak orang di sini, yang merupakan salah satu alasan penurunan jumlah populasi mereka. Meskipun mereka tidak terancam secara global, hilangnya habitat dan perburuan berlebihan adalah beberapa alasan mengapa cenderawasih (bird-of-paradise) ditandai sebagai Hampir Terancam dalam Daftar Merah IUCN.

Teruslah membaca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak fakta menarik tentang spesies burung cantik ini.

Fakta Burung Cenderawasih Kaisar

1. Berapa banyak burung cenderawasih kaisar di dunia?

Meskipun ada lebih dari 45 spesies cenderawasih, Paradisaea guilielmi alias cenderawasih kaisar dianggap sebagai spesies yang Hampir Terancam Punah. Jumlah pasti populasi mereka dalam wilayah persebarannya tidak diketahui.

2. Di mana burung cenderawasih kaisar tinggal?

Jenis cendrawasih ini memiliki catatan penyebaran yang langka karena merupakan endemik Papua Nugini. Spesies ini dapat ditemukan di kawasan hutan terpencil di Semenanjung Huon, pegunungan Saruwaged, dan pegunungan Rawlinson.

3. Di mana habitat burung cenderawasih kaisar?

Peta jangkauan cenderawasih kaisar difokuskan terutama di sekitar kawasan hutan Papua Nugini. Rentang persebaran mereka juga dapat membentang ke beberapa kebun terpencil dan kawasan hutan berbukit.

Seperti spesies dan subspesies lain dari famili Paradisaeidae, cenderawasih kaisar tergolong soliter di alam dan jarang hidup bersama burung lain.

4. Berapa lama burung cenderawasih kaisar hidup?

Spesies burung cenderawasih ini hidup antara lima sampai delapan tahun di alam liar.

5. Bagaimana burung cenderawasih kaisar bereproduksi?

Musim kawin spesies cenderawasih ini dimulai pada bulan September dan berlangsung hingga bulan Desember atau Januari, berdasarkan kebiasaan kawin dan jangkauan habitatnya. Burung cendrawasih kaisar jantan dewasa diketahui berkumpul dengan sekelompok enam individu lainnya dan melakukan ritual kawin (lekking).

Jantan dewasa menunjukkan gonad yang membesar dan mereka melakukan panggilan keras sebagai bagian dari tampilan musim kawin, di mana mereka menarik betina untuk kawin.

Setelah kawin, setiap pasangan dewasa membangun sarang di atas daun yang kokoh atau fondasi tanaman merambat. Meskipun diketahui bahwa betina bertelur sekitar satu hingga dua butir telur, tidak banyak informasi yang tersedia tentang kegiatan bersarang dan perawatan anak mereka.

6. Apa status konservasi burung cenderawasih kaisar?

Cenderawasih kaisar berstatus Hampir Terancam dalam Daftar Merah IUCN. Tren populasi mereka menunjukkan penurunan karena perburuan dan aktivitas manusia lainnya.

7. Seperti apa penampilan burung cenderawasih kaisar?

Burung cenderawasih kaisar jantan dewasa memiliki wajah dan leher bagian bawah hijau botol. Leher belakang di bawah mahkota mereka berwarna kuning pucat dan menyatu dengan bulu coklat di seluruh tubuh mereka. Jantan juga memiliki ekor kabel panjang yang merupakan ciri khasnya.

Di sisi lain, burung cenderawasih kaisar betina memiliki bulu coklat keseluruhan dengan sepetak warna kuning di bagian punggung dan mahkota hijau tua. Betina tidak memiliki ekor kabel ekstra panjang dan biasanya berukuran lebih kecil daripada jantan. Baik jantan maupun betina memiliki paruh biru-abu-abu dan kaki ungu keabu-abuan.

8. Bagaimana cara burung cenderawasih kaisar berkomunikasi?

Foto cenderawasih kaisar

Jenis burung ini menggunakan vokal dan gerak tubuh untuk berkomunikasi satu sama lain. Jantan memperbesar gonad mereka dan melakukan panggilan keras untuk menarik betina dan memperingatkan mereka tentang ancaman terdekat selama masa inkubasi.

9. Seberapa besar burung cenderawasih kaisar?

Cenderawasih kaisar dua kali lebih besar dari cenderawasih raja dengan kisaran ukuran 31-32 cm.

10. Seberapa cepat burung cenderawasih kaisar bisa bergerak?

Meskipun deskripsi fisik mereka menunjukkan lebar sayap yang baik, kecepatan gerakan mereka yang tepat tidak diketahui. Meski begitu, bisa dikatakan burung cokelat ini dikenal lincah bergerak.

11. Berapa berat burung cenderawasih kaisar?

Jenis burung ini biasanya memiliki berat berkisar antara 226-272 gram.

12. Apa makanan burung cenderawasih kaisar?

Spesies cenderawasih kaisar adalah omnivora. Makanan mereka mencakup berbagai serangga kecil, antropoda, beri, dan biji-bijian.

13. Apakah burung cenderawasih kaisar berbahaya?

Tidak, tidak ada catatan bahwa cenderawasih berbahaya, termasuk cenderawasih merah.

14. Apakah mereka bisa menjadi hewan peliharaan yang baik?

Meskipun burung ini memiliki tampilan yang sangat menawan, mereka adalah hewan liar dan dilindungi undang-undang, sehingga menangkapnya untuk dijadikan hewan peliharaan dilarang.

15. Ada berapa spesies burung cenderawasih?

Meskipun ada sekitar 45 spesies cenderawasih yang berbeda, spesies cenderawasih kaisar bersifat monotipe dan tidak memiliki subspesies. Mereka semua poligami di alam dan memiliki pasangan yang berbeda setiap musim kawin.

16. Apa predator burung cenderawasih kaisar?

Burung seperti elang-alap dan burung hantu sering memakan burung cenderawasih dari spesies ini. Predator lainnya adalah ular.

17. Mengapa burung cenderawasih disebut bird-of-paradise?

Spesies ini disebut bird-of-paradise terutama karena penampilannya yang megah. Burung dari genus ini memiliki ciri seperti raja dengan bulu berwarna-warni, ekor panjang, dengan ciri khas pada tubuhnya seperti bulu mahkota atau sejenisnya. Mereka memiliki nama yang sama dengan sekelompok bunga yang juga dikenal karena warnanya yang cerah dan megah, bunga bird-of-paradise (Strelitzia reginae).

18. Apa burung cenderawasih terbesar?

Cenderawasih terbesar adalah cenderawasih kuning-besar dari genus Paradisaea, dengan kisaran ukuran sekitar 43-48 cm. Spesies cenderawasih yang lebih besar ini memiliki deskripsi fisik yang mirip dengan spesies kaisar, namun mereka memiliki sebagian besar bulu berwarna coklat dengan leher bawah hijau tua dan mahkota kuning pucat.

Komentar Anda