Panduan Mengobati Busuk Sirip pada Ikan Guppy

Busuk sirip umum terjadi pada ikan di daerah tropis, kebanyakan ikan hias yang dipajang di akuarium air tawar. Jika ikan guppy Anda menderita busuk sirip, Anda perlu mengetahui cara mengobatinya.

Ikan guppy yang menderita busuk sirip akan menunjukkan sirip tajam bergerigi dan menipis. Hampir semua bagian tubuh mereka terkena, meskipun biasanya ini terjadi pada ekor dan menyebar melalui sirip punggung, dada, dubur, kepala, dan perut. Untungnya, kondisi buruk ini mudah ditemukan karena tidak bersembunyi di tubuh ikan. Sirip guppy umumnya halus dengan tepi yang tersusun rapi.

Guppy Busuk Sirip

Jika busuk sirip ini tidak segera diobati atau ditemukan, maka ini dapat mengakibatkan gejala yang disebut dropsy, yaitu pembengkakan di perut ikan guppy karena akumulasi cairan berlebih dari akuarium atau busuk sirip yang tidak diobati.

Apa Itu Busuk Sirip pada Ikan Guppy?

Busuk sirip pada ikan guppy adalah penyakit bakteri yang tersebar luas yang mempengaruhi sebagian besar guppy yang dipelihara di akuarium. Penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh akuarium yang kotor.

Penyebab lain adalah perawatan yang buruk atau memelihara guppy di akuarium yang sama dengan ikan lain yang terinfeksi. Busuk sirip yang parah akan menyebabkan sirip yang terlihat robek seolah-olah membusuk. Kita tahu ikan guppy berwarna-warni, tetapi busuk sirip akan menghitamkan penampilan cantik mereka, dan mereka mulai menjadi lamban di akuarium seiring berjalannya waktu.

Selain itu, kerusakan sirip yang terus-menerus akan terjadi jika busuk sirip tidak ditangani dengan segera. Penyakit ini menular, itulah salah satu alasan mengapa perawatan ikan guppy harus dilakukan dengan serius agar sirip mereka tidak hilang.

Apakah Busuk Sirip Menular ke Ikan Lain?

Seperti yang kami isyaratkan di paragraf terakhir di atas: busuk sirip menular. Ikan guppy yang sehat memang luar biasa untuk dilihat, tetapi mereka akan berbau busuk setiap kali terinfeksi vibrio.

Vibrio adalah bakteri gram negatif; contoh lainnya adalah Aeromonas dan pseudomonas. Ikan terinfeksi bakteri ini setiap kali mereka bersentuhan dengan ikan yang terinfeksi atau air akuarium yang tercemar.

Ikan guppy suka mematuk ekor ikan lain; mereka dapat terkena busuk sirip melalui perilaku ini.

Beberapa Alasan Sirip Ikan Guppy Membusuk

Ikan guppy busuk sirip

  • Kepadatan. Akuarium dengan ikan yang terlalu padat rentan terhadap pembusukan sirip.
  • Kualitas air yang buruk.
  • Fluktuasi pH dan air akuarium yang dingin adalah salah satu penyebab busuk sirip ikan guppy.
  • Peningkatan nitrit dan amonia. Kotoran ikan guppy mengandung amonia dan nitrit jika airnya tidak diganti tepat waktu, maka akumulasi kotoran dapat menyebabkan pembusukan sirip.
  • Membiarkan sisa-sisa makanan mengambang selama berhari-hari dapat merusak sirip ikan guppy. Bakteri akan bekerja pada sisa-sisa makanan saat akuarium tidak dibersihkan.
  • Stres yang terus-menerus pada ikan dapat menyebabkan busuk sirip.

Bisakah Busuk Sirip Sembuh dengan Sendirinya?

Pertanyaan ini tidak bisa dijawab dengan langsung ya atau tidak. Bakteri penyebab busuk sirip perlu dihilangkan dengan mengolah air dan menjaga parameter air dari waktu ke waktu.

Busuk sirip bisa disembuhkan secara alami pada ikan guppy dengan cara ini, asalkan kondisinya tidak parah. Penggunaan antibiotik perlu untuk menyembuhkan luka jika penyembuhan alami tidak terjadi.

Bagaimana Menghindari Busuk Sirip Terjadi Lagi?

Menghindari busuk sirip dimulai dari titik pembelian ikan. Pastikan Anda mengamati sirip dan ekor ikan dengan perhatian penuh. Pelajari bagaimana ekor dan sirip ikan guppy yang sehat terlihat sehingga Anda dapat membedakannya dari yang tidak sehat saat Anda ingin membeli.

Jika Anda sudah memiliki beberapa guppy di akuarium Anda, Anda harus lebih memperhatikan ikan-ikan yang baru Anda beli karena jika mereka sudah terkena penyakit bakteri, itu bisa menjadi bencana bagi guppy lainnya.

Segera setelah Anda melihat perubahan sirip pada beberapa ikan, segera isolasi mereka. Pengalaman menunjukkan bahwa lingkungan ikan adalah penyebab utama busuk sirip, jadi pastikan untuk melakukan penggantian air di akuarium Anda secara berkala. Berapa kali Anda mengganti air tergantung pada jumlah guppy dan ukuran akuarium.

Jika Anda memiliki kapasitas 5 liter air di akuarium Anda, Anda disarankan untuk mengganti air setiap tiga hari sekali. Sedangkan akuarium yang berisi 20 liter air harus diganti setiap tujuh hari sekali. Pelihara juga tanaman akuatik. Tingkat pH yang stabil sangat penting untuk ikan yang sehat. Kemudian belilah makanan ikan terapung yang bisa dihabiskan dalam waktu tujuh minggu, agar nutrisi dalam pakan tetap utuh.

Cara Mengobati Busuk Sirip pada Ikan Guppy

Observasi dan isolasi adalah langkah awal yang harus dilakukan. Berhati-hatilah jika Anda memelihara ikan guppy. Setiap kali Anda melihat sesuatu yang berhubungan dengan busuk sirip, segera isolasi ikan Anda agar tidak menyebar ke ikan lain.

Ikan harus dipelihara di air tawar yang tidak mengandung klorin. Jangan membuat kesalahan dengan berbagi alat yang sama seperti jaring ikan dengan ikan yang terinfeksi dan yang sehat.

Gunakan air matang untuk mendisinfeksi pasir dan semua dekorasi di akuarium Anda; disarankan untuk menggunakan screen filter agar sisa-sisa makanan dan limbah lainnya bisa dibersihkan secara menyeluruh dari layar akuarium.

Penambahan air bersih secara berkala masih merupakan salah satu perawatan terbaik dan tambahkan sedikit garam ikan. Tetapi jika guppy atau ikan akuarium Anda tidak bersisik, jangan gunakan garam ikan.

Pastikan Anda merendam peralatan akuarium dalam air panas selama sepuluh menit sambil mencuci celah-celah akuarium setelah Anda menguras air. Lalu masukkan ikan yang sehat ke dalam akuarium yang berbeda.

Ikan guppy yang mengalami busuk sirip dapat secara bertahap dikembalikan ke akuariumnya ketika tingkat pH antara 7-8, kemudian gunakan obat anti jamur dan antibiotik pada sirip yang membusuk. Setelah akuarium dan pengobatan yang bersih tercapai, busuk sirip akan mulai sembuh. Obat-obatan seperti kombinasi sejenis jungle eliminator dengan tetrasiklin bekerja dengan baik.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mencegah atau menyembuhkan penyakit busuk sirip pada ikan guppy Anda.

Komentar Anda