Bagaimana Burung Bisa Tidur Sambil Berdiri Tegak?

Apakah Anda sering tidur berguling-guling di malam hari? Apakah anjing atau kucing Anda berkedut saat bermimpi? Meskipun Anda mungkin merasa jenis perilaku ini aneh saat tidur, tapi kebiasaan ini tidak ada pada burung. Kebiasaan tidur burung telah membuat orang terpesona selama berabad-abad. Apakah mereka masih sadar saat tidur? Apakah semua burung tidur sambil berdiri?

Gambar burung tidur

Jika Anda penasaran dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini setelah melihat kebiasaan tidur burung peliharaan Anda atau burung liar yang mengunjungi sekitar rumah Anda, kami memiliki beberapa jawaban untuk Anda. Mari kita simak bersama.

Siklus Tidur Burung

Biasanya, manusia dan hewan lebih suka memasuki tidur nyenyak ketika mereka berbaring di malam hari. Burung tidak memiliki ‘kemewahan’ ini. Burung selalu waspada. Alih-alih tertidur lelap, mereka memasuki tidur gelombang lambat hemisfer yang unik. Ini membuat burung sadar akan potensi bahaya di sekitar mereka saat mereka beristirahat.

Mengetahui fakta bahwa burung tidak tidur nyenyak di malam hari, atau di siang hari untuk burung nokturnal, mungkin sedikit mengkhawatirkan Anda, tetapi ada alasan di baliknya. Beberapa hewan pemangsa yang bersembunyi di kegelapan akan senang menyantap burung. Dengan tetap waspada sebagian, burung dapat mendengar pendekatan hewan jenis ini dan memiliki kesempatan untuk melarikan diri ketika ada sesuatu yang tidak beres.

Apakah Burung Berdiri Saat Mereka Tidur?

Meskipun ada beberapa spesies burung yang tidur dengan cara yang berbeda, ya, kebanyakan burung tidur sambil berdiri tegak. Ini terutama berlaku untuk burung liar yang perlu tetap waspada terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka.

Ini bukan satu-satunya posisi tidur yang mereka gunakan. Beberapa spesies burung, seperti burung bayan (parrot), lebih suka tidur sambil berbaring. Bebek dan unggas air lainnya tidur sambil mengapung di perairan terbuka. Bagaimanapun Anda melihatnya, burung memiliki beberapa kebiasaan tidur yang aneh.

Ada sejumlah alasan mengapa burung lebih suka berdiri saat mereka tidur. Salah satu yang terpenting adalah kenyamanan. Meskipun mungkin tidak terlihat oleh Anda, kebanyakan burung lebih suka berdiri.

Bentuk kaki burung mempersulit, dan kemungkinan besar membuat tidak nyaman, seekor burung untuk masuk ke posisi bersarang saat mereka beristirahat. Untuk menghindari ketidaknyamanan, mereka akan berdiri dan membiarkan kaki mereka terentang.

Alasan lain mengapa burung tidur sambil berdiri adalah waktu reaksi. Hewan apa pun lebih rentan saat mereka tidur. Jadi burung menghindari tidur nyenyak, tetapi itu tidak berarti setiap pemangsa potensial mengetahui hal itu. Dengan berdiri saat tidur, burung dapat bergerak cepat jika mendengar bahaya mendekat. Dengan satu sentakan cepat, burung dapat mengudara setelah tertidur hanya beberapa detik sebelumnya.

Bagaimana Burung Menghindari Jatuh Saat Tidur?

Burung sedang tidur

Kebanyakan burung memiliki keseimbangan yang bagus. Cara mereka terbang di udara dan menukik mangsa benar-benar sesuatu yang menarik untuk dilihat. Hal yang sama dapat dikatakan tentang cara mereka tidur.

Tahukah Anda beberapa burung berdiri dengan satu kaki saat mereka tidur? Flamingo paling terkenal untuk ini, tetapi spesies lain juga melakukannya. Meskipun tidak dapat dibuktikan, kebanyakan orang merasa ini bukan untuk membantu keseimbangan luar biasa mereka.

Sementara burung berdiri di atas kaki kurusnya yang berbentuk aneh, sedikit goyah dapat terjadi. Saat berdiri dengan satu kaki, tampaknya burung lebih mampu mengendalikan goyangan itu dan menghindari jatuh.

Bagaimana dengan Sarang Mereka?

Ya, burung memiliki sarang, tetapi mereka tidak tidur di sana. Sarang biasanya hanya digunakan untuk telur dan anakan. Saat induk burung perlu menjaga telur atau anaknya tetap aman, Anda mungkin bisa melihat mereka meringkuk di sarang.

Tidur di sarang tidak banyak berbeda. Burung-burung di sarang juga memasuki tidur gelombang lambat untuk menghindari pemangsa yang mungkin ingin menyerang sarang mereka dan membahayakan bayi mereka.

Bisakah Burung Tidur di Siang Hari?

Meski sebagian besar burung diurnal menghabiskan hari mereka bermigrasi atau berburu makanan, kadang-kadang mereka akan melakukan tidur siang yang nyenyak. Saat seekor burung tidur, Anda akan melihat mereka menyelipkan kepala di bawah sayapnya atau meletakkannya di bawah bulu punggungnya. Pada siang hari, ini membantu mereka menghindari masalah dengan matahari mengingat mereka tidak pernah tidur nyenyak.

Penting juga untuk diingat bahwa beberapa spesies burung aktif di malam hari. Ini berarti mereka tidur di siang hari dan berburu di malam hari. Burung hantu, misalnya, menyelinap untuk tidur saat matahari masih bersinar. Inilah sebabnya mengapa mereka dikenal sering berada di daerah gelap yang memungkinkan mereka menghindari sinar matahari yang tidak diinginkan ketika mereka mencoba untuk tidur.

–oOo–

Seperti yang Anda lihat, burung tidur dengan cara yang liar. Baik itu berdiri, melayang-layang, atau dengan satu kaki, mereka selalu waspada terhadap dunia di sekitar mereka. Lain kali ketika Anda melihat seekor burung dan bertanya-tanya apakah dia tidak nyaman atau dalam bahaya jatuh saat tertidur, jangan penasaran lagi. Dengan keseimbangan dan kelincahan yang luar biasa, teman berbulu kita ini akan merasa nyaman dan puas saat tidur sambil berdiri.

Komentar Anda