16 Bahan Makanan untuk Melembutkan Makanan Kering Anjing

Jika Anda memiliki anjing yang suka pilih-pilih makanan atau jika anjing Anda selalu kesulitan mengunyah makanannya, Anda mungkin perlu melunakkan kibble mereka. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan menambahkan bahan lain ke makanan anjing Anda, dan kami telah menyusun daftar pilihan terbaiknya di bawah ini.

Melembutkan makanan anjing

Berikut adalah berbagai bahan makanan yang bisa dipakai untuk melembutkan makanan kering anjing Anda.

Bahan untuk Melembutkan Kibble Anjing

1. Air

Cara paling sederhana untuk melembutkan makanan anjing adalah dengan menambahkan sedikit air ke dalamnya. Ini akan membuat kibble lebih mudah dikunyah dan juga membantu anjing Anda tetap terhidrasi. Jangan menambahkan terlalu banyak air atau makanannya akan kehilangan rasa dan nutrisinya. Usahakan menggunakan air hangat yang bersih.

2. Kaldu Ayam

Kaldu ayam adalah cara lain yang bagus untuk melunakkan makanan anjing. Kaldu ayam tidak hanya akan membuat kibble lebih mudah dikunyah, tetapi juga akan menambah rasa ekstra yang pasti akan disukai anjing Anda. Pastikan untuk menggunakan kaldu rendah sodium agar Anda tidak memberi anjing Anda terlalu banyak asupan garam.

3. Labu Kalengan

Labu kalengan adalah pilihan yang baik untuk menambahkan kelembapan dan nutrisi ke makanan anjing Anda. Ini juga merupakan sumber serat yang bagus, yang dapat membantu anjing yang mengalami masalah dengan buang kotoran. Gunakan labu murni dan bukan isian pai yang mengandung terlalu banyak gula untuk anjing.

4. Yogurt

Yogurt kaya akan protein dan kalsium dan ini akan menambahkan sedikit tekstur creamy pada makanan kering anjing. Pilih yogurt tawar yang tidak mengandung gula tambahan.

5. Keju Cottage

Keju cottage adalah sumber protein dan kalsium yang bagus. Ini juga sangat lembut, yang dapat membantu membuat kibble lebih mudah dikunyah. Usahakan memilih keju cottage rendah lemak untuk menjaga asupan kalori anjing Anda.

6. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk adalah cara cerdas untuk menambahkan isian dan kelembapan ke makanan anjing. Ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, menjadikannya pilihan tepat jika Anda ingin menambahkan beberapa nutrisi ekstra ke dalam makanan anjing Anda.

7. Telur

Telur adalah pilihan ideal untuk menambahkan protein dan nutrisi ke makanan anjing. Ini juga merupakan sumber lemak yang baik, yang dapat membantu membuat makanan lebih enak untuk pemilih makanan. Jangan lupa untuk memasak telur sebelum Anda menambahkannya ke makanan anjing karena telur mentah bisa berbahaya bagi mereka.

8. Selai Kacang

Selai kacang bisa menambahkan rasa dan lemak ekstra pada makanan anjing. Ini juga merupakan sumber protein yang baik, menjadikannya pilihan yang bagus jika Anda ingin menambahkan asupan nutrisi ke makanan anjing Anda. Selai kacang alami tanpa tambahan gula atau garam adalah pilihan terbaik.

9. Keju

Keju akan menambahkan rasa dan lemak pada makanan anjing. Ini juga merupakan sumber protein dan kalsium yang baik, menjadikannya pilihan yang cocok untuk anjing yang membutuhkan sedikit nutrisi tambahan dalam makanan mereka. Gunakan keju rendah lemak untuk menjaga asupan kalori anjing Anda.

10. Tuna atau Salmon

Tuna atau salmon akan memperkaya rasa dan menambah protein ekstra ke makanan anjing. Ikan-ikan ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi anjing. Tuna dan salmon juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, menjadikannya pilihan tepat untuk anjing yang membutuhkan sedikit nutrisi ekstra dalam makanan mereka. Pilih tuna atau salmon kalengan yang tidak mengandung garam atau minyak tambahan.

11. Wortel, Labu, Kacang Hijau, atau Brokoli

Wortel, labu, kacang hijau, dan brokoli adalah pilihan rendah kalori, menjadikannya sangat cocok untuk anjing yang mencoba menurunkan berat badan. Selalu pilih sayuran kalengan yang tidak memiliki tambahan garam atau gula.

12. Saus Apel

Saus apel bisa menambahkan rasa manis dan nutrisi ke makanan anjing. Ini juga merupakan sumber serat yang baik, menjadikannya pilihan tepat untuk anjing yang membutuhkan sedikit bantuan ekstra untuk pencernaan. Carilah saus apel tanpa pemanis untuk menjaga asupan gula anjing Anda.

13. Topper Komersial

Topper makanan anjing

Topper komersial bisa digunakan untuk menambahkan rasa dan nutrisi pada makanan anjing. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menambahkan variasi pada makanan anjing Anda, yang dapat membantu jika anjing Anda adalah pemilih makanan.

14. Formula Anak Anjing

Susu formula anak anjing sempurna untuk anjing yang sedang hamil atau menyusui, karena dapat membantu memberikan nutrisi tambahan yang mereka butuhkan. Susu formula anak anjing tidak boleh mengandung gula atau garam tambahan.

15. Susu Kambing

Susu kambing adalah alternatif terbaik untuk anjing yang tidak toleran laktosa karena lebih mudah dicerna daripada susu sapi. Susu kambing juga tidak boleh diberi tambahan gula atau garam.

16. Makanan Bayi

Cara terakhir untuk memperkaya nutrisi dalam makanan anjing adalah makanan bayi. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk anjing yang suka pilih-pilih makanan, karena biasanya sangat lembut dan mudah dimakan. Hindari makanan bayi yang menggunakan bumbu tambahan seperti bawang putih.

Makanan yang Tidak Boleh Diberikan kepada Anjing Anda

Jika Anda ingin melembutkan makanan anjing Anda, jangan pernah menambahkan bahan-bahan berikut:

Susu: Hindari memberikan susu pada anjing Anda karena dapat menyebabkan sakit perut. Anjing tidak toleran laktosa dan susu dapat membuat mereka sakit.

Gula: Hindari menambahkan gula apapun ke makanan anjing Anda karena dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Garam: Menambahkan garam ke makanan anjing Anda tidak perlu dan bisa berbahaya. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

Minyak: Menambahkan minyak ke makanan anjing Anda tidak perlu dan bisa membuatnya gemuk. Terlalu banyak minyak dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Kopi: Kopi adalah stimulan yang mengandung kafein dan bisa berbahaya bagi anjing.

Teh: Teh juga mengandung kafein dan bisa berbahaya bagi anjing. Hindari menambahkan teh ke makanan anjing Anda.

Cokelat: Cokelat beracun bagi anjing dan tidak boleh ditambahkan ke makanan mereka. Cokelat mengandung bahan kimia yang disebut theobromine, yang beracun bagi anjing.

Alkohol: Jauhkan alkohol dari makanan anjing Anda karena bisa beracun. Bahkan sejumlah kecil alkohol dapat berbahaya bagi anjing.

Xylitol: Xylitol adalah pengganti gula yang beracun bagi anjing. Hindari menambahkannya ke makanan anjing Anda dan jauhkan mereka dari permen atau minuman bebas gula.

Bawang Merah: Bawang merah dapat menyebabkan anemia dan masalah kesehatan lainnya.

Bawang Putih: Bawang putih bisa berbahaya bagi anjing dan tidak boleh ditambahkan ke makanan mereka. Bawang putih dapat menyebabkan anemia pada anjing.

Tomat: Tomat mengandung zat yang beracun bagi anjing yang disebut solanin.

Anggur: Anggur mengandung racun yang disebut sianida yang bisa berakibat fatal bagi anjing. Ini juga bisa memicu bahaya tersedak.

Kismis: Kismis mengandung racun yang dapat merusak ginjal anjing.

Kacang Macadamia: Kacang macadamia bisa berbahaya bagi anjing dan tidak boleh ditambahkan ke makanan mereka. Kacang ini mengandung racun yang dapat menyebabkan muntah, kelemahan, dan kelumpuhan.

Buah Jeruk: Buah jeruk dapat menyebabkan sakit perut dan masalah kesehatan lainnya.

Makanan Berjamur atau Rusak: Makanan berjamur atau busuk dapat berbahaya bagi anjing dan tidak boleh ditambahkan ke makanan mereka.

Rempah-rempah, Cuka, Jus Lemon dan Jeruk Nipis, Minyak Jeruk: Rempah-rempah bisa berbahaya bagi anjing dan tidak boleh ditambahkan ke makanan mereka.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis bahan makanan yang dapat Anda tambahkan ke makanan anjing agar lebih enak. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sebelum membuat perubahan apa pun pada makanan anjing Anda, karena beberapa opsi ini mungkin tidak cocok untuk semua anjing.

Komentar Anda