Cara Memandikan Hamster dalam 7 Langkah (Panduan Mudah)

Apa yang identik dengan hamster Anda? Kemungkinan besar itu adalah gumpalan kotoran, sisa makanan, atau serutan kayu yang tersangkut di bulunya. Pemandangan ini cukup umum bagi pemilik hamster. Melihat hamster Anda penuh kotoran menempel pada tubuhnya mungkin membuat Anda ingin mencoba memandikannya. Sebenarnya, hamster tidak perlu mandi seperti manusia. Namun Anda mungkin masih tetap ingin membersihkannya.

Cara Memandikan Hamster

Mandi untuk hamster hanya boleh dilakukan dalam keadaan ekstrim, jika perlu di bawah arahan dari dokter hewan. Jika Anda terpaksa harus memandikan hamster, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan tujuh langkah berikut.

Cara Mudah Memandikan Hamster

1. Isi Wadah Dengan Air Hangat

Pilih wadah kecil yang bisa menampung hamster Anda tetapi tidak terlalu besar. Wadah perlu memiliki tepi yang pas agar hamster tidak dapat melarikan diri, tetapi tidak terlalu besar agar Anda bisa memegangnya dengan baik. Kebanyakan orang menyarankan menggunakan wadah plastik kecil untuk melakukan tugas ini.

Isi wadah dengan air hangat. Pastikan airnya tidak mendidih, tetapi pastikan juga tidak dingin. Air dingin dapat mengejutkan hamster dan menyebabkan hipotermia. Anda tidak boleh memandikan hamster di bak cuci piring atau bak mandi. Selalu cuci hamster Anda dalam wadah kecil dengan ukuran yang sesuai.

2. Letakkan Hamster di Wadah Mandi

Selanjutnya, letakkan hamster dengan lembut ke dalam bak mandinya. Pastikan ketinggian air tidak melebihi bahu hamster. Hamster bukanlah perenang yang baik. Jika perlu, buang sebagian air dan periksa suhunya lagi jika air terlalu dalam.

Hamster Anda mungkin akan takut saat dimasukkan ke dalam air. Ini adalah reaksi normal. Pastikan tidak ada air yang masuk ke mata atau hidung hamster.

3. Gunakan Sabun Ramah Hamster

Jika Anda diminta untuk memandikan hamster oleh dokter hewan, mereka akan memberikan atau merekomendasikan sabun yang ramah untuk hamster. Jangan gunakan sabun biasa pada si kecil mungil Anda. Pastikan Anda menggunakan alat mandi yang tepat untuk hamster Anda. Sabun mandi hamster bisa dibeli di toko-toko hewan atau online.

4. Cuci dan Bilas Hamster

Tips Memandikan Hamster

Cuci hamster dengan lembut menggunakan sabun hamster dengan lap basah yang hangat. Cuci bulunya dengan lembut, seolah-olah Anda sedang mengelus hamster, agar tidak membuatnya kesal. Bersikaplah sangat lembut saat memandikan hewan ini. Mereka kecil dan mudah terluka. Cuci bulunya sampai bersih.

Bilas hamster dengan air hangat. Jangan bilas dengan air dingin. Sekali lagi, pastikan airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin sebelum membilasnya.

5. Jaga Agar Hamster Tetap Hangat

Selama proses ini, penting untuk menjaga agar hamster Anda tetap hangat. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan air hangat saat memandikan hamster. Disarankan juga untuk memandikan hamster di ruangan tertutup yang hangat seperti kamar mandi. Bahaya terbesar bagi hamster Anda saat mandi bukanlah tenggelam, tapi hipotermia. Hamster tidak terbiasa basah.

6. Keringkan Hamster

Setelah Anda selesai memandikan hamster, saatnya untuk mengeringkannya. Gunakan handuk tangan dan keringkan seluruh tubuh hamster dengan lembut. Jangan mencubit, meremas, atau menggenggam keras hamster Anda. Bersikap lembut itu penting. Tapi hamster harus dikeringkan. Jangan kembalikan hamster ke kandangnya tanpa memastikannya benar-benar kering.

Keringkan hamster Anda sampai tidak basah lagi. Pastikan hamster Anda tetap hangat dan nyaman selama proses ini karena itu penting.

7. Kembalikan Hamster Ke Kandang

Terakhir, setelah Anda yakin hamster Anda benar-benar kering, kembalikan ke kandangnya. Sebaiknya kembalikan hamster ke lingkungan yang bersih setelah mandi, jadi Anda mungkin juga perlu mengganti alas kandangnya.

Awasi hamster Anda selama satu jam berikutnya untuk memastikan bahwa dia tidak bertingkah aneh. Amati apakah ada tanda-tanda hamster menggigil, lesu, atau luka. Jika hamster Anda tampak senang berada di kandangnya dan bertingkah normal, maka tugas Anda sudah selesai.

Apakah Hamster Perlu Mandi Secara Teratur?

Tidak. Hamster tidak perlu dimandikan secara teratur. Jika Anda tidak membawa hamster ke dokter hewan dan jika hamster Anda bahagia dan sehat, Anda bahkan tidak perlu memandikannya.

Hamster tidak seperti manusia. Mereka tidak perlu mandi secara teratur untuk tetap bersih dan sehat. Faktanya, memandikan hamster bisa berbahaya dan bahkan menyebabkan kematian jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Itulah mengapa mandi hanya boleh dilakukan atas saran yang sangat spesifik dari dokter hewan profesional.

Mandi Seperti Apa yang Disukai Hamster Secara Alami?

Di alam liar, hamster tidak pernah mandi di air. Namun mereka suka mandi pasir yang baik. Hamster dan spesies serupa lainnya suka berguling-guling dalam debu halus untuk menjaga bulunya tetap bersih dan sehat. Meskipun itu mungkin terdengar aneh bagi manusia, ini bagus untuk hamster.

Jika Anda ingin memandikan hamster tetapi Anda tidak tahu cara yang aman untuk memandikannya dengan air, Anda dapat memberikan mandi debu untuknya.

Bisakah Anda Membersihkan Hamster Tanpa Memandikannya?

Ya. Sebenarnya, membersihkan pantat hamster adalah tindakan yang biasa dilakukan. Namun umumnya hamster tidak perlu mandi penuh. Memotong alas kandang yang kusut atau kotoran yang menempel pada hamster benar-benar aman. Bahkan menggunakan lap basah atau lap untuk menghilangkan kotoran di pantat juga bagus.

Semua hal ini tidak mewajibkan hamster Anda untuk dimandikan dengan air.

Kesimpulan

Jika Anda benar-benar harus memandikan hamster, Anda dapat melakukannya dalam tujuh langkah sederhana ini. Pastikan untuk sangat berhati-hati saat melakukannya dan konsultasikan dengan dokter hewan jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.

Jika Anda tidak disuruh memandikan hamster, pertimbangkan untuk memangkas bulunya atau sediakan tempat mandi debu. Mereka akan jauh lebih bahagia dengan cara itu alih-alih benar-benar mandi dengan air.

Komentar Anda