5 Cara Membuat Hamster Diam dan Tidak Berisik di Malam Hari

Matahari terbenam berarti waktu beraktivitas bagi sebagian besar hewan nokturnal, dan hamster Anda tidak terkecuali. Dia akan sibuk dalam gelap, dan itu secara alami akan membuat kebisingan. Jika itu membuat tidur Anda terganggu, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengurangi kebisingan malam hari yang Anda dengar alih-alih mencoba mencegah hamster membuat kebisingan sama sekali. Melarang hamster melakukan hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatannya.

Penyebab Hamster Berisik

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat hamster Anda tidak berisik di malam hari.

1. Hormati Jadwal Tidur Hamster Anda

Meski beberapa hamster mungkin bangun selama beberapa jam di siang hari, semua hamster adalah makhluk nokturnal yang paling aktif di malam hari dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

Mencoba mengubah jadwal tidur hamster agar lebih sesuai dengan jadwal Anda akan menciptakan situasi stres bagi hamster Anda, yang berpotensi membahayakan kesehatannya dan memengaruhi moodnya secara negatif.

Agar Anda tidak mengganggu jadwal tidur hamster Anda, usahakan untuk melakukan semua tugas memberi makan dan membersihkan kandang di sore atau malam hari.

2. Pilih Lokasi Kandang dengan Bijak

Pertimbangkan jadwal tidur hamster saat menentukan tempat untuk meletakkan kandangnya. Karena hamster peliharaan Anda akan menjalani kehidupan malam yang aktif yang cenderung agak berisik, kamar tidur Anda bukanlah lokasi yang ideal untuk menaruh kandangnya.

Tempat terbaik untuk meletakkan kandang hamster adalah ruangan yang remang-remang di mana mereka bisa tidur nyenyak di siang hari dan beraktivitas di malam hari yang tidak akan membuat Anda terbangun.

Tempatkan kandang hamster Anda jauh dari sinar matahari langsung di sudut ruang tamu, di dekat kamar mandi, atau di ruang terpisah di mana mereka dapat menjaga jadwal tidurnya yang alami tanpa mengganggu jadwal Anda.

3. Pilih Jenis Roda Putar yang Tepat

Roda Putar Hamster

Meskipun melepas roda putar yang berisik di malam hari mungkin tampak seperti cara yang baik untuk membuat hamster Anda diam, membiarkan hamster Anda tanpa roda putar malah akan memperburuk kondisi kesehatannya dan juga suasana hatinya.

Olahraga sangat penting untuk menunjang kesehatan dan kondisi emosional hamster Anda. Teman berbulu Anda ini membutuhkan roda putar untuk membantunya melepaskan energi yang terpendam dan sedikit bersenang-senang.

Roda putar logam bisa menjadi agak berisik dengan suara melengking. Tapi beberapa produsen menciptakan roda putar khusus yang tidak berisik. Memilih roda putar yang tepat yang dapat berputar dengan tenang di malam hari dapat membantu Anda tetap bahagia seperti hamster Anda.

4. Pilih Jenis Kandang yang Tepat

Kandang tradisional dengan jeruji logam adalah pilihan kandang yang populer, namun kandang tersebut bisa berisik jika hamster Anda mulai menggigitinya. Menempatkan hamster Anda di dalam kandang plastik yang kuat dapat sangat mengurangi suara menggerogoti di malam hari.

Memasukkan mainan kunyah tidak beracun ke kandangnya agar hamster tetap terhibur di malam hari juga bisa membantu. Anda bisa membeli mainan kunyah hamster di banyak toko hewan peliharaan atau toko online.

5. Bermainlah dengan Hamster Sebelum Anda Tidur

Jika Anda ingin bermain dengan hamster beberapa jam sebelum waktu tidur Anda, kemungkinan besar dia akan lelah dan kurang aktif setelah Anda tertidur. Dorong hamster Anda untuk berlari di atas rodanya selama beberapa saat sebelum Anda pergi tidur sehingga dia mengeluarkan energinya dari sistemnya lebih awal dan mengurangi kebisingan saat Anda tidur.

Ingatlah bahwa waktu terbaik untuk berinteraksi dengan hamster Anda adalah pada sore atau malam hari. Ini tidak hanya akan membantu Anda untuk menghormati jadwal tidur siang hari hamster, tapi juga akan membantunya membakar energi sebelum Anda tidur di malam hari.

Nah itulah lima cara membuat hamster agar tidak berisik di malam hari. Semoga bermanfaat.

Komentar Anda