Manfaat Daphnia (Kutu Air) untuk Makanan Ikan Cupang | Faunaku
Home » Ikan » Manfaat Daphnia (Kutu Air) untuk Makanan Ikan Cupang

Manfaat Daphnia (Kutu Air) untuk Makanan Ikan Cupang

Salah satu aspek terpenting dalam memelihara ikan cupang yang sehat atau ikan lainnya adalah mereplikasi kondisi di mana mereka tumbuh berkembang di alam liar di habitat penangkarannya. Ini mencakup aspek-aspek seperti suhu dan pH air, perlengkapan tanaman dan akuarium, dan tentu saja, makanan. Ikan cupang suka berburu mangsa hidup, dan salah satu cara terbaik untuk menirunya di akuarium rumahan adalah dengan memberi mereka makan daphnia.

Cupang Makan Kutu Air

Daphnia adalah salah satu makanan tersehat untuk ikan cupang dan salah satu yang paling mudah didapat. Namun ada sejumlah kebingungan tentang hal ini pada beberapa aquarist. Jadi baca terus artikel ini untuk mengetahui semua fakta tentang daphnia dan cara memberikannya ke cupang Anda!

Apa Itu Daphnia?

Daphnia adalah genus krustasea planktonik kecil, lebih dikenal sebagai kutu air karena cara mereka berenang menyerupai gerakan kutu. Berbagai spesies daphnia hidup di air laut dan air tawar, dan ikan cupang kemungkinan besar akan menemukannya di alam liar dan memburunya sebagai sumber makanan.

Panjangnya berkisar dari 1 hingga 5 milimeter, yang merupakan ukuran ideal untuk dimakan cupang Anda. Mereka dapat ditemukan dalam bentuk beku dan hidup sebagai makanan dari sebagian besar toko ikan.

Apakah Daphnia Bermanfaat untuk Cupang?

Karena daphnia atau kutu air kemungkinan besar ditemukan di habitat alami ikan cupang dan merupakan sesuatu yang mereka makan secara alami, masuk akal bagi Anda untuk memberikannya kepada cupang peliharaan Anda. Anda dapat membeli daphnia beku atau hidup dan bahkan membiakkannya di rumah jika Anda punya tempat. Mereka kaya protein, nutrisi penting untuk cupang.

Daphnia dapat membantu pencernaan cupang, artinya mereka dapat memproses makanan biasa dengan lebih mudah, dan peningkatan protein akan memberi mereka banyak energi ekstra. Memberikan makan daphnia hidup ke cupang Anda akan merangsang naluri berburu mereka. Karena daphnia dapat bertahan hidup di dalam akuarium jika tidak segera dimakan, mereka tidak akan mencemari air akuarium.

Daphnia Beku vs Daphnia Hidup

Gambar Kutu Air

Karena daphnia sangat baik untuk ikan cupang Anda, masuk akal untuk memberikannya sesering mungkin pada ikan. Tapi mana yang terbaik, daphnia hidup atau beku?

Daphnia Hidup

Banyak pemilik ikan hias berpendapat bahwa kutu air hidup adalah pilihan terbaik untuk ikan cupang karena alasan yang bagus. Membiakkan daphnia cukup mudah, jadi Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membiakkannya sebagai solusi jangka panjang untuk akuarium Anda.

Jika Anda enggan membiakkannya, daphnia tersedia di mana-mana dan tidak mahal harganya karena sangat mudah berkembang biak. Juga, cupang Anda akan mendapatkan keuntungan dari berburu daphnia hidup, karena akan merangsang naluri berburu alami mereka.

Namun ada beberapa kerugian. Memberikan makan secara berlebihan masih memungkinkan, karena setiap daphnia yang tersisa akan disantap oleh cupang nanti. Juga, Anda harus memastikan Anda mendapatkannya dari breeder terpercaya untuk menghindari kontaminasi bahan kimia, parasit, dan potensi penyakit.

Baca Juga:  Pilih Tanaman Asli atau Tanaman Plastik untuk Akuarium Ikan Mas Koki?

Daphnia Beku-kering dan Beku

Keuntungan terbesar kutu air beku-kering adalah kenyamanan. Anda cukup membeli persediaan daphnia dalam jumlah besar dan menyimpannya di dalam freezer. Mereka masih akan memberi cupang Anda semua manfaat kesehatan dari daphnia hidup, tanpa risiko parasit, dan Anda juga bisa melapisinya dengan obat-obatan atau multivitamin. Tentu saja, daphnia beku-kering tidak akan membuat cupang Anda merasakan “sensasi berburu” yang sama seperti daphnia hidup!

Anda juga dapat membeli daphnia beku, yang biasanya tersedia dalam bentuk balok kecil. Ini bagus karena sangat nyaman, tetapi berhati-hatilah saat memberi mereka makan berlebihan. Pastikan Anda memotong balok menjadi potongan-potongan kecil dan mencairkannya sebelum memberikannya ke ikan.

Baca Juga: Manfaat Infusoria untuk Burayak (Bayi Ikan) dan Cara Mengkulturnya

Apakah Daphnia Baik untuk Sembelit?

Salah satu manfaat daphnia untuk ikan cupang yang sering disebut-sebut adalah sebagai obat sembelit. Ternyata ini benar, dan para pemelihara ikan cupang sudah lama menggunakan daphnia sebagai obat sembelit.

Sembelit cukup umum terjadi pada cupang, sebagian besar disebabkan oleh makan berlebihan dan pola makan yang kurang serat. Kutu air dikenal sebagai pencahar ringan, dan sejumlah kecil dapat membantu mengatasi kembung dan sembelit pada cupang Anda.

Berapa Banyak Daphnia untuk Diberikan ke Cupang?

Jumlah daphnia yang tepat untuk diberikan kepada ikan cupang tergantung pada ukuran dan usia ikan Anda, meskipun tidak lebih dari 1,8 gram per cupang per hari adalah aturan praktis yang baik.

Yang terbaik adalah membaginya menjadi dua porsi atau setengah porsi yang dikombinasikan dengan makanan biasa cupang Anda. Beberapa cupang mungkin makan lebih banyak atau lebih sedikit, jadi awasi untuk memperkirakan porsi cupang Anda dengan lebih baik.

Kesimpulan

Daphnia alias kutu air adalah sumber protein yang bagus untuk ikan cupang, dan daphnia hidup sangat bagus karena akan merangsang naluri berburu cupang Anda. Daphnia sudah tersedia di sebagian besar toko ikan, dan membiakkannya di rumah juga merupakan proses yang mudah jika Anda ingin menghemat uang. Sebagai sumber protein sederhana dan murah untuk cupang Anda, daphnia adalah pilihan pakan yang bagus.

Komentar Anda