Daftar 90 Makanan Kelinci yang Aman dan Tidak Aman (Lengkap)

Kelinci adalah herbivora sejati, mereka terutama memakan jerami, daun, dan beberapa sayuran akar, herba dan batang, pelet ekstra, dan potongan buah secukupnya. Kelinci memiliki pola makan yang bervariasi, yang tidak boleh diganggu atau diubah secara tiba-tiba. Mereka juga menyukai camilan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil dan terutama hanya untuk kelinci yang kehabisan energi.

Makanan Kelinci

Di artikel ini, kami akan menjawab semua pertanyaan Anda tentang apakah kelinci bisa makan makanan ini atau itu, dan kami akan memasukkan semuanya ke dalam tabel berikut:

Makanan yang Aman dan Tidak Aman untuk Kelinci

No. Nama Makanan Aman / Tidak Penjelasan
1 Labu / waluh Ya Mereka tidak boleh memakannya terlalu sering atau dalam jumlah yang lebih besar.
2 Daun labu Ya Ini adalah sumber serat makanan yang berharga.
3 Biji labu Ya Biji labu mentah bisa dijadikan camilan sesekali.
4 Mangga Ya Berikan dalam jumlah kecil, kurang dari 2 potong kecil seminggu.
5 Mangga kering Ya Hanya sebagai camilan.
6 Daun mangga Ya Hanya untuk kelinci dewasa.
7 Anggur Ya Hanya sebagai camilan untuk kelinci dewasa.
8 Anggur dengan biji Ya Anda juga bisa membeli anggur tanpa biji.
9 Rosemary Ya Ini kaya akan vitamin dan mineral, tetapi berikan sewajarnya karena terlalu banyak dapat menyebabkan diare.
10 Apel Ya Hanya sebagai camilan beberapa potong per minggu.
11 Biji apel Tidak Jangan berikan biji apel pada kelinci karena beracun.
12 Kulit apel Ya Kulit apel baik untuk kelinci selama apel dicuci dengan baik dan berasal dari pertanian bebas pestisida. Aturan ini berlaku untuk semua buah lainnya.
13 Daun, ranting, cabang pohon apel Ya Daun, ranting, dan cabang pohon apel baik dan sehat untuk kelinci.
14 Bunga matahari Ya Seperti kebanyakan bunga, ini bisa dimakan oleh kelinci sebagai camilan tentunya.
15 Daun bunga matahari Ya Kelinci menyukai daun bunga matahari, tetapi bukan yang berasal dari akhir musim karena risiko jamur pada daun.
16 Biji bunga matahari (kuaci) Ya Biji bunga matahari tidak beracun untuk kelinci, tetapi mengandung minyak, jadi hindari ketika musim panas dan tidak untuk kelinci berbulu panjang. Ada risiko obesitas juga.
17 Tomat (buahnya) Ya Tomat baik untuk diberikan kepada kelinci dalam jumlah kecil.
18 Batang, daun, biji tomat Tidak Tanaman, daun, batang, bahkan biji tomat dalam jumlah banyak beracun bagi kelinci.
19 Dill Ya Kelinci dapat memakan daun dan bunga dill. Dill adalah makanan yang sangat baik untuk kelinci.
20 Lavender Ya Lavender sangat baik untuk kelinci. Mereka dapat memakan seluruh tanaman, bunga, kuncup, dan batangnya.
21 Peterseli dengan daun dan batang Ya Sedikit peterseli (berdaun hijau) setiap dua hari sekali sudah cukup untuk kelinci Anda.
22 Parsnip Ya Kelinci boleh makan parsnip secukupnya saja karena berisiko obesitas.
23 Turnip (sejenis lobak) Ya Hanya dalam jumlah kecil sebagai camilan untuk kelinci Anda.
24 Daun turnip Ya Kelinci suka daun turnip.
25 Daun bambu Ya Kelinci suka daun seperti ini.
26 Tongkat bambu Ya Hanya sebagai camilan (camilan kunyah).
27 Persik Ya Hanya sebagai camilan, satu buah untuk seminggu penuh, 2 potong setiap 2 hari.
28 Daun, cabang, atau kayu pohon persik Tidak Seperti semua pohon buah berbiji tunggal lainnya (prem, ceri, dan apricot), kelinci tidak boleh memakan daun, cabang, atau kayu persik. Semuanya beracun.
29 Jeruk Siam, jeruk mandarin / jeruk keprok, jeruk clementine, jeruk satsuma Ya Tidak lebih dari dua atau tiga segmen jeruk Siam dan buah-buahan lainnya per minggu untuk kelinci dewasa.
30 Daun jeruk Siam Ya Kelinci suka daun jeruk Siam dan rantingnya, aman untuk mereka.
31 Aloe vera / lidah buaya Tidak Jauhkan hewan peliharaan Anda dari tanaman lidah buaya karena beracun dan dapat menyebabkan stasis GI, sakit perut, dan diare dan bahkan kematian pada kelinci.
32 Kacang polong Ya Kacang polong kebun lebih tinggi kalorinya dan harus diberikan dalam jumlah kecil. Kacang polong hanya boleh diberikan sebagai camilan (mulai dengan jumlah kecil).
33 Zaitun Tidak Jangan berikan zaitun (hijau atau hitam) pada kelinci Anda.
34 Daun dan ranting zaitun Tidak Jangan berikan ranting zaitun untuk kelinci.
35 Biji pohon ek Ya Hanya sebagai camilan, biji ek harus benar-benar kering sebelum dimakan (tanin membantu membersihkan banyak parasit usus).
36 Daun dan kayu maple Ya Terlepas dari semua kesalahpahaman seputar maple, ketahuilah bahwa kelinci dapat memakannya tanpa risiko keracunan sianida.
37 Jelatang Ya Jelatang sangat kaya akan mineral dan vitamin, dan kelinci dapat mengonsumsinya tanpa resiko, hanya hindari yang berbiji karena dapat menyebabkan iritasi pada mulut.
38 Daun dan ranting pohon ek Tidak Pohon ek beracun bagi kelinci, jauhkan dari mereka.
39 Bengkuang Ya Tinggi serat dan vitamin C; daging bengkuang tidak mengandung racun, yang merupakan satu-satunya bagian bengkuang yang dapat Anda berikan untuk kelinci Anda (jangan berikan untuk bayi kelinci di bawah usia 12 minggu).
40 Daun, kulit, dan batang bengkuang Tidak Kelinci Anda tidak boleh memakan daun, batang, atau kulit bengkuang karena mengandung racun mematikan yang disebut rotenone.
41 Jeruk Ya Boleh saja memberi kelinci Anda buah jeruk, tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit.
42 Daun dan dahan jeruk Ya Kelinci boleh makan sepuasnya dari daun dan dahan jeruk. Ini aman.
43 Semak blackberry Ya Daun dan batang blackberry, bahkan yang berduri, baik untuk diberikan kepada kelinci.
44 Plum / prem Ya Anda bisa memberikan buah plum kepada kelinci secukupnya.
45 Pohon plum Tidak Jangan pernah memberi kelinci ranting, daun, atau kayu dari plum karena beracun bagi mereka.
46 Ulat Tidak Seekor kelinci mungkin tidak sengaja memakan serangga kecil, oleh karena itu Anda harus memeriksa daunnya dengan cermat sebelum memberikannya.
47 Mentimun Ya Kelinci menyukai mentimun, mereka juga bisa memakan daunnya. Berikan secukupnya.
48 Kale Ya Sebagai camilan, dalam porsi kecil dan tidak sering. Baik kangkung maupun bayam mengandung terlalu banyak oksalat dan goitrogen yang berbahaya bagi kelinci.
49 Pisang Ya Hanya sebagai camilan.
50 Kulit Pisang Ya Dalam jumlah kecil.
51 Delima Ya Kelinci dapat memakan delima, buah dengan kulitnya, tetapi hanya sebagai camilan sesekali karena menyebabkan masalah reproduksi pada kelinci.
52 Brokoli Ya Sebaiknya beri kelinci hanya daun brokoli di awal dan lihat bagaimana reaksinya. Brokoli kaya akan vitamin, mineral, dan serat makanan, tetapi juga diketahui dapat memicu gas terutama bagian bunga brokoli (kuntum).
53 Seledri Ya Kelinci suka seledri, tapi gunakan hanya sebagai camilan.
54 Asparagus Ya Tapi tidak untuk bayi kelinci dan berikan sedikit hanya sebagai camilan. Asparagus adalah sumber nutrisi, serat, dan vitamin.
55 Alpukat Tidak Kelinci tidak boleh memakan alpukat atau bahkan mendekati pohon alpukat. Buah, biji, kulit, dan daun alpukat berbahaya bagi kelinci karena mengandung racun yang disebut persin.
56 Arugula (rucula) Ya Kelinci hanya boleh mengonsumsi sedikit arugula dua kali seminggu karena mengandung terlalu banyak kalsium yang berbahaya bagi kelinci.
57 Alfalfa Ya Tapi alfalfa harus diberikan pada kelinci yang berusia kurang dari satu tahun. Mereka memiliki kebutuhan nutrisi tambahan. Tanaman alfalfa atau jerami alfalfa direkomendasikan hanya sebagai makanan untuk kelinci yang sedang pulih atau kelinci yang menolak makan jerami, campurkan beberapa alfalfa dalam rumput Timothy.
58 Aprikot (buah) Ya Dua potong sebagai camilan dan tidak setiap hari.
59 Daun, ranting, dan cabang aprikot Tidak Kelinci tidak boleh memakan batang, kuncup, ranting, atau daun aprikot, serta semua pohon buah-buahan yang buahnya memiliki biji batu seperti apel misalnya.
60 Roti Tidak Jangan berikan roti, remah, atau sisa pizza pada kelinci. Kelinci adalah herbivora dan bukan omnivora. Roti tidak akan membantu kelinci Anda, tapi akan melepaskan terlalu banyak gula dan menurunkan keseimbangan usus rapuh kelinci Anda.
61 Blueberry, blackberry, stroberi, raspberry, cranberry Ya Buah-buahan ini semua harus diberikan sebagai camilan, tidak lebih dari 3 buah per minggu. Untuk daun dan batang tanaman ini, Anda juga bisa memberikannya kepada kelinci Anda saat masih empuk, segar, dan setelah dibersihkan.
62 Kubis Brussel Ya Anda dapat memberikan satu kubis Brussel kecil atau setengah besar mentah untuk kelinci dewasa, hanya dua kali seminggu. Ini menyebabkan gas.
63 Basil Ya Basil adalah tanaman herbal yang cocok untuk kelinci, jumlah kecil setiap hari tidak apa-apa. Untuk kelinci dewasa, Anda bisa memberikan 2 batang basil beserta daunnya.
64 Paprika Ya Kelinci dapat memakan paprika manis sebagai camilan. Buah dan semua bagian tanaman boleh diberikan, tapi sebaiknya buang bijinya.
65 Bok choy Ya Kelinci bisa makan bok choy termasuk choy sum. Mulailah dengan jumlah kecil.
66 Kubis Ya Tinggi mineral dan vitamin, terutama vitamin C. Semua jenis kubis baik untuk kelinci. Jangan berikan terlalu banyak dan jangan cepat-cepat. Mulailah dengan jumlah kecil. Ini menyebabkan gas.
67 Wortel Ya Wortel mengandung gula yang tinggi, jadi sebaiknya diberikan hanya sebagai camilan, tidak setiap hari. Anda juga bisa memberinya bagian atas wortel.
68 Kembang kol Ya Kelinci dapat memiliki kuntum kembang kol. Jangan berikan terlalu banyak karena dapat menyebabkan kelinci kembung dan mengandung gas.
69 Daun kembang kol Ya Anda bisa memberikan kelinci Anda setiap bagian dari tanaman kembang kol, lihat bagian mana yang paling dia sukai.
70 Jagung Tidak Kelinci tidak boleh diberi jagung, segar atau kering dan bahkan masak, karena itu berbahaya bagi mereka.
71 Daun jagung Ya Kelinci dapat menyantap tanaman jagung muda, daun, dan batang jagung.
72 Ceri Ya Kelinci bisa makan semua jenis ceri, tetapi harus diberikan dalam jumlah kecil sebagai camilan.
73 Pohon ceri Tidak Jangan pernah memberi kelinci bagian lain dari pohon ceri, kecuali buahnya. Ranting, cabang, daun, dahan, dan kulit ceri beracun bagi kelinci.
74 Cokelat, choco chips, kukis cokelat, biskuit coklat Tidak Jangan pernah memberikan coklat atau apapun yang mengandung coklat untuk kelinci karena mengandung theobromine yang fatal bagi kelinci.
75 Dandelion Ya Kelinci Anda benar-benar dapat memakan dandelion. Seluruh tanaman dan bunganya aman dan sangat bergizi. Ini adalah sumber banyak vitamin dan mineral.
76 Makanan anjing Tidak Jangan pernah memberikan makanan anjing untuk kelinci.
77 Buah naga Ya Kelinci dapat memakan buah naga, tetapi dalam jumlah kecil, hanya sebagai camilan dan harus diperkenalkan dengan sangat perlahan.
78 Kurma Tidak Kurma tidak dianjurkan untuk kelinci karena terlalu manis dan mengandung kalsium juga. Kurma dapat menyebabkan sakit perut dan masalah pencernaan bagi kelinci Anda.
79 Daun lontar Ya Daun lontar dapat diberikan kepada kelinci, bersihkan dengan baik dan biarkan kering di tempat teduh sebelum disajikan.
80 Cranberry kering Ya Seperti semua buah lainnya, cranberry segar atau kering dapat diberikan kepada kelinci hanya sebagai camilan sesekali.
81 Aster Ya Seperti banyak bunga lainnya, kelinci bisa memakan bunga aster. Jangan khawatir, tidak ada masalah kesehatan jika mereka melakukannya.
82 Terong Ya Sepotong kecil terong mentah tidak apa-apa untuk kelinci (mengandung gula dan miskin serat dan vitamin).
83 Daun, bunga, batang, pucuk kulit terong Tidak Hanya buah terong mentah yang bisa dimakan kelinci. Daun dan pucuk terong beracun dan tidak boleh diberikan kepada kelinci.
84 Telur dan cangkang telur Tidak Jangan pernah memberikan telur untuk kelinci. Kulit telur kaya akan kalsium yang dapat mengganggu sistem pencernaan kelinci Anda.
85 Kacang edamame Tidak Kacang edamame mengandung banyak fosfor, kalsium, asam, dan gula. Ini berbahaya bagi kelinci.
86 Kulit edamame Tidak Kelinci seharusnya tidak memakan kulit edamame.
87 Andewi Ya Kelinci dapat mengonsumsi andewi hanya sebagai bagian dari sayuran segar harian mereka. Andewi kaya akan serat dan nutrisi.
88 Daun, kulit kayu, dahan kayu putih Tidak Para ahli mengatakan bahwa pohon ini beracun bagi kelinci meskipun beberapa daun sesekali sepertinya tidak membuat kelinci yang memakannya sakit.
89 Escarole Ya Kelinci dapat memakan escarole sebagai bagian dari sayuran hijau harian mereka.
90 Adas Ya Kelinci dapat memakan umbi dan batang adas. Mereka menyukainya. Anda hanya perlu mencampurnya dengan tanaman dan sayuran lain untuk jatah sayuran hariannya.

Demikian panduan lengkap dari kami tentang makanan yang aman dan tidak aman untuk kelinci peliharaan. Semoga daftar ini bisa membantu Anda merawat kelinci dengan baik.

Komentar Anda