14 Fakta Menarik Tentang Anjing Belgian Malinois | Faunaku
Home » Anjing » 14 Fakta Menarik Tentang Anjing Belgian Malinois

14 Fakta Menarik Tentang Anjing Belgian Malinois

Belgian Malinois adalah ras anjing yang penuh percaya diri dan cerdas dengan tugas utama sebagai anjing pekerja. Alhasil, mereka memiliki naluri pelindung yang kuat dan sering digunakan sebagai anjing polisi dan militer.

Gambar Anjing Belgian Malinois

Siapa pun yang pernah melihat Belgian Malinois melakukan rutinitas kepatuhan akan tahu betapa bersemangat dan cerdasnya trah ini. Tetapi sikap luar mereka tidak memberi banyak informasi tentang kebutuhan nutrisi, olahraga, atau temperamental mereka.

Di bawah ini, kami membahas beberapa fakta tentang anjing Belgian Malinois untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang anjing unik ini.

1. Belgian Malinois Berasal dari Belgia

Jika Anda bertanya-tanya dari mana trah ini mendapatkan namanya, Anda perlu tahu tentang kota Malines di Belgia. Anjing Belgian Malinois pertama kali dibiakkan di sekitar wilayah tersebut dan merupakan salah satu dari empat ras anjing penggembala Belgia.

Keempat breed itu diberi nama sesuai nama desa Belgia, yaitu Mechelaar (Malinois), Groenendael, Laekenois, dan Tervuren. Pada tahun 1880-an, anjing-anjing ini, bersama dengan Dutch shepherd, French shepherd, dan German shepherd, umumnya dikenal sebagai anjing continental shepherd.

2. Belgian Malinois Adalah Bagian dari Klub Anjing Gembala Belgia

Pada tahun 1891, entitas regional membentuk Klub Anjing Gembala Belgia. Panel juri di klub ini memutuskan bahwa anjing gembala asli memiliki karakteristik yang berbeda. Ini meliputi ukuran sedang, telinga segitiga yang tertata dengan baik, dan tubuh persegi. Satu-satunya perbedaan antara anjing-anjing ini adalah panjang, warna, dan tekstur bulunya.

Pada tahun 1892, panel tersebut menulis standar anjing gembala Belgia yang mengakui tiga jenis anjing gembala asli. Varietas ini berbeda dalam hal panjang dan tekstur bulu: bulu pendek, panjang, dan kasar.

3. Belgian Malinois Datang ke Amerika pada Tahun 1911

Anjing Belgian Malinois diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1911 dan tumbuh berkembang di negara itu sampai Perang Dunia II dimulai dan menghentikan impor ras tersebut. Dari awal perang hingga tahun 1960-an, populasi Belgian Malinois menurun di Amerika.

Trah ini mulai muncul di American Kennel Club (AKC) hanya beberapa tahun setelah perang berakhir. Kemudian, pada 1960-an, pengagumnya mulai membiakkan mereka lagi dan trah ini pun perlahan pulih jumlahnya.

4. Belgian Malinois Membantu Menjatuhkan Osama Bin Laden

Ya, ini benar. Belgian Malinois sangat berharga bagi otoritas pertahanan dan militer di sepanjang abad ke-21.

Seal Team Six adalah tim militer yang melakukan penggerebekan tahun 2011 untuk menjatuhkan Osama bin Laden. Mereka didampingi oleh seekor anjing Belgian Malinois bernama Kairo, yang berperan penting dalam keberhasilan operasi tersebut.

5. Belgian Malinois Memiliki Berbagai Warna Bulu

Belgian Malinois dapat memiliki banyak warna bulu, meliputi coklat kekuningan (fawn), fawn sable, mahoni, merah, dan red sable. Lapisan bulu mereka juga memiliki marking topeng hitam, yang hanya terlihat pada Belgian Malinois di antara keempat varietas anjing gembala Belgia.

6. Belgian Malinois Adalah Anjing Besar

Rata-rata, Belgian Malinois jantan memiliki tinggi 60 hingga 66 cm, sedangkan betina 55 hingga 60 cm. Belgian Malinois juga cukup berat, jantan beratnya 27 hingga 36 kg dan betina 18 hingga 27 kg.

7. Jalan-jalan Saja Tidak Cukup untuk Belgian Malinois

Meskipun jalan kaki cukup melelahkan bagi sebagian besar anjing, ini tidak cukup untuk seekor Belgian Malinois. Trah ini tidak hanya brilian dan setia, tetapi juga memiliki banyak energi yang perlu dikeluarkan melalui stimulasi mental dan fisik.

Belgian Malinois membutuhkan lebih dari 40 menit aktivitas harian, yang dapat terdiri atas hiking, berlari, atau berenang. Trah ini juga hebat dalam menggiring, kompetisi kepatuhan, pelacakan, dan ketangkasan.

Jika tidak cukup berolahraga, Belgian Malinois mungkin menunjukkan perilaku dan agresi yang merusak. Anjing ini melakukannya untuk menghibur diri mereka sendiri karena mereka memiliki terlalu banyak energi yang terpendam.

8. Belgian Malinois Tidak Memiliki Kebutuhan Makanan Khusus

Anda mungkin berpikir karena trah ini sangat cerdas dan aktif, mereka mungkin memiliki persyaratan diet yang ketat. Tapi ternyata tidak.

Setiap makanan anjing berkualitas tinggi bekerja sangat baik dalam menjaga Belgian Malinois kenyang dan sehat. Sangat penting untuk memastikan anjing Anda makan sesuai dengan usianya. Anda harus menunggu Belgian Malinois berusia minimal satu tahun sebelum Anda mulai memberinya makanan anjing dewasa.

Meskipun jadwal makan bisa berbeda dari satu anjing ke anjing lainnya, Belgian Malinois biasanya membutuhkan dua kali makan sehari. Beri mereka makan sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Jika anjing peliharaan Anda memiliki pola makan yang sehat, dia tidak memerlukan suplemen tambahan. Tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan pendekatan terbaik untuk Belgian Malinois Anda.

9. Belgian Malinois Digunakan dalam Penegakan Hukum

Fakta Anjing Belgian Malinois

Karena Belgian Malinois memiliki kemampuan untuk perlindungan dan kelincahan, trah ini digunakan dalam penegakan hukum, deteksi gas, deteksi obat, operasi pencarian dan penyelamatan, serta deteksi bom.

Baca Juga:  4 Ras Anjing Asal Negara Rumania, Berukuran Besar dan Cerdas

Mereka juga anjing terapi yang sangat baik, memberikan bantuan kepada orang tua, orang sakit, atau orang cacat. Tetapi penting untuk diingat bahwa Belgian Malinois membutuhkan pemilik yang berpengalaman karena mereka adalah jenis yang banyak menuntut.

Karena anjing ini ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan pemilik atau keluarganya, mereka bukanlah anjing yang cocok dibiarkan sendirian. Jadi, Anda tidak bisa begitu saja meninggalkannya di halaman belakang untuk bermain sendiri.

10. Belgian Malinois Merontokkan Bulu Dua Kali Setahun

Karena Belgian Malinois memiliki bulu yang pendek dan kedap air, perawatannya mudah. Pemilik harus menggunakan sikat berbulu sedang untuk sesekali menyikat bulu anjing mereka. Atau Anda dapat menggunakan sarung tangan anjing atau sarung tangan grooming karet untuk pekerjaan itu. Alat-alat ini meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu penyebaran minyak kulit ke seluruh tubuh anjing kesayangan Anda.

Belgian Malinois merontokkan bulu dua kali setahun. Selama periode ini, sebaiknya gunakan sikat licin untuk merapikan bulu mereka sekali sehari. Melakukannya akan membantu menghilangkan rambut rontok.

11. Anjing Belgian Malinois Punya Naluri Memangsa yang Tinggi

Karena sifatnya yang protektif, anjing Belgian Malinois memiliki dorongan memangsa yang tinggi. Tidak jarang mereka mengejar hewan peliharaan, anak-anak, dan hewan lainnya. Pelatihan sosialisasi yang tepat di tahun-tahun awal sangat penting untuk membesarkan mereka dengan baik.

Selain melatih, menjaga agar anjing Anda tetap terhibur dan terstimulasi juga membantu mengekang dorongan memangsa. Belgian Malinois yang bosan akan menunjukkan perilaku agresif, seperti:

  • Menggerogoti bingkai jendela dan pintu
  • Memecahkan kaca jendela
  • Menghancurkan barang-barang rumah, seperti karpet, tanaman, permadani, dan furnitur
  • Menggali lubang di halaman
  • Mengunyah barang-barang pribadi Anda seperti pakaian

Kadang-kadang, sifat menggiring breed ini ikut bermain, yang mendorong mereka untuk “menggembala” anak-anak kecil. Anda tidak boleh meninggalkan anak kecil hanya dengan Belgian Malinois tanpa pengawasan.

12. Belgian Malinois Bisa Hidup Hingga 14 Tahun

Umur rata-rata anjing Belgian Malinois adalah 10 hingga 14 tahun. Jika dibiakkan oleh peternak yang bertanggung jawab, anjing ini tidak memiliki masalah genetik atau kesehatan lainnya. Tetapi mereka rentan terhadap beberapa penyakit.

13. Belgian Malinois Cenderung Terkena Displasia

Belgian Malinois cenderung mengalami displasia pinggul dan siku, yang merupakan kondisi sendi struktural.

Beberapa tanda dari kondisi tersebut antara lain:

  • Kesulitan berdiri
  • Posisi duduk yang tidak normal atau tidak biasa
  • Kesulitan naik turun tangga atau menaiki furnitur
  • Bunyi sendi berderak
  • Limbung
  • Melompat kecil saat berlari

Perawatan untuk displasia akan tergantung pada derajatnya. Obat nyeri berfungsi dalam beberapa kasus, sementara anjing lain memerlukan suplemen atau pembedahan sendi.

14. Belgian Malinois Rentan terhadap Atrofi Retina Progresif

Atrofi mengacu pada degenerasi struktur, dan atrofi retina terjadi ketika retina melemah seiring waktu. Meskipun PRA tidak menyakitkan, ini dapat mempengaruhi Belgian Malinois dengan cara lain, seperti:

  • Menabrak benda
  • Kesulitan mengejar sesuatu atau menangkap hadiah
  • Tersandung tangga atau trotoar

Tidak ada pengobatan untuk PRA pada anjing. Jadi, Anda harus berhati-hati saat memilih breeder. Pastikan bahwa mereka telah memeriksa stok indukan sebelum dikawinkan agar penyakit tidak menular dari induk ke keturunannya.

Mengapa Pasukan Pertahanan AS Menggunakan Belgian Malinois?

Otoritas pertahanan AS menyebut Belgian Malinois sebagai “pejuang berkaki empat” karena kelincahan, sifat protektif, dan kemampuannya mengikuti perintah. Belgian Malinois dilatih untuk mendeteksi bom, narkoba, dan orang-orang dalam situasi berbahaya.

Departemen Pertahanan AS (DOD) memilih Belgian Malinois dari peternak elit di seluruh dunia. Hanya 13% dari anjing-anjing ini, yang membentuk kelompok terpilih, yang bisa memasuki militer AS melalui Program Pembiakan Anjing Pekerja Militer atau Program Anak Anjing.

Sekitar 50 hingga 90 anak anjing mengikuti program ini dari Skuadron Pelatihan 341 di Pangkalan Bersama San Antonio setiap tahun. DOD hanya mengangkat Belgian Malinois sebagai bagian dari program ini jika memiliki karakteristik berikut:

  • Berenergi tinggi
  • Pengendus kuat
  • Mudah dilatih
  • Cepat
  • Punya naluri memangsa
  • Loyal
  • Punya etos kerja
  • Lincah

Departemen mengatakan trah ini seperti German shepherd, tetapi lebih compact. Setelah menyelesaikan program 120 hari, anjing akan melakukan satu atau kedua fungsi; mengendus bahan peledak atau berpatroli untuk mendeteksi narkoba.

Kesimpulan

Banyak sekali fakta menarik tentang anjing Belgian Malinois. Trah ini dikategorikan sebagai anjing penggembala, tetapi juga bersifat protektif dan gesit, menjadikannya anjing yang sempurna untuk menemani personel militer.

Belgian Malinois membutuhkan banyak stimulasi fisik melalui olahraga dan suka menghabiskan waktu bersama pemiliknya. Mereka juga membutuhkan banyak rangsangan mental untuk tetap tajam dan mencegah kebosanan. Secara keseluruhan, Belgian Malinois adalah ras yang ideal bagi mereka yang menginginkan pendamping yang setia dan protektif.

Komentar Anda