50 Fakta Unik dan Menarik Tentang Hamster yang Lucu

Hamster adalah hewan kecil menggemaskan yang dipelihara oleh banyak orang di dunia. Mereka lucu dan manis, menjadikannya hewan peliharaan yang bagus. Ada banyak hal menarik tentang hamster yang mungkin belum pernah Anda dengar, jadi mari kita bahas fakta hamster yang unik dan menarik yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Foto dan Fakta Hamster

50 Fakta Menarik Seputar Hamster

1. Hamster adalah mamalia

Hamster termasuk dalam famili Cricetidae, yang merupakan famili mamalia terbesar kedua di dunia. Ada lebih dari 600 spesies dalam keluarga ini, termasuk tikus, lemming, dan vole.

2. Hamster ditemukan pada tahun 1700-an

Mereka pertama kali dikatalogkan oleh para ilmuwan pada tahun 1700-an, tetapi baru pada tahun 1930-an hamster mulai digunakan sebagai hewan laboratorium. Tak lama setelah itu, mereka menjadi hewan peliharaan yang populer.

3. Semua hamster adalah keturunan dari dua ekor hamster

Diyakini bahwa semua hamster domestik adalah keturunan dari dua ekor hamster yang dibiakkan pada tahun 1930.

4. Ada beberapa spesies hamster

Ada sekitar 25 spesies hamster, termasuk Roborovski, White Winter Dwarf, dan Syrian.

5. Hamster Syrian adalah yang paling populer

Hamster Syrian (hamster Suriah / golden) adalah jenis hamster yang paling populer dipelihara orang. Mereka juga kadang-kadang disebut sebagai “hamster teddy bear.”

6. Hamster liar terancam punah

Di habitat aslinya, hamster Syrian dianggap terancam punah.

7. Hamster berbulu panjang adalah salah satu jenis hamster Syrian

Rambut panjang hamster Syrian membuat mereka membutuhkan perawatan rutin untuk mencegah kusut dan pengumpulan kotoran di sekitar bagian belakang tubuhnya.

8. Ekor hamster berbeda dengan mamalia kecil lainnya

Hamster memiliki ekor pendek, yang membedakan mereka dari gerbil yang tampak serupa, yang memiliki ekor panjang seperti tikus.

9. Beberapa hamster bisa melompat dan memanjat

Hamster kerdil Tiongkok memiliki ekor yang lebih panjang daripada jenis hamster lainnya, membuat mereka lebih gesit dalam melompat dan memanjat, dan artinya mereka sering disalahartikan sebagai tikus.

10. Ras hamster berbeda-beda tingginya

Beberapa hamster kerdil hanya mencapai 5 cm saat dewasa, sedangkan hamster Syrian yang lebih besar bisa mencapai sekitar 15 cm.

11. Mereka juga berbeda-beda panjangnya

Hamster Eropa bisa melebihi 30 cm panjangnya saat dewasa.

12. Beberapa hamster jarang dijadikan hewan peliharaan

Hamster Eropa sangat jarang dipelihara orang. Mereka bahkan menjadi lebih langka ketika dimasukkan ke dalam daftar IUCN sebagai hewan yang sangat terancam punah pada tahun 2020. Mereka bisa punah pada tahun 2050.

13. Hamster kebanyakan makan tumbuhan

Hamster adalah omnivora, terutama memakan tumbuhan dan biji-bijian, tetapi mereka juga memakan protein hewani, seperti serangga dan telur.

14. Hamster aktif saat senja dan fajar

Mereka secara alami krepuskular, yang berarti mereka paling aktif saat fajar dan senja dan tidur di sepanjang siang dan malam.

15. Hamster suka berlari

Hamster adalah pelari cepat, mampu berlari lebih dari 8 km dalam satu malam.

16. Hamster memiliki hidung yang sensitif

Hamster menggunakan kelenjar aroma untuk menandai ruangnya dan membantu menemukan jalannya. Beberapa kelenjar aroma ini terletak di punggungnya.

17. Hamster dapat dikembangbiakkan dengan mudah

Mereka berkembang biak dengan mudah di penangkaran, yang merupakan bagian dari alasan mengapa mereka populer sebagai hewan peliharaan dan hewan laboratorium.

18. Hamster bisa hidup lebih lama dari mamalia kecil lainnya

Di penangkaran, hamster bisa hidup 3-4 tahun dengan perawatan yang sangat baik.

19. Hamster tidak bisa melihat dengan baik

Hamster memiliki penglihatan yang sangat buruk dan buta warna, sehingga mereka mengandalkan hidungnya untuk mencari jalan. Namun mereka memiliki indera penciuman yang hebat!

20. Hamster terlahir buta

Mereka terlahir buta total dan mengembangkan penglihatan mereka seiring bertambahnya usia.

21. Hamster juga terlahir dengan gigi

Mereka dilahirkan dengan gigi lengkap.

22. Hamster senang menggali

Di alam liar, hamster menggali liang yang besar dan rumit. Liang ini dapat mencapai kedalaman sekitar 0,5 meter dan sering kali mencakup beberapa “ruang” dan cabang.

23. Hamster liar berhibernasi

Di alam liar, hamster akan berhibernasi selama bulan-bulan musim dingin.

24. Kata “hamster” adalah bahasa Jerman

Kata “hamster” berasal dari bahasa Jerman, yaitu “hamstern,” yang berarti “menimbun.” Ini karena hamster menimbun makanan di pipi dan liangnya.

25. Kantung pipi hamster punya nama

Gambar hamster terbaru lucu imut

Ini disebut displostoma dan dapat meregang untuk membuat pipi hamster menjadi 2-3 kali ukuran kepalanya.

26. Kantung ini memiliki banyak kegunaan

Displostoma bukan hanya untuk menyimpan makanan. Induk hamster dapat membawa anaknya dalam displostoma jika terjadi bahaya.

27. Hamster bisa menggigit

Meskipun mereka adalah hewan peliharaan yang populer, hamster cukup mudah kaget dan dapat menggigit jika terkejut. Disarankan untuk berbicara dengan hamster Anda dan mendekatinya perlahan agar tidak mengejutkannya.

28. Hamster juga membuat suara

Jika terkejut, Anda mungkin akan mendengar hamster Anda memekik atau menjerit.

29. Hamster itu cerdas

Hamster adalah hewan cerdas yang bahkan mampu mempelajari nama mereka. Berbicara dengan hamster Anda akan membangun kepercayaan dan mengajarkan hamster Anda untuk membentuk asosiasi antara kata-kata dengan item atau tindakan tertentu.

30. Hamster bisa memecahkan teka-teki

Tikus sudah lama dikenal mampu melakukan hal ini, tapi hamster sebenarnya juga mampu mengerjakan labirin dan teka-teki.

31. Hamster memiliki berbagai emosi

Penelitian telah menunjukkan bahwa hamster memiliki suasana hati yang berbeda yang secara langsung berkorelasi dengan kesehatan dan kebahagiaan di lingkungan mereka.

32. Gigi hamster tidak pernah berhenti tumbuh

Gigi hamster tidak pernah berhenti tumbuh, jadi mereka harus selalu memiliki tongkat kunyah dan mainan untuk membantu menjaga gigi tetap rapi. Jika gigi tumbuh terlalu banyak, ini dapat dikikis oleh dokter hewan.

33. Gigi hamster bisa tumbuh ke arah yang tidak biasa

Gigi hamster dapat patah dan tumbuh ke arah yang tidak biasa, terutama jika gigi di sebelahnya patah.

34. Hamster bisa dilatih

Hamster adalah hewan peliharaan yang bagus jika Anda mencari hewan kecil yang bisa dilatih menggunakan kotak pasir. Mereka sangat bersih dan memilih untuk tidak buang air kecil di seluruh kandang mereka.

35. Hamster bisa lari mundur

Ini tidak mampu dilakukan oleh banyak mamalia lainnya!

36. Hamster menggunakan kedua kaki

Mereka dapat menggunakan kedua kaki depan dan belakang mereka untuk menggenggam, biasanya menggunakannya untuk memegang mainan atau makanan.

37. Hamster tidak keberatan menjadi kotor

Beberapa hamster suka mandi debu, seperti halnya chinchilla.

38. Hamster umumnya tidak makan berlebihan

Tidak seperti kebanyakan hewan pengerat, hamster tidak cenderung makan berlebihan. Mereka akan sering mengabaikan makanan di kandang mereka ketika mereka tidak lapar atau tidak suka.

39. Hamster membutuhkan perawatan dokter hewan

Hamster Anda harus dibawa ke dokter hewan secara teratur. Kunjungan dokter hewan tahunan dapat memastikan hamster Anda sehat, terutama saat dia mulai menua.

40. Beberapa hamster lebih suka menyendiri

Hamster Syrian adalah hewan penyendiri di alam liar, jadi mereka tidak boleh dipelihara bersama teman hamster lainnya di kandang yang sama.

41. Beberapa hamster akan berkelahi dengan teman sekandangnya

Hamster Syrian harus dipisahkan dari teman sekandangnya pada saat mereka berusia 4-5 minggu untuk mencegah perkelahian dan cedera.

42. Hamster lain suka punya teman

Beberapa jenis hamster kerdil adalah hewan yang sangat sosial yang mau hidup dengan teman sekandang.

43. Hamster betina itu besar

Hamster betina biasanya lebih besar dari jantan.

44. Bayi hamster punya nama

Bayi hamster disebut pup, sama seperti nama bayi anak anjing.

45. Jumlah anakan bisa bervariasi

Satu kelompok anakan hamster biasanya terdiri atas 6-12 ekor, meskipun beberapa kelompok bisa melebihi 20 ekor.

46. ​​Jangan pernah menyentuh bayi hamster

Memegang bayi hamster selama beberapa minggu pertama setelah lahir tidak dianjurkan. Jika Anda menyentuh bayi hamster sebelum mereka berbulu dan berkeliaran di kandang sendiri, ibu mereka akan membunuh mereka.

47. Induk hamster menyusui anaknya

Untuk menjaga induk hamster tetap sehat dan memberinya energi saat menyusui, tingkatkan asupan proteinnya dengan memasukkan potongan kecil keju, putih telur matang, dan bahkan ayam rebus tanpa lemak dalam jumlah yang sangat kecil.

48. Cobalah untuk membuat ibu baru tetap tenang

Disarankan untuk menjaga lingkungan hamster tetap tenang setelah dia melahirkan. Induk hamster yang merasa terancam dapat memakan anak-anaknya. Di alam liar, ini berfungsi untuk melindungi sarang dari predasi.

49. Perkawinan berlebihan bisa menjadi masalah

Tidak disarankan untuk memelihara hamster jantan dan betina bersama-sama karena mereka dapat berkembang biak terlalu banyak. Perkembangbiakan dapat terjadi sebelum betina menyapih anak-anaknya, yang dapat menimbulkan stres baginya dan dapat menyebabkan kematian anak-anaknya.

50. Jangan biarkan hamster jantan dekat dengan anak-anaknya

Hamster jantan tidak memiliki naluri kebapakan dan tidak boleh berada di sekitar anak-anaknya. Dia mungkin akan mencoba untuk membunuh atau memakan anak-anaknya, atau dia mungkin akan berkelahi dengan betina saat dia mencoba melindungi anak-anaknya.

Kesimpulan

Apakah Anda mempelajari sesuatu yang baru tentang hamster? Mereka adalah hewan menarik yang sering diremehkan dan dianggap bodoh karena mereka “hanya” hewan pengerat. Namun hamster adalah hewan yang sangat cerdas dengan interaksi sosial yang kompleks dan kemampuan untuk belajar, memecahkan masalah, dan menjalin ikatan.

Hamster akan memberi Anda interaksi yang menarik selama bertahun-tahun, dan hamster Anda akan bersama Anda hingga 4 tahun lamanya jika Anda memberinya perawatan yang sangat baik.

Komentar Anda