15 Fakta Ikan Aligator (Alligator Gar) Predator Ganas

Alligator gar atau ikan aligator (Atractosteus spatula), juga dikenal sebagai gator atau greater gar, adalah spesies ikan euryhaline bersirip pari dari ordo Lepisosteiformes dan filum Chordata. Ikan ini bisa terlihat malas ketika ditemukan di perairan, tetapi mematikan dan cepat ketika mereka berburu mangsanya karena mereka adalah predator penyergap.

Gambar ikan aligator

Alligator gar adalah ikan besar dengan pelindung fleksibel yang terdiri atas sisik ganoid. Sisik ini mengandung lapisan tipis ganoine dan tubuh bertulang dengan tepi bergerigi yang memberikan perlindungan efektif terhadap pemangsa.

Di sepanjang sejarah, ikan ini juga merupakan ikan buruan untuk olahraga memancing dan juga dapat dipelihara sebagai ikan akuarium. Alligator gar adalah ikan nokturnal dan suka mengapung di dekat permukaan air.

Fakta-fakta Menarik Tentang Ikan Aligator / Alligator Gar

1. Berapa banyak ikan aligator yang ada di dunia?

Jumlah populasi alligator gar (gator) di seluruh dunia tidak diketahui.

2. Di mana ikan aligator tinggal?

Wilayah habitat spesies alligator gar meluas di Amerika Serikat Selatan. Persebaran ikan aligator ada di selatan dekat Pantai Teluk Texas dan ke Tamaulipas melalui Veracruz utara, Meksiko. Persebaran di Kosta Rika dan Nikaragua dianggap “dibantah dan dicurigai.”

Alligator gar jarang terlihat di Teluk Meksiko. Populasi aligator gar terbesar ini biasanya terlihat membelah permukaan di rawa-rawa payau, waduk, dan teluk. Mereka juga ditemukan di seberang sungai Mississippi yang lebih rendah dan negara-negara bagian di pantai Teluk Meksiko dan AS Selatan, meluas ke Veracruz, Meksiko, termasuk Kentucky, Texas, Louisiana, Oklahoma, Alabama, Florida, Missouri, Illinois, Georgia, dan Tennesse.

Catatan sejarah alam ikan aligator menyatakan bahwa ikan-ikan ini menempati wilayah utara sejauh Ohio, Nebraska, Kansas, Iowa, dan barat-tengah Illinois, di mana populasi alligator gar telah punah. Pada tahun 1922, tangkapan paling utara dilakukan di Meredosia, Illinois. Untuk mengendalikan populasi ikan mas Asia di antara Illinois dan Tennesse, alligator gar kembali dilepasliarkan di sana pada tahun 2016.

3. Di habitat ikan aligator?

Kisaran habitat spesies alligator gar meluas ke berbagai daerah perairan. Alligator gar menempati waduk, dataran pantai, danau, dataran rendah, dan sungai besar, perairan payau, teluk, dan muara. Ikan aligator hidup dalam gerombolan besar.

4. Berapa lama ikan aligator hidup?

Umur rata-rata ikan aligator adalah 10-30 tahun. Namun gar yang tubuhnya lebih panjang bisa hidup hingga 50 tahun.

5. Bagaimana ikan aligator bereproduksi?

Alligator gar berumur panjang, sehingga mereka mencapai kematangan seksual pada tahap yang lebih akhir. Beberapa betina akan dewasa secara seksual setelah satu dekade dan pejantan menjadi dewasa dalam setengah periode itu.

Pemijahan akan efektif dalam kondisi yang tepat. Dengan meningkatnya suhu air, penyinaran, dan banjir untuk memicu pemijahan, persiapan dimulai pada musim semi. Ketika sungai-sungai besar naik dan menyebar melintasi dataran banjir, ini menciptakan luapan danau tapal kuda (oxbow), danau, dan menenggelamkan vegetasi darat, menyediakan area habitat yang kaya nutrisi dan perlindungan bagi burayak dan larva.

Ikan gar kemudian pindah ke perairan dangkal yang dipenuhi gulma dan rumput untuk bertelur setelah suhu mencapai sekitar 20-28 derajat Celsius. Ketika pejantan berkumpul di sekitar betina gravid, pemijahan dimulai. Pejantan memutar, bergoyang, meluncur, dan menabrak betina untuk memicu betina melepaskan telurnya.

Ikan aligator betina melepaskan rata-rata 150.000 telur per musim pemijahan. Telurnya berwarna merah cerah dan beracun bagi manusia. Produksi telur ikan air tawar ini bervariasi dan tergantung pada ukuran aligator gar betina.

Saat telur dilepaskan ke kolom air, pejantan melepaskan banyak milt untuk membuahi telur. Telur lengket dan menempel pada vegetasi yang terendam. Hanya dalam beberapa hari, telur ikan aligator menetas dan memakan kantung kuning telur. Setelah kantung kuning telur kosong, burayak akan mulai bergerak.

Biasanya sebuah danau hanya dapat menampung beberapa ekor ikan aligator dewasa atau anakan. Kebanyakan ikan aligator kecil menjadi mangsa ikan lain.

6. Apa status konservasi ikan aligator?

Status konservasi aligator gar dievaluasi sebagai tidak berisiko punah. Ikan air tawar ini menghadapi ancaman penangkapan yang berlebihan. Spesies gar telah kehilangan habitatnya di banyak daerah akibat penyaluran air dan pembangunan bendungan.

7. Seperti apa penampilan ikan aligator?

Harga Ikan Alligator Gar

Alligator gar adalah yang terbesar dari tujuh spesies gar lainnya yang diketahui di Amerika Utara. Tubuh alligator gar berbentuk torpedo dengan kepala lebar. Alligator gar memiliki permukaan punggung berwarna coklat hingga hijau keabu-abuan dan permukaan perut berwarna putih atau kuning. Permukaan punggungnya memiliki bintik-bintik coklat.

Tubuhnya ramping dan panjang dengan gigi tajam di rahangnya yang kuat. Ekor gar heterocercal dan matanya kecil. Gelembung renangnya dapat berfungsi sebagai paru-paru. Ikan aligator memiliki moncong yang lebar dan pendek dan rahang atas mereka memiliki dua baris gigi yang membantu mereka sebagai predator.

Sirip dubur dan sirip punggung terletak di bagian belakang tubuh mereka dan sirip ekor tidak simetris. Spesies ini memiliki sisik yang berbeda yang disebut sisik ganoid, yang berbentuk belah ketupat.

8. Bagaimana ikan aligator berkomunikasi?

Tidak banyak data tentang metode komunikasi aligator gar. Meskipun demikian, mereka bisa mendeteksi gerakan di air menggunakan sistem garis lateral mereka. Mereka mungkin juga menggunakan isyarat visual dan kimiawi.

9. Seberapa besar ikan aligator?

Kisaran ukuran ikan aligator raksasa adalah 1,8-3 meter. Longnose gar (ikan aligator berhidung panjang) ukurannya 1,9 meter, membuatnya lebih kecil daripada alligator gar biasa.

10. Berapa berat ikan aligator?

Alligator gar memiliki berat lebih dari 45 kg. Alligator gar terbesar yang ditangkap menggunakan teknik rod dan reel catch adalah alligator gar pemecah rekor dunia dan Texas dengan berat 127 kg. Spesies ini hampir 10 kali lebih berat daripada spotted gar (ikan aligator berbintik).

11. Seberapa cepat ikan aligator bisa berenang?

Alligator gar cepat dan bisa berenang hingga kecepatan 17,7 kph.

12. Apa makanan ikan aligator?

Alligator gar adalah karnivora. Karena ikan ini adalah predator penyergap, mereka menyerang mangsanya dengan cepat. Metode penyergapannya adalah dengan mengapung beberapa meter di bawah permukaan air dan menunggu mangsanya lewat. Mereka kemudian menerjang ke depan dengan gerakan menyapu dan meraih mangsanya, menusuk mangsanya dengan giginya. Ikan ini memakan ikan lain, penyu, bebek, bangkai, dan mamalia kecil.

13. Apakah ikan aligator berbahaya?

Sebagaimana disebut di atas, ikan gar adalah predator penyergap. Alligator gar menggigit atau mencubit manusia ketika terancam, tetapi tidak banyak catatan tentang hal ini. Beberapa serangan alligator gar tidak pernah tercatat.

14. Apakah ikan aligator bisa dipelihara di rumah?

Ya, Anda bisa menjadikan spesies gar ini sebagai hewan peliharaan. Namun mereka membutuhkan akuarium yang sangat besar. Ikan aligator biasanya dipelihara di kebun binatang dan akuarium umum. Juga memelihara ikan aligator adalah perbuatan ilegal di beberapa negara.

15. Apa yang unik dari ikan aligator?

Ciri khas ikan aligator gar adalah bahwa ikan pemangsa-penyergap ini dapat dibedakan lewat giginya yang tajam seperti belati dan ciri-ciri prasejarahnya. Kemampuan untuk bernapas di air dan juga udara adalah fitur kuno yang dipertahankan oleh spesies ini.

Komentar Anda