13 Fakta Menarik Tentang Berbagai Jenis Ikan Gurami

Gurami adalah ikan berukuran kecil hingga sedang dari ordo Anabantiform dan famili Osfronemidae yang ditemukan di air tawar. Sebagai ikan labirin, mereka dapat bertahan hidup di lingkungan dengan kadar oksigen rendah. Polyacanthidae adalah nama lain yang digunakan untuk famili ini dan asal usul nama ini adalah dari bahasa Indonesia. Ini juga merupakan nama untuk ikan dari keluarga Anabantidae dan Helostomatidae.

Ikan Gurami

Spesies ini adalah mouthbrooder (pengeram mulut) dan beberapa juga membangun sarang gelembung. Ikan ini ditemukan di kanal, anak sungai, sungai kecil, dan sungai besar dengan vegetasi lebat di Thailand, Malaysia, dan banyak tempat lainnya. Mereka ditemukan dalam berbagai warna cerah, dan ada lebih dari 133 spesies gurami, termasuk gurami madu dan gurami kerdil.

Gurami beradaptasi dengan baik di lingkungan akuarium yang disetup baik dan tidak ramai. Namun mereka bisa menjadi agresif jika ada lebih dari dua jantan dalam satu akuarium.

Ikan gurami memiliki berbagai ukuran dan ikan gurami raksasa dapat tumbuh hingga 60 cm panjangnya! Sebagian besar spesies gurami damai. Mereka adalah ikan dengan pemeliharaan rendah dan membutuhkan perawatan tingkat menengah. Pemilik dapat memberi makan burayak gurami dengan bayi artemia untuk menunjang pertumbuhan yang lebih baik.

Fakta Ikan Gurami

1. Di mana ikan gurami tinggal?

Gurami adalah ikan asli Asia. Ikan ini banyak ditemukan di India, Pakistan, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina. Mereka juga ikan hias akuarium yang dapat ditemukan di seluruh dunia dengan suhu akuarium ideal 25-30 derajat Celsius dan tingkat pH antara 6-7,5.

2. Di mana habitat ikan gurami?

Habitat khas ikan gurami meliputi tanah berbatu yang bergerak lambat dan air tawar yang dangkal. Mereka juga mendiami perairan bersuhu tinggi (tropis). Mereka dapat ditemukan di sungai, rawa, lahan basah, dan kanal. Ikan ini hidup sendiri dan dengan agresif menjaga wilayahnya.

3. Berapa lama ikan gurami hidup?

Rata-rata umur ikan gurami adalah sekitar empat sampai delapan tahun di alam liar. Di penangkaran, mereka hidup selama sekitar tiga hingga empat tahun. Di sisi lain, gurami raksasa dapat hidup hingga 20 tahun di akuarium besar dan gurami pencium hanya hidup hingga dua tahun.

4. Bagaimana ikan gurami bereproduksi?

Proses pemijahan dimulai ketika seekor jantan dan betina saling menyentuh sirip dada yang tampak seperti antena. Beberapa spesies jantan adalah pengeram mulut, sementara spesies jantan lainnya membangun sarang gelembung untuk melindungi telurnya.

Jika ikan bersarang gelembung, maka jantan membangun sarang gelembung dengan lapisan gelembung. Gurami betina bertelur sekitar 1000 butir dan ikan jantan melindungi mereka dengan menempatkan telur yang masih hidup di sarang mereka. Spesies gurami pengeram mulut jantan akan menempatkan telur-telur ini di mulutnya sampai telur siap menetas, bukan di sarang gelembung.

Proses pemuliaan akuarium membutuhkan sedikit lebih banyak usaha daripada pemijahan asli. Saat dibiakkan di akuarium air tawar, pemilik ikan harus menempatkan hanya satu pasangan indukan ke dalam akuarium pengembangbiakan. Memberi mereka makanan hidup, seperti artemia atau cacing, akan meningkatkan kekebalan mereka yang mengarah ke pemijahan yang sehat.

Proses pemijahan sama di akuarium pembiakan. Akuarium pembiakan harus memiliki tingkat pH air yang diperlukan, suhu air yang optimal, dan filtrasi aliran rendah untuk menghindari rusaknya sarang. Juga, pastikan untuk meletakkan tanaman panjang dan dekorasi lainnya di dalam akuarium.

Setelah telur menetas dan ditempatkan di sarang, penting untuk mengeluarkan gurami betina dari akuarium pembiakan. Penyebabnya, ikan jantan bisa menjadi agresif saat melindungi sarangnya, bahkan terhadap pasangannya. Setelah tiga hari, bayi gurami menetas dari telur dan ikan jantan mungkin mulai memakan burayak karena stres jika dibiarkan di akuarium pembiakan. Jadi, setelah telur menetas, penting untuk mengeluarkan jantan juga dari akuarium pembiakan.

5. Seperti apa bentuk ikan gurami?

Fakta Ikan Gurami

Ikan gurami ditemukan dalam spektrum warna yang sangat besar. Mereka memiliki tubuh yang membentang dengan sisik warna-warni menyala; jantan dan betina dapat dibedakan berdasarkan warna.

Ikan gurami kerdil betina yang terkenal berwarna keperakan, sedangkan gurami kerdil jantan berwarna biru atau merah. Spesies lainnya berwarna biru, merah muda, hijau, emas, dan banyak warna lainnya. Mereka memiliki sirip yang panjang, dan di depan sirip perut mereka, banyak spesies memiliki duri seperti feeler (antena perasa).

Salah satu adaptasi gurami terbaik untuk diperhatikan adalah labirin mereka. Karena mereka sebagian besar hidup di air berlumpur dan tergenang, ini berfungsi sebagai paru-paru dan membantu mereka menghirup oksigen dari permukaan. Sirip punggung dan sirip dubur ikan ini runcing dan lebih panjang pada jantan. Sirip di perut mereka sepanjang tubuh mereka dan akan tumbuh kembali jika patah.

6. Bagaimana ikan gurami berkomunikasi?

Ikan ini berkomunikasi menggunakan sentuhan dan indera lainnya. Mereka membuat suara sambil menjaga wilayah mereka dan mereka juga menggunakan bahan kimia untuk berkomunikasi.

7. Seberapa besar ikan gurami?

Ikan gurami memiliki panjang 10-15 cm dan tinggi 8 cm. Jantan dewasa terkadang lebih kecil dari betina dewasa.

8. Seberapa cepat ikan gurami bisa berenang?

Mereka ditemukan di sepanjang permukaan air yang mengalir lambat sehingga mereka bukan perenang cepat. Kecepatan pasti mereka tidak diketahui.

9. Berapa berat ikan gurami?

Berat pasti ikan gurami tidak diketahui, tetapi mereka adalah ikan kecil dan ringan.

10. Apa makanan ikan gurami?

Ikan gurami adalah omnivora. Makanan mereka terdiri atas invertebrata dan ikan kecil seperti artemia, jangkrik, dan cacing. Di tempat-tempat dengan vegetasi tinggi, makanan mereka juga meliputi puing-puing dan tanaman terapung.

11. Apakah ikan gurami berbahaya?

Ikan gurami tidak berbahaya, tetapi mereka bisa menjadi agresif saat melindungi sarangnya dan jika diprovokasi. Mereka memiliki gigi yang sangat kecil, tetapi sangat tajam.

12. Apakah ikan gurami bisa menjadi hewan peliharaan yang baik?

Ya, mereka bisa menjadi hewan peliharaan yang baik, tetapi mereka membutuhkan akuarium besar yang tidak penuh sesak. Mereka membutuhkan perawatan yang relatif rendah dan tingkat perawatan menengah. Di penangkaran, mereka bisa makan makanan kering berkualitas baik, kacang-kacangan, serta sayuran dan buah-buahan setengah matang.

13. Apakah orang makan gurami?

Di beberapa bagian dunia termasuk Indonesia, ikan gurami raksasa (Osphronemus goramy) adalah makanan yang populer. Gurami goreng disajikan dengan saus (seperti saus asam manis) dan rempah-rempah lainnya. China menargetkan gurami untuk industri ikan kalengan dan ikan ini tersedia di supermarket Asia.

Tahukah Anda – Fakta Menarik Lainnya

~ Julukan ikan gurami madu adalah gurami sunburst, flame, dan honey flame. Mereka adalah spesies yang damai dan cocok hidup di akuarium komunitas. Yang paling cantik dan terkecil dari semua spesies ikan gurami adalah gurami kerdil. Gurami kerdil juga dapat beradaptasi dengan suhu air yang tinggi sekitar 27 derajat Celsius. Gurami kerdil juga membawa iridovirus.

~ Perut ikan gurami betina lebih bulat daripada jantan, tetapi sirip punggungnya adalah perbedaan yang paling umum.

~ Ikan gurami tiga bintik (three spot) juga disebut ikan gurami opaline, emas, dan biru. Ikan itu diberi nama ‘tiga bintik’ karena mereka memiliki bintik-bintik di setiap sisi tubuh mereka yang sejajar dengan mata mereka. Ikan gurami biru merupakan ikan asli Asia Tenggara.

~ Gurami pencium (Helostoma temmenckii) alias kissing gourami melakukan tindakan seperti berciuman, karena itulah namanya demikian. Alasan untuk tindakan ini belum diketahui, tetapi mereka dikenal sebagai pembersih akuarium yang baik dan mereka hidup baik dengan ikan berukuran sedang hingga besar.

~ Gurami betina mentolerir satu sama lain dengan cukup baik, tetapi jantan bisa menjadi agresif satu sama lain jika dipelihara di akuarium yang sama.

~ Gurami pemanjat (climbing gourami) diberi nama ini karena kemampuannya untuk ‘memanjat’ keluar dari air dan juga ‘berjalan’ untuk jarak dekat dengan bantuan sirip dan ekornya.

~ Gurami coklat (Sphaerichthys osphormenoides) sensitif terhadap kondisi air dan juga tidak dapat dipelihara dengan spesies yang agresif. Mereka cukup sulit ditemukan. Beberapa spesies gurami lain yang menarik adalah gurame pearl, banded, sparkling, snakeskin, licorice, dan moonlight.

~ Masalah pencernaan yang dihadapi ikan gurami peliharaan Anda dapat diatasi dengan memberi mereka makan kacang polong!

Nah itulah berbagai fakta unik seputar ikan gurami. Semoga bermanfaat!

Komentar Anda