Apa Makanan Jangkrik? Aneka Fakta Menarik Tentang Jangkrik

Jangkrik adalah serangga yang sangat terkenal dengan suara krik krik alias derik (ngerik). Artikel ini akan memberikan beberapa informasi tentang apa yang dimakan jangkrik.

Tahukah Anda? Jangkrik mudah dipelihara karena mereka cenderung memakan apa saja.

Sedikit Wawasan Tentang Jangkrik

Tentang Jangkrik

Jangkrik adalah serangga yang bentuknya sangat mirip dengan belalang. Namun mereka adalah kerabat dekat jangkrik semak dan weta. Serangga ini sangat terkenal dengan suara deriknya, yang dihasilkan dengan cara menggosokkan sayapnya bersama-sama, tidak seperti kepercayaan populer bahwa gesekan kaki yang menyebabkan jangkrik berbunyi.

Nyanyian Jangkrik

Ada empat jenis suara yang dibuat oleh jangkrik, yang dikenal sebagai lagu. Ini termasuk lagu panggilan, lagu pendekatan kawin, lagu kawin, dan lagu agresif.

Ikhtisar Singkat

Jangkrik termasuk dalam ordo Orthopetra dan kelas Insecta. Warnanya berkisar dari coklat hingga hitam dan memiliki sayap depan yang panjangnya bervariasi dan dapat menutupi mulai dari setengah hingga seluruh perut.

Antena jangkrik sepanjang jarak dari kepala ke ujung perutnya, dan sayap mereka terlipat rata di atas tubuhnya. Sayap belakang yang dimiliki jangkrik terlipat dan tersembunyi di bawah sayap depan yang kasar. Jangkrik hidup di bawah batu dan batang kayu di padang rumput, sawah, dan di sepanjang jalan.

Serangga yang Memangsa Jangkrik

Laba-laba, kumbang tanah, tikus kecil, kadal, dan burung adalah beberapa serangga yang memangsa jangkrik.

Manfaat Jangkrik

Karena jangkrik membantu dalam pemecahan bahan tanaman, mereka dianggap sebagai bagian penting dari ekosistem. Serangga ini juga dipelihara dan digunakan sebagai umpan dan pakan untuk ikan dan juga sebagai makanan untuk beberapa hewan peliharaan seperti burung.

Orang-orang Cina juga menggunakan jangkrik dalam obat-obatan. Mereka populer dalam permainan taruhan seperti adu jangkrik, terutama di Asia Tenggara dan Meksiko. Mereka dianggap sebagai jimat keberuntungan di banyak negara dan populer dijadikan sebagai hewan peliharaan di kandang di negara-negara seperti Cina dan Eropa.

Fakta Tentang Makanan Jangkrik

Gambar Jangkrik

Di Alam Liar

Jangkrik pada dasarnya adalah omnivora dan memakan apa saja, yang biasanya berupa bahan organik, pembusukan tanaman, rumput, buah-buahan, jamur, bibit, dan bahkan daging. Serangga ini membutuhkan pasokan makanan yang teratur, jika tidak mereka dapat saling memakan. Beberapa varietas juga diketahui menggigit manusia karena rahangnya yang kuat.

Di Penangkaran

Jangkrik membutuhkan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Bahkan ada merek makanan jangkrik tertentu yang tersedia di toko pakan di pasar. Pelet ikan tropis menjadi makanan yang mahal tapi enak; sayuran dan buah-buahan segar dengan rolled oat merupakan makanan yang ideal juga. Jangkrik bahkan bisa makan makanan kelinci.

Makanan Jangkrik Murah

Jangkrik juga bisa diberi makan roti, biskuit pencernaan, serpihan jagung, apel, pisang, anggur, dan juga sayuran seperti selada, kentang, dan tomat. Pakan jangkrik yang hemat dan baik adalah pakan mash ayam.

Jika Anda ingin memberi jangkrik nutrisi tambahan, suplemen makanan seperti jerami alfalfa, suplemen kalsium, dan sisa sayuran mentah juga dapat ditambahkan. Anda juga bisa menggiling makanan kucing atau makanan anjing hingga halus dan memberikannya kepada jangkrik.

Bagaimana Memberi Makan Jangkrik?

Makanan perlu ditempatkan dalam wadah terbuka dan dangkal yang terletak kokoh di tanah. Wadah juga perlu dibersihkan secara teratur untuk mencegah pembentukan jamur.

Kebutuhan Air

Seperti kebanyakan makhluk hidup, jangkrik membutuhkan pasokan air yang baik, tetapi disarankan untuk menjauhkan air dari makanan agar tetap segar dan kering. Cotton bud yang ditempatkan di wadah air akan sangat membantu memastikan jangkrik tidak tenggelam.

Di alam liar atau sebagai hewan peliharaan, jangkrik memakan berbagai hal. Hal ini membuat mereka sangat populer di antara spesies serangga yang dipelihara sebagai hewan pakan oleh pemilik hewan peliharaan seperti burung kicauan, bearded dragon, dan kadal lainnya.

Komentar Anda