6 Fakta Menarik Tentang Kucing Persia | Faunaku
Home » Kucing » 6 Fakta Menarik Tentang Kucing Persia

6 Fakta Menarik Tentang Kucing Persia

Kucing yang kita kenal sebagai Persia telah ada selama berabad-abad. Sejarawan dapat melacak kucing yang menyerupai kucing Persia hingga hieroglif yang menggambarkan kucing berbulu panjang, meskipun kita tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa itu adalah jenis yang sama persis.

Gambar kucing Persia

Tidak ada yang tahu kapan kucing Persia pertama kali muncul. Dokumentasi menunjukkan bahwa mereka berasal dari abad ke-17 ketika mereka diselundupkan dari Persia ke Eropa. Penelitian genetik menunjukkan bahwa kucing Persia modern terutama terkait dengan kucing Eropa Barat dan bukan kucing dari Timur Tengah.

Terlepas dari asalnya, kucing Persia mendapatkan popularitas di Eropa pada 1800-an dan telah menjadi pilihan teratas sejak saat itu. Kucing Persia saat ini menempati peringkat sebagai kucing paling populer di Amerika dan menikmati popularitas yang sama di Eropa.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin mengejutkan Anda tentang kucing Persia yang populer.

Fakta Kucing Persia

1. Banyak tokoh sejarah menyukai ras ini

Menurut Mental Floss, Florence Nightingale, Marilyn Monroe, dan Raymond Chandler semuanya memiliki kucing Persia pada satu titik dalam hidup mereka dan benar-benar menyayangi mereka.

Itulah mungkin mengapa mereka juga menjadi pilihan utama dalam film. Penjahat James Bond, Ernst Stavro Blofield, memiliki kucing Persia, seperti halnya Dr. Evil dari Austin Powers. Wajah kucing yang grumpy ini secara alami tentu saja membantu estetika peran mereka di film.

2. Kucing Persia memiliki kepribadian yang santai

Kucing Persia memiliki kepribadian yang tenang, lembut, dan manis serta tidak dikenal sebagai kucing yang kasar. Jika Anda memiliki keluarga yang aktif, kucing ini mungkin lebih suka menjadi penonton. Mereka juga cenderung bersantai di bawah dan tidak akan mencari tempat bertengger yang sempurna di atas lemari.

Kucing Persia sangat menghargai perhatian tetapi tidak akan datang memintanya. Mereka puas bergaul dengan Anda atau sendirian.

3. Kucing Persia kontes bersaing di salah satu dari tujuh divisi

Kucing Persia

Ada beberapa persaingan sengit di tujuh divisi kontes kucing Persia, yang dibagi berdasarkan warna dan pola bulu kucing, antara lain solid, silver and golden, smoke and shaded, tabby, parti-color, bicolor, dan Himalayan.

Baca Juga:  Kucing Persia Putih: Informasi, Fakta, Asal, Sejarah, dan Gambarnya

4. Wajah khas mereka adalah ciri yang relatif baru

Kucing Persia asli mungkin tidak memiliki profil wajah datar yang kita kaitkan dengan ras Persia saat ini. Wajah “peke” berhidung pesek diciptakan oleh peternak di Amerika Serikat, Jerman, dan Italia selama tahun 1950-an dan merupakan hasil dari mutasi genetik.

Tampilan asli kucing Persia, yang juga dikenal sebagai “doll face” atau “tradisional,” tidak menunjukkan tampilan yang ekstrem ini, tetapi memiliki kemiripan lain dengan kucing Persia peke yang lebih dikenal. Lebih suka tampilan kucing Persia tradisional? Nah, Anda beruntung! Beberapa peternak masih menghasilkan kucing Persia dengan profil yang lebih tradisional.

5. Kucing Persia sebenarnya suka mandi

Kucing Persia dikenal dengan bulunya yang indah dan itu berarti butuh banyak perawatan. Pemilik kucing Persia mungkin perlu menyikat bulu itu dengan sisir logam setiap hari. Selain menyisir, yang membantu mencegah bola rambut dan kusut, kucing Persia juga perlu mandi secara teratur.

Meski mungkin banyak orang yang tidak berani memandikan kucing, ternyata banyak kucing Persia yang suka dimandikan jika dilakukan secara rutin dan sejak usia muda. Untuk menjaga bulunya sehalus mungkin, kucing Persia yang telah dimandikan harus dikeringkan dengan handuk dan kemudian dikeringkan lebih lanjut dengan pengering rambut.

Banyak pemilik kucing Persia (terutama yang diikutkan kontes) menggunakan kondisioner bulu untuk mencegah bulu dan kulit kucingnya mengering.

6. Campuran Kucing Persia-Himalaya memecahkan rekor bulu kucing terpanjang

Pada tahun 2014, seekor kucing Persia-Himalaya bernama Colonel Meow memecahkan rekor bulu kucing terpanjang. Berapa panjang? Rata-rata 22 cm. Pemilik Colonel Meow, yang tinggal di Los Angeles, mengatakan mereka tidak terkejut karena seluruh rumah mereka selalu dipenuhi bulu!

Komentar Anda