Fakta Kucing Scottish Fold: 12 Hal yang Jarang Orang Tahu | Faunaku
Home » Kucing » Fakta Kucing Scottish Fold: 12 Hal yang Jarang Orang Tahu

Fakta Kucing Scottish Fold: 12 Hal yang Jarang Orang Tahu

Scottish Fold adalah jenis kucing lucu yang terkenal dengan ciri-cirinya mata bulat seperti burung hantu dan telinga yang terlipat. Dikembangkan di Skotlandia (sesuai namanya), Scottish Fold adalah kucing yang populer karena penampilannya yang unik dan sifatnya yang lembut dan ramah.

Berapa Harga Kucing Scottish Fold

Namun trah ini bukannya tanpa kontroversi; baca terus artikel ini untuk mempelajari 12 fakta menakjubkan yang jarang orang ketahui tentang Scottish Fold yang menggemaskan ini.

Fakta Kucing Scottish Fold

1. Tidak Semua Telinga Scottish Fold Terlipat

Terlepas dari namanya, beberapa Scottish Fold benar-benar tumbuh dengan telinga lurus. Semua anak kucing Scottish fold memiliki telinga lurus saat lahir, dan lipatan terjadi antara usia tiga sampai empat minggu.

Tulang rawan telinga akan pecah karena beratnya sendiri dan akan terlipat menjadi bentuk bulat yang khas dari trah ini. Namun beberapa telinga mereka tidak akan terlipat sepenuhnya, beberapa memiliki lipatan sebagian atau tidak ada lipatan samasekali pada telinga!

2. Mereka Bisa Hadir dalam Warna Apapun

Kucing Scottish Fold bisa memiliki berbagai macam warna dan pola. Semua warna, dari seal, cokelat, hingga hitam pekat, diterima oleh standar trah. The Cat Fanciers Association (CFA) mengatakan ini tentang warna Scottish Fold dalam standar breed mereka:

“Warna dan pola apa pun yang mungkin secara genetik dan kombinasi apa pun dari warna dan pola yang mungkin secara genetik diizinkan.” Varietas yang luas ini mungkin disebabkan oleh ras ini yang diizinkan untuk dikawinkan dengan ras lain.

3. Mereka Bisa Berbulu Panjang

Mirip dengan fakta di atas, Scottish Fold juga dapat hadir dengan bulu panjang, dan standar trah untuk trahnya juga menyebutkan bulu panjang tanpa dikurangi poin apa pun untuk itu.

The International Cat Association (TICA) menyatakan bahwa varietas berbulu panjang harus memiliki bulu yang “lembut dan (harus) berdiri jauh dari tubuh,” tetapi karena sifat kucing ini, semua bulu kaki diperbolehkan. Tipe telinga yang terlipat dan tidak terlipat dapat memiliki rambut panjang.

4. Mereka Bisa Dikawinkan dengan Kucing Lain Tertentu dan Tetap “Murni”

Dua asosiasi kucing utama, TICA dan CFA, memperbolehkan Scottish Fold dikawinkan dengan kucing British Shorthair, American Shorthair, dan British Longhair untuk memperluas lingkar gen ras ini sambil mempertahankan penampilan cantik mereka sendiri.

Kehadiran mutasi genetik yang menyebabkan masalah persendian pada trah ini berarti bahwa dua Scottish Fold tidak boleh dikawinkan bersama (terutama berlaku untuk tipe telinga terlipat). Breed American Shorthair dan British Shorthair memiliki banyak sifat yang sama dengan Scottish Fold, sehingga breed ini dapat dikawinkan sambil memperluas lingkar gen.

5. Dua Scottish Fold dengan Telinga Terlipat Seharusnya Tidak Dikawinkan Bersama

Kucing Scottish Fold

Alasan mengapa dua ekor Scottish Fold dengan telinga terlipat tidak boleh dikawinkan adalah karena mutasi generik yang mereka bawa, yang memungkinkan telinga mereka terlipat. Gen ini melemahkan dan memecah tulang rawan, yang membuat telinga terlipat sendiri.

Sayangnya, gen ini juga menyebabkan kerusakan besar pada persendian lain, menyebabkan banyak rasa sakit, masalah mobilitas, dan penurunan kualitas hidup. Membiakkan dua kucing ini bersama-sama akan menghasilkan kucing dengan kelainan bentuk dan masalah serta nyeri progresif yang memburuk seiring waktu.

6. Mereka Menderita Masalah Sendi yang Melemahkan

Scottish Fold semuanya menderita berbagai penyakit sendi yang melemahkan. Penyebab utamanya adalah osteochondrodysplasia, suatu kondisi di mana persendian menjadi rusak, menebal, dan menyatu. Peleburan dan penebalan sendi di bagian ekor, pergelangan kaki, dan stifles (lutut) menyebabkan rasa sakit yang hebat pada kucing yang terkena, membuat beberapa di antaranya tidak dapat berjalan atau bahkan bergerak.

Baca Juga:  Apakah Kucing Bisa Kentut? Apa Saja Penyebabnya?

Ini adalah masalah yang diwariskan, dan karena hanya satu salinan dari gen yang buruk yang menyebabkannya munculnya penyakit ini, sebagian besar Scottish Fold menderita gejala yang lebih ringan.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Ras Kucing Scottish Fold

7. Mereka Sangat Cerdas

Diberi peringkat baik dalam hal kecerdasan, meskipun tidak ada tes langsung untuk kecerdasan kucing, Scottish Fold secara konsisten muncul di sepuluh besar. Scottish Fold dikenal ramah, ingin tahu, dan mudah dilatih, menunjukkan kecerdasan dan keterbukaannya untuk belajar dari pemiliknya.

8. Mereka Tidak Suka Sendirian

Scottish Fold dikenal sangat lengket pada manusianya. Kucing-kucing ini berkembang baik karena perhatian dan kasih sayang pemiliknya, bahkan menderita kecemasan akan perpisahan jika mereka ditinggal sendirian untuk jangka waktu tertentu.

Kucing-kucing ini berperilaku lebih baik dibanding beberapa jenis kucing lainnya, bahkan dari jenis mereka sendiri, agar mereka tidak merasa kesepian. Pastikan keduanya dikebiri, karena dua Scottish Fold tidak boleh dibiakkan bersama.

9. Mereka Semua Berasal dari Satu Kucing

Seluruh garis keturunan Scottish Fold murni dapat ditelusuri kembali ke satu kucing gudang bernama Suzie. Suzie adalah seekor kucing gudang putih milik pasangan yang tinggal di Perthshire, Skotlandia, di mana dia melahirkan anak kucing bertelinga terlipat.

Ini sangat menawan bagi pecinta kucing lokal sehingga mereka mengambil dua anak kucing darinya (dari kelompok anakan / litter yang berbeda) dan membiakkannya, menciptakan awal dari trah ini.

10. Mereka Dilarang di Beberapa Negara

Karena kesehatan yang buruk dari hampir semua kucing Scottish Fold, ras ini telah dilarang di beberapa negara, seperti Belgia. Meskipun trah ini tidak dilarang di Amerika, Governing Council of the Cat Fancy (UK) dan Fédération Internationale Féline sama-sama mendiskualifikasi trah ini dan mencabutnya dari daftar karena kekejaman yang tampak dalam membiakkan kucing-kucing ini.

11. Ada Tiga Derajat Lipatan Telinga

Scottish Fold dapat memiliki tiga derajat lipatan di telinga mereka: lipatan tunggal, ganda, atau rangkap tiga. Lipatan rangkap tiga membuat trah ini terlihat seperti kepala burung hantu yang membulat dan merupakan ciri yang dicari oleh klub peminat kucing dalam standar trah mereka.

Kucing pertama yang dibiakkan hanya terlipat ujung telinganya, tetapi pembiakan selektif telah membuat telinga berlipat ganda (setengah) dan lipat tiga (penuh) menjadi prevalensi.

12. Mereka Bisa Menjadi Hewan Pelayan yang Baik

Kepribadian Scottish Fold adalah salah satu pengabdian dan cinta. Mereka suka berada di sekitar keluarga mereka untuk berpelukan dan bermain, tetapi mereka juga bisa menjadi kucing pangkuan malas yang tidak menginginkan apa pun selain dipangku dan dibelai sampai tidur.

Inilah sebabnya mengapa mereka dapat menjadi hewan pelayan yang hebat bagi penyandang disabilitas mental seperti depresi, karena kucing ini memancarkan ketenangan dan kenyamanan.

Kesimpulan

Scottish Fold adalah kucing dengan kepribadian dan kelembutan yang luar biasa. Pengabdian mereka kepada pemiliknya jelas, dan mereka dapat beradaptasi dengan banyak kondisi kehidupan. Namun trah ini sangat rentan terhadap kondisi kesehatan yang melemahkan seperti kardiomiopati hipertrofik dan osteochondrodysplasia sehingga mereka sekarang dilarang di negara-negara seperti Belgia.

Organisasi kucing juga mulai menghapusnya dari daftar breed mereka karena masalah kesehatan kucing ini sangat buruk sehingga mereka menganggap pembiakannya dan pamerannya sebagai bentuk kekejaman pada binatang.

Komentar Anda