10 Fakta Menakjubkan Tentang Reptil yang Jarang Dibahas Orang

Terlepas dari jumlahnya yang melimpah, orang masih sering salah paham dan salah mengartikan reptil, baik disadari atau tidak. Tetapi kenyataannya adalah bahwa reptil memiliki banyak fitur unik dan fakta menarik untuk dipelajari.

Fakta Reptil

Itulah sebabnya kami meluangkan waktu untuk meneliti dan membahas sepuluh fakta reptil yang paling menarik dan jarang dibahas ini. Di sepanjang jalan, kami juga membantah beberapa kesalahpahaman umum yang dimiliki orang-orang tentang berbagai reptil.

Fakta Unik Reptil yang Jarang Dibahas

1. Kebanyakan Reptil Tidak Bisa Mengunyah Makanannya

Ini mengejutkan tapi benar! Meski reptil dapat mencakar dan merobek makanan dengan gigi dan cakar mereka yang tajam, mereka tidak bisa mengunyah seperti yang dilakukan manusia. Ini bukan cara makan yang paling efisien, tetapi reptil bisa melakukannya dengan baik.

2. Reptil Termasuk Hewan Tertua di Bumi

Reptil telah ada selama lebih dari 200 juta tahun, menjadikannya salah satu hewan tertua di planet ini. Faktanya, banyak spesies reptil telah ada di sini sejak zaman dinosaurus!

Buaya pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun yang lalu, yang berarti mereka mendahului dinosaurus sekitar 15 juta tahun. Tentu saja, spesies ini telah berevolusi selama bertahun-tahun. Dulu buaya bisa mencapai panjang lebih dari 9 meter, tapi sekarang buaya terbesar hanya mencapai 6 meter.

3. Ular dan Kadal Mencium dengan Lidahnya

Bila kita menangkap aroma melalui hidung, baik ular maupun kadal mencium sesuatu dengan lidah mereka. Mereka mengambil partikel aroma dan menyebarkannya ke organ lain di tubuh mereka yang mencatat aroma.

Jika itu terdengar aneh bagi Anda, bayangkan bagaimana Anda bisa “merasakan” ketika ada bau yang sangat kuat di sekitar. Bila kadal dan ular melakukannya dengan cara yang berbeda, itu sebenarnya tidak terlalu aneh.

4. Reptil Hidup di Setiap Benua Kecuali Antartika

Ketika kita memikirkan reptil, kita sering memikirkan tempat-tempat yang liar dan eksotis. Tetapi kenyataannya adalah bahwa reptil sangat mudah beradaptasi dan Anda dapat menemukannya di seluruh planet ini. Masuk akal bagi makhluk yang telah bertahan dan berkembang selama hampir 250 juta tahun untuk dapat beradaptasi dengan berbagai daerah.

Tetapi meski reptil hidup di semua tempat, mereka tidak dapat menangani suhu dingin Antartika yang ekstrem.

5. Reptil Hidup Lebih Lama dari Kebanyakan Spesies Lain

Reptil Unik

Reptil tidak hanya sudah ada sejak lama, tetapi mereka juga merupakan salah satu hewan yang hidup paling lama! Kura-kura raksasa biasanya hidup sekitar 150 tahun, tetapi beberapa telah melewati usia 200 tahun!

6. Kameleon Tidak Mengubah Warnanya Untuk Membaur

Ini adalah mitos yang sangat umum bahwa kameleon atau sejenis bunglon mengubah warna mereka untuk berbaur dengan lingkungan di sekitarnya. Meskipun terdengar keren, bukan itu alasan mereka berubah warna.

Sebaliknya, itu ada hubungannya dengan suasana hati mereka. Ketika kameleon ketakutan atau marah, mereka akan berubah warna menjadi cerah. Jadi jika Anda berharap kameleon peliharaan Anda berubah warna untuk berkamuflase, Anda akan sedikit kecewa.

7. Reptil Tidak Berlendir, Mereka Kering!

Kesalahpahaman umum lainnya adalah bahwa reptil berlendir. Faktanya adalah reptil tidak memiliki kelenjar keringat, jadi mereka tidak bisa berlendir! Mereka sangat kering dan sering bersisik, tapi tidak berlendir.

8. Banyak Kadal Bisa Kehilangan Ekornya

Ada beberapa varietas kadal di luar sana yang kehilangan ekornya dan menumbuhkan yang baru sebagai mekanisme pertahanan. Namun penting untuk dicatat bahwa ekor baru mereka tidak akan pernah terlihat sama seperti yang lama. Ini adalah mekanisme pertahanan yang berguna di alam liar karena memungkinkan mereka untuk melarikan diri jika pemangsa mengejar mereka.

9. Ada Lebih Dari 8.000 Spesies Reptil

Reptil hidup di mana-mana, dan ada banyak spesies reptil yang berbeda. Jika Anda ingin mencoba belajar sebanyak mungkin tentang semuanya, Anda pasti kewalahan. Tetapi dengan lebih dari 8.000 spesies berbeda, pasti ada beberapa yang menonjol!

10. Kebanyakan Ular Tidak Berbahaya bagi Manusia

Meski ketakutan akan ular adalah salah satu fobia paling umum di dunia, kenyataannya adalah bahwa kecuali Anda tinggal di Australia, kebanyakan ular tidak berbahaya. Hanya sekitar 1/3 dari semua ular di dunia yang berbisa, dan hanya sekitar 8% yang mematikan bagi manusia.

Meskipun itu tidak berarti Anda harus menyukai ular, kemungkinan besar fobia Anda sedikit tidak berdasar. Baca saja artikel kami tentang 10 Mitos dan Kesalahpahaman Sesat Tentang Ular.

–oOo–

Dengan banyaknya jenis reptil di dunia, tak heran jika banyak orang yang tertarik. Entah Anda ingin mendapatkan reptil peliharaan baru atau hanya ingin tahu lebih banyak tentang makhluk yang menarik ini, ada banyak hal yang harus dipelajari!

Komentar Anda