Gegar Otak pada Kucing: Definisi, Penyebab, Gejala, Perawatan

Kucing terkenal karena mampu menghindari bahaya dan keluar dari situasi mematikan tanpa tampak terluka, tetapi mereka juga terkenal karena kemampuannya untuk masuk ke dalam bahaya. Meskipun mereka mungkin tampak tahan banting, kucing sebenarnya cukup rentan terhadap cedera kepala dan gegar otak setelah jatuh dari ketinggian, terhantam/dipukul dengan benda keras, atau bahkan setelah berkelahi dengan kucing lain atau hewan lain.

Kucing gegar otak

Seperti gegar otak pada manusia, gegar otak pada kucing dapat berkisar dari ringan dan hampir tidak terlihat hingga parah dan traumatis yang mengancam jiwa. Jika Anda melihat salah satu gejala gegar otak kucing yang kami soroti di bawah ini, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter hewan untuk meningkatkan kemungkinan kucing Anda sembuh total.

Apa Itu Gegar Otak?

Gegar otak adalah cedera traumatis pada otak. Ini biasanya disebabkan oleh kecelakaan fisik yang menyebabkan kepala dan otak berbenturan maju mundur dengan cepat. Gegar otak dapat menyebabkan otak berputar dan bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel otak.

Meskipun biasanya tidak mengancam jiwa, gegar otak bisa sangat serius dan menyebabkan hilangnya nyawa dalam beberapa keadaan. Semakin cepat kucing Anda mendapatkan perawatan untuk jenis cedera ini, maka ini semakin baik.

Penyebab Umum Gegar Otak pada Kucing

Kucing adalah makhluk yang selalu penasaran dan ingin tahu. Mereka senang memanjat dan bisa terlibat pertengkaran dengan kucing, anjing, dan bahkan hewan liar lainnya. Kucing juga rentan terhadap kecelakaan di jalan saat mereka melesat di depan mobil untuk menghindari bahaya atau mengejar mangsa.

Sayangnya, gegar otak juga bisa disebabkan oleh injakan atau tendangan yang disengaja maupun tidak disengaja. Secara efektif, setiap kecelakaan atau insiden yang menyebabkan kepala menderita trauma fisik dapat menyebabkan gegar otak.

Gejala-gejala Gegar Otak pada Kucing

Jika Anda melihat kucing Anda mengalami trauma kepala, sebaiknya segera periksakan. Gegar otak tidak selalu langsung terlihat dan ini hanya dapat diidentifikasi hanya melalui pemeriksaan lengkap. Tapi Anda tidak selalu menyaksikan kecelakaan kucing Anda dan Anda mungkin hanya melihat gejalanya setelah kejadian tersebut.

Tanda-tanda yang jelas dari cedera otak traumatis meliputi kehilangan kesadaran, kejang, dan kesulitan berjalan. Gerakan mata yang tidak terkendali dan cepat adalah tanda pasti trauma lainnya, dan muntah yang tidak dapat dijelaskan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Jika Anda melihat tanda-tanda trauma fisik yang dikombinasikan dengan salah satu gejala ini, Anda harus membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk diperiksa.

Gejala yang harus diwaspadai adalah:

  • Muntah
  • Perilaku tidak responsif
  • Kesulitan berjalan
  • Kejang
  • Pendarahan pada mata, hidung, atau mulut
  • Ketidaksadaran

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kucing Mengalami Gegar Otak?

Kucing sakit

Langkah pertama, jika Anda mencurigai kucing Anda gegar otak, adalah menghubungi dokter hewan. Mereka akan bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mencari bukti fisik. Sementara itu, Anda bisa membalut kepala kucing dan memberi kompres es dengan handuk. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dari peradangan traumatis.

Anda juga harus mencegah sentakan kepala lebih lanjut, yang dapat menyulitkan terutama saat membawanya ke dokter hewan. Para ahli menyarankan menggunakan carrier kucing tertutup karena ini stabil dan dapat mencegah cedera memburuk, termasuk gegar otak.

Jangan beri kucing Anda obat pereda nyeri di rumah. Ini dapat membuat pemeriksaan lebih sulit bagi dokter hewan Anda. Jika kucing Anda memang membutuhkan obat pereda nyeri, dokter hewan akan memberikannya.

Tips jika Anda mencurigai gegar otak pada kucing:

  • Jangan berikan obat pereda nyeri apapun
  • Hubungi dokter hewan
  • Bungkus kucing Anda dengan handuk
  • Letakkan handuk di atas kepala
  • Letakkan kompres es di atas kepala yang dilindungi handuk

Perawatan Gegar Otak pada Kucing

Gegar otak dapat bervariasi tingkat keparahannya. Gegar otak ringan biasanya hanya membutuhkan obat pereda nyeri dan pemantauan situasi.

Kasus yang lebih parah mungkin memerlukan MRI atau CT scan. Ini memungkinkan dokter hewan untuk menentukan tingkat kerusakan sepenuhnya dan bertindak sesuai dengan itu. Anti-peradangan dapat diberikan dan kucing Anda diberi cairan infus.

Kasus yang parah biasanya mengharuskan kucing tetap berada di klinik hewan untuk pemantauan yang cermat dan untuk membantu memastikan peluang pemulihan yang lebih baik. Perawatan laser adalah kemungkinan dalam kasus yang parah. Ini digunakan untuk menghilangkan peradangan dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Pilihan perawatan gegar otak kucing meliputi:

  • Obat nyeri
  • Cairan IV
  • CT dan MRI scan
  • Perawatan laser

Kucing adalah hewan yang gesit tetapi mereka bisa masuk ke banyak situasi yang sulit. Setelah mengalami kecelakaan fisik atau pertengkaran, mereka dapat menderita kerusakan pada kepala, yang dapat menyebabkan gegar otak.

Gegar otak ringan mungkin hanya memerlukan obat penghilang rasa sakit, sementara kasus yang lebih parah berarti kucing harus rawat inap, menjalani pemindaian untuk memeriksa tingkat kerusakan, dan mungkin memerlukan laser atau perawatan lain untuk membantu memastikan hasil yang positif.

Kunci keberhasilan pengobatan gegar otak adalah intervensi cepat, jadi jika Anda yakin kucing Anda menderita gegar otak, hubungi dokter hewan Anda segera.

Komentar Anda