Mengenal Habitat dan Jenis-jenis Ikan Lionfish

Apakah Anda ingin tahu tentang lionfish, ikan yang berenang anggun seperti kupu-kupu, tetapi memiliki sengatan yang menyakitkan? Artikel ini akan membahas beberapa informasi penting tentang lionfish.

Fakta Ikan Lionfish

Spesies ikan yang cantik dan anggun, lionfish juga disebut sebagai turkey fish, tragon fish, dan bahkan scorpionfish. Lionfish adalah makhluk laut yang tampak sangat menarik, tetapi juga predator yang agresif. Ikan ini memiliki duri penyengat dan siripnya beracun. Mereka diketahui suka menyudutkan mangsanya dan menyengatnya dengan durinya, sebelum menelannya utuh.

Fakta Tentang Lionfish

Lionfish biasanya perenang lambat, tetapi dapat melakukan gerakan cepat bila diperlukan. Gerakan-gerakan ini sangat membantu dalam menangkap mangsa. Mereka akan memamerkan pose menyebar ketika melihat pemangsa mendekat. Jadi, jika ada ikan lain atau sesuatu yang berani mendekat, lionfish akan menyuntikkan racun dari tulang punggungnya yang panjang.

Lionfish memiliki sirip yang sangat panjang dan terpisah, dengan pola garis dalam latar belakang putih. Mereka memiliki duri sirip punggung dan sirip dada yang membesar, dengan pola garis-garis seperti zebra. Mereka biasanya berenang berpasangan.

Habitat Lionfish

Habitat lionfish terdiri atas perairan hangat. Mereka biasanya ditemukan di kawasan Indo-Pasifik, dan spesies yang berbeda terlihat di seluruh dunia. Habitatnya terdiri atas daerah berbatu di bawah air dengan banyak tanaman dan ikan.

Oleh karena itu, ikan lionfish sering ditemukan di dekat terumbu karang. Mereka suka bersembunyi di lubang serta di bawah batu dan gua. Mari kita lihat habitat yang berbeda dari lionfish menurut spesiesnya.

Lionfish Merah

Ikan lionfish merah, harga ikan lionfish

Spesies ini memiliki garis-garis merah dan merah marun di atas tubuhnya yang putih, dan dapat tumbuh hingga berukuran sekitar 43 cm. Habitatnya terdiri atas kawasan terumbu karang di samudra Hindia dan Pasifik. Mereka juga bisa ditemukan di lepas pantai timur Florida di Amerika Serikat.

Lionfish Hitam

Ikan lionfish hitam

Ini adalah lionfish bergaris hitam dan putih, dengan duri dan sirip hitam pekat. Mereka umumnya ditemukan di perairan tropis yang hangat.

Lionfish Air Tawar

Ikan lionfish air tawar

Spesies ini memiliki keindahan alami yang menjadikannya salah satu ikan hias akuarium paling populer. Mereka sebenarnya adalah toadfish yang sama sekali tidak berbahaya dan tidak beracun. Mereka memiliki duri yang mungkin hanya menyebabkan sedikit rasa sakit karena ketajamannya.

Habitatnya berkisar di perairan sekitar Indo-Pasifik Barat, Australia barat laut, Thailand, laut Arafura, delta Mekong. Indonesia, dan Papua Nugini.

Lionfish Kerdil

Ikan lionfish kerdil

Lionfish kerdil terlihat seperti varietas merah dan hitam, tetapi merupakan versi yang lebih kecil dari keduanya. Panjangnya hanya sekitar 15 cm dan dapat memiliki warna yang berbeda seperti merah atau coklat. Mereka memiliki pita belang di sirip punggungnya. Habitatnya meliputi perairan Indo-Pasifik, terumbu karang pantai Australia, dan muara-muara Australia barat daya, serta utara, selatan, hingga selatan New South Wales.

Kisaran lokasi di mana lionfish kerdil hidup adalah dari Samoa dan Tonga hingga Afrika bagian timur dan Laut Merah. Pada dasarnya, Indo-Pasifik adalah tempat ikan ini biasa ditemukan. Di ujung utara habitatnya, mereka hidup di perairan Jepang selatan, sedangkan ujung selatan habitatnya terletak di suatu tempat antara Australia dan New Guinea.

Lionfish kerdil senang berada di antara bebatuan dan karang di mana pun mereka berada. Di situlah mereka merasa paling nyaman. Ini bisa berupa terumbu karang atau daerah dangkal lainnya, atau di mana saja yang terdapat bebatuan yang tertutup rumput liar.

Perawatan Lionfish

Meskipun lionfish dianggap sulit untuk dirawat, banyak orang senang memeliharanya di akuarium mereka. Ikan ini berbisa dan dapat menyebabkan banyak bahaya kesehatan. Oleh karena itu, tingkat pemahaman tertentu tentang perilaku serta kemampuan khusus ikan ini diperlukan sebelum seseorang mempertimbangkan untuk memeliharanya di rumah.

Lionfish sangat kuat, tahan penyakit, dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Mereka bisa tumbuh besar, jadi Anda perlu menggunakan akuarium berukuran besar untuk memberi mereka cukup ruang untuk berenang.

Anda dapat memelihara lebih dari satu ekor lionfish di dalam satu akuarium, tetapi pastikan masing-masing memiliki cukup ruang tersendiri. Mereka lambat dan malas, dan hanya berbaring di siang hari.

Anda juga bisa memelihara ikan ini di akuarium karang (reef aquarium). Pastikan Anda melakukan penelitian menyeluruh mengenai spesies tankmate yang cocok, sebelum menambahkan lebih banyak ikan ke akuarium.

Lionfish hanya aktif selama waktu makan, dan biasanya hanya berkeliaran di dasar akuarium pada siang hari. Karena itu, Anda harus memilih substrat yang lembut agar tidak melukai mereka. Makanan ikan ini terdiri atas krustasea kecil dan ikan. Anda bahkan dapat memberi mereka makan udang dan cacing saat fajar dan senja.

Singkatnya, habitat lionfish terdiri atas terumbu karang dan celah-celah bebatuan di kawasan Indo-Pasifik. Mereka dikenal suka berenang di perairan di seluruh dunia, dan menjadi ikan akuarium yang menarik, tetapi hanya boleh dipelihara jika Anda sudah belajar secara menyeluruh tentang perawatan ikan ini.

Komentar Anda