Apakah Ikan Glofish Membutuhkan Heater di Akuariumnya?

Apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan glofish di akuarium tanpa heater? Apakah ada jenis glofish yang bisa hidup di akuarium yang tidak berheater? Pada artikel ini, kita akan mencari tahu apakah ikan glofish yang bisa menyala dalam gelap ini membutuhkan heater atau tidak.

Ikan glowing

Faktanya, ikan glofish lebih suka dipelihara dalam suhu yang tidak terlalu berfluktuasi, tetapi tetap dalam kisaran 22-28 °C. Untuk alasan ini, direkomendasikan agar glofish dipelihara dalam akuarium berheater. Ikan glofish danio mungkin memiliki peluang terbaik untuk bertahan hidup di akuarium yang tidak dihangatkan airnya.

Berapa Suhu Akuarium Ideal untuk Ikan Glofish?

Ikan glofish sangat populer dan bagus untuk pemula dalam hobi memelihara ikan hias. Tergantung pada spesiesnya, glofish dapat tumbuh dari 4 hingga 15 cm. Jaga agar suhu akuariumnya tetap konstan dalam kisaran 22 hingga 28 derajat Celsius.

Ikan glofish dimodifikasi secara genetik dan terus muncul dalam berbagai warna dan spesies. Beberapa di antaranya adalah:

  • Glofish zebra danio (ikan zebra)
  • Glofish black skirt tetra
  • Glofish tiger barb (ikan Sumatra)
  • Glofish rainbow shark
  • Glofish betta (cupang)

Ikan glofish yang glowing ini dipasarkan dan diproduksi dengan berbagai warna bermerek dagang seperti Starfire Red (merah), Electric Green (hijau), Sunburst Orange (oranye), Cosmic Blue (biru), Galactic Purple (ungu), dan Moonrise Pink (merah muda).

Dengan pengecualian glofish danio yang kuat, jenis glofish lainnya tetap membutuhkan heater di akuarium mereka untuk mempertahankan suhu ideal 22-28 derajat Celsius.

Ikan glofish suka bermain dan aktif dalam kelompok yang terdiri atas 5 ekor atau lebih. Menambahkan dekorasi dan area tanaman memberi mereka ruang untuk bermain dan menjelajah di sepanjang hari sambil beristirahat dengan nyaman di malam hari saat Anda mematikan lampu akuarium.

Peralatan berikut harus disertakan dalam akuarium ikan glofish:

  • Filter
  • Heater
  • Dekorasi
  • Substrat gravel / kerikil
  • Lampu akuarium LED biru

Hanya filter dan heater yang benar-benar diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka, tetapi beberapa item tambahan yang disarankan di atas bisa menciptakan lingkungan terbaik bagi ikan glofish Anda untuk berkembang secara aktif dengan warna yang mencolok.

Cara Mengatur Heater untuk Ikan Glofish

Harga Ikan Glofish

Pertimbangkan penempatan heater dan ukuran heater saat menyetup akuarium ikan glofish Anda. Mereka tidak dapat bertahan hidup karena stres di air dingin. Penyakit, pertumbuhan terhambat, dan umur yang lebih pendek akan terjadi.

Penempatan Heater

Anda harus memilih jenis heater terbaik untuk akuarium yang Anda miliki. Menempatkan heater di dekat filter memungkinkan sirkulasi air menjadi lebih hangat. Semakin rendah posisi heater submersible (tenggelam) Anda, semakin baik heater ini dapat menghangatkan seluruh area akuarium.

Ukuran Heater

Heater ukuran yang tepat untuk akuarium Anda tergantung pada jumlah watt. Aturan umum adalah heater dengan 5 watt per 5 liter air dalam akuarium yang volume totalnya kurang dari 200 liter.

Hitung volume air di akuarium dengan rumus: panjang x lebar x tinggi [cm] / 1000

Catatan:

  • Sebelum menambahkan glofish Anda, pastikan suhu telah mencapai kisaran yang sesuai sebagaimana dijelaskan di atas
  • Jika heater Anda tidak dilengkapi dengan termometer, periksa air secara manual untuk memastikan suhu terus berada dalam kisaran ini atau gunakan termometer akuarium.

Jenis-jenis Heater untuk Glofish

Ada berbagai pilihan heater yang tersedia untuk akuarium glofish Anda, meliputi:

  • Heater Gantung (Hang)
  • Heater Tenggelam (Submersible)
  • Heater Sirkulasi (Circulation)
  • Heater Datar (Flat)
  • Heater Flange

Untuk semua jenis heater, usahakan agar ketinggian air berada di atas heater itu sendiri. Heater submersible sangat baik untuk akuarium yang lebih besar, tetapi glofish akan baik-baik saja dalam akuarium berkapasitas 60 hingga 75 liter dengan heater gantung yang murah.

Pro Kontra Penggunaan Heater untuk Ikan Glofish

Memilih heater murah yang tersedia di pasaran memiliki risiko tersendiri. Tapi memilih untuk tidak menggunakan heater dapat mengakibatkan ikan glofish stres, kerdil, sakit, atau mati. Berikut adalah beberapa pro dan kontra penggunaan heater di akuarium glofish Anda

Kelebihan

  • Heater menyediakan kondisi air yang hangat dan nyaman
  • Heater cukup murah
  • Heater bisa mencegah fluktuasi suhu

Kekurangan

  • Heater murahan dengan tabung heater terbuka dapat membakar ikan Anda
  • Dekorasi dan tanaman juga bisa terbakar
  • Tagihan listrik akan lebih tinggi

Kami sangat merekomendasikan membeli heater baru yang cocok untuk akuarium 75 liter agar 5-6 ekor ikan glofish Anda tetap hangat dan sehat di akuarium.

Bisakah Glofish Hidup dengan Pencahayaan Biasa?

Ikan glofish juga mengikuti siklus diurnal. Jadi sebaiknya matikan semua lampu akuarium termasuk lampu LED biru yang direkomendasikan untuk glofish di siang hari untuk memberi mereka warna mencolok yang membuat kita senang melihatnya.

Tetap ikuti jadwal 12 jam di mana setengah hari lampu menyala dan setengah hari selanjutnya benar-benar dimatikan untuk memungkinkan ikan Anda beristirahat.

Berapa Banyak Ikan Glofish untuk Akuarium 40 Liter?

Ukuran ikan glofish berkisar antara 4 hingga 15 cm tergantung pada spesiesnya. Anda mungkin dapat merawat 5-6 ekor glofish tetra dalam akuarium 40 liter. Sangat disarankan agar Anda menggunakan akuarium yang berkapasitas lebih besar karena semua varietas glofish menunjukkan sifat perilaku berenang yang aktif dan menyenangkan.

Kesimpulan

Jika Anda ingin bereksperimen dengan memelihara ikan glofish di dalam akuarium tanpa heater, kami sarankan untuk menggunakan hanya spesies glofish zebra danio. Mereka lebih kuat dan tampaknya memiliki kemampuan untuk menahan fluktuasi suhu yang lebih besar.

Secara keseluruhan, jika Anda tidak ingin menghambat pertumbuhan ikan glofish Anda atau membuat mereka terkena penyakit yang bisa mengurangi masa hidup mereka, maka selalu gunakan heater yang tidak terlalu mahal harganya tapi memiliki manfaat besar.

Komentar Anda