6 Hewan Paling Pintar di Dunia Setelah Manusia

Bukan rahasia lagi bahwa manusia adalah hewan terpintar di planet ini. Tapi apa hewan terpintar kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya?

Sangat sulit bagi ilmuwan atau siapa pun dalam hal ini untuk menentukan peringkat mereka dengan cara ini, tetapi setelah hidup bersama di planet ini dengan ribuan spesies hewan begitu lama, kita tahu hewan mana yang paling cerdas.

Di bawah ini adalah daftar beberapa hewan terpintar di bumi (tidak termasuk kita). Beberapa dari mereka, seperti lumba-lumba, tidak akan mengejutkan, tetapi yang lain mungkin mengejutkan.

Daftar Hewan Paling Pintar

1. Simpanse

Kecerdasan Hewan Simpanse

Simpanse bisa dibilang hewan non-manusia tercerdas di planet ini. Mereka hanya memiliki perbedaan genetik 1,23% dengan manusia dan mirip dengan kita dalam banyak hal. Mereka adalah hewan yang sangat sosial dan sadar diri yang mampu melakukan hal-hal seperti menggunakan alat, memecahkan masalah, dan bahkan berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa isyarat yang diajarkan.

Studi mendalam tentang simpanse dimulai pada 1960-an dalam sebuah upaya yang dipimpin oleh Jane Goodall. Lebih banyak yang diketahui hari ini tentang kehidupan dan kebiasaan simpanse daripada sebelumnya, dan kita masih belajar tentang hewan-hewan menakjubkan ini.

2. Burung Raven

Kecerdasan Hewan Raven

Ketika berbicara tentang burung yang cerdas, banyak orang langsung memikirkan burung beo atau burung lain yang dikenal pandai berbicara. Meski burung-burung ini cerdas, mereka boleh diadu dengan kecerdasan keluarga burung gagak, khususnya raven.

Burung raven menunjukkan kecerdasan yang menempatkan mereka di atas sana bersama simpanse dan lumba-lumba, membuat mereka tidak hanya burung terpandai di planet ini, tetapi juga di antara hewan tercerdas pada umumnya.

Mereka dikenal mampu memecahkan masalah kompleks untuk mendapatkan makanan, berpura-pura mati di samping bangkai hewan untuk membuat burung lain percaya bahwa daging itu buruk, dan bahkan belajar berbicara dan meniru suara yang mereka dengar lebih baik daripada burung beo.

Studi terbaru juga menunjukkan burung raven dan gagak dapat mengingat wajah manusia secara individu, dan bahkan menyimpan dendam terhadap orang yang menyakiti mereka atau menipu mereka dengan makanan.

3. Lumba-lumba

Kecerdasan Hewan Lumba lumba

Bagi kebanyakan orang, lumba-lumba langsung muncul di benak ketika memikirkan hewan cerdas. Kita tahu bahwa lumba-lumba di penangkaran telah dilatih untuk melakukan beberapa hal menakjubkan, kita semua pernah melihat videonya. Beberapa dari kita bahkan melihatnya secara langsung.

Selain trik mereka yang terkenal di acara sirkus dan sejenisnya, lumba-lumba juga telah dikenal mampu menunjukkan perasaan seperti manusia, seperti empati, kesedihan, dan kegembiraan. Mereka sadar diri, dapat memecahkan masalah, dan menggunakan alat untuk melakukannya, menjadikan mereka salah satu hewan terpintar di dunia.

4. Gajah

Kecerdasan Hewan Gajah

Hewan yang sangat cerdas ini memiliki otak terbesar dari semua hewan darat di planet ini. Itu tidak serta merta membuat gajah menjadi yang terpintar, tetapi mereka pasti berada dalam kategori yang sama secara kognitif dengan simpanse dan lumba-lumba. Seperti lumba-lumba, gajah juga salah satu dari sedikit spesies hewan yang dapat menunjukkan emosi manusia.

Kawanan gajah bahkan dikenal akan berkabung atas kematian salah satu anggotanya. Ada laporan bahwa mereka bahkan mungkin mencoba mengubur gajah yang telah mati dalam kawanan mereka. Pemecahan masalah dan komunikasi adalah sesuatu yang gajah unggulkan dan mereka juga memiliki ingatan yang luar biasa.

5. Babi

Kecerdasan Hewan Babi

Babi adalah hewan yang sangat cerdas. Kemampuan kognitif babi dewasa telah disebandingkan dengan manusia balita, menempatkan mereka di atas anjing dan kucing dalam hal kecerdasan. Pengujian bahkan telah dilakukan dengan cara babi bermain video game. Mereka mengejutkan semua orang dengan mempelajari permainan dan menjadi lebih baik. Dalam tes serupa, anjing tidak tahu apa yang mereka lakukan.

Babi adalah hewan yang sangat sosial yang mengenali babi lain yang sudah mereka kenal. Jika mereka melihat babi yang tidak dikenal sebagai babi asing, mereka akan memperlakukannya sebagaimana semestinya. Mereka juga dikenal menunjukkan kualitas manipulatif untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, yang bagi kita adalah kualitas yang sangat mirip manusia.

Ada laporan yang menunjukkan bahwa babi digolongkan sebagai “hewan terpintar kelima di planet ini,” tetapi kami tidak tahu bagaimana klaim itu dapat diverifikasi. Terlepas dari itu, kami menempatkan mereka di tempat kelima dalam daftar hewan terpintar ini.

6. Gurita

Kecerdasan Hewan Gurita

Gurita adalah makhluk yang sangat privat yang menjaga dirinya sendiri di alam liar. Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang kecerdasan mereka didasarkan pada apa yang telah kita lihat ketika mereka berada di penangkaran. Gurita adalah makhluk yang cerdas, sukar dipahami, dan misterius, yang kemungkinan jauh lebih pintar dari yang pernah kita bayangkan.

Berikut adalah beberapa hal yang dilaporkan bisa gurita lakukan:

  • Melarikan diri ke akuarium yang berdekatan untuk memakan ikan, lalu kembali ke akuariumnya sendiri
  • Membuka tutup stoples dari dalam dan luar
  • Membuat alat dari kelapa dan cangkang
  • Melarikan diri dari akuarium mereka dan kembali ke laut!

Nah itulah beberapa hewan paling pintar setelah kita manusia. Apakah Anda punya hewan lain yang layak dimasukkan dalam daftar ini? Silakan tulis di kolom komentar.

Komentar Anda