Apakah Iguana Suka Menggigit Manusia? Cek Faktanya

Iguana adalah salah satu jenis kadal yang paling mudah dikenali dan populer dijadikan hewan peliharaan. Makhluk tropis ini tumbuh hingga ukuran besar dan lebih sulit untuk dirawat daripada yang diperkirakan orang. Karena itu, di beberapa daerah seperti Florida, iguana liar yang dulunya adalah hewan peliharaan kini merajalela populasinya.

Memelihara iguana

Entah Anda ingin memelihara iguana atau menemukan seekor iguana liar di pekarangan rumah Anda, Anda harus memastikan diri Anda tetap aman. Tidak seperti kadal lain yang lebih kecil, iguana terlihat dapat menyebabkan sejumlah luka dan cedera pada manusia jika mereka mau.

Jadi pertanyaannya, apakah iguana menggigit manusia? Seperti semua hewan, iguana terkadang menggigit, tetapi umumnya hanya untuk membela diri. Teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang gigitan iguana dan bagaimana mencegahnya agar tak sampai terjadi.

Fakta Tentang Gigitan Iguana

Iguana adalah herbivora, dengan gigi tajam dan rahang kuat yang dirancang untuk merobek dan mengoyak material tanaman keras yang mereka makan. Jika iguana menguncikan rahang tersebut ke jari Anda, baik secara sengaja atau tidak sengaja, gigitan yang dihasilkan bisa menyakitkan dan mudah terinfeksi. Untungnya, iguana tidak secara alami agresif terhadap manusia, dan gigitan mereka biasanya jarang terjadi.

Namun gigi bukan satu-satunya bagian berbahaya dari iguana. Mereka juga memiliki cakar yang tajam pada keempat kakinya dan ekor yang panjang, tebal, dan kuat yang akan mereka cambukkan maju mundur untuk melindungi diri mereka sendiri. Kedua senjata ini seringkali memberikan kerusakan yang lebih besar daripada gigi iguana.

Alasan utama iguana menggigit adalah karena mereka merasa terancam. Iguana peliharaan perlu dipegang secara teratur untuk memastikannya tetap jinak. Pemilik iguana harus selalu bergerak dengan tenang saat berinteraksi dengan iguana peliharaannya, terutama saat dia baru mengenalnya. Bahkan iguana yang sangat jinak pun bisa saja menggigit jika stres atau kaget.

Gigitan yang tidak disengaja juga dapat terjadi jika pemilik iguana mencoba memberinya makan dengan tangan. Iguana sangat teritorial dan dapat memiliki masalah dominasi karena hal ini, yang mengarah pada perilaku menggigit.

Cara Menghindari Gigitan Iguana

Iguana peliharaan

Menghindari gigitan iguana liar itu sederhana: jangan mencoba memegang atau berinteraksi dengan iguana liar. Mintalah bantuan orang yang lebih berpengalaman.

Untuk menghindari gigitan iguana peliharaan yang tidak disengaja, berhati-hatilah jika Anda memilih untuk memberi makan iguana Anda dengan tangan. Untuk amannya, lebih baik hindari praktek itu sepenuhnya dan gunakan penjepit makanan atau berikan makanan iguana di kandangnya.

Selalu lakukan gerakan dengan tenang, pelan, dan dapat diprediksi saat menangani iguana sehingga dia terbiasa dengan Anda dan cenderung tidak takut dan menggigit. Cobalah untuk tidak menempatkan iguana Anda dalam situasi yang bisa membuatnya stres. Jangan biarkan iguana Anda menyerang Anda atau mencoba untuk mendominasi Anda.

Belajarlah membaca bahasa tubuh iguana Anda. Seekor iguana yang menggelengkan kepalanya, mengayunkan ekornya ke depan dan ke belakang, atau memamerkan pose agresif menunjukkan tanda-tanda bahwa dia stres dan mungkin akan menggigit.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Iguana Menggigit

Bahkan setelah Anda sangat berhati-hati, masih ada kemungkinan Anda digigit oleh iguana di beberapa titik. Jika hal ini terjadi, bersihkan gigitan dengan air hangat dan sabun lalu pergilah ke klinik untuk konsultasi. Tergantung pada tingkat keparahan gigitannya, dokter mungkin merekomendasikan perawatan lain atau meresepkan antibiotik.

Setiap gigitan hewan atau kadal berisiko terinfeksi tanpa perawatan yang tepat. Kadal seperti iguana adalah pembawa alami bakteri Salmonella, yang dapat menyebabkan penyakit serius pada manusia. Jadi berhati-hatilah dan selalu hubungi dokter jika Anda digigit oleh iguana.

Kesimpulan

Jika Anda menginginkan hewan peliharaan yang pasti tidak akan menggigit Anda, maka bisa dipastikan Anda akan sulit menemukannya. Bahkan hewan peliharaan yang paling baik dan paling jinak pun dapat menggigit dalam situasi yang tepat. Iguana tidak terkecuali.

Cara terbaik untuk menghindari gigitan iguana adalah mempelajari mengapa dan bagaimana perilaku ini paling sering terjadi dan mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya. Merawat iguana bisa menjadi tugas yang cukup berat, tetapi jangan biarkan rasa takut digigit iguana menghalangi Anda untuk memeliharanya.

Komentar Anda