Ikan Koi Hitam: Informasi, Asal Usul, Gambar, Fakta Unik, dan Perawatan | Faunaku
Home » Ikan » Ikan Koi Hitam: Informasi, Asal Usul, Gambar, Fakta Unik, dan Perawatan

Ikan Koi Hitam: Informasi, Asal Usul, Gambar, Fakta Unik, dan Perawatan

Ikan koi dapat ditemukan dalam banyak warna cemerlang, yang menjadikannya pilihan yang menarik bagi orang yang mencari ikan berwarna-warni nan kuat untuk mengisi kolam mereka. Salah satu warna koi yang banyak ditemukan adalah hitam, dan biasanya dicampur dengan warna lain atau sebagai warna solid tergantung varietasnya. Mereka biasanya disebut sebagai koi Sumi, yang menggambarkan pigmentasi hitamnya.

Harga Ikan Koi Hitam

Varietas tertentu seperti ikan koi Karasu seluruhnya berwarna hitam, sedangkan varietas lain mungkin tampak hitam karena kombinasi warna yang berbeda. Ikan ini ideal untuk kolam besar dan terlihat menarik saat dipelihara bersama koi berwarna-warni lainnya. Koi hitam dapat hidup dalam waktu yang sangat lama, dan dengan perawatan dan lingkungan yang tepat, mereka dapat hidup lebih dari 25 tahun.

Teruslah membaca artikel Faunaku.com ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang ikan koi hitam yang menarik dan cara merawatnya.

Sekilas Tentang Ikan Koi Hitam

Ikan koi hitam diyakini berasal dari koi Asia yang dikenal sebagai Magoi. Ini adalah jenis ikan mas yang memiliki warna gelap, dan kemungkinan warna hitam pekat berkembang untuk menghasilkan koi hitam yang kita lihat sekarang.

Semua ikan koi diturunkan dari ikan mas di Cina sekitar tahun 200 Masehi. Mereka awalnya dibesarkan sebagai sumber makanan bagi petani beras Cina dan mengembangkan mutasi warna yang membuat mereka lebih menarik.

Ikan koi menjadi perhatian karena warnanya yang mencolok mulai dari merah, putih, kuning, biru, dan tentunya hitam. Hal ini menyebabkan maraknya pemuliaan koi selektif di Jepang, yang memungkinkan koi mengembangkan lebih banyak pola dan warna. Pada awal 1900-an, koi mulai dikenal luas setelah dihadiahkan kepada Kaisar di pameran Tokyo.

Hal ini menyebabkan perkembangan ikan koi berwarna hitam. Hitam adalah warna solid dari koi hitam asli atau dari campuran warna berbeda yang membuat koi terlihat hitam di bawah pencahayaan tertentu. Hitam telah menjadi warna umum pada berbagai jenis koi dan menambah tampilan unik pada banyak polanya.

Perilaku dan Temperamen Khas

Mayoritas ikan koi dikenal memiliki temperamen yang damai dan sosial. Koi hitam bukanlah ikan yang agresif dan mereka menikmati kebersamaan dengan koi lainnya. Mereka akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berenang di sekitar kolam, mencari makan di antara tumbuh-tumbuhan, dan berinteraksi dengan koi lainnya.

Jika Anda tidak memberikan tanaman dan tempat persembunyian lainnya di kolam, mereka mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bersembunyi. Ini juga berlaku untuk kolam dangkal karena koi akan merasa lebih rentan terhadap predator. Saat dipelihara di kolam besar dalam kelompok koi berukuran sama, mereka akan sangat aktif dan lebih mudah untuk diamati saat berenang.

Penampilan dan Varietas

Koi Hitam Karasu

Ada lebih dari 100 jenis ikan koi yang berbeda, tetapi koi Karasu adalah salah satu koi sejati yang berwarna hitam pekat. Varietas koi lain yang memiliki pola hitam atau sebagian besar warna tubuhnya hitam adalah Matsuba, Sanke, dan Utsuri.

Beberapa ikan koi memiliki campuran warna biru dan ungu yang dapat membuatnya tampak seolah-olah memiliki warna hitam, tetapi dapat memudar atau memucat seiring bertambahnya usia koi. Koi hitam sejati akan mempertahankan warna hitamnya di sepanjang hidupnya.

Sebagai ikan besar, Anda dapat mengharapkan koi Anda tumbuh antara 40 hingga 90 cm panjangnya. Pertumbuhan mereka terjadi selama beberapa tahun, dan meskipun koi Jepang dapat tumbuh hingga ukuran 1 meteran, sebagian besar lingkungan penangkaran tidak mendukung ukuran maksimum koi ini.

Meski warna ikan koi Karasu sebagian besar adalah hitam pekat, mereka dapat memiliki warna putih, merah, oranye, dan kuning di perutnya. Warna-warna ini tidak terlalu terlihat di kolam, karena bagian atas ikan lebih mudah dilihat dari atas. Koi Karasu jarang memiliki sisik, karena umumnya ikan ini bersisik penuh.

Setiap ikan koi tanpa sisik (doitsu) yang memiliki warna hitam mungkin adalah koi Kumonryu. Ini bisa terjadi jika polanya telah berkembang menjadi hitam pekat. Kebanyakan koi Kumonyru memiliki pola hitam-putih, namun terkadang warna putihnya dapat memudar menjadi abu-abu tua yang menyatu dengan warna hitam kusam.

Penampilan menarik pada beberapa ikan koi adalah warna dasar hitam dengan bercak putih di sekujur tubuhnya. Ini adalah warna yang cukup menarik dan dapat terlihat pada varietas koi Shiro Utsuri. Koi dengan warna biru tua pada tubuhnya dapat terlihat seperti koi hitam. Warnanya dapat berubah dalam pencahayaan yang berbeda, dan warna biru tua membuatnya tampak hitam.

Cara Merawat Ikan Koi Hitam

Habitat, Kondisi, dan Pengaturan Akuarium

Kebutuhan perawatan ikan koi hitam tidak jauh berbeda dengan ikan koi lainnya, dan inilah cara merawatnya.

Ukuran Kolam

Ikan koi hitam tidak cocok untuk akuarium kecil. Ikan besar ini membutuhkan kolam besar, dengan volume mulai 2000 liter untuk dua atau tiga ekor ikan koi kecil. Volume kolam yang baik yang memungkinkan Anda memelihara beberapa ekor koi berukuran antara 4000 hingga 6000 liter.

Kolam harus memiliki kedalaman minimal 1 meter untuk mengakomodir ukuran ikan koi. Sebagian besar akuarium ikan rumahan tidak cukup besar untuk menampung koi, jadi itu bukan pilihan tempat tinggal terbaik untuk spesies ini.

Kualitas dan Kondisi Air

Seperti semua ikan, koi membutuhkan air bersih dan terfilter. Pompa harus terus mengalirkan air kolam agar tidak menggenang. Air kolam yang tergenang akan cepat kotor dan memberi koi Anda lebih sedikit oksigen terlarut. Koi hitam adalah ikan air tawar dan tetap nyaman pada suhu 15 hingga 25 derajat Celsius.

Substrat

Anda tidak perlu menyediakan substrat untuk ikan koi hitam Anda, tetapi jika Anda ingin, substrat pasir atau kerikil akan berfungsi baik. Substrat dapat menjadi media tanam untuk tanaman apa pun yang ingin Anda tempatkan di kolam atau untuk meningkatkan penampilan kolam.

Tanaman

Tanaman hidup adalah tambahan yang bagus untuk kolam ikan koi. Mereka membantu menjaga air tetap bersih dengan menggunakan produk limbah di air sebagai pupuk dan menyediakan tempat berlindung bagi koi hitam Anda.

Baca Juga:  Apakah Ekor Ikan Guppy yang Rusak Bisa Tumbuh Lagi?

Secara keseluruhan, tanaman membantu menghidupkan kolam ikan koi dan menciptakan lingkungan alami untuk koi Anda. Idealnya Anda harus memilih tanaman yang dapat tumbuh sebagian terendam air, karena beberapa tanaman air tidak akan tumbuh subur di lingkungan kolam.

Pencahayaan

Ikan koi hitam tidak pilih-pilih dengan jumlah pencahayaan yang mereka terima, meski lampu buatan yang terang bisa membuat mereka stres. Saat dipelihara di kolam, kombinasi naungan dan sinar matahari parsial sepanjang hari sudah cukup. Hindari membangun kolam di area yang selalu terkena sinar matahari karena dapat menyebabkan suhu kolam berfluktuasi.

Filtrasi

Sebagian besar kolam ikan koi tertutup, sehingga airnya tidak akan terisi kembali dengan air baru. Sebagai ikan yang berantakan, kolam koi harus difilter. Filter harus cukup kuat untuk menangani volume air di kolam sambil menciptakan agitasi permukaan yang lembut untuk mencegah air kolam menjadi stagnan.

Tankmate Terbaik Ikan Koi Hitam

Ikan Koi Hitam

Koi lain adalah teman seakuarium terbaik untuk ikan ini. Karena koi adalah ikan sosial, mereka harus dipelihara dalam kelompok yang terdiri atas dua ekor atau lebih. Semakin banyak koi yang Anda rencanakan untuk ditambahkan ke kolam, semakin besar kebutuhan kolam tersebut.

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak variasi ke kolam koi Anda, Anda dapat memeliharanya dengan ikan mas koki biasa atau ikan komet yang besar. Ikan mas harus berukuran sekitar 15 hingga 20 cm sebelum dimasukkan ke kolam koi untuk mencegahnya dimakan.

Namun ikan mas koki berekor tunggal dan koi harus dipelihara dalam kelompok spesiesnya meskipun dicampur jadi satu.

Makanan Ikan Koi Hitam

Semua ikan koi adalah omnivora yang mendapat manfaat dari pakan hewani dan nabati. Pola makan yang sehat dan seimbang untuk koi hitam akan membantu mereka mempertahankan warna yang mencolok dan berat badan yang baik.

Makanan pokok mereka harus mencakup makanan koi pelet yang bisa tenggelam atau mengapung. Itu harus mengandung bahan-bahan berkualitas dan diformulasikan secara khusus dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisi ikan koi.

Idealnya, Anda harus memilih makanan yang mengandung lebih sedikit bahan pengisi dan lebih banyak bahan bergizi di bagian atas daftar. Anda dapat melengkapi diet ikan koi Anda dengan pakan serpihan ganggang atau spirulina.

Menjaga Kesehatan Ikan Koi Hitam

Koi adalah ikan yang ulet dan tangguh, yang merupakan salah satu dari banyak alasan mereka beradaptasi dengan baik untuk hidup di kolam. Menjaga kesehatan ikan koi hitam relatif mudah, apalagi jika Anda membelinya dari breeder yang melakukan pembibitan untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan ikan.

Tips yang bisa Anda gunakan untuk memastikan ikan koi hitam Anda tetap sehat di antaranya:

Pelihara mereka di kolam besar dengan banyak ruang agar mereka bisa tumbuh dan berenang dengan nyaman.

Pastikan kolam difilter dan air terus dipompa agar tidak menggenang.

Beri makan ikan koi hitam dengan makanan sehat dan seimbang yang penuh dengan vitamin dan mineral yang mereka butuhkan untuk tetap sehat.

Pelihara ikan koi hitam Anda dengan koi lain agar mereka tidak kesepian karena mereka adalah ikan sosial.

Simpan obat-obatan ikan berkualitas tinggi untuk mengobati penyakit atau gangguan apa pun yang dapat memengaruhi ikan koi Anda bila perlu.

Hiasi kolam dengan tanaman hidup dan pot taman keramik yang diletakkan miring agar koi Anda merasa lebih aman.

Pembiakan

Seperti kebanyakan ikan koi, koi hitam hanya akan menjadi dewasa secara seksual dengan ukuran sekitar 25 cm. Ini biasanya terjadi saat koi berumur 2 hingga 3 tahun dan dipelihara di lingkungan yang tepat.

Untuk mengawinkannya, Anda perlu menggunakan dua ekor ikan koi dewasa yang sehat. Koi hitam dapat dikawinkan dengan varietas koi lainnya, dan peternak koi yang berpengalaman akan dapat membantu Anda memilih pasangan indukan yang dapat menghasilkan anakan spesifik yang ingin Anda capai dengan membiakkan koi Anda.

Ikan koi betina yang sehat dapat menghasilkan hingga 100.000 telur selama musim kawin, terutama jika bobotnya cukup untuk ukuran dan usianya. Koi dewasa akan memakan telur dan burayak yang mereka temukan di kolam. Peluang burayak untuk bertahan hidup akan meningkat jika dipindahkan ke akuarium terpisah hingga cukup besar untuk ditempatkan di kolam dewasa.

Berapa Harga Ikan Koi Hitam?

Harga ikan koi bervariasi tergantung jenis, kelangkaan, dan ukuran ikan. Semakin besar dan semakin langka ikannya, semakin mahal pula harga ikan tersebut. Varietas koi hitam sejati seperti Karasugoi dihargai mulai dari 100 hingga 1.800 dolar AS.

Harganya akan lebih tinggi jika Anda membeli ikan koi hitam asli dari peternak Jepang karena kualitas ikan koi ini lebih tinggi. Jika Anda membeli koi yang terlihat memiliki warna hitam dalam pencahayaan tertentu atau memiliki kombinasi warna hitam dan lainnya, harganya berkisar antara 75 hingga 500 dolar AS.

Penutup

Warna indah ikan koi hitam terlihat bagus di banyak kolam, terutama jika dipelihara dengan koi berwarna cerah. Koi hitam akan cocok untuk kolam besar yang dirawat dengan baik, dan paling ideal jika dipelihara berpasangan atau berkelompok dengan ikan koi lainnya. Anda perlu berkomitmen untuk merawat ikan yang dapat hidup selama tiga dekade atau lebih.

Selama Anda bisa memberi ikan koi hitam Anda kolam yang bersih, pola makan yang sehat, dan air bersih, mereka akan tumbuh sempurna dalam perawatan Anda.

Komentar Anda