Ikan Manfish Koi: Panduan Perawatan, Jenis, Ciri-ciri, Harga, Gambar | Faunaku
Home » Ikan » Ikan Manfish Koi: Panduan Perawatan, Jenis, Ciri-ciri, Harga, Gambar

Ikan Manfish Koi: Panduan Perawatan, Jenis, Ciri-ciri, Harga, Gambar

Ada banyak jenis ikan manfish (angelfish), tetapi manfish koi sangat menonjol. Manfish koi (koi angelfish) memiliki penampilan yang memukau dengan warna berbintik dan tubuh memanjang. Ikan ini adalah jenis cichlid, tetapi punya temperamen yang lebih damai dan sosial. Jika Anda seorang penghobi ikan hias pemula, maka manfish koi layak dipertimbangkan untuk akuarium utama Anda.

Foto Ikan Manfish Koi

Tidak hanya warna dan polanya yang unik dibandingkan dengan varietas manfish lainnya, tetapi temperamen dan ukurannya juga menjadikan mereka pilihan yang bagus untuk akuarium komunitas berisi banyak jenis ikan atau akuarium khusus berisi satu spesies ikan saja.

Mari bersama-sama kita bahas segala aspek ikan manfish koi yang menarik ini.

Sekilas Tentang Ikan Manfish koi

Dari tiga spesies ikan manfish yang dikenal dalam genus Pterophyllum, manfish koi (P. scalare) adalah jenis manfish air tawar yang dipelihara sebagai ikan hias dan menjadi ikan yang populer untuk akuarium rumahan.

Ikan cantik ini berasal dari Amerika Selatan di mana mereka mendiami Lembah Sungai Amazon di Brasil, Peru, dan Kolombia. Karena perairan alami manfish hangat (tropis), bergerak lambat, dan ditutupi vegetasi lebat, kondisi ini harus ditiru di akuarium jika Anda ingin manfish Anda berkembang dengan baik.

Manfish alias angelfish pertama dalam sejarah ditemukan di Brasil oleh Hinrich Liechtenstein pada tahun 1823, dan ikan tersebut dikirim ke museum di Berlin, di mana F. Schultze adalah orang pertama yang mendeskripsikan spesies tersebut. Segera bentuk liar kedua manfish ditemukan pada tahun 1840-an dan diberi nama ilmiah Pterophyllum scalaris. Namanya diubah menjadi P. scalare pada tahun 1900-an, dan ini adalah awal dari domestikasi manfish.

Manfish sejak saat itu dipelihara di penangkaran selama bertahun-tahun, dan tidak semua manfish yang dibudidayakan kemungkinan besar merupakan keturunan dari manfish bentuk liar. Namun pembiakan selektif selama beberapa dekade telah mengubah bentuk tubuh liar manfish dan menyebabkan mutasi warna dan varietas manfish berbeda seperti yang kita kenal sekarang.

Berapa Harga Ikan Manfish Koi?

Meskipun ikan manfish koi mungkin terlihat lebih langka daripada varietas lainnya, mereka tetap bukan ikan yang sangat mahal. Sebagian besar toko ikan akan menjual manfish koi seharga 15 hingga 50 ribu rupiah, tergantung seberapa besar ukuran atau umur ikan tersebut.

Karena manfish koi bersifat sosial dan harus dipelihara dalam kelompok, harganya tidak akan mahal karena Anda perlu membeli lebih dari satu ekor. Jika Anda membeli manfish koi langsung dari breeder, harganya biasanya sedikit lebih mahal tapi kualitasnya terjamin.

Perilaku dan Temperamen Khas Ikan Manfish Koi

Kebanyakan ikan manfish dapat digambarkan memiliki temperamen semi-damai dan sosial. Mereka lebih suka dipelihara dalam kelompok yang terdiri atas 6 ekor atau lebih, karena mereka suka bersosialisasi dan berkelompok bersama di alam liar.

Manfish koi bisa menjadi agresif, terutama jika dipelihara dengan teman seakuarium yang tidak cocok. Satu-satunya saat Anda mungkin melihat peningkatan agresi ikan ini adalah selama musim kawin.

Manfish koi bisa menjadi sangat teritorial saat berkembang biak, jadi Anda mungkin akan memperhatikan mereka saling mengejar dan berkelahi dengan ikan lain lebih dari biasanya. Dalam sebuah kawanan, mereka akan membentuk semacam hierarki yang dapat mengarah pada perilaku pengejaran atau menggigiti sirip sesekali.

Ikan ini adalah hewan diurnal, jadi mereka menghabiskan sebagian besar waktunya dengan aktif dan berenang di sekitar bagian atas dan tengah akuarium. Anda mungkin menyadari bahwa manfish koi mudah terkejut dan sangat pemalu saat seseorang mendekati akuarium, terutama saat mereka masih kecil.

Tapi saat dipelihara dalam kelompok besar, manfish akan tampak lebih santai dan menjelajahi akuarium dengan leluasa tanpa harus sering bersembunyi.

Penampilan dan Varietas Ikan Manfish Koi

Gambar Ikan Manfish Koi

Meskipun namanya mungkin sering disalahartikan, manfish koi sama sekali bukan jenis ikan koi. Kata “koi” digunakan untuk menggambarkan strain warna manfish ini yang menyerupai ikan koi Jepang. Dari segi penampilan, manfish koi memiliki tubuh ramping yang memanjang. Sirip punggungnya runcing dan sirip perutnya adalah salah satu fitur yang paling mencolok.

Seperti semua manfish, varian koi ini memiliki sirip perut yang panjang dan milik pejantan lebih panjang. Manfish koi betina umumnya memiliki perut yang lebih kecil dan membulat, sedangkan jantan lebih besar dengan benjolan di dahinya. Ikan ini tumbuh sekitar 15 cm, tetapi ikan yang lebih tua dan dirawat dengan baik dapat tumbuh sedikit lebih besar.

Manfish koi memiliki warna yang cukup menarik, dengan bercak oranye kekuningan di kepala dan tubuh tricolor (tiga warna) putih dan hitam berbintik-bintik. Manfish koi tertentu memiliki pola yang lebih berbeda dengan yang lain, tetapi semuanya memiliki campuran warna putih, hitam, kuning, dan oranye.

Warna mereka berbintik-bintik, dengan bercak oranye dan kuning di atas tubuh putih keperakan. Ikan ini juga dapat menunjukkan warna hitam atau bercak hitam di tubuh untuk melengkapi polanya.

Cara Merawat Ikan Manfish Koi di Akuarium

Inilah cara yang benar untuk merawat ikan manfish koi.

Ukuran Akuarium

Ukuran akuarium minimum untuk sekelompok kecil manfish koi adalah 75 literan. Namun sebagai ikan sosial, Anda harus berusaha memeliharanya dalam kelompok besar yang terdiri atas 6 ekor ikan atau lebih.

Karena kebiasaan berenang manfish koi, akuarium vertikal lebih disukai daripada akuarium horizontal. Idealnya Anda harus memelihara manfish koi di akuarium yang lebih besar lagi jika Anda ingin mengamati perilaku alaminya dan memeliharanya dalam kelompok yang sesuai.

Kualitas dan Kondisi Air

Ikan manfish koi dapat peka terhadap kondisi airnya, jadi penting untuk memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratannya. Mereka adalah ikan tropis dan air tawar, yang berarti akuarium mereka perlu dilengkapi dengan heater.

Heater akan membantu Anda menjaga air mereka tetap hangat dan stabil karena suhu ruangan dapat berfluktuasi. Idealnya Anda harus menjaga suhu antara 24 hingga 28 derajat Celsius. Manfish tidak terlalu rewel soal pH air, jadi pH 6,5 hingga 7,1 sudah ideal.

Baca Juga:  5 Penyebab Ikan Koi Tidak Mau Makan dan Solusi Ampuhnya

Substrat

Meski ikan manfish koi tidak membutuhkan substrat di dalam akuarium mereka, itu akan berguna di akuarium yang berisi tanaman. Substrat tidak boleh mengubah pH air, jadi memilih substrat berpasir atau berkerikil halus akan cocok dengan baik untuk manfish.

Tanaman

Tumbuhan hidup bermanfaat dalam akuarium ikan manfish koi dan menciptakan lingkungan alami. Di alam liar, manfish menghabiskan sebagian besar waktunya berenang di antara tumbuh-tumbuhan agar merasa aman dan bersembunyi bila perlu. Tumbuhan hidup seperti Amazon sword, Java fern, water sprite, dan hornwort adalah tanaman yang paling disukai manfish.

Pencahayaan

Memasang pencahayaan lampu di atas akuarium ikan manfish koi dapat mensimulasikan siklus siang dan malam, mendorong pertumbuhan tanaman, dan meningkatkan warnanya. Cahaya tidak boleh terlalu terang, karena dapat menyebabkan manfish lebih sering bersembunyi. Direkomendasikan cahaya rendah hingga cukup terang, dan harus tetap menyala selama 6 hingga 9 jam sehari.

Filtrasi

Untuk menjaga kualitas air yang baik di akuarium ikan manfish koi Anda, diperlukan filter. Ini akan membuat air terus bergerak dan mencegahnya menjadi stagnan saat menyaring keluar produk limbah.

Filter harus memiliki arus yang rendah karena manfish tidak suka berenang di akuarium yang memiliki banyak aliran atau berarus deras. Filter idealnya harus bisa membuat gerakan air permukaan yang cukup untuk mengaerasi akuarium.

Tankmate Ikan Manfish Koi

Harga Ikan Manfish Koi

Ikan manfish koi cukup populer di akuarium komunitas, dan mereka tampaknya rukun dengan ikan tropis dan non-agresif lainnya. Setiap teman seakuarium yang Anda pilih untuk dicampur manfish harus dapat hidup dalam kondisi yang sama untuk memastikan kedua jenis ikan tersebut dapat berkembang.

Jika Anda berencana menambahkan lebih banyak ikan ke dalam akuarium manfish koi Anda untuk membuat akuarium komunitas, ukuran akuarium perlu ditingkatkan. Ini akan memberi setiap ikan banyak ruang untuk berenang secara normal dan mencegah kondisi yang terlalu padat.

Tankmate yang ideal untuk ikan manfish koi antara lain:

  • Corydoras
  • Plecostomus
  • Gurame kerdil
  • Ram cichlid
  • Molly
  • Platy

Tankmate yang tidak cocok

  • Mas Koki
  • Koi
  • Cupang
  • Oscar
  • Blood parrot cichlid
  • Udang

Makanan Ikan Manfish Koi

Ikan manfish koi akan memakan makanan yang sama dengan varietas manfish lainnya. Mereka adalah omnivora dan mendapat manfaat dari pola makan yang mengandung protein hewani dan tumbuhan. Makanan pelet atau butiran tropis yang diformulasikan untuk manfish akan memberikan semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk tetap sehat.

Anda bisa memberi makan ikan manfish Anda sekali sehari dan cukup berikan sebanyak yang bisa mereka makan dalam beberapa menit. Manfish koi akan mendapat manfaat dari suplemen seperti cacing darah, artemia, cacing tubifex, dan udang beku-kering atau hidup. Protein ekstra dapat membantu meningkatkan warna mereka dan membantu pertumbuhan manfish muda.

Baca Juga: 8 Penyebab Ikan Manfish Tidak Mau Makan dan Solusinya

Menjaga Ikan Manfish Koi Tetap Sehat

Ketika diberikan perawatan dan kondisi hidup yang tepat, ikan manfish koi dapat hidup selama 10 hingga 12 tahun. Menjaga manfish koi Anda tetap sehat cukup sederhana dan tidak akan menyita banyak waktu Anda.

Sediakan ikan manfish koi Anda akuarium besar dan terfilter yang terus dihangatkan di sepanjang hari dan malam. Jangan biarkan suhu turun di bawah 18 derajat Celsius, karena terlalu dingin untuk manfish.

Pelihara manfish koi dalam kelompok 3 ekor atau lebih, dengan jumlah awal yang ideal adalah 6 ekor. Semakin banyak manfish koi yang Anda pelihara bersama, mereka akan semakin aktif dan tidak stres.

Pastikan kualitas air akuarium selalu baik dengan menjaga kadar amonia dan nitrit pada 0 bagian per juta (ppm). Melakukan penggantian air secara teratur dan menjaga akuarium tetap terfilter dapat mencegah masalah kualitas air.

Memberi makan manfish koi Anda dengan pola makan seimbang akan membuat mereka tetap sehat dan membantu mereka mempertahankan berat badan yang baik.

Pembiakan Ikan Manfish Koi

Cukup mudah untuk membiakkan ikan manfish koi jika Anda sudah memiliki pasangan indukan yang dewasa secara seksual. Manfish koi dewasa pada usia 6 hingga 12 bulan dan siap untuk berpasangan dan berkembang biak.

Untuk mendorong manfish koi Anda kawin dan berkembang biak, Anda perlu meningkatkan suhu secara bertahap hingga antara 26 hingga 30 derajat Celsius menggunakan heater. Akuarium harus dirawat secara teratur untuk menjaga air tetap bersih selama waktu ini.

Kebanyakan manfish koi akan membentuk pasangan sendiri dan membuat situs bersarang yang menjadi wilayah mereka. Saat sang betina siap bertelur, dia akan mengeluarkan ratusan telur yang kemudian dibuahi oleh sang jantan.

Kebanyakan manfish akan melindungi telur dan burayaknya, tetapi yang lain (biasanya pasangan indukan muda) mungkin akan memakannya. Jika Anda melihat ikan manfish Anda memakan anaknya, memindahkan telur ke akuarium lain dapat mencegah hal ini terjadi.

Apakah Ikan Manfish Koi Cocok untuk Akuarium Anda?

Dibandingkan dengan varietas manfish lainnya, manfish koi bisa menjadi tambahan yang menarik untuk akuarium rumahan. Mereka adalah ikan yang relatif damai yang senang berenang dalam kelompok besar. Ikan ini akan aktif di siang hari dan jarang bersembunyi jika dipelihara dalam kondisi yang tepat. Ini berarti Anda akan memiliki banyak waktu untuk mengamati manfish koi Anda dan menikmatinya di akuarium.

Meskipun manfish koi harus dipelihara dalam kelompok spesiesnya, Anda dapat memeliharanya dengan teman seakuarium yang kompatibel. Dengan pola makan yang sehat dan kualitas air yang baik, manfish koi akan berkembang di akuarium Anda dan hidup selama bertahun-tahun ke depan. Tertarik sekarang memeliharanya?

Tags:

Komentar Anda